Travel  

Curug Cibeureum, Pesona Alam Eksotis yang Sarat Mitos di Cianjur

Curug Cibeureum, Pesona Alam Eksotis yang Sarat Mitos di Cianjur

tribunwarta.com – Bagi para pecinta alam atau suka mendaki gunung, tentu tidak asing dengan Curug Cibeureum. Destinasi wisata alam ini begitu terkenal dan merupakan air terjun yang sangat cantik serta menarik untuk dikunjungi. Area wisata ini cukup terawat dan terlindungi, sebab berada di lokasi Taman Nasional Gede Pangrango Kabupaten Cianjur.

Selain itu, yang menjadi unik dan menarik adalah posisi curug di bawah kaki gunung Gede Pangrango, sehingga keamanan dan kenyamanan lokasi terjaga dengan baik. Begitu juga air di tempat ini sangat bersih, jernih dan menyegarkan sehingga layak untuk dikonsumsi. Udaranya pun sejuk dan nyaman seperti halnya khas pegunungan.

Daya tarik lain yang ada di kawasan wisata ini yaitu air terjun estetik dan eksotik, panorama alam yang indah mempesona, serta mitos unik dan menarik seputar curug. Beragam aktivitas yang seru dan menarik juga bisa dilakukan di sana, sehingga liburan anda akan semakin bermakna dengan berkunjung ke tempat wisata ini.

Daya Tarik Wisata Curug Cibeureum

Menggali potensi tempat wisata merupakan hal yang penting, namun mencari dan mengembangkan daya tarik itu jauh lebih penting. Seperti halnya Curug Cibeureum, destinasi wisata alam ini memiliki beragam daya tarik yang dapat mengundang wisatawan dari berbagai daerah.

1. Air Terjunnya Estetik dan Eksotik

Destinasi wisata ini masuk kategori air terjun berukuran sedang, sebab ketinggiannya hanya mencapai 40 meter dari dataran rendah. Akan tetapi, daerah wisata ini air terjunnya estetik dan eksotik. Aliran air yang jatuh dari ketinggian ke dasar kolam terlihat begitu eksotik, karena muntahan nya sangat indah mempesona. Selain itu, bebatuan yang ada di sekitar curug tampak begitu estetik dan terbentuk secara alami.

Wajar saja jika wisatawan yang tiba di lokasi Curug Cibeureum, lalu melihat air terjun yang bersih dan jernih, tetiba melepaskan baju untuk berendam dan bermain air di kolam air. Sebab selain daya tarik air terjun yang estetik dan eksotik, curug ini juga airnya sangat segar dan menyehatkan. Para wisatawan yang merasa lelah, letih dan penat saat perjalanan, mendadak hilang dan kembali segar bugar setelah mandi dan berendam.

2. Panorama Alam Indah Mempesona

Daya tarik Curug Cibeureum bukan hanya pada air terjunnya yang estetik dan eksotik, namun panorama alam indah mempesona juga menghiasi suasana yang ada di sekitar. Keberadaan curug di gunung Gede Pangrango memberikan kelebihan tersendiri, karena gunung tersebut terkenal memiliki pemandangan alam yang indah. Berjarak sekitar 1 km dari pintu masuk, membuat perjalanan menuju lokasi harus di tempuh dengan mendaki.

Akan tetapi, sepanjang perjalanan, wisatawan akan ditemani berbagai jenis pohon hijau, angin berhembus, udara segar kaya oksigen, suara burung berkicau dan keindahan lainnya. Selain itu, kehidupan flora dan fauna di kawasan wisata alam ini sangat terjaga dan terpelihara dengan baik, karena dalam pengawasan pemerintah setempat. Sehingga keamanan dan kenyamanan wisatawan saat berkunjung ke area wisata ini sangat terjamin.

3. Mitos yang Unik dan Menarik Seputar Curug

Ibarat sebuah masakan, jika tanpa garam akan terasa hambar. Begitu juga dengan Curug Cibeureum, keindahannya, kecantikannya, dan berbagai daya tarik lainnya terasa kurang sempurna jika tanpa mitos di dalamnya. Apabila wisatawan berkunjung ke lokasi tersebut dan mengobrol dengan warga setempat, maka ada mitos yang unik dan menarik seputar curug yang berkembang di tengah mereka.

Mitos yang berkembang begitu kuat di masyarakat dan tersebar begitu sempurna yaitu tentang kemudahan untuk mendapatkan jodoh jika berkunjung. Beragam respon wisatawan saat mendengarkan mitos tersebut, ada yang percaya hingga menyempurnakannya dengan berendam di kolam. Selain itu, ada yang hanya mendengarkan seperti dongeng sebelum tidur saja.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Setelah mengetahui ulasan daya tarik Curug Cibeureum dan anda beserta keluarga ingin berkunjung ke lokasi ini, agar lebih efektif dan efisien, gunakan kendaraan pribadi. Destinasi wisata alam ini berada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Desa Sindang Laya, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa barat.

