Travel  

Kebun Raya Bogor Buka Lagi Taman Tumbuhan Pemakan Serangga

Kebun Raya Bogor Buka Lagi Taman Tumbuhan Pemakan Serangga

tribunwarta.com – Kebun Raya Bogor di Kota Bogor, Jawa Barat, kembali membuka area Rumah Kaca Taman Nepenthes untuk umum mulai Sabtu (3/12/2022) lalu.

Taman ini memiliki koleksi lebih dari 50 jenis kantong semar, yang merupakan tumbuhan karnivora pemakan serangga asli Indonesia.

” Taman Nepenthes Kebun Raya Bogor dibuka untuk menambah edukasi kepada pengunjung mengenai tumbuhan unik pemakan serangga,” kata General Manager Corporate Communication Kebun Raya, Zaenal Arifin, dalam keterangan resmi yang Kompas.com terima, Rabu (7/12/2022).

Adapun beberapa jenis Nepenthes yang dilestarikan di Taman Nepenthes Kebun Raya Bogor, antara lain Nepenthes mirabilis, Nepenthes reinwardtiana, Nepenthes ampullaria, Nepenthes gracilis, Nepenthes x hookeriana, Nepenthes sumatrana, dan Nepenthes rafflesiana.

Untuk diketahui, tanaman Nepenthes memiliki ciri sulur di ujung daunnya yang termodifikasi menjadi kantung.

Bentuk kantung menyerupai bentuk labu dengan bagian ujung yang membesar. Corak dan motif yang bervariasi dengan warna-warna cerah pada Nepenthes akan menarik mangsa, seperti serangga, untuk mendekat.

Nantinya, di dalam taman, pengunjung bisa melakukan scan kode QR untuk mendapat penjelasan tentang Taman Nepenthes ini.

Jam buka dan aturan berkunjung ke Taman Nepenthes

Taman Nepenthes Kebun Raya Bogor buka dari hari Selasa sampai Minggu, pukul 08.30-16.00 WIB.

Alamatnya di Jalan Ir. H. Juanda Nomor 13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Dari Stasiun Bogor, jaraknya 1,6 kilometer bila berjalan kaki dan 3,3 kilometer bila naik mobil.

Terdapat sejumlah tata tertib yang harus dipatuhi oleh para pengunjung saat masuk ke area Taman Nepenthes, di antaranya tidak boleh memegang dan merusak tanaman dan wajib menitipkan tas atau kantong ke loker penyimpanan.

“Kami mengimbau kepada para pengunjung untuk tidak memegang tanaman Nepenthes,” tutur Zaenal.

Selain itu, per sesi kunjungan hanya diperbolehkan untuk 15 orang agar pengunjung lebih nyaman untuk menambah wawasan dan pengetahuan, serta ber-swafoto bersama Nepenthes.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!