Travel  

Ini Dia 12 Oleh-Oleh Khas Lombok Yang Jadi Incaran Wisatawan

Ini Dia 12 Oleh-Oleh Khas Lombok Yang Jadi Incaran Wisatawan

tribunwarta.com – Lombok adalah salah satu destinasi wisata populer di Indonesia yang letaknya berada di Nusa Tenggara Barat. Segala sisi pulau ini hadir menampilkan keindahan pesona alam memukau, baik itu dari pegunungannya hingga baharinya.

Keindahan alamnya tidak hanya menarik wisatawan dari kota Jakarta, Surabaya, Bandung dan Bali saja namun juga berbagai mancanegara.

Selain keindahan alamnya, sisi lain yang juga cukup menarik untuk dieksplor dari pulau eksotis ini adalah keaneka ragaman oleh-olehnya.

Berkunjung ke Lombok, akan sangat aneh rasanya jika kita tidak membawa oleh-oleh untuk orang-orang terdekat baik itu keluarga, pacar maupun teman-teman.

Nah, jika Sahabat JejakPiknik berencana pelesiran ke pulau kediaman suku Sasak ini, jangan lupa beli buah tangan sebelum pulang ya.

Buah tangan ini bentuknya bermacam-macam ada berupa makanan, aksesoris unik, baju, barang, jajanan tradisional hingga kerajinan lokal.

Dan beberapa oleh-oleh khas Lombok yang pasti dicari wisatawan ini wajib untuk Sahabat JejakPiknik beli buat dibagikan ke orang-orang terdekat.

1. Kain Tenun Ikat Sasak

Menenun sudah menjadi bagian dari masyarakat asli daerah Lombok. Oleh karena itu, ketika berkunjung ke Pulau ini tak lengkap rasanya jika tidak membeli kain tenun khas suku Sasak.

Kain tenun khas Sasak tersebut terdiri atas dua jenis yaitu tenun ikat dan songket. Kualitas hasil kerajinan ini pun tak kalah bagus dengan yang ada di daerah lainnya di Indonesia.

Jika Sahabat JejakPiknik ingin melihat koleksinya, jangan ragu untuk berkunjung ke desa Pringgasela, Lombok Timur. Disini kita bisa mendapatkan kain tenun dalam bentuk sarung ataupun syal dengan harga cukup bervariasi.

2. Songket

Selain kain tenun ikat, Songket khas Sasak juga sangat cocok dijadikan bingkisan buat mama ataupun calon istri.

Kain tenun kaum hawa ini dibuat secara manual dan diberi ciri khas berupa hiasan timbul dan terbuat dari benang emas atau katun dan perak.

Sahabat JejakPiknik bisa membelinya di Cilinaya Shopping Center ataupun desa Sukarara, Lombok Tengah. Satu lembar biasanya dijual bervariasi mulai dari 200 ribuan, tergantung tingkat kerumitan serta motifnya.

3. Madu Sumbawa

Pulau Sumbawa yang terletak di sebelah timur Lombok dikenal sebagai daerah penghasil madu terbaik di Indonesia.

Madu tersebut sangat istimewa karena terdiri dari dua jenis, yaitu ada yang berwarna kuning kecoklatan dan satunya lagi warnanya putih.

Meski berasal dari Sumbawa, tapi madu ini banyak ditemui di Lombok dan sering dicari oleh wisatawan karena dipercaya berkhasiat baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Untuk menemukannya tidaklah sulit, karena hampir semua toko ataupun pusat oleh-oleh di Mataram Lombok menjualnya. Dan harganya cukup bervariasi, tergantung jenis madunya.

4. Susu Kuda Liar Sumbawa

Selain madu, susu kuda liar khas Sumbawa juga cukup banyak diminati oleh para wisatawan. Dan minuman tersebut dipercaya sangat berkhasiat untuk kesehatan serta pengobatan. Kira-kira seperti apa ya rasanya?

Di Lombok, Sahabat JejakPiknik bisa menemukan susu kuda liar di beberapa agen khusus. Dan untuk harganya pun bervariasi mulai dari 20 ribuan per botolnya. Murah kan?

5. Dodol Rumput Laut

Selain menjadi destinasi wisata bahari, pantai di sekitar pulau Lombok juga digunakan untuk pembudidayaan rumput laut.

Rumput laut ini nantinya akan dijadikan sebagai bahan untuk pembuatan dodol. Makanan ini sangat terkenal loh di kalangan wisatawan.

Salah satu merk dodol yang sangat populer di Lombok ialah Phoenix food. Untuk membeli penganan ini Sahabat JejakPiknik silahkan datang langsung ke tokonya dengan alamat jalan A.A Gde Ngurah, Cakranegara, NTB.

