Travel  

Hutan Bambu Surabaya, Cocok Untuk Foto Prewed

Hutan Bambu Surabaya, Cocok Untuk Foto Prewed

tribunwarta.com – Lokasi: Jl. Raya Marina Asri, Keputih, Sukolilo, Kota SBY, Jawa Timur 60111Map: Klik DisiniHTM: FreeBuka Tutup: 24 JamTelepon: –

Siapa yang tidak suka berlibur? Semuanya pasti mau. Pasalnya, liburan bisa membuat segala penat terlupakan bahkan hilang sekejap apalagi jika melihat suasana alam yang menenangkan dan indah.

Untuk sebagian orang bahkan melakukan perjalanan wisata adalah menjadi suatu kewajiban yang tak boleh dilewatkan.

Mereka percaya dengan liburan banyak sekali pengalaman dan energi positif yang didapat karena terlalu sibuk bekerja juga tidak baik selain mengancam kondisi jiwa akibat stress, otakpun terlalu diforsir dan kerjanya menjadi kurang optimal.

Itulah kenapa kebanyakan kantor-kantor di bidang industri kreatif atau berbasis tekno didesain senyaman mungkin agar ide yang dihasilkan juga keluar maksimal.

Banyak juga dari perusahaan atau industri kreatif yang mendesain kantor seperti arena bermain demi memberi area kerja super nyaman.

Namun sebagian orang juga menganggap bahwa liburan akan menghabiskan uang. Jadi, mending ditabung dan berlibur menurut mereka itu sesuatu hal yang boros.

Sebenarnya berlibur tidak harus mahal meskipun membutuhkan biaya, hanya saja tergantung dari cara masing-masing orang mengaturnya.

Jika manajemen keuangan baik maka liburan pun tidak akan menghabiskan banyak dana. Berlibur tidak harus jauh dan juga menginap.

Inti dari berlibur atau refreshing ya supaya pikiran segar kembali alias refresh dan otot-otot yang kaku jadi lemas lagi serta energi pun bisa pulih kembali.

Sesekali lari pagi di taman dekat rumah atau pergi kepantai dapat sejenak melepas letih. Untuk warga Surabaya dapat berwisata ke Hutan Bambu dan Taman Harmoni, gratis tanpa biaya kecuali jajan ya bayar sendiri.

Hutan Bambu Keputih

Surabaya menjadi salah satu tujuan berlibur favorit para wisatawan dari berbagai daerah. Sebab di kota ini terdapat banyak sekali destinasi yang keren, contohnya adalah Hutan Bambu Keputih.

Untuk harga tiket masuknya free alias gratis. Untuk alamatnya yakni di Jl. Raya Marina Asri, Keputih, Sukolilo, Surabaya. Spot satu ini juga cukup populer.

Lokasi yang mudah diakses dan suasananya pun sangat asri membuat Hutan Bambu Keputih ini selalu ramai pengunjung.

Selain Hutan Bambu, ada banyak destinasi wisata yang patut Anda kunjungi di kota Pahlawan tersebut seperti KBS (Kebun Binatang Surabaya), Tugu Pahlawan, Taman Bungkul, Hutan Bambu, Taman Harmoni dan lainnya.

Nah, untuk Hutan Bambu ini terhitung masih baru, karena dahulu spot tersebut adalah kawasan pembuangan sampah tahap terakhir di Sukolilo.

Sebagian area bekas TPA di kawasan keputih ini kemudian diberdayakan oleh Pemda Surabaya menjadi area hijau sejak Tempat Pembuangan berpindah ke daerah Benowo.

Menurut informasi yang diperoleh, kawasan ini kedepannya akan tetap dikelola secara berkelanjutan dan semoga dapat digunakan sebagai destinasi wisata hijau yang kekinian di Surabaya.

Sesuai namanya, spot ini memiliki koleksi pohon bambu yang banyak dan rindang serta tumbuh subur. Inilah yang membuat keunikan tersendiri bagi hutan tersebut.

