Travel  

Jetstar dari Australia Batal Mendarat di Bali, Pesawat Putar Balik

Jetstar dari Australia Batal Mendarat di Bali, Pesawat Putar Balik

tribunwarta.com – Maskapai penerbangan asal Australia, Jetstar yang melakukan perjalanan dari Melbourne menuju Bali, terpaka harus putar balik kembali ke Melbourne.

Peristiwa tersebut terjadi pada Hari Selasa (27/12/2022), penerbangan pukul 18.15 waktu setempat.

Adapun penyebab kembalinya penerbangan Jetstar ke Melbourne diketahui karena adanya kesalahan dari pihak maskapai sendiri.

Penyebab Jetstar Airways tujuan Bali, putar balik

Keterangan tersebut dibenarkan oleh General Manager PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Handy Heryudhitiawan.

“Penerbangan Jetstar Airways JQ035 pada Selasa (27/12/2022) tujuan Denpasar Balli memutuskan kembali ke Melbourne. Ini disebabkan adanya persyaratan yang belum dipenuhi oleh internal maskapai untuk dapat melanjutkan penerbangan ke Indonesia,” terang Handy.

Keterangan tersebut disampaikan secara tertulis kepada Kompas.com pada Kamis (29/12/2022).

Handy mengatakan pihak manajemen Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali memastikan telah memberikan layanan semestinya kepada seluruh penumpang Jetstar Airways.

“Koordinasi dengan manajemen Jetstar, solusinya adalah sebagian penumpang dialihkan ke penerbangan Virgin Australia dan Qantas pada malam itu,” jelasnya.

Tidak hanya itu, sebagian penumpang juga ada yang bermalam di hotel yang sudah ditanggung oleh pihak maskapai Jetstar.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa setelah itu maskapai Jetstar Airways kembali menerbangkan pesawat tersebut dari Melbourne ke Bali sebagai extra flight JQ1035 pada Rabu (28/12/2022).

“Kami berharap, ke depan untuk penerbangan yang dilaksanakan oleh para maskapai dapat dipastikan telah memenuhi syarat dan prosedur yang ada. Serta pastikan koordinasi dengan pengelola bandara apabila terjadi irregularity,” kata Handy.

Kronologi maskapai Jetstar yang putar balik

Dikutip dari laman Kompas.com, sebelumnya penerbangan Jetstar dari Melbourne yang dijadwalkan pada pukul 18.15 waktu setempat mengalami penundaan keberangkatan hingga pukul 23.00 waktu setempat.

Namun, setelah lepas landas pesawat kembali mendarat di Melbourne pada Rabu (28/12/2022) pagi.

Informasi seputar pesawat yang tidak diizinkan mendarat di Bali dan memutuskan kembali ke Melbourne diberitahu oleh pihak maskapai kepada penumpang sekitar pukul 2 pagi waktu setempat.

Juru bicara maskapai Jetstar mengatakan peristiwa tersebut terjadi karena adanya miskomunikasi antara pihak maskapai dengan pihak berwenang di Indonesia.

Setelahnya maskapai penerbangan Jetstar kembali mengangkut penumpang dari Melbourne ke Bali pada Rabu (28/12/2022) pukul 16.00 waktu setempat.

Pihak maskapai Jetstar meminta maaf kepada penumpang pesawat yang terdampak. Sebagai gantinya pihak maskapai akan membayar kamar hotel dan voucher makan penumpang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!