Travel  

Goa Cerme, Wisata Alam di Bantul Yang Penuh Mistis

Goa Cerme, Wisata Alam di Bantul Yang Penuh Mistis

tribunwarta.com

Alamat: Jalan Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55782Map: Klik DisiniJam Buka: 17.00-18.00 WIB (Senin-Minggu)No. Telp: –

Harga Tiket Masuk

HTM: Rp 3.000,-Parkir Motor: Rp 2.000,-Parkir Mobil: Rp 5.000,-

Sebagai salah wisata alam sekaligus Religius yang cukup terkenal di daerah Bantul, tak membuat Goa Cerme ini dikenai tarif masuk mahal. Goa Cerme ini bisa dikunjungi hanya dengan membawa uang sebesar 3ribu saja. Selain dikenakan tarif masuk, kamu juga perlu membayar parkir.

Tarif parkir sepeda motor dipatok dengan harga 2ribu dan mobil 5ribu. Disini juga tersedia penyewaan headlamp yang bisa digunakan sebagai penerangan saat menyusuri Goa Cerme, tarifnya dibanderol dengan harga 5ribu.

Jika membutuhkan pemandu untuk menemani perjalananmu menyusuri goa, disini juga disediakan jasa tour guide dengan tarif 50ribu. Dengan kocek segitu, tentu Goa Cerme ini adalah alternatif wisata budget yang sangat recommended ya, menilik keindahan alam suguhannya.

Rute Perjalanan

Goa Cerme terletak di sebuah kawasan yang lokasinya mudah dijangkau. Selain itu akses jalanan menuju tempat lokasi juga sudah cukup bagus. Namun memang kamu akan menemui banyak jalanan berkelok, naik turun, dan sempit.

Namun hal tersebut tidak akan berasa karena selama perjalanan kamu akan ditemani oleh suasana pegunungan sejuk nan asri. Alamat Goa Cerme sendiri ada di Jalan Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul, lokasinya memang cukup jauh dari pusat kota Jogja.

Jarak dari pusat kota Jogja sampai di Goa Cerme kira-kira mencapai 23,5 kilometer dan estimasi waktu perjalanan sekitar 48 menit menggunakan motor dengan kecepatan normal.

Rute yang bisa dilalui untuk bisa sampai di lokasi wisata ini yakni dari pusat Kota Jogja ke arah Timur menujulah ke Jalan Pangurakan. Kemudian arahkan kendaraanmu ke arah Selatan sampai melewati Jalan Brigjend Katamso. Setelah itu ambil jalan lurus sampai tiba di perempatan arah jalan Kolonel Sugiyono.

Setelah itu, di pertigaan ambil ke arah selatan sampai melewati Jalan Sisingamangaraja lurus terus ke Jalan Imogiri Barat. Selanjutnya, dari pertigaan menujulah ke arah Timur melintasi Jalan Bakulan Imogiri dan lurus terus sampai dengan Jalan Imogiri Siluk.

Dari Jalan Imogiri Siluk lanjutkan perjalananmu menuju Jalan Kretek Siluk sampai dengan Jalan Goa Cerme. Ikuti terus petunjuk jalan yang ada sampai mengantarmu tiba di Goa Cerme. Jika dirasa kurang yakin, kamu bisa gunakan peta diatas.

Fasilitas Goa Cerme

Seiring berjalannya waktu dan semakin dikenal oleh banyak wisatawan dari berbagai penjuru daerah, pengelola Goa Cerme pun terus mengupayakan fasilitas penunjang guna membuat para pengunjung betah.

Beberapa fasilitas yang bisa dinikmati oleh para pengunjung Goa Cerme diantaranya ialah toilet umum, pusat informasi, warung makan, balai pertemuan, penyewaan headlamp, dan juga jasa pemandu.

Fasilitas balai pertemuan ini biasa digunakan oleh pengunjung yang sengaja berkunjung ke Goa Cerme dengan membawa rombongan kantor, sekolah, ataupun organisasi. Biasanya, pengunjung memanfaatkan fasilitas ini untuk berkumpul bersama rombongan.

Adanya warung makan disini juga memudahkan pengunjung yang tidak sempat membawa bekal makanan dan minuman.

Tentang Goa Cerme

Goa Cerme adalah salah satu wisata Bantul yang menjadi primadona bagi para pecintanya. Meskipun mistis Gua Cerme masih ada sampai sekarang, namun tak membuat para pengunjung takut untuk berwisata ke goa ini.

Sama halnya dengan goa di Jogja yang masuk kedalam lingkup wisata Jogja seperti Goa Jomblang, Goa Cemara, dan Goa Pindul, Goa Cerme ini pun memiliki daya tarik tersendiri dan cukup menawan, sehingga sayang sekali jika harus terlewat dari list liburanmu.

Penggunaan nama Cerme sendiri berasal dari kata Ceramah yang memiliki arti sebuah pembicaraan. Sebab, adanya Goa ini kerap disangkut pautkan dengan keberadaan Wali Songo yang konon sempat singgah di dalam goa guna melakukan menyebarkan agama islam di Pulau Jawa.

Dulunya Gua Cerme ini dijadikan sebagai tempat pertemuan para Wali Songo untuk membicarakan berbagai macam hal tentang Islam dan juga membahas perihal wacana pendirian Masjid Agung Demak.

Hingga saat ini, Goa ini kerap dilangsungkannya berbagai ritual seperti Setiap hari Senin atau Selasa Wage, disini ada acara Upacara syukuran guna memohon berkah kepada Tuhan. Goa Cerme sendiri terletak di ketinggian yang mencapai 500 mdpl dengan panjang mulut goa sampai 1,5 kilometer dan kedalaman sekitar 750 meter.

Layaknya goa-goa lain yang menyuguhkan pemandangan stalagmit dan stalagtit, berbeda dengan Goa Cerme. Disini pengunjung juga bisa menyaksikan keindahan sungai bawah tanah dan juga air terjun yang ada di dalam goa.

Selain itu pengunjung juga akan diajak melihat beberapa barang peninggalan bersejarah yang sangat berharga diantaranya seperti watu kaji, paseban atau pelungguhan, air suci 9 zam-zam goa cerme, gamelan kahyangan, batu gilang, grojogan sewu, air penguripan, lumbung padi, watu gantung, dll.

Persiapan Ke Lokasi

Ketika memutuskan mengunjungi sebuah destinasi wisata yang banyak berdekatan dengan alam, tentu ada beberapa hal yang perlu di persiapkan. Beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum berkunjung ke Goa Cerme beberapa diantaranya ialah seperti perlengkapan rafting dan trekking.

Kamu harus menggunakan sepatu khusus trekking yang tidak licin, selain itu pakaian ganti juga sangat diperlukan. Sebab, nantinya kamu akan banyak berinteraksi dengan air. Selain perlengkapan, perhatikan juga cuaca sebelum berangkat. Karena jika cuaca buruk, menyusuri goa adalah keputusan yang akan membahayakan keselamatanmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!