Para photografer bahkan banyak yang mengambil latar pemotretan disini. Selain para model, daerah ini juga banyak digunakan sebagai latar untuk pengambilan foto prewedding.

Para pengunjung yang memiliki ketertarikan dalam dunia fotografi senang hunting objek foto mereka disini.

Jalan Menuju Lokasi

Jika diantara Anda ada yang ingin datang ke Hutan Bambu dan Taman Sakura ini ambil RS Bersalin Putri sebagai patokan.

Dari rumah sakit ini, Anda pilih rute menuju Perumahan Araya kemudian terus jalan lurus saja sekitar 2.2 km hingga bertemu dengan pertigaan. Dari situ, pilih jalur kanan yang menuju terminal Keputih, Sukolilo.

Perhatikan belokan arah kiri tepat sebelum terminal, disini harus belok kemudian Anda akan melihat di areal kiri jalan tempat hamparan Hutan Bambu yang rimbun serupa seperti objek yang ada di Negara Jepang bernama Sagano.

Disini banyak yang melakukan photoshoot prewed karena tiket masuk gratis dan tidak harus jauh-jauh terbang ke Jepang.

Taman Harmoni atau Taman Sakura Surabaya

Menurut rencana Pemkot Surabaya dan Pemprof Jawa Timur, akan ada penambahan lahan hijau dan tempat-tempat wisata keren untuk menarik minat wisatawan datang ke Jatim dan Surabaya khusunya.

Jika mengalami kesusahan memarkirkan kendaraan, Anda dapat melangkah maju kurang lebih 100 meter. Tepat disebelah kanan terdapat area parkir yang posisinya agak naik ke sebuah lahan kosong.

Didekat area parkir inilah terdapat Taman Sakura yang indah sekali. Spot tersebut dikenal juga dengan nama Taman Harmoni

Disisi jalan di kota Surabaya telah ditanami pohon sakura meskipun belum berbunga namun usaha yang giat pemkot ini perlu diapresiasi warga agar terus dikembangkan dan membuat Surabaya menjadi lebih indah.

Di Taman Sakura ini terdiri dari beragam jenis bunga yang indah berwarna-warni dan dikelompokkan sehingga membuatnya tertata rapi serta lebih menakjubkan.

Tidak hanya taman bunga biasa namun pemkot juga memperhatikan ketersediaan area bermain bagi warganya yang berkunjung ke taman ini.

Ada beberapa jenis permainan anak-anak seperti ayunan, perosotan, dan sebagainya. Sementara para orangtua serta lansia pun tidak perlu cemas karena telah disediakan batu refleksi yang diletakkan di beberapa titik di taman ini.

Batu refleksi ini terdiri dari batu-batu kecil biasa yang disusun rapi dan sedemikian rupa untuk membantu mengurangi rematik, pegal-pegal dll.

Selain itu terdapat tugu air mancur meskipun tidak intense tapi keberadaannya dapat mempercantik area taman Sakura.

Ketika sore hari, taman ini menjadi salah satu pilihan tujuan menghabiskan waktu sore hari untuk sekedar jalan-jalan santai, refreshing, atau selfie. For your info, semua taman yang ada di Surabaya milik Pemkot ini tiket masuknya gratis.

Meskipun gratis diharapkan para warga atau pengunjung turut serta menjaga kebersian dan kelestarian lingkungan. Jangan melakukan kegiatan vandalisme atau buang sampah sembarangan.

Tidak hanya untuk warga Surabaya namun untuk semua orang agar merubah pola buang sampah sembarangan.

Bahkan jika tidak dapat menemukan tong sampah, sebaiknya dibawa dulu atau dimasukkan kedalam tas nanti ketika bertemu tempat sampah baru dikeluarkan.

Jangan sampai berdalih karena tidak ada tempat sampah ya aku buang saja disini. Taman Sakura ini cukup lengkap selain itu dekat dengan tempat wisata hutan bambu.

Jam buka taman 24 jam, biaya gratis dan cocok sekali sebagai lokasi untuk mengambil foto dan gambar keren-keren karena tidak harus membayar htm untuk jalan disini.

