Travel  

Indahnya Pemandangan Sore Hari di Pantai Permisan dan Bagaimana Akses Menuju Lokasi Wisata?

Indahnya Pemandangan Sore Hari di Pantai Permisan dan Bagaimana Akses Menuju Lokasi Wisata?

tribunwarta.com – Alamat: Permisan, Tambakreja, Cilacap Selatan, Jawa TengahMaps: Klik DisiniBuka Tutup: 24 JamHarga Tiket Masuk (HTM): –

Indonesia adalah negara maritim yang mempunyai wilayah laut yang sangat banyak. Kekayaan alam Indonesia yang menyebar di seluruh penjuru negara ini. Kawan, negara kita sangat kaya. Kekayaan ini tidak pernah ada habis-habisnya, baik di daratan maupun lautan.

Pantai adalah salah satu kekayaan alam yang ada di Indonesia. Sebagai negara kepulauan, Indonesia sangat kaya akan pesona wisata di sekitar pesisir laut. Kali ini kawan, kita akan sedikit membahas tentang salah satu destinasi wisata di Indonesia.

Sekalipun yang kita bahas adalah destinasi liburan alam, namun rupanya lokasi ini juga menyimpan sejarah unik loh. Yuk, kita tilik sebentar mengenai kawasan pesisir selatan Pulau Jawa ini.

Lokasi Liburan

Kawan, kita kali ini sedang membicarakan tentang destinasi yang berada di sekitar pesisir Selatan Pulau Jawa, tepatnya berada di Provinsi Jawa Tengah. Tentu rekan-rekan tahu bukan Pulau terkenal di sebelah selatan Jawa Tengah?

Yup. Benar sekali, Pulau Nusakambangan atau juga biasa dikenal sebagai pulau penjara karena menjadi lokasi rehabilitasi atau lapas dengan tingkat keamanan tinggi. Rupanya, Nusakambangan juga menyimpan keunikan lain.

Rute Menuju Lokasi

Rekan-rekan tidak perlu khawatir karena akses mencapai Pantai Permisan tidak begitu sulit. Rekan-rekan cukup datang ke area Cilacap, pesisir Selatan Jawa Tengah, baik menggunakan kereta api, bus, ataupun juga kendaraan pribadi.

Dari Cilacap, silakan berangkat menuju ke Pelabuhan Lo Manis, Jawa Tengah untuk menyeberang menuju ke Pelabuhan Sodong di Nusakambangan. Ketika kapal feri sudah sampai di Nusakambangan, rekan-rekan bisa mencapai Pantai Permisan dengan beragam bentuk transportasi darat seperti bus, mobil, atau juga kendaraan ojek.

Daya Tarik Wisata

Kawan, sekalipun berada di kawasan Pulau Lapas dengan tingkat keamanan tinggi untuk para narapidana, jangan men-judge destinasi di tempat ini dengan negative ya. Nyatanya, kondisi di sekitar Pulau Nusakambangan memiliki pemandangan yang sangat indah.

Hal itu juga termasuk salah satunya adalah Pantai Permisan. Seperti yang diketahui oleh banyak pengunjung, Pantai Permisan ini termasuk daerah perawan. Artinya belum banyak orang atau masyarakat sekitar yang tinggal di sana serta berkegiatan.

Lokasi pantai juga tidak begitu jauh dari Pelabuhan Sodong, Nusakambangan. Rekan-rekan akan dengan mudah menemukannya karena destinasi wisata ini terletak tepat di samping LP Permisan, Nusakambangan.

Inilah menariknya berlibur di pantai perawan, karena tidak begitu banyak pengunjung yang datang, rekan-rekan bisa bebas menikmati pemandangan. Liburan serasa di rumah sendiri, bisa bebas menikmati hamparan keindahan di hadapan kita.

Rekan-rekan bisa bersantai dan melepas penat sambil mendengarkan suara ombak yang menabrak karang. Pasir putih yang mengelilingi sekitar kaki, membuat setiap kepenatan yang ada pada tubuh karena beban hidup seperti terhilang dan terlepas.

Pulau Kecil

Sobat, kita juga bisa kok untuk mengunjungi area batu karang yang berada di pantai tersebut. Masyarakat sekitar biasanya menyebut hamparan tersebut dengan nama ‘pulau kecil’. Kita dipersilakan untuk pergi ke sana bila sedang masa surut.

Omong-omong, tahukah kita bahwa lokasi ini juga digunakan oleh pemerintah untuk melatih para prajurit bangsa Indonesia? Pantai Permisan memang sangat dikenal sebagai lokasi untuk memproses mereka agar semakin kuat dan tangguh dalam menjaga kedaulatan Negara Indonesia.

Rekan-rekan boleh kok melihat sendiri buktinya. Di salah satu batu karang tersebut, ditancapkan pisau komando yang melambangkan komando prajurit bangsa kita. Pisau ini juga dapat kita lihat dari bibir pantai, tidak harus sampai mendekat ke batu karang.

Satu lagi yang menarik dari gugusan batu karang di Pantai Permisan adalah banyaknya lambang sosial di tempat tersebut. Konon ceritanya, beberapa masyarakat mempercayai sejarah legenda mengenai Prabu Pakuan Pajajaran dan putrinya.

Sejarah Singkat

Nah, di lokasi pulau kecil atau batu karang inilah wisata sejarah kita dimulai. Masyarakat luas mengenal wilayah berhubungan erat dengan salah satu pemimpin bangsa kita, Sutan Syahrir, atau Perdana Menteri pertama Indonesia.

Rupanya, beberapa waktu lalu Perdana Menteri ini pernah datang ke pulau kecil dan melakukan suatu ‘pertandingan’. Ia nekad untuk pergi ke pulau kecil sekalipun laut sedang berombak. Rupanya, begitu dia sampai di atas batu karang, ombak besar tiba-tiba datang.

Sutan Syahrir menunggu hingga berjam-jam agar omak di sekeliling batu karang kembali mereda. Akhirnya, karena peristiwa tersebut, nama Sutan Syahrir diabadikan sebagai salah satu gugusan batu karang di tempat ini.

Bila rekan-rekan datang dan bertanya kepada penduduk kawasan Pulau Nusakambangan, mereka pasti tahu mana yang disebut dengan “Batu Syahrir”. Nah, ini juga bisa menjadi salah satu spot fotografi bagi kita kawan. Tapi ingat, tetap berhati-hati dengan ombak ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!