Travel  

Jendela Alam, Wisata Bermain Anak Sambil Belajar dari Alam

Jendela Alam, Wisata Bermain Anak Sambil Belajar dari Alam

tribunwarta.com – Jendela Alam adalah salah satu tempat seru untuk si kecil bermain di alam sambil belajar. Tentu bukan belajar seperti membaca buku, menulis, atau berhitung. Akan tetapi lebih mengasah kemampuan motorik dan juga kesukaan anak-anak.

Serunya, wisata edukasi di Bandung ini bisa didatangi perorangan atau rombongan. Kegiatannya juga dikemas menarik yang bisa menarik minat si kecil. Selain itu, udara sejuk bisa membuat si kecil lebih betah untuk berkegiatan.

Wahana atau Spot Populer

Ada banyak hal yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Jendela Alam. Tentu saja semua aktivitasnya berhubungan dengan alam. Penasaran dengan kegiatan serunya? Simak ulasannya, ya!

1. Belajar dari Alam di Jendela Edukasi

* sumber: bandung.panduanwisata.id

Kegiatan pertama yang bisa kamu coba ada Jendela Edukasi. Pada dasarnya, Jendela Edukasi adalah kegiatan yang berkaitan dengan alam. Di sini kamu bisa berkeliling dengan pemandu untuk melihat Jendela Hewan dan juga Jendela Tumbuhan yang ada di Jendela Alam.

Dari sini kamu bisa melihat tumbuhan tanaman obat, greenhouse hidroponik, rumah jamur tiram, kebun konvensional, sampai greenhouse tomat ceri. Lalu pada Jendela Hewan, siapkan diri bertemu dengan ayam kampung arab, reptil, kelinci, serta rusa totol.

Tak hanya mengunjunginya, kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan hewan yang ada di sini. Kegiatan ini dinamakan Tour Sahabat Alam.

Selain Tour Sahabat Alam, pada kegiatan Jendela Edukasi, kamu juga bisa memilih berkebun konvensional. Di sini kamu bisa bertanam seperti petani dan dipinjami alat bercocok tanam. Tenang saja, akan ada fasilitator yang akan memandu kegiatan ini.

Kalau lebih menyukai hal menantang, bisa memilih kegiatan berburu harta karun. Pada kegiatan ini, kamu akan bekerja sama dalam kelompok lalu diberikan peta serta petunjuk awal. Petunjuk ini akan mengarah ke petunjuk lainnya yang sampai akhirnya bisa memecahkan teka-teki harta karun tersebut.

Hanya itu saja? Tentu tidak! Ada banyak kegiatan seru lain yang bisa dilakukan, seperti panen telur, bercocok tanam terrarium, panen tomat ceri, memberi makan hewan, membuat yoghurt, membuat telur asin, sampai membuat cincau. Kamu tinggal pilih kegiatan mana yang bisa membuat si kecil senang melakukannya.

2. Latih Ketangkasan dengan Jendela Permainan

* sumber: www.traveloka.com

Kegiatan seru lain yang bisa kamu pilih selanjutnya ada Jendela Permainan. Jendela Permainan cocok sekali untuk si kecil yang aktif bergerak dan senang dengan hal menantang. Pasalnya, si kecil bisa mencoba tangkap ikan mas ukuran standar, perang air, menggiring bebek, berkuda, sampai flying fox.

Selain itu, ada mini waterbom yang bisa digunakan untuk berenang sepuasnya. Semua ini dilakukan dengan ditemani oleh fasilitator. Kegiatan tersebut bisa juga ditambah dengan Fun Games.

Dalam Fun Games ini biasanya dilakukan secara berkelompok dan dilakukan oleh remaja sampai dewasa. Kegiatan seru yang dilakukan berupa balloon transfer, floating water stick, four stock race, magic ball, balloon race, fun hula, sampai tarik tambang.

3. Serunya Jendela Workshop

Bila kamu memiliki anak dalam fase remaja, bisa memilih mengikuti Jendela Workshop di Jendela Alam. Kegiatannya seru dan juga memberikan ilmu pengetahuan baru buat anak-anak.

Bedah anatomi hewan adalah salah satu kegiatannya. Di sini, peserta akan diberikan penjelasan secara langsung mengenai anatomi hewan dari organ sampai sistem yang ada dalam hewan tersebut. Kalau si kecil berpikir untuk menjadi dokter hewan, kegiatan ini bisa direkomendasikan.

Selain itu, ada kegiatan workshop hidroponik, biogas, fase telur, komposting, sampai magic box takakura. Harapannya, peserta yang mengikuti bisa mendapatkan ilmu baru secara langsung sekaligus bisa mengaplikasikannya setelah kembali ke rumah.

4. Asah Kreativitas dalam Jendela Seni

* sumber: jejakpiknik.com

Coba perhatikan apakah si kecil memiliki jiwa seni yang tinggi. Bila iya, Jendela Seni bisa kamu pilih untuk mengasah kreativitas si kecil. Si kecil akan melakukan kegiatan bertema seni di area pendopo. Lalu akan diberikan layang-layang dan juga alat mewarnai. Si kecil bisa dengan bebas melukisnya.

Selain melukis layang-layang, si kecil juga bisa menghias tanah liat yang sudah dicetak lalu bisa dibawa pulang, bahkan bisa membuat prakarya organik menggunakan daun kering, lem, kayu, serta tali. Nanti prakarya ini akan diberikan bingkai dan bisa dibawa pulang. Seru ya?

Harga Tiket dan Jam Operasional

* sumber: www.pergidulu.com

Jendela Alam memang bisa didatangi secara rombongan atau perorangan. Bila datang secara perorangan, kamu bisa langsung datang saja. Akan tetapi bila datang secara rombongan sebaiknya lima hari sebelum kunjungan sudah menghubungi pihak pengelola dari tempat wisata ini.

    Harga Tiket Masuk: Rp20.000 (Senin – Jumat), Rp25.000 (Sabtu, Minggu, Libur, serta High Season)

    Jam Operasional: Senin – Jumat pukul 08.30 – 16.00 WIB. Sabtu, Minggu, serta Libur, pukul 08.30 – 16.30

Selanjutnya siapkan uang sesuai dengan harga tiket masuk yang sudah ditetapkan. Tiket masuk yang sudah kamu bayar ini belum dengan kegiatan yang akan kamu pilih. Masing-masing kegiatan dikenakan dengan tarif berbeda dan masih terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!