Travel  

Inilah Wajah Baru Taman Tegalega Bandung

Inilah Wajah Baru Taman Tegalega Bandung

tribunwarta.com

Lokasi: Jalan Otto Iskandar Dinata, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat 40251Maps: Klik DisiniHTM: Weekday (Rp.2.000), Weekend (Rp.5.000)Buka Tutup: 05.30 – 18.00Telepon: 022 2031490

Bandung menjadi salah satu kota di Indonesia yang memiliki nilai tersendiri. Kota yang mempunyai julukan sebagai Paris Van Java ini memiliki keunikan. Baik dari segi tata kota hingga pariwisata.

Hal ini pula yang membuat daerah Bandung menjadi incaran para wisatawan sehingga tertarik ingin berlibur ke kota tersebut.

Ada banyak kawasan wisata yang bisa dikunjungi oleh para turis baik domestik dan juga mancanegara. Di Lembang, para wisatawan bisa mengunjungi aneka macam obyek menarik.

Untuk kawasan wisata alamnya seperti Dusun Bambu, Kampung Gajah hingga Floating Market buat berburu aneka kuliner enak.

Selain keindahan kawasan wisata alam di Lembang, di pusat kota Bandung juga banyak tempat yang menyajikan nilai historis atau sisi sejarah dan tentunya mempunyai peran fenomenal.

Ditambah lagi tidak terpisahkan dengan perkembangan dari kota Bandung tempo doeloe hingga Bandung yang sekarang sudah mulai maju.

Salah satu kawasan wisata yang menyajikan sisi historis dan juga nilai sejarah tinggi adalah Tegalega Bandung.

Mengenal Kawasan

Kawasan wisata Tegalega Bandung berupa taman atau lapangan ini sudah cukup lama dikenal masyarakat dan menjadi salah satu obyek wisata historis di kota kembang. Selain itu, letak dari spot tersebut juga terbilang sangat strategis.

Tidak heran jika Tegalega Bandung ini menjadi salah satu kawasan wisata yang sangat populer di kota Bandung, bahkan dari zaman dulu sudah terkenal.

Dan sekarang taman Tegalega ternyata masih menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang cukup ramai dikunjungi oleh warga Bandung sekitarnya.

Bukan hanya masyarakat kota Kembang saja namun juga menjadi incaran para pelancong serta turis baik domestik maupun mancanegara yang sedang berlibur ke Bandung.

Disamping itu, Taman Tegalega sendiri memiliki cerita sejarah dan sisi historis seperti halnya Gedung Merdeka, observatorium Bosscha dan Museum Sri Baduga.

Sejarah Singkat

Kawasan wisata taman Tegalega adalah sebuah lapangan yang cukup luas dan letaknya berada di tengah kota Bandung.

Di sini para wisatawan bisa melihat sebuah monumen bersejarah bagaimana perjuangan masyarakat Banudng untuk membela kemerdekaan Indonesia.

Di sini para wisatawan bisa menemukan monumen Bandung Lautan Api, yakni sebuah tanda kisah sejarah yang sangat kuat di masa perang kemerdekaan Indonesia bersama Belanda.

Perang Bandung Lautan Api ketika itu di pimpin oleh pejuang Muhammad Toha. Seorang warga Bandung yang hidup di sebelah selatan kota Bandung yang rela mengorbankan semua harta kekayaan mereka.

Caranya dengan membumi hanguskan semua kekayaan dengan cara membakar rumah-rumah mereka.

Hal ini memiliki tujuan agar pemerintah Belanda yang masuk kembali ke Indonesia tidak bisa merampas dan mengambil kekayaan masyarakat Bandung.

Untuk memperingati cerita sejarah Bandung Lautan Api ini sendiri pemerintah daerah Jawa Barat pun mendirikan monumen.

Dan pemerintah kota maupun masyarakat sekitar Bandung pun akhirnya setiap tanggal 23 Maret merayakan momen bersejarah ini.

Dan perayaan ini dilakukan di monumen Bandung Lautan Api yang letaknya berada di taman Tegalega Bandung.

Tegalega sendiri memiliki arti sebagai lapangan yang luas menurut bahasa ibu dari Bandung yaitu Sunda.

Oleh sebab itu lapangan yang cukup luas ini diberi nama sebagai Taman Tegalega Bandung oleh pemerintah dan masyarakat sekitar.

Apalagi letak dan lokasinya sendiri berada di pusat kota. Lapangan yang cukup luas ini mempunyai berbagai fungsi dimana pada zaman dulu menjadi pusat acara tahunan yang digelar di kota Bandung.

Selain itu sebagai arena untuk balapan atau pacuan kuda yang menjadi kegemaran masyarakat. spot ini juga menjadi tempat acara-acara hiburan yang tentu saja melibatkan warga Bandung.

Perkembangan Saat Ini

Tentu saja sekarang ini perkembangan zaman menyebabkan beberapa hal mulai tergeser. Meski begitu Tegalega masih tetap berdiri dan menyajikan keindahannya.

Akan tetapi Taman Tegalega ini mengalami beberapa perubahan dan renovasi sehingga tampilan lapangan menjadi lebih maksimal.

Pemanfaatan dan juga pengelolaan lapangan Tegalega ini tentu saja sekarang sudah banyak mengalami perubahan yang memberikan peran tersendiri.

Di era pemerintahan kota Bandung sekarang ini, taman Tegalega mendapatkan pembenahan di area lapangan yang memiliki luas sekitar 16 hektar tersebut.

Tentu saja penataan sudah dirancang dengan sangat baik sehingga Lapangan Tegalega Bandung sudah lebih teratur.

Sebelumnya lapangan Tegalega ini pada era pemerintahaan beberapa dekade terakhir ini sangat kumuh dan juga tidak teratur jauh dari kata tertata.

Bahkan sudah mendapatkan predikat negatif sebagai salah satu area prostitusi terselubung atau tempat esek-esek bagi masyarakat kelas bawah.

Dengan adanya pemikiran serta kerja keras yang dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah, tentu saja bisa merubah wajah kawasan wisata sejarah Taman Tegalega Bandung.

Sekarang ini taman wisata Tegalega Bandung menjadi salah satu kawasan Wisata sejarah yang pas dikunjungi bersama keluarga. Pasalnya ada banyak spot menarik yang bisa dinikmati disini bersama keluarga maupun teman-teman.

Aktifitas dan Fasilitas

Kawasan wisata Tegalega Bandung sekarang ini sudah beralih fungsi menjadi salah satu spot tertib dan juga mencerminkan kota Bandung yang sangat bersih.

Sebelumnya Bandung memang identik dengan sampah yang cukup banyak di pinggir jalan. Terutama di pusat kota tapi sekarang predikat tersebut mulai hilang.

Ditambah lagi kehadiran Taman Tegalega ini membuat tampilan kota Bandung menjadi lebih segar. Tidak heran jika objek tersebut sangat pas untuk mendapat julukan sebagai salah satu spot wisata keluarga di kota Bandung.

Apalagi ada banyak fasilitas yang bisa digunakan oleh masyarakat Bandung dan juga para wisatawan. Dan tentu ada banyak aktifitas dapat dilakukan di sini.

Fasilitas olahraga tersedia di sekitar kawasan lapangan Tegalega Bandung ini adalah adanya lapangan bola yang letaknya berada di bagian tengah.

Area ini cukup sering dijadikan arena dan juga tempat hiburan bagi sebagian warga Bandung maupun wisatawan terutama anak-anak muda untuk menikmati aktifitas bermain bola.

Selain itu area lapangan ini juga kerap dijadikan tempat untuk pertunjukan hiburan, sehingga masyarakat maupun wisatawan bisa menikmati sajian konser musik dan juga pertunjukkan hiburan lainnya yang digelar di sini.

Setiap akhir pekan biasanya akan digelar olahraga sehat seperti senam, jogging hingga jalan sehat. Sebuah kegiatan yang menyenangkan bagi keluarga bukan?

Ternyata bukan hanya ini saja. Ada banyak hal menarik yang dapat mengundang pelancong untuk berlibur ke sini. Dimana disini para wisatawan bisa bersantai sembari melihat keindahan dan sisi lain dari kota Bandung.

Selain itu, di hutan Kota ini para wisatawan bisa merasakan kesegaran dan melihat pemandangan hijau dengan cuaca atau suhu yang sangat sejuk dan fresh.

Apalagi setelah lelah berkeliling kota Bandung untuk berbelanja ataupun melakukan ktifitas lainnya.

Rute Menuju Lokasi

Kawasan wisata hutan ini letaknya memang sangat strategis, yakni berada tepat di pusat atau tengah kota Bandung.

Dan kawasan wisata Taman tersebut letaknya juga berada di perlintasan dari berbagai macam arah serta jalur jalan yang saling berhubungan menuju ke pusat kota Bandung.

Oleh sebab itu para wisatawan yang ingin berlibur ke kota Kembang tentu saja bisa dengan mudah menemukan lokasi taman Tegalega.

Apalagi kini sudah ada Google Maps yang dapat membantu pencarian jalan sehingga semakin memudahkan menuju ke sana.

Taman hutan kota ini bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum karena semua jalur angkot hampir melewati kawasan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!