Wisata Dekat Sini

Selain berkunjung ke hutan bambu, mungkin beberapa alternatif wisata dibawah ini dapat menarik minat Anda:

1. Pakuwon Food Festival

Berbicara tentang spot wisata keren di surabaya Seakan tak ada habisnya, salah satu wisata malam yang keren di sana selain taman dan pantai, datang ke pusat kuliner masakan bernama Pesta Makanan Pakuwon(Pakuwon Food Festival)adalah ide tepat.

Untuk Anda yang lumayan jenuh dengan tempat makan itu-itu saja datangah kesini saja. Lokasinya ada di Pakuwon City tepatnya di Jl. Kejawan Putih Tambak, Surabaya.

Tempat ini selalu ramai didatangi oleh pengunjung dari berbagai pelosok. Masuk ke Pakuwon Food Fest tidak ada biaya sama sekali, Gratis! tapi tidak untuk parkir.

Anda harus mengeluarkan uang membayar jasa parkir kendaraan. Tempat yang unik membuatnya tidak pernah sepi peminat dan sangat cocok sebagai destinasi berburu kuliner bersama keluarga.

Tidak hanya warga Surabaya dan sekitarnya, banyak juga wisatawan dari luar kota yang mengunjungi kawasan pesta kuliner ini.

Pesta Makanan ini satu bagian dengan Pakuwon City Mall yang telah beroperasi dari tahun 2008. Semua jenis sajiann khas Surabaya ada disini dan terdapat sekitar 100 stand kuliner memadati kawasan pakuwon city tersebut.

Jenis-jenis makanan ini diantaranya nasi bakar, lontong balap, kupang lontong, ada juga beragam menu chinese food, western food, france food, appetizer, main course, dessert dan makanan cepat saji, semuanya ada disini.

Disediakan juga tempat duduk untuk bersantai sembari menunggu pesanan makanan datang. Jika Anda tidak sedang lapar disarankan memesan camilan ringan saja. Tak perlu khawatir, ada banyak pilihan.

Tidak hanya makanan saja, terdapat juga hiburan untuk segala usia. Untuk anak-anak dapat bermain di wahana permainan seperti trampolin, komedi putar, kereta kelinci, sepeda tandem, dan mobil kayuh.

Pesta Makanan Pakuwon buka setiap hari mulai dari pukul 5 sore sampai 12 malam. Biasanya semakin menjelang malam, pengunjung yang datang makin banyak memadati area Pakuwon Food Fest.

Saat berada disini Anda akan melihat cahaya berkilauan yang berasal dari lampu lampion yang berada di sepanjang kawasan Food Fest.

Tidak hanya membuat indah, keberadaan lapion menambah suasana hangat. Disini juga terdapat tempat baru yang keren bernama Festifal of Light, untuk dapat menikmatinya harus membayar tiket masuk Rp. 20.000.

Dikawasan Foodfest sering diselenggarakan aneka macam event seperti festival sate hingga durian. Disamping sebagai pusat kuliner, Pakuwon Food Fest juga menjadi tempat nongkrong atau titik berkumpulnya para komunitas.

Komunitas tersebut diantaranya pet lovers, fotografi, anak motor dan banyak lagi. Disini juga ada tersedia WiFi gratis sehingga membuat pengunjung betah untuk berlama-lama.

2. Taman Bungkul

Surabaya memiliki lokasi taman-taman yang lumayan banyak, salah satu yang terkenal diantaranya Taman Bungkul, letaknya di Jl. Raya Darmo, Surabaya sekitar 7 km dari Hutan Bambu.

Area taman ini luasnya mencapai 900 m2 dan terdapat beberapa fasilitas di dalamnya diantaranya ada amfiteater yang memiliki diameter sekitar 33 M dan taman permainan untuk anak-anak.

Lalu ada juga jogging track, lokasi bermain papan seluncur, dan ketersediaan untuk mengakses internet nirkabel.

Nama taman ini diambil dari nama seorang penghuni makam yang berada dikawasan tersebut yaitu Mbah Bungkul.

