Travel  

Daftar Pilihan Gunung di NTB Yang Sudah Sangat Mendunia, Buat Kamu Hobi Mendaki

Daftar Pilihan Gunung di NTB Yang Sudah Sangat Mendunia, Buat Kamu Hobi Mendaki

tribunwarta.com

Cukup Terkenal

Nusa Tenggara Barat atau biasa disingkat NTB adalah salah satu provinsi yang cukup terkenal di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan di wilayah ini banyak sekali ditemukan destinasi tempat wisata yang sangat terkenal, sama seperti NTT dan Bali.

Jika berbicara mengenai provinsi Nusa Tenggara Barat, pasti pikiran kamu langsung tertuju ke Lombok kan, salah satu kota yang terkenal dengan keindahan alam serta pantai eksotisnya.

Tempat wisata yang ada di NTB tidak ada habisnya karena jumlahnya banyak dan beragam. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan pemandangan indah dari mulai pantainya yang eksotis hingga ke pegunungannya.

Semua bisa dibuktikan bahwa memang ada banyak sekali potensi wisata di Nusa Tenggara Barat. Dan kali ini kami sudah merangkum beberapa daftar gunung cantik nan eksotis yang wajib dikunjungi ketika berada di NTB, kecuali kecamatan Gunung Sari ya!

Berikut adalah daftarnya! Yuk disimak!

1. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani yang ada di Nusa Tenggara Barat akhir-akhir ini menjadi pembicaraan warganet karena munculnya sebuah fenomena unik yakni topi awan atau lentikular di area puncaknya.

Gunung Rinjani merupakan puncak tertinggi ketiga di antara Tujuh Puncak Tertinggi (Seven Summits) yang ada di Indonesia, sekaligus berapi tertinggi kedua di Tanah Air. Dan ini juga termasuk salah satu taman nasional.

Termasuk dalam bagian kawasan Taman Nasional, Gunung Rinjani ini dikelilingi oleh hutan serta semak belukar seluas 76.000 hektar. Namun hal tersebut merupakan pemandangan yang asri bagi objek tersebut.

Nama Gunung Rinjani terkenal sebagai area pendakian sepanjang bulan Juni, Juli juga Agustus. Ada banyak sekali hal yang bisa kamu lihat di tempat wisata Lombok satu ini walau tidak mendaki hingga puncak.

Danau Segara Anak adalah salah satu panorama yang begitu terkenal di Rinjani. Area sekitar spot ini bentuknya datar dan sangat cocok untuk kamu yang suka memancing atau berkemah.

Danau Segara Anak tersebut juga dikelilingi beberapa gua yang menarik untuk kamu jelajahi, ada Gua Susu, Manik serta Payung. Terdapat pula sebuah kolam air panas alami yang letaknya sedikit di bawah area danau.

Selain cocok untuk berendam, kolam air panas tersebut pun juga kerap dijadikan oleh penduduk setempat sebagai tempat ritual.

Tak hanya itu, di gunung yang namanya kerap menjadi jawaban soal TTS ini juga memiliki beberapa air terjun, dimana sebagian besar berlokasi di kaki gunung. Setidaknya jumlahnya ada 20, lengkap dengan kolamnya.

Bahkan disana terdapat sebuah padang rumput berbukit yang cukup unik di Desa Sembalun Lawang. Spot tersebut merupakan titik awal untuk jalur pendakian, letaknya pun tak jauh dari Bukit Selong.

Gunung Rinjani yg memiliki ketinggian 3726 meter diatas permukaan laut ini merupakan salah satu destinasi wisata alam di Lombok yang sudah sangat dikenal di seluruh dunia dan bahkan akan menjadi World Geopark.

Terdapat 2 jalur pendakian untuk dapat mencapai Puncaknya, yakni via Sembalun dan Senaru. Dan mendaki Gunung Rinjani tersebut tentunya akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

2. Gunung Tambora

Gunung Tambora ini letaknya berada di Pulau Sumbawa, NTB. Memiliki sejarah yang sangat menarik, hingga pernah berpengaruh pada perubahan iklim dunia.

Gunung Tambora terletak di 2 kabupaten yaitu Dompu dan Bima. Sebelum meletus, ketinggiannya mencapai 4.300 meter, dan sempat menjadi salah satu puncak tertinggi di Indonesia.

Namun setelah meletus, tingginya hanya sekitar 2.851 meter. Dan peristiwa yang terjadi pada tahun 1815 tersebut menjadi letusan terbesar dalam sepanjang sejarah, bahkan lebih besar dari letusan Merapi.

Dilansir dari beberapa sumber, di lereng gunung tersebut, ada tiga kerajaan yang tercatat yakni Kerajaan Tambora, Sanggar, dan Pekat yang kesemuanya musnah karena letusannya yg dahsyat.

Beberapa naskah menyebutkan Gunung Tambora tersebut meletus lantaran raja kerajaan Tambora yaitu Abdul Gafur melakukan kelalaian. Ia memerintahkan pembunuhan seorang warga keturunan Arab yg sedang berdakwah menyebarkan ajaran Islam.

Tambora sendiri sampai kini masih berstatus gunung api bertipe strato aktif dan tertidur. Gunung yang baru diresmikan sebagai kawasan Taman Nasional pada 11 April 2015 lalu ini memiliki potensi wisata alam yang sangat indah.

Berbagai flora maupun fauna dapat dijumpai disini dan pastinya akan menambah pengalaman serta sensasi tersendiri bagi para wisatawan.

Merujuk pada situs resmi Taman Nasional Tambora, gunung tersebut memiliki 5 jalur pendakian berdasarkan peta penataan zonasi. Namun masih baru 4 saja yang sudah diresmikan karena dianggap siap untuk menerima kunjungan para pendaki.

Jalur pendakian tersebut diantaranya adalah jalur Pancasila dan Kawinda Toi, dimana yang hanya bisa kamu akses dengan trekking atau jalan kaki.

Sementara untuk jalur pendakian Doroncanga dan Piong, bisa diakses dengan menggunakan kendaraan offroad ataupun trail.

3. Gunung Sangeang Api

Gunung Sangeang adalah salah satu tipe berapi aktif yang berada dipulau Sangeang, Indonesia, tepatnya di Nusa Tenggara Barat. Terdiri dari dua kerucut vulkanik, yaitu Doro Api 1.949 meter dan Doro Mantoi 1.795 m.

Gunung Sangeang tersebut merupakan salah satu berapi paling aktif di wilayah Kepulauan Sunda Kecil. Pernah meletus pada tahun 1988, sempat membuat semua penduduk pulau dievakuasi.

Letusan pertama gunung Sangeang terjadi pada tahun 1512 dan yang kedua, tahun 1989 dimana ia meletus sebanyak 17 kali. Terakhir adalah pada Mei 2014 yang lalu.

Namun letusan yang terjadi pada tahun 1985 dan berlanjut hingga 1988 membuat semua penduduk Sangeang dievakuasi ke pulau Sumbawa. Sejak saat itu pulau tersebut tak berpenghuni lagi.

Namun begitu, tak sedikit penduduk yang masih rutin menyambanginya saat siang hari, terutama yang memiliki lahan pertanian di sekitar gunung tersebut.

Penutup

Nah, itulah beberapa daftar gunung yang ada di sekitar Nusa Tenggara Barat (NTB). Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!