Travel  

De Ranch Lembang

De Ranch Lembang

tribunwarta.com

Lokasi: Jln. Maribaya no. 17, Lembang, Jawa Barat 40391Map: Klik DisiniHTM: Rp.15.000 per Orang (Tiket Dapat di Tukar Susu)Buka Tutup: 09.00 – 17.00 (Weekday) / 08.00 – 18.00 (Weekend)Telepon: 022 – 278 – 5865

Suasana Asik

Bagi anda yang tengah jenuh dengan aktifitas sehari-hari namun bosan dengan tempat wisata itu-itu aja dan ingin mencari tempat melancong yang punya suasana asik disertai pemandangan alam yang menarik.

Bagi Anda yang pernah menonton film The ranch serie yang dibintangi oleh Aston Kutcher yang rilis pada 2016 silam, tentunya akrab dengan aksi cowboy dengan kuda & suasana pertenakan.

“Filmpjes kijken” (menonton film) ini membuat saya ingin merasakan bagaimana rasanya tunggang langgang menggunakan kuda ala koboy seperti Billy The Kid vs Pat Garret yang ada dalam sejarah.

Iseng-iseng saya cari info seperti biasa menggunakan mbah google, akhirnya munculah wangsit berupa foto & info mengenai tempat wisata yang murah meriah namun dapat memuaskan keinginan saya.

Tempat yang dinamai dengan nama De’ Ranch ini merupakan salah satu kawasan wisata yang menurut saya worthed untuk dikunjungi.

Sangat Banyak

Tempat wisata seperti ini sebenarnya sangat banyak dan sudah tersebar hampir di seluruh belahan dunia.

Dari data yang saya dapat dari beberapa website seperti yelp.com & tripadvisor lainnya saja, terdapat banyak tempat seperti The boot ranches di Yakima Washington.

Kemudian MD Ranch in queen creek-amerika, ranch de boujac di fronton, ranch de boigny di semoy, Ranch de la Torche di plomeur.

Hingga Ranch de Kerbongout di saint-rivoal yang semuanya sama-sama berada di perancis. Sementara di Netherlands Belanda, ada the ranch ried di Friesland and Riga ranch di Nieuwveen.

Untuk Belgia ada De ranch Aalter, Kualoa ranch di Hawaii, The ranch guarapuava di Brazil, Ranch de Grimisuat di Switzerland, hingga Ranch de Diabat di Maroko dan Ranch de Sipilou di Côte d’Ivoire Dubai.

Bisa dibayangkan berapa banyak biaya bila Anda ingin mengunjungi salah satu tempat tersebut.

Namun sebelum jauh–jauh pergi kesana ada baiknya mencoba berwisata di daerah Bandung yakni Lembang yang juga memiliki konsep yang sama dengan tempat-tempat tersebut.

Koordinat Lembang yang hanya berjarak sekitar 15 km dari kota bandung, tentunya membuat daerah ini juga di padati wisatawan yang berdatangan dari berbagai daerah.

Lokasi Lembang yang berada di ketinggian dengan panorama alam yang indah, kerap kali membuat beberapa orang salah mengira dan menyamakan dengan Ciwidey.

Pecinta Kuda

Dilansir dari Wikimapia yang merupakan sebuah sumber peta yang datanya berbasis dari google & Wikipedia, De ranch Lembang adalah tempat wisata bagi anda penyuka koboi ataupun pecinta kuda.

Dan bagi yang ingin mencari ketenangan dari kepenatan rutinitas, tempat ini sangat cocok karena memiliki pemandangan yang sangat indah & menakjubkan lebih dari yang Anda kira.

Di tempat yang beralamat di Jl. Maribaya no 17 ini Anda dapat menemukan tempat wisata yang memiliki konsep sama dengan Ranch di Negara lain.

Harga Tiket Masuk

Dengan harga tiket masuk yang hanya 10 ribu rupiah Anda dapat menikmati wisata ala koboi yang di temani dengan segelas susu gratis sebagai welcome drink bagi anda di De Ranch Lembang.

Logo tempat wisata ini sendiri sebenarnya sudah mewakili gambaran tempat wisatanya sendiri.

Dengan icon berupa cowboy yang tengah menunggangi kuda dan background pegunungan tentu membuatnya semakin ciamik dengan disajikan dalam warna hitam dan putih.

Beberapa gambar seputar De‘ ranch, logo & fasilitas juga dapat anda temui di google images, baik itu yang low hingga high definition.

Beberapa video kiriman pengunjung mengenai De’ ranch pun dapat Anda temui di situs youtube.

Awalnya tempat yang memiliki luas 5 hektar ini hanya di gunakan sebagai tempat pemeliharaan sekaligus ternak sapi perah & kuda tunggang.

Namun setelah di pertimbangkan oleh Perry Tristianto selaku pemilik dari The Big Price Cut dengan melihat potensi pemandangan dan lokasinya.

