Travel  

Dimana Rute Jalan Menuju Tempat Wisata Telaga Nilem Kabupaten Kuningan Jawa Barat?

Dimana Rute Jalan Menuju Tempat Wisata Telaga Nilem Kabupaten Kuningan Jawa Barat?

tribunwarta.com

Lokasi: Desa Kadeula, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa BaratMap: Klik DisiniHTM: Rp.15.000 Hari Biasa, Rp.17.500 Hari LiburBuka Tutup: Pukul 08.00 – 17.00 WIBTelepon: –

Pilihan obyek wisata indah di Indonesia memang sangatlah banyak, salah satunya ada di Provinsi Jawa Barat. Di Jawa Barat ini ada tempat wisata bernama Telaga Nilem.

Telaga ini termasuk dalam kawasan komplek wisata Telaga Remis Kabupaten Kuningan, Keberadaannya tidak jauh dari Kabupaten Cirebon dan Majalengka.

Telaga Nilem juga berada tidak jauh dari pintu masuk retribusi kawasan wisata ini atau bisa dikatakan lokasinya berada sebelum Telaga Remis.

Tempat wisata Telaga Nilem selalu ramai didatangi pengunjung setiap harinya. Para pengunjung biasanya ramai datang pada waktu siang menjelang sore hari.

Rute Menuju Lokasi

Telaga Nilem terletak di perbatasan tiga daerah yaitu Kuningan, Cirebon, dan Majelengka. Hal ini membuat keberadaan tempat wisata ini mudah dijangkau dari arah mana saja.

Alamat Telaga Nilem tepatnya ada di Desa Kadeula, Kecamatan Pasawahan, Kuningan Regency, West Java. Telaga ini berjarak kurang lebih 24 kilometer dari Kota Cirebon. Sedangkan dari Kuningan sendiri berjarak sekitar 35 kilometer ke arah utara.

Agar lebih mudah dalam menemukan tempat wisata ini, Anda bisa memanfaatkan peta yang telah disediakan di atas ataupun dengan bertanya pada masyarakat di sekitar.

Fasilitas Yang Tersedia

Di lokasi wisata ini tersedia fasilitas yang bisa Anda gunakan saat berada di sana. Saat Anda merasa lapar atau kehausan, Anda bisa datang ke satu-satunya warung yang ada di sana.

Sayangnya jika Anda ingin buang air atau pergi ke kamar mandi, Anda hanya bisa menumpang kamar mandi yang ada di warung atau rumah penduduk di dekat parkiran kawasan wisata ini. Karena di lokasi wisata belum disediakan kamar mandi sendiri.

Namun Anda tidak perlu ragu untuk pergi ke sana karena di sana Anda bisa menghabiskan waktu liburan dengan bersantai-santai sambil menikmati kesejukan alam di gazebo yang sudah disediakan.

Gazebo ini ada dua buah dan terletak di pinggiran telaga. Letak gazebonya bersebelahan dengan satu-satunya warung yang ada di sana. Keadaan gazebonya sendiri terawat dengan baik.

Tidak seperti beberapa telaga lain di mana oleh pengelola atau pemuka adatnya tidak diperbolehkan untuk melakukan kegiatan berenang, di Telaga Nilem Anda masih diperbolehkan untuk berenang.

Di lokasi wisata ini telah disediakan dua kolam yang bisa Anda gunakan. Dua kolam tersebut yaitu kolam dangkal dan kolam dalam.

Untuk kolam yang dangkal yaitu kurang lebih antara 0 sampai dengan 1,2 meter. Sedangkan kolam yang dalam antara 0 sampai dengan 4 meter. Jika Anda ingin berenang di sana, jangan lupa untuk menyiapkan baju ganti.

Fasilitas lain yang ada di sana antara lain ada mushola untuk Anda beribadah selama di sana, kemudian ada juga temoat parkir bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan dan berbagai fasilitas yang tersedia, Anda cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp.5.000. Biaya yang cukup murah untuk berbagai keindahan yang bisa Anda saksikan.

Asal Usul Sejarah

Banyak cerita yang beredar di sana menyebutkan alasan mengapa telaga yang airnya begitu jernih ini diberi nama Nilem. Alasannya yaitu karena ada banyak ikan bernama ikan nilem hidup di telaga ini. Oleh karena itu, tempat wisata ini pun diberi nama Telaga Nilem.

Keindahan Telaga Nilem

Pemandangan di obyek wisata ini sangatlah indah dan membuat Anda ingin berada di sana dalam waktu yang lama. Tempat wisata ini merupakan salah satu mata air atau kolam alami yang jernih. Di sekitar telaga ini ada hutan rimbun yang membuatnya sangat asri.

Ketika berada di sana Anda akan merasakan hawa yang cukup dingin. Hal ini disebabkan karena lokasinya yang masih termasuk dalam wilayah pegunungan yaitu tepatnya masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai.

Telaga yang telah dibuka sejak tahun 2010 lalu ini berada di ketinggian sekitar 315 mdpl dengan suhu sekitar 20 derajat celcius.

Air dari telaga ini bersumber langsung dari mata air pegunungan. Oleh karena itu tidak heran jika airnya terlihat begitu jernih dan segar. Kejernihannya membuat Anda seolah sedang melihat akuarium dengan ukuran besar.

Keunikan lain yaitu dasar telaga atau danau ini terdiri dari bebatuan dan keriki dimana banyak ditumbuhi lumut dan ganggang. Anda bisa melihat dasar telaga ini secara langsung karena airnya sangat jernih seperti hamparan kaca.

Mengabadikan Keindahan

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, pesona keindahan telaga ini memang tidak bisa ditolak. Jernih airnya di tempat wisata ini membuat Anda bisa mengabadikan foto baik dari permukaan air maupun dari dalam air.

Untuk kedalaman dari telaga ini cukup bervariasi, dimulai dari setinggi mata kaki hingga kurang lebih 2,5 sampai 3 meter untuk yang paling dalam. Selain itu Anda juga bisa mengambil foto dengan latar hijaunya pepohonan asri di sekeliling telaga.

Dengan berbagai keindahan yang telah dijelaskan di atas ini tentu Anda tidak perlu ragu untuk datang bersama dengan teman dan kerabat dekat Anda.

Di samping itu, persiapkanlah juga kamera terbaik Anda agar momen yang Anda ciptakan tidak berlalu begitu saja tanpa ada kenangan yang bisa Anda lihat lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!