Travel  

Jalan Jalan Ke Jogja Tanpa Icip 10 Gudeg Enak Ini? Rugi Banget!

Jalan Jalan Ke Jogja Tanpa Icip 10 Gudeg Enak Ini? Rugi Banget!

tribunwarta.com – Gudeg adalah salah satu menu kebanggaan Indonesia yang berasal dari Kota Yogyakarta. Tak heran jika Jogja dijuluki sebagai Kota Gudeg.

Untuk bisa mendapatkan makanan spesial ini di Jogja tidaklah sulit, karena hampir di setiap penjuru kota pasti ada, apalagi dikawasan malioboro.

Walaupun kedai gudeg di Jogja cukup banyak, kamu akan kerepotan mencari mana yang memiliki rasa paling enak.

Nah, agar lebih memudahkanmu menemukan gudeg terenak di Jogja, kami akan coba rangkum diantaranya yang paling banyak direkomendasikan.

1. Gudeg Yu DJum

Alamat: Jalan Wijilan Nomor 167, Panembahan, Kraton, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131Map: Klik DisiniJam Buka: 06.00-22.00 (Senin-Minggu)Harga: Rp 30.000,-No Telp: 0821 3869 7888

Salah satu kedai gudeg paling populer dan maknyus di Jogja adalah milik Yu Djum ini. Cabangnya pun ada di beberapa tempat. Disini tersedia gudeg basah dan kering lengkap dengan lauk pauknya seperti krecek, telur hitam, dan aneka gorengan.

Karena merupakan salah satu kedai legendaris, maka untuk bisa menikmati gudeg disinipun tidaklah murah. Kamu harus membayar makanan lezat ini dengan kocek 30ribu.

2. Gudeg Sagan

Alamat: Jl. Prof Doktor Herman Yohanes Nomor 53, Samirono, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman 55223Map: Klik DisiniJam Buka: 09.00-00.00 (Senin-Minggu)Harga: Rp 13.000,-No Telp: 0851 0044 3035

Jika kamu ingin menikmati gudeg basah dengan porsi yang banyak bisa datang ke kedai ini. Warung gudeg Sagan ini berlokasi di Jalan Prof. Dr. Herman Yohanes, Caturnunggal.

Warung gudeg ini juga sudah cukup terkenal bahkan bukan hanya saja di wilayah Jogja, namun sampai ke luar kota. Harganya pun lumayan terjangkau, kamu bisa menikmati gudeg sagan mulai dari 13ribu-30ribu. Tempatnya nggak jauh dari masjid Kampus UGM.

3. Gudeg Mercon Bu Tinah

Alamat: Jalan Asem Gede Nomor 8, Cokrodiningratan, Jetis 55233Map: Klik DisiniJam Buka: 21.00-01.00 (Senin-Minggu)Harga: Rp 20.000,-No Telp: 0818 0418 7537

Gudeg Mercon milik Bu Tinah ini adalah solusi buat kamu yang tidak suka dengan gudeg manis. Pecinta pedas pasti akan suka dengan hidangan ini. Walaupun pedas, namun levelnya masih sedang kok tidak terlalu ekstrim.

Murah saja, hanya dengan 20ribu kamu sudah bisa menikmati gudeg mercon ternampol milik Bu Tinah ini.

4. Gudeg Pawon

Alamat: Jalan Janturan UH/IV Nomor 36, Warungboto, Umbulharjo 55164Map: Klik DisiniJam Buka: 21.30-00.00 (Senin-Minggu)Harga: Rp 10.000,-No Telp: 0274 6926 312

Rumah makan gudeg pawon walaupun sederhana, tapi penggemarnya banyak lho. Buat kamu yang sering kelaparan tengah malam, boleh nih datang ke Gudeg Pawon.

Satu porsi gudeg telur bisa dinikmati hanya dengan 10ribu saja. Sedangkan untuk lauk ayam 25ribu. Opsi lauknya lumayan bervariasi kok, jadi kamu bisa pilih mana yang paling sesuai dengan seleramu.

Hidangan ini adalah salah satu yang terbaik di Jogja, jangan sampai terlewat guys.

5. Gudeg Bu Tjitro 1925

Alamat: Jalan Janti Nomor 330, Modalan, Banguntapan, Bantul 55281Map: Klik DisiniJam Buka: 08.00-22.00 (Senin-Minggu)Harga: Rp 25.000,-No Telp: 0815 7574 1784

Gudeg Bu Tjitro ini merupakan kuliner lawasan Jogja yang rasanya masih terjaga sampai sekarang. Saat weekend dari pagi sampai sore, gudeg ini selalu dipenuhi oleh wisatawan dari luar kota.