Jika wisatawan memulai perjalanan dari Jalan Campaka-Sukanagara Kabupaten Cianjur, jarak tempuh yang harus di lalui sejauh 124 km, sedangkan waktu yang dibutuhkan 4 jam 30 menit. Akan tetapi, bagi pengunjung dari Jalan Selabintana Kota Sukabumi, jarak tempuh hanya 14 km saja, sementara itu lama perjalanan 43 menit.

Wisatawan yang dari Jalan Nasional III Kabupaten Cianjur, jarak yang harus dilalui 41 km, sedang waktu yang dibutuhkan 1 jam 34 menit. Dari mana pun pengunjung berasal, dan memulai perjalanan dari mana saja, untuk memudahkan kepergian anda gunakan Google maps. Karena daerah tersebut bisa diakses menggunakan aplikasi tersebut.

Harga Tiket Masuk Curug Cibeureum

Tidak perlu membutuhkan biaya besar untuk dapat menikmati daya tarik di Curug Cibeureum, tempat wisata ini ada dua harga tiket masuk. Pada hari Senin hingga Jumat, harga tiket masuk sebesar Rp. 16.000, namun jika pada hari Sabtu dan Minggu, menjadi Rp. 18.500. Sedangkan retribusi kendaraan sepeda motor Rp. 5.000, jika wisatawan membawa mobil, maka karcis parkir sebesar Rp. 10.000.

Ragam Aktivitas Yang Menarik Dilakukan

Setelah mengetahui ulasan daya tarik di Curug Cibeureum, hal berikutnya yang harus diketahui oleh wisatawan adalah kegiatan asyik dan seru yang bisa dilakukan di tempat tersebut. Berikut berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan saat berada di lokasi wisata!

1. Camping di Mandalawangi Campground

Lokasi Curug Cibeureum dari pintu masuk hanya bisa di tempuh dengan berjalan kaki, lama perjalanan tersebut sekitar satu jam. Namun wisatawan tidak usah ragu dan bimbang, sebab selama perjalanan, keindahan pemandangan alam sudah mulai terasa, bahkan terdapat spot camping di Mandalawangi Campground.

Kesempurnaan curug hanya bisa dinikmati secara khusyuk dengan cara berkemah. Bagi wisatawan yang memiliki banyak waktu bersama keluarga, berkemah merupakan pilihan yang bijaksana untuk bercengkrama bersama keluarga dengan cara yang berbeda.

Strategi ini seringkali menjadi alternatif yang positif untuk membangun hubungan lebih harmonis dan romantis bersama mereka. Bercengkrama bersama alam, menghirup udara segar, melihat pepohonan hijau, suara hewan malam, membuat api unggun, merupakan pengalaman yang seru dan menyenangkan.

2. Berendam dan Bermain Air di Curug

Jika waktu berlibur anda bersama keluarga di Curug Cibeureum terbatas dan tidak bisa camping di Mandalawangi Campground, aktivitas menarik lain yaitu berendam dan bermain air di curug. Kegiatan ini menjadi populer dan banyak dilakukan oleh pengunjung, baik lokal, domestic maupun mancanegara.

Saat melihat air yang tumpah dari ketinggian dengan sangat deras, setiap mata yang melihat spontan langsung ingin berendam dan bermain air. Karena hawa sejuk dan segar tersebut sudah begitu terasa, meskipun jarak antara wisatawan dengan air terjun masih cukup jauh yaitu puluhan meter.

Apalagi ketika pengunjung melihat kualitas air yang ada di sana, sangat bersih dan jernih, segar dan menyehatkan. Sehingga rasa letih, lemas, penat, dan berbagai energi negatif lainnya dalam tubuh mendadak hilang. Kondisi tersebut berganti menjadi badan segar, bugar, penuh semangat dan memiliki energi baru, serta siap untuk menghadapi tantangan hidup.

3. Hunting Foto Instagramable

Panorama alam yang cantik dan eksotik, serta beragam kegiatan asyik, seru dan menantang dapat dilakukan di Curug Cibeureum, semua akan terasa hampa jika tanpa diabadikan. Oleh karena itu, hunting foto instagramable di area wisata ini merupakan aktivitas menarik yang harus dilakukan, selain camping di Mandalawangi Campground, dan berendam.

Siapkan kamera terbaik atau handphone dengan kualitas kamera yang nomor wahid. Setelah itu, berburu spot terindah dari berbagai daya tarik yang ada di sana, selanjutnya unggah di media sosial anda. Pastikan jangan sampai ada yang terlewatkan sedikitpun, dan jangan lupa untuk membuat pose terbaik, agar menjadi tambahan koleksi foto maupun video yang sudah ada.

Siapa tahu ada sponsor atau teman yang mengajak shooting iklan karena tertarik dengan beragam dokumentasi yang di upload di media sosial. Maksimalkan kamera atau handphone yang anda miliki untuk mengabadikan moment terindah bersama orang tercinta di sana. Untuk spot terbaik tidak lain adalah dengan latar belakang air terjun cantik itu sendiri.

Fasilitas Wisata di Curug Cibeureum

Keberadaan Curug Cibeureum di Taman Nasional Gede Pangrango memberikan keuntungan tersendiri, sebab masih dalam pengawasan dan pemeliharaan pemerintah setempat. Sehingga beragam kebutuhan wisatawan cenderung lengkap dan dapat memