Travel  

Inilah 10 Tempat Wisata di Solo yang Paling Terkenal

Inilah 10 Tempat Wisata di Solo yang Paling Terkenal

tribunwarta.com – Sudah mencoba beberapa tempat nongkrong di Solo yang kami rekomendasikan beberapa waktu lalu? Nah, tentu Anda ingin menjelajah kota ini secara lebih jauh, bukan? Anda bisa melanjutkan petualangan Anda di Kota Solo dengan mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di sini. Dijamin Anda tidak akan merasa bosan untuk mengunjungi satu persatu tempat wisata yang terkenal di Kota Solo alias Surakarta ini.

Keluyuran sudah merangkum beberapa tempat wisata di Solo yang paling terkenal. Jadi, tunggu apalagi? Jangan buang waktu Anda dan segera buat persiapan untuk berpetualang mengunjungi tempat-tempat wisata unik dan seru di Solo berikut ini.

1. Museum Purba Sangiran

Pernahkah terlintas dalam benak Anda untuk mencari tahu bagaimana wujud manusia purba yang sesungguhnya? Tempat wisata di Solo yang satu ini Anda bisa melihat fosil dari manusia purba tersebut, lho. Ya, Museum Purba Sangiran adalah tempat wisata edukatif yang memiliki koleksi fosil manusia purba berusia ratusan ribu sampai dengan jutaan tahun.

Tak hanya fosil manusia purba saja, di museum ini Anda juga bisa melihat fosil batu, tumbuhan, hewan dan peralatan yang dipakai oleh manusia purba pada zaman dahulu. Museum Purba Sangiran berada sekitar 15 KM dari pusat Kota Solo.

2. Keraton Surakarta Hadiningrat

Bila Anda sedang mencari tempat wisata yang dekat dengan Stasiun Balapan, maka Anda harus mengunjungi Keraton Surakarta Hadiningrat. Keraton yang satu ini adalah keraton paling terkenal di Kota Solo dan sudah menjadi saksi sejarah dari masa ke masa.

Untuk dapat masuk ke dalam Keraton Surakarta Hadiningrat, Anda harus membayar karcis masuk yang harganya hanya 10 ribu rupiah. Di dalam keraton kita bisa melihat benda-benda kuno koleksi keraton dan kereta kencana yang sangat antik. Bahkan, kita juga bisa berfoto dengan prajurit penjaga keraton ini.

3. Pandawa Water World Solo Baru

Siapa yang tak suka berwisata ke taman bermain air? Di Solo, Anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk berbasah-basahan di Pandawa Water World Solo Baru. Ini adalah taman bermain air terbesar di Solo. Waterpark modern ini memiliki beberapa patung dari tokoh wayang di dalamnya, sehingga hal tersebut menjadi keunikan tersendiri dari tempat wisata ini.

Pandawa Water World Solo Baru menyediakan berbagai wahana yang seru dan menyenangkan. Ditambah lagi tempat ini juga bisa dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai usia. Tunggu apalagi, segera rencanakan liburan yang menyenangkan ke Pandawa Water World!

4. Taman Sriwedari

Jika dahulu Taman Sriwedari hanya dipakai untuk rekreasi bagi keluarga kerajaan, kini taman yang berada di Kecamatan Laweyan ini dibuka untuk umum. Taman yang satu ini bisa dikunjungi jika Anda ingin bersantai atau sekedar berbincang-bincang dengan orang terdekat.

Daya tarik dari taman ini juga terletak dengan keberadaan Gedung Wayang Orang Sriwedari yang berada di bagian dalam taman. Pada waktu-waktu tertentu gedung ini sering menggelar pertunjukan wayang orang dengan mengangkat cerita Mahabarata atau Ramayana. Taman Sriwedari berlokasi di Jalan Slamet Riyadi, Kec. Laweyan, Solo.

5. Tugu Lilin

Solo adalah kota yang banyak menawarkan tempat wisata budaya dan sejarah. Salah satu tempat wisata di Solo yang sarat dengan nilai sejarah adalah Tugu Lilin. Monumen ini dibangun untuk memperingati 25 tahun berdirinya Boedi Oetomo. Dinamakan Tugu Lilin karena bentuk dari monumen ini tampak seperti sebuah lilin yang menyala.

Ada arti tersendiri mengapa monumen ini dibangun dengan bentuk lilin. Pasalnya, lilin melambangkan semangat rakyat Indonesia yang memperjuangkan kemerdekaan dengan semangat yang berapi-api. Sebagai wisatawan, Anda bisa berkunjung ke Tugu Lilin untuk berfoto-foto mengingat monumen ini adalah salah satu ikon dari Kota Surakarta.

6. Taman Balekambang

Taman seluas 10 hektar ini merupakan taman rekreasi dan edukasi yang dibuka untuk umum sejak tahun 2008. Di dalam Taman Balekambang, Anda bisa mengunjungi salah satu spot yang paling banyak diminati wisatawan, yaitu Taman Air Partini. Di Taman Air Partini, Anda bisa bermain perahu air.

Sementara itu, ada pula bagian lain di Taman Balekambang yakni Hutan Partinah Bosch. Adapun di dalam hutan ini kita bisa melihat-lihat berbagai jenis tanaman langka yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya. Taman yang sangat asri ini terletak di Jalan Balekambang No. 1, Banjarsari, Manahan, Surakarta.

7. Pura Mangkunagaran

Dibangun pada tahun 1757 oleh Mangkunegara I, Pura Mangkunagaran adalah istana kediaman para Pangeran Adipati Arya Mangkunegara berserta dengan keluarganya. Meskipun namanya adalah Pura Mangkunagaran, tetapi bangunan yang terbuat dari kayu jati ini lebih nampak seperti keraton pada umumnya.

Tempat ini bisa dikunjungi oleh wisatawan. Anda dapat melihat-lihat peralatan tari, wayang, dan kesenian lainnya yang sudah berusia ratusan sampai dengan ribuan tahun. Selain itu, di wilayah Pura Mangkunagaran ini juga terdapat perpustakaan yang sampai saat ini masih sering dikunjungi oleh sejarawan dan pelajar.

8. Grojogan Sewu Tawangmangu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!