Travel  

Kawasan Hutan Wisata Tinjomoyo Semarang

Kawasan Hutan Wisata Tinjomoyo Semarang

tribunwarta.com – Lokasi: Tinjomoyo, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50262Map: Klik DisiniHTM: Rp.4.500 per OrangBuka Tutup: 07.00-18.00Telepon:

Bila mendengar kata hutan, pasti yang terbayang di pikiran kita adalah kawasan belantara tempat tinggal hewan dan tumbuhan liar.

Namun, untuk hutan Tinjomoyo yang berada di Semarang ini termasuk lain dari hutan biasanya. Saat ini kawasan Tinjomoyo, telah menjadi taman wisata yang layak untuk dikunjungi, bahkan cocok untuk dijadika destinasi liburan bersama keluarga.

Awalnya taman wisata hutan Tinjomoyo Semarang (smg) ini merupakan sebuah kebun binatang dengan ragam binatang hutan di dalamnya.

Namun terjadi banjir besar, hingga memutuskan jembatan besar yang menjadi akses utama menuju hutan wisata.

Hutan Tinjomoyo sendiri memiliki kontur wilayah dengan perpaduan bukit, sungai dan hutan. Tumbuhan yang paling banyak terdapat di sini adalah vegetasi pohon jati serta pinus.

Oleh karena itu, tak heran jika kawasan ini cocok sekali dijadikan hutan wisata yang masih alami.Dengan luas lahan 57,5 hektare area tersebut lebih sering dimanfaatkan sebagai tempat berkemah, outbond, family outing, hingga combat game.

Berbagai macam aktivitas tersebut dapat dilakukan di atas lahan datar yang lumayan luas dan terdapat aliran sungai di satu sisi. Sungai ini juga sering dimanfaatkan untuk aktivitas wisata susur sungai.

Untuk menuju lokasi Hutan wisata Tinjomoyo, dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum.

Letak area hutan wisata ini adalah di Selatan Kota Semarang. Kurang lebih jaraknya tujuh kilometer bila berangkat dari Tugumuda.

Rute perjalanan untuk menuju lokasi dapat ditempuh dari arah Sampangan ataupun Jatingaleh. Hutan wisata dibuka untuk umum mulai dari jam tujuh pagi hingga jam enam sore.

Supaya pengunjung tidak tersesat selama berada di dalam hutan wisata, pengunjung disarankan membawa peta atau menggunakan online map dan juga kompas.

Walaupun kawasan hutan ini sudah tertata dengan baik, tetap saja berbahaya bila bepergian sendirian dan tanpa menggunakan petunjuk apapun.

Misteri Tinjomoyo

Kota yang memiliki makanan khas tahu bakso ungaran ini, memiliki kawasan hutan wisata Tinjomoyo. Tidak hanya terkenal karena hutan alaminya yang masih terjaga, melainkan juga terkenal karena misteri yang terdapat di dalamnya.

Misteri yang dimaksud di sini adalah kisah mistis yang banyak beredar di kalangan masyarakat sekitar.

Kawasan hutan wisata atau hutan konservasi Tinjomoyo ini termasuk pada tempat-tempat favorit yang dikunjungi oleh paranormal.

Menurut cerita beredar, di tengah hutan terdapat pesanggrahan gaib, tempat makhluk astral berkumpul. Mereka juga menyebutkan, konon di bawah jembatan Tinjomoyo tersebut, ada gerbang yang dijaga ketat oleh sepasang banaspati (gumpalan api).

Gerbang yang disebutkan ini, tidak akan bisa dilihat dengan mata biasa, melainkan dengan mata batin. Orang tertentu yang memiliki penerawangan batin akan melihat sebuah gerbang megah di ujung jembatan tersebut.

Tidak semua jin atau makhluk astral lainnya dapat masuk melewati gerbang ini. Lelembut saja tidak bisa, apalagi manusia yang terkadang tidak menghormati tempat sakral.

Jadi, diharapkan kebijakan dari para pengunjung hutan Tinjomoyo untuk tidak melakukan tindakan melampaui batas.

Ada juga sekelompok masyarakat lainnya yang menyebutkan bahwa hutan Tinjomoyo merupakan tempat yang sakral.

Alasannya, karena area tersebut adalah lokasi persembunyian para pengawal Pangeran Diponegoro. Disebutkan juga bahwa Tinjomoyo digunakan sebagai tempat suci untuk makhluk astral melakukan semedi.

Petualangan Seru

Pantai, gunung, kota tua, adalah beberapa tempat mainstream untuk menghabiskan liburan. Namun ada satu tempat yang layak dicoba untuk tempat berlibur baru yaitu erwisata di dalam hutan belantara.

Mungkin bagi sebagian kalangan masyarakat pecinta alam sudah terbiasa dengan ini. Namun, bagaimana hutan yang dijadikan tempat wisata tersebut termasuk spot menarik, bahkan untuk pengambilan gambar atau foto.

Di kawasan hutan wisata Tinjomoyo, banyak terdapat spot keren untuk selfie mulai dari pintu masuk sampai ke area pinggir sungai.

Berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan khas hutan asli juga tak kalah seru. Keaslian hutan yang masih terjaga membuat segala macam hewan hutan masih hidup di sini, termasuk juga ragam floranya.

Tiket masuk ke hutan wisata Tinjomoyo, sangat terjangkau, cukup tiga ribu rupiah saja, sudah bisa menjelajah hutan.

Tentunya, pengunjung tetap harus menjaga kebersihan dan keasrian selama berjalan-jalan di dalam hutan, serta tidak melakukan tindakan vandalisme.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa hutan Tinjomoyo merupakan habitat alami bagi sebagian besar hewan hutan, termasuk juga di dalamnya terdapat 240 spesies burung.

Salah satunya adalah elang Jawa yang selalu melakukan migrasi dari kawasan Asia Utara menuju hutan wisata ini pada bulan Maret-April. Spesies burung lainnya adalah Kepodang dan elang ular bido.

Untuk permainan jenis outbond, biasanya di lakukan di area lahan datar. berbagai jenis wahana diantaranya ada flying fox, combat game hingga area berkemah.

Jadi bila Anda memutuskan akan berkemah di hutan belantara ini, tak perlu khawatari lagi karena sudah tersedia lahan kemahnya.

Tunggu apa lagi, segera kunjungi kawasan hutan wisata Tinjomoyo yang berada di daerah Selatan kota Semarang ini.

Tidak akan rugi datang untuk menghabiskan waktu liburan di sini. Semuanya lengkap untuk memenuhi hasrat para pengunjung yang ingin menikmati nuansa hutan alami.

Mau seru-seruan bersama teman dan keluarga atau berburu kisah misteri, semuanya lengkap ada di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!