Ini sebenarnya bukanlah nama asli melainkan hanya sebuah julukan. Sebenarnya beliau bernama Ki Sopo.

Ki Sopo atau Mbah Bungkul merupakan seorang pesyiar agama pada masa kerajaan majapahit sekitar abad 15 dan merupakan saudara ipar Sunan Ampel/Raden rahmat.

Taman ini menjadi ikon dan jantung kota Surabaya. Bagi yang ingin menikmati area hijau ditengah-tengah keramaian, Taman Bungkul adalah destinasi favorit banyak orang.

Terkadang di taman ini juga diselenggarakan acara atau event-event tertentu sebagai hiburan atau untuk melestarikan kebudayaan.

Terdapat beberapa warung makanan dan minuman dengan menu khas Surabaya di belakang Taman Bungkul. Spot ini tak pernah sepi, selalu ramai dari pagi hingga malam.

Di Sukolilo, Taman Sakura atau Hutan Bambunya tidak kalah keren dengan hutan bambu yang ada di Lumajang bahkan di Jepang atau Bangli dll.

Banyak juga yang menjadikan hutan bambu ini sebagai wallpaper. Dan pengunjungnya pun datang dari berbagai daerah seperti Serpong, Bandung, Penglipuran, Bali, Malang dan Jogja.

Mereka ingin melihat bagaiaman keindahan hutan bambu tanpa harus terbang jauh ke Arashiyama, Jepang atau Kyoto Bamboo Forets.

Dan Indonesia juga tidak mau kalah karena ada juga beberapa hutan bambu yang keren ditemukan di Nusantara ini baik di desa atau area perkortaan.

Salah satu contohnya ya yang di kota Surabaya. Selain indah, Hutan Bambu ini juga tidak sarat akan cerita misteri.

Tak ingin kalah saing, negara Tirai Bambu Cina yang terkenal dengan hewan panda juga memiliki tempat wisata Bamboo Forest seperti di Jepang.

Semoga kedepannya semakin banyak taman dan area hijau serupa yang di upayakan para pemda di Indonesia, mengingat di 2022 tidak bayak area hijau di tengah kota.

Hutan Bambu andeman Sanankerto, Turen, Malang, Jawa Timur 65181 bisa jadi contoh lokasi wisata hutan yang patut ditiru atau hutan bambu Alu Sulawesi barat yang tidak angker.

Semakin banyak lahan hijau yang disediakan maka makin banyak juga orang tersadar agar memiliki pola sehat menjaga lingkungan.

Keberadaan area hijau membantu para warga baik anak-anak hingga dewasa merasakan bersihnya menghirup udara yang tidak banyak dicemari polusi.

Area hijau juga dapat mengurangi polusi yang semakin hari kondisi udara di Indonesia dalam tahap menghawatirkan. Tak heran jika semakin banyak orang yang memilih menggunakan kendaraan pribadi daripada transportasi umum.

Ada juga sebuah lokasi wisata alam yaitu Alas Purwo yang keren sekali dan patut dikunjungi lokasinya ada di Banyuwangi, Jawa Timur.

Alas Purwo merupakan sebuah Taman Nasional yang berlokasi di Jalan Brawijaya No. 20 Kebalenan, Kecamatan Banyuwangi. Luasnya mencapai 434, 2 km dan biasanya buka dari 7.30-16.00.

Ada yang mengatakan bahwa taman tersebut angker dan mistis. Hal ini dilatarbelakangi karena banyak kabar berhembus taman nasional Alas Purwo dijadikan area berinteraksi dengan mahluk gaib.

Beberapa informasi yang dihimpun kenapa tempat ini sangat angker menurut sebagian orang. Pertama dikarenakan menjadi tempat bersemedi.

Kedua sebagai tempat mendapatkan pesugihan. Ketiga sebagai tempat nongkrong para jin se Jawa. Keempat sering terjadi penampakan. Kelima, disini konon banyak kejadian orang hilang.

Info tersebut dapat dipercayai atau tidak namun Anda pasti setuju dengan pernyataan berwisata ke area hijau dapat menyegarkan pikiran kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!