Lokasinya lumayan mudah ditemukan, yaitu berada didepan JEC. Harga untuk menikmati gudeg bu tjitro juga standart Jogja, yaitu 25ribu saja. Sarapan paling pas, ya pake gudeg Bu Tjitro.

6. Gudeg Bu Hj. Ahmad

Alamat: Jalan Kaliurang KM. 4.5, Blok CT3 Nomor 5, Kocoran, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman 55281Map: Klik DisiniJam Buka: 06.00-21.00 (Senin-Minggu)Harga: Rp 14.000,-No Telp: 0274 520 049

Gudeg Bu Ahmad wajib banget kamu coba! Disini banyak banget tersedia berbagai macam menu gudeg dengan harga yang bervariasi juga.

Dari mulai gudeg krecek telur, sayap, paha, ayam suwir, ati ampela, kepala, dan ada juga menu paketan. Harga mulai dari 14ribu-45ribu. Selain makan di tempat, gudeg bu H. Ahmad juga bisa delivery lho.

7. Gudeg Permata Bu Narti

Alamat: Jalan Gajah Mada, PurwoKinanti, Pakualaman, Gunungketur 55166Map: Klik DisiniJam Buka: 21.00-02.00 (Senin-Sabtu)Harga: Rp 13.000,-No Telp: 0274 553 853

Rasa gudeg permata Bu Narti ini emang istimewa, tidak terlalu manis dan pedas, racikannya pas. Lauk tambahan yang disediakan disini juga lumayan lengkap dari mulai tahu & tempe bacem, ayam goreng, opor ayam, krecek, dan masih banyak lainnya lagi.

Tak perlu mahal-mahal, hanya dengan 13ribu saja kamu sudah bisa menikmati satu porsi gudeg telur disini. Hidangan ini cocok sekali untuk para pemburu kuliner malam di Jogja.

8. Gudeg Basah Mbok Mandeg

Alamat: Jalan Parangtritis KM.2,5, Mantrijeron, Kota Yogyakarta 55143Map: Klik DisiniJam Buka: 08.00-22.00 (Senin-Jumat), 07.00-22.00 (Sabtu-Minggu)Harga: Rp 13.500-,-No Telp: 0274 375 055

Konsep cafe rupaya adalah salah satu terobosan baru dalam kuliner pergudegan Jogja. Cafe milik Mbok Mandeg ini menyajikan hidangan gudeg basah dengan rasa yang sangat spesial.

Suasana cafe yang nyaman dan bersih mampu meningkatkan selera makan menjadi semakin bertambah. Cocok dijadikan tempat makan bersama keluarga ataupun hanya sekedar ngumpul bareng temen. Selain gudeg, disini juga ada menu gado-gado, soto, dan ayam kremes.

9. Gudeg Ceker Sedep Raos

Alamat: Jalan Affandi Nomor 30, Soropadan, Condongcatur, Depok, Kabupaten Sleman 55281Map: Klik DisiniJam Buka: 07.00-23.00 (Senin-Minggu)Harga: Rp 15.000,-No Telp: 0274 2920 312

Gudeg Ceker paling the best di Jogja ya Sedep Raos ini. Rasa gudegnya ngga bikin eneg ditambah dengan ceker yang empuk menjadi sebuah kombinasi super pecah dimulut.

Rasa unik dari gudeg ini adalah ceker yang disiram dengan kuah blondo. Kuah blondo adalah ampas minyak kelapa yang sudah dibumbui dengan aneka rempah-rempah pilihan.

Hanya dengan 15ribu, kamu sudah mendapatkan satu porsi gudeg lengkap dengan 5pcs ceker. Yummy!

10. Gudeg Ibu Kota

Alamat: Jalan Urip Sumoharjo Nomor 88, Klitren, Gondokusuman 55222Map: Klik DisiniJam Buka: 20.30-05.00 (Senin-Minggu)Harga: Rp 20.000,-No Telp: 0857 2722 2482

Rekomendasi lain adalah Gudeg Ibu Kota yang berlokasi di Jalan Urip Sumoharjo, Gondokusuman. Walaupun rasanya tak berbeda jauh dengan gudeg pada umumnya, tapi tidak ada salahnya jika hidangan ini masuk ke dalam daftar kulinermu selama di Jogja.

Harganya murah kok hanya 20ribu saja sudah dapat sepiring nasi gudeg dengan porsi super banyak. Tersedia juga lauk tambahan yang super komplit dari sate telur puyuh, usus, scalope, dan aneka gorengan.

Jangan sampai perjalananmu selama di Jogja sia-sia karena tidak sempat mencicipi kuliner gudeg diatas. Jadi, selagi masih ada spare waktu sebelum kembali pulang ke kota asal, sempatkanlah mampir ke beberapa tempat diatas, karena kalau engga rugi banget!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!