Travel  

Inilah Danau Kelimutu Dengan Tiga Warna

Inilah Danau Kelimutu Dengan Tiga Warna

tribunwarta.com – Lokasi: Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara TimurMAP: Klik DisiniHTM: Rp. 5.000 (lokal) Rp. 150.000 (asing)Buka/Tutup:Telepon: –

Danau Kelimutu berada di Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Lokasinya tersebut berada di Gunung Kelimutu yang merupakan gunung berapi.

Tempat ini dikenal sebagai Danau Tiga Warna, karena mempunyai 3 warna berbeda yaitu biru, merah, dan putih. Warna danau tersebut akan berubah setiap waktu. Nama Kelimutu berasal dari 2 kata yaitu “keli” maknanya gunung serta kata “mutu” berarti menguap atau mendidih.

Rute

Bila telah sampai di kabupaten Ende, tidak usah khawatir memikirkan transportasi untuk ke Danau Kelimutu. Ada beberapa terminal bus, dimana masing-masing terhubung, yaitu terminal bus Roworeke, terminal Ndopo Dua di Detusoko, dan terminal Ndao.

Anda dapat memilih terminal bus Ndopo Dua karena jarak dengan Danau Kalimutu cukup dekat. Namun apabila ingin naik kedaraan pribadi dari bandara H. Hasan Aroeboesman ke Danau Kelimutu, anda akan menempuh perjalanan selama 1 jam 48 menit dengan jarak 60,7 km. Rute dari bandara H. Hasan Aroeboesman ke Danau Kelimutu adalah sebagai berikut :

Jalan Gatot Subroto lurus ke arah timur (800 m) – Jalan Gatot Soebroto – lurus jalan To Maumere (47,6 km) – Belok ke kanan menuju Jalan Moni Kelimutu (10,6 km) – lurus ke Jalan Taman Nasional Kelimutu (1,7 km) – Desa Moni – Danau Kelimutu

Ketika telah berada di Jalan Taman Nasional Kelimutu, maka akan melanjutkan ke Desa Moni. Desa Moni berada di kaki Gunung Kelimutu. Anda dapat menyewa kendaraan bermotor untuk sampai ke Danau Kelimutu, karena di Desa Moni minim transportasi umum.

Bila ingin mendapat navigasi otomatis, maka sebaiknya memasang aplikasi peta online seperti google maps, sehingga dapat mengikuti rute secara benar tanpa tersesat. Sebelum memulai perjalan dengan kendaraan pribadi pastikan bensin kendaraan terisi penuh serta sediakan ban cadangan dan bensin tambahan, karena pom bensin dan tambal ban jarang ditemui disekitar jalan.

Selama perjalanan, mata anda akan dimanjakan dimana dengan pemandangan indah. Pohon yang rimbun dan kicauan burung menenangkan hati. Ketika berlibur di Danau Kelimutu pada bulan November dan bulan April pastikan telah menyediakan payung atau mantel karena pada bulan tersebut merupakan musim hujan.

Pesona Warna Danau Kelimutu

Danau Kelimutu mempunyai 3 warna yang berbeda dan setiap warna mempunyai artinya tersendiri. Ketiga danau tersebut bernama Tiwu Nuwa Muri Koo Fai (hijau), Tiwu Ata Polo (hitam pekat), dan Tiwi Ata Mbupu (merah). Danau Kelimutu pernah menjadi gambar/image foto lukisan untuk mata uang Rp. 5.000 pada tahun 1992. Pesona warna danau yang indah membuat danau ini masuk menjadi mata uang republik Indonesia.

Disekitar sini dapat menikmati rimbunan pohon kemiri dengan tinggi lebih dari 10 meter. Daun yang lebat, airnya masih jernih, dan udara segar membuat betah berlama-lama disini. Pohon kemiri sangat langka dijumpai di pulau Jawa, namun di daerah pengunungan sini dapat melihat ribuan pohon kemiri yang tumbuh subur dan lebat.

Ketika sampai diatas Gunung Kelimutu, anda dapat melihat Tiwu Nuwa Muri Koo Fai (hijau), Tiwu Ata Polo (hitam pekat), dan Tiwi Ata Mbupu (merah). Sunggu. Dua danau Tiwu Nuwa Muri Koo Fai (hijau) dan Tiwu Ata Polo (hitam pekat) terletak bersebelahan, namun terpisah oleh tebing yang melengkung.

Anda dapat mengabadikan panorama 360 derajat yang memiliki Danau Kelimutu. Saat sunrise dan sunset anda akan melihat keindahan langit kemerahan serta 3 danau yang mempunyai warna yang berbeda, sungguh nikmat yang sangat luar biasa ketika menikmati momen tersebut Bersama keluarga, kekasih, maupun teman.

Ketika anda ingin ke danau berikutnya yaitu danau Tiwu Ata Mbupu, anda harus persiapan stamina yang bagus karena anda harus menaiki ratusan anak tangga yang terbuat dari semen untuk sampai ke puncak Kelimutu. Danau tersebut berwarna hijau bening. Danau ini merupakan tempat berkumpulnya arwah para orang tua yang sudah wafat.

Ketika semasa hidup sering berbuat kebaikan dan meninggal saat tua maka masuk danau Tiwu Ata Mbupu. Namun, arwah manusia yang sering melakukan perbuatan tercela berkumpul di danau Tiwu Ata Polo. Walaupun hanya cerita legenda dari masyarakat, namun hal tersebut dapat kita jadikan motivasi untuk berbuat baik bagi sesame manusia.

Ketika telah mencapai puncak Kelimutu, anda akan merasa Lelah, karena perlajanan yang jauh dan oksigen yang semakin tipis. Namun, perjalanan akan terbayar ketika melihat keindahan sunrise maupun sunset. Anda dapat melihat sunrise pada pukul 05.13 WITA sambal duduk santai dan meminum secangkir kopi dan teh.

Di puncak ini, banyak wisatawan asing. Budaya masyarakat sekitar menyatu dengan turis mancanegara, menjadi pemandangan yang seru dan membahagiakan. Bahwa keindahan alam dapat menyatukan perbedaan kebudayaan antara budaya Barat dengan budaya Timur.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk sangat terjangkau, bagi pengunjung lokal dikenakan biaya objek wisata Rp. 5.000 dan pengunjung asing (berbahasa inggris dan bahasa asing lainnya) dikenakan biaya Rp. 150.000.

Biaya parkir dikenakan Rp. 5.000 untuk sepeda motor dan mobil sebesar Rp. 10.000. Keindahan pemandangan yang sungguh indah dengan tiket masuk yang murah, merupakan keuntungan bagi wisatawan lokal.

Fasilitas

Tak hanya pemandangan alam yang indah. Di sini juga menyediakan fasilitas penunjang yaitu toilet, gazebo, tempat parkir, dan tempat makan. Sehingga pengunjung dapat meningkati keindahan tempat ini secara santai dan maksmimal.

Penginapan Terdekat

Bila dari luar kota dan ingin menginap untuk menjaga stamina, maka anda sebaiknya memesan hotel maupun penginapan terdekat. Berikut merupakan rekomendasi penginapan atau hotel terdekat :

1. Estevania Lodge

Lokasi : Jl. Trans Ende – Maumere KM. 53, Moni, Ende, Koanara, Kelimutu, Flores, Provinsi Nusa Tenggara TimurTelefon : 0821-4799-5023Biaya : Rp 440.000 per malam untuk 2 orangFasilitas :a. 1 kamar mandib. 1 kamar tidur untuk 2 orangc. Rumah makand. Tempat parkire. Pelayanan yang ramah dan ruangan yang bersih

2. The Geckos Moni

Lokasi : Woloara, Kelimutu Ende, Koanara, Kelimutu, Flores, Nusa Tenggara TimurTelefon : –Biaya : Rp 444.077 per malam untuk 2 orangFasilitas :a. 1 kamar mandib. 1 kamar tidur untuk 2 orangc. Rumah makand. Tempat parkire. Pelayanan yang ramah dan ruangan yang bersihf. Gratis sarapan pagig. Fasilitas anak-anakh. Pelayanan Laundry

3. Kelimutu Crater Lakes Ecolodge

Lokasi : Uneng City, Alok, Sikka Regency, Flores, Nusa Tenggara TimurTelefon : (0361) 722775Biaya : Rp 444.077 per malam untuk 2 orangFasilitas :a. 1 kamar mandib. 1 kamar tidur untuk 2 orangc. Rumah makand. Tempat parkire. Pelayanan yang ramah dan ruangan yang bersih

Agar pemesanan penginapan lebih mudah, anda dapat menggunakan aplikasi traveloka maupun agoda. Jadi tunggu apa lagi segera rencanakan perjalanan liburan anda dan pesan penginapan agar tidak terdahului wisatawan asing.

Lain-Lain

Keindahan wisata ini termasuk dalam salah satu danau jenis terkenal akan keindahannya sekaligus sangat unik. Keunikan ini bisa dilihat dari warna yang dimilikinya. Salah satu artikel di Wiki Wikipedia pun membahas tempat ini, namun blog dan video dari youtube juga ada dengan bahasan tempat ini.

Umumnya daerah-daerah yang memiliki keunikan, khususnya di Indonesia dikaitkan dengan misteri, mitos dan hantu. Memang di tempat ini pun demikian. Namun usul semua itu mengapa kenapa hanya cerpen, jadi untuk dipercayai atau tidak itu tidak ada masalah. Walaupun demikian, berlaku sopan di semua tempat tetap harus dijunjung tinggi.

Triwarna atau sebutan disebut terdiri dari tiga warna berbeda dari danau ini memang tidak dimiliki oleh danau lain di dunia. Penyebab tempat ini memiliki seolah tiga warna sudah dijelaskan di atas, namun jika karena aktivitas vulkanik perlu dilakukan pencarian lebih dalam lagi, karena masih belum ditemukan penjelasannya sejarah terbentuknya danau ini, selain menurut dari cerita rakyat. Terbentuknya kemungkinan besar karena aktivitas vulkanik.

Sekarang tempat ini menjadi sangat terkenal, bukan lagi terbaru. Keindahan telaga ketika cuaca cerah sangat bagus untuk waktu memfoto dan nantinya foto tersebut dapat digunakan menjadi wallpaper maupun video silde show you tube. Tempat ini tergolong luas dan jika di identifikasi berbentuk seolah-olah seperti kawah atau telaga.

Segera kunjungi tempat indah ini agar menjadi salah satu riwayat hidup tak terlupakan. Sudah banyak jasa tour tim catper, cukup cari saja di internet. Pengunjungnya sangat banyak, bukan rahasia umum lagi, baik dari daerah Rinjani, Lombok, Tangerang, Labuan Bajo, Kelud, Lio, Galunggung, Kupang, in English dan masih banyak lainnya.

Jika ingin mengetahui referensi lain mengenai informasi tempat ini bisa dilihat di situs manapun, baik berupa pdf maupun tulisan biasa, seperti di Kompas. Proses pencarian dijamin cepat, cukup ketikan nama mana tempat ini nantinya akan di jelaskan dalam artikel situs tersebut dan biasanya ada lagu di beberapa situs festival.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!