Tempat ini akhirnya dijadikan tempat wisata pada desember 2007 dengan menunjuk Uke dan Vidyanti sebagai pengelolanya.

De ranch Lembang hingga saat ini memiliki 20 kuda dari bermacam daerah & di koordinasikan dengan masyarakat sekitar.

Buka Jam Berapa

Bagi yang ingin mengunjugi tempat ini dan penasaran dengan jadwal buka jam brp, tak perlu pusing lagi, Anda dapat datang pada hari apa aja sesuai keinginan.

Tempat ini biasanya untuk weekday yakni buka dari jam 9 sampai jam 5 & mulai dari jam 10 hingga tutup pada jam 6 untuk weekend.

Tempat wisata yang bertema outdoor ini mengedepankan konsep food, leisure & knowledge dan memiliki banyak fasilitas dan wahana di dalamnya.

Tempat ini juga memiliki fasilitas penunjang seperti permainan bungee jumping, naik delman, dan panahan.

Bagi Anda yang takut untuk melakukan jump pada wahana bungee jumping, jangan khawatir!

Karena disini, bungee jumping dilakukan dengan menggunakan trampoline yang dilengkapi alat keselamatan lainnya.

Disini juga tersedia kuda pony bagi anak-anak yang ingin merasakan sensasi menunggang kuda seperti salah satu jagoan di Toys story siapa lagi kalau bukan si cowboy woody.

Pun demikian dengan orang dewasa, bagi Anda yang ingin merasakan menunggang kuda bak cowboy dengan kuda yang memiliki wave hair.

Disini juga disediakan beberapa kuda baik untuk ditunggangi didalam area De ranch maupun untuk keluar area dengan harga yang berbeda tentunya.

Berkunjung sambil belajar, mungkin itulah kata-kata yang cocok di sematkan untuk tempat wisata yang satu ini.

Karena disini Anda tak hanya disuguhkan dengan pemandangan alam yang ciamik tetapi juga dapat mempelajari menunggang kuda.

Bahkan sampai cara memelihara serta merawatnya, memerah susu sapi dan juga mengenal jenis-jenis tanaman yang berada lengkap di pasar tanaman De’ranch.

Tempat yang memiliki banyak review positif dari para pengunjungnya. Bagi Anda yang gemar memasak, disini juga tersedia kursus membuat kue khas De’ranch.

Selain dapat menikmati hasilnya, Anda juga akan mendapat awards berupa sertifikat dari De’ranch.

Begitupun dengan kursus kereta kuda yang akan anda dapatkan selama 30 menit, setelah selesai nantinya Anda juga akan mendapat award berupa sertifikat K6.

Makanan Kuliner

Bagi Anda yang tengah berkunjung di De’ranch, tak perlu khawatir sulit mencari makanan bila mulai terasa lapar.

Karena ditempat ini juga tersedia restoran yang menyediakan menu makanan berat seperti nasi goreng, ayam & ikan bakar, dan sebagainya.

Atau bagi Anda yang ingin sekedar berkuliner dengan yang ringan – ringan saja, disini juga tersedia beragam olahan bakery, mendoan, tahu pletok, jagung bakar, ketan, hingga yang rasanya numero uno.

Hotel Dekat Sini

Bagi Anda yang berencana menginap di kawasan Lembang, tentunya tak perlu khawatir kesulitan mencari hotel maupun villa terdekat.

Seperti Grand Hotel, Pesona Bamboe, hingga hotel Yehezkiel yang tentunya memiliki rates per malam yang dapat anda sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Anda pun tak perlu repot-repot mencari kendaraan lagi karena De’ranch bekerjasama langsung dengan Astra Trac untuk menyediakan mobil jemputan dari & menuju hotel, serta ke tempat-tempat wisata terdekat lainnya.

Tempat wisata ini juga menawarkan rate yang menarik bagi Anda yang ingin berkunjung bersama rombongan kantor, maupun tour bersama dari sekolah/universitas.

Karena disini terdapat 10 pilihan paket yakni satu permainan, paket prasmanan, paket coffee break, outbound, ulang tahun, Horsemaship group, paket pelajaran tunggang.

Ataupun sekedar menyewa property baik bagi Anda yang ingin melakukan promo launching produk maupun untuk foto pre-wedding dan juga shooting sinetron.

Disini juga terdapat paket dengan rate yang berbeda dimana anda dapat memilih baik itu yang menggunakan paket catering dari pihak De ranch.

Membawa permainan sendiri, hingga menggunakan fasilitas tambahan seperti penyanyi, sound system, pemain electone, kursi dan juga tenda, semuanya dapat dilakukan disini.

Kaskus yang merupakan sebuah forum yang memiliki komunitas terbesar dan menjadi no 1 di Indonesia pun memiliki banyak ulasan dari para user-nya mengenai tempat wisata yang satu ini.

Tak cukup sampai disitu, Lembang juga memiliki banyak wisata lainnya yang tengah hits di 2022 ini yang tentunya memiliki posisi berdekatan dengan De’ranch yang dapat Anda kunjungi sekali jalan.

Seperti dusun bambu, floating market, kampung gajah, farmhouse, dan tangkuban perahu.

Namun bagi yang mungkin jauh dari Lembang, Anda dapat mengunjungi beberapa tempat yang memiliki konsep sama seperti santosa stable di semarang, Branchsto yang ada di Tangerang & Bintaro, ataupun The ranch mega mendung yang berada di Cisarua bogor.

Meskipun sama-sama mendapat welcome drink segelas susu, namun ada sedikit perbedaan dari The ranch mega mendung dengan De ranch lembang.

Perbedaannya sendiri terletak pada entrance fee, bila De ranch Lembang biaya yang dikeluarkan cukup 15 ribu maka tarif di Mega Mendung sendiri sebesar 20 ribu/orangnya.

Namun jangan khawatir, meskipun perbedaannya cukup jauh namun bila di tilik dari perbedaan jarak tempuh dan lokasinya yang berada di puncak relatif lebih dekat dari Jakarta maka rasanya hal ini masih tergolong wajar.

Selain itu di The ranch Megamendung Anda juga dapat menukarkan tiket masuk, dengan potongan diskon sesuai harga tiket, dengan tagihan bill minimal 80 ribu rupiah saja.

Selain menjadi nama tempat wisata, nama ini juga digunakan sebagai nama dari De-Ranch restaurant di Maryland landover Amerika Serikat & Apartments De Tolosa ranch di California.

Di tempat asalnya sendiri, kebiasaan menunggang kuda di peternakan ini biasanya di gunakan untuk melakukan kegiatan Ranch sorting, atau menggiring ternak dengan cara memintas agar dapat masuk teratur ke dalam kandang.

Kegiatan ini juga telah populer menjadi cabang jeux (pertandingan) olahraga & juga menjadi tajuk bagi beberapa take in film belanda seperti yang terdapat di ketnet.com.

Selain itu di negara asal tarian salsa, yakni Spanyol, juga terdapat website game berbasis online yakni juegosdiarios, yang juga memiliki beberapa koleksi web game dengan konten all about ranch, hingga game dari developer bigfishgames yakni ranch rush, yang merupakan game lintas platform.

Untuk menuju ke tempat wisata ini, Anda dapat menggunakan beberapa jalur alternatif dari cimahi seperti jalan kolonel masturi.

Dari situ Anda dapat terus lurus naik, hingga pertigaan akses dusun bambu. Setelah itu anda dapat berbelok ke kanan ikuti terus jalan kolonel masturi.

Hingga Anda keluar di jalan raya lembang dari situ tinggal lurus dan berbelok di jalan maribaya hingga sampai tujuan.

Bagi Anda yang menggunakan transportasi umum, ada 2 pilihan yang dapat dijadikan alternatif.

Yang pertama ialah angkot lembang-st.hall atau angkot lembang – ciroyom, gunakan angkot tersebut.

Dan turun saat sampai di perempatan yang arah kirinya ke arah tangkuban perahu & kanan ke arah pasar Lembang. Dari situ Anda tinggal berjalan kaki saja kurang lebih 5 menit untuk sampai ke tujuan.

Untuk lebih mudahnya, Anda juga dapat menggunakan aplikasi online yang banyak tersedia di playstore maupun appstore seperti google maps maupun waze. Keduanya aplikasi tersebut dapat memberikan lokasi peta untuk sampai ke tujuan Anda.

Bagi yang ingin membawa rombongan, silahkan hubungi no telepon tertera di atas & silahkan klik link untuk mendapatkan peta menuju De ranch Lembang untuk memudahkan mendapatkan rutenya.

Untuk menuju ke tempat wisata ini, Anda dapat menggunakan beberapa jalur alternatif dari Cimahi seperti jalan kolonel masturi.

Dari situ Anda dapat terus lurus naik, hingga pertigaan akses dusun bambu. Setelah itu belok ke kanan ikuti terus jalan kolonel masturi.

Hingga nanti Anda keluar di jalan raya lembang dan dari situ tinggal lurus kemudian berbelok di jalan maribaya hingga sampai tujuan.

Kemudian turun saat sampai di perempatan yang arah kirinya ke arah tangkuban perahu & kanan ke arah pasar Lembang.

Tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini? bagi Anda yang ingin membawa rombongan, silahkan hubungi no telefon pada kontak yang tertera di atas.

Untuk memudahkan mendapatkan rutenya silahkan klik link untuk mendapatkan peta menuju De ranch Lembang seperti yang ada di awal artikel ini.

Jadi? Tunggu apalagi? Segera kunjungi tempat ini bersama keluarga maupun pasangan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!