Dodol Phoenix ini hadir dengan beragam varian rasa mulai dari sirsak, nangka, semangka, labu siam, tomat hingga jagung. Untuk harganya hanya berkisar 15 sampai 25 ribuan saja satu kotaknya, tergantung ukurannya.

6. Perhiasan Mutiara

Mutiara adalah salah satu kerajinan penduduk lokal yang banyak dicari kalangan wisatawan untuk dijadikan cinderamata buat orang-orang terdekat.

Mutiara ini nilai jualnya sangat tinggi karena diambil langsung dari dasar laut. Selain itu, perhiasan tersebut juga termasuk yang terbaik di dunia, sehingga tak heran jika sering jadi buruan para kolektor.

Salah satu tempat pengrajin dan penjualan mutiara di Lombok adalah daerah Sekarbela di Ampenan. Di lokasi belanja ini kita bisa melihat deretan toko yang menjual aneka perhiasan mulai dari gelang, cincin hingga anting.

Aneka perhiasan berbahan mutiara ini dibanderol dengan harga bervariasi, tergantung bahan dasar serta jenisnya.

7. Kaos dan Aksesoris Khas Lombok

Bukan hanya Bali dan Jogja yang punya baju ikonik. Di Lombok juga terdapat banyak outlet penyedia kaos serta aneka aksesoris khas dari pulau tersebut.

Kaos khas Lombok ini desain dan motifnya bermacam-macam ada gambar pantai Senggigi ataupun spot unik lainnya.

Sementara untuk aksesorisnya, jenisnya juga beraneka ragam mulai dari kain pantai, dompet etnik, tas, topeng, sandal lukis dan lain sebagainya.

Untuk menemukan outlet tersebut cukup datang saja ke toko Sasaku di kawasan Senggigi atau Mataram. Lapak yang juga melayani secara online ini mematok harga bersaing hanya mulai Rp.10.000 sampai ratusan ribuan, tergantung jenisnya.

8. Opak-Opak

Nah, bila Sahabat JejakPiknik kebetulan berpelesir ke kabupaten Lombok utara, jangan lupa bawa pulang opak-opak yang khas dari sana ya.

Cemilan ringan berwujud kerupuk tersebut sangat mudah ditemui di sepanjang pantai dan harganya pun sangatlah terjangkau. Bisa disantap begitu saja atau dapat juga dijadikan menu pendamping pelecing kangkung.

9. Abon Ikan Asin

Bila selama ini Sahabat JejakPiknik lebih akrab dengan abon sapi, ayam atau jenis daging lainnya, maka makanan khas Lombok berbahan dasar ikan asin tersebut wajib untuk dicoba dan dibawa pulang buat keluarga.

Selain gurih, lezat dan sedikit pedas, abon ikan asin ini juga mengandung banyak protein jadi sangat cocok untuk dikonsumsi terutama anak-anak.

Abon ikan asin ini juga mudah ditemukan di pusat oleh-oleh dan harganya dibanderol hanya kisaran 60 ribuan untuk seperempat kilogramnya.

10. Permen Susu Kuda Liar

Salah satu produk turunan dari Sumbawa yang pantas untuk Sahabat JejakPiknik coba ialah permen susu kuda liar.

Meski sedikit asam namun permen ini sangat cocok untuk dikonsumsi terutama anak-anak. Kudapan tersebut biasanya dibanderol hanya Rp.20.000/kg dan mudah ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh di pulau Lombok.

11. Terasi Bakar

Masyarakat di daerah pesisir Lombok memang sangat kreatif dalam menghasilkan aneka bumbu dapur berbahan dasar hasil laut, salah satu contohnya terasi bakar.

Meski terasi mudah ditemui di berbagai kota di Indonesia namun bumbu dapur khas pulau Lombok ini citarasanya lebih kental.

Terasi bakar ini juga banyak ditemui di pusat oleh-oleh dan biasanya dibanderol dengan harga kisaran 50-90 ribuan saja per kilogram.

12. Peyek Kangkung Rumput Laut

Selain dodol, masyarakat di pulau Lombok juga kini mulai menghadirkan kreasi makanan baru namanya yaitu peyek kangkung rumput laut.

Ada empat varian rasa pilihan dari peyek kangkung rumput laut ini diantaranya yaitu original, pedas, seledri serta teri pedas. Selain enak dijadikan cemilan, juga sangat mantap untuk menemani sepiring nasi hangat.

Cemilan ringan peyek kangkung rumput laut tersebut juga mudah dijumpai di pusat oleh-oleh dan harganya dibanderol hanya kisaran 25 ribu saja sebungkusnya.

Nah, sudah pada tau kan apa saja oleh-oleh khas Lombok yang selalu dicari para wisatawan. Jadi jika Sahabat JejakPiknik berpelesir ke pulau ini jangan lupa untuk membawa pulang salah satu daftar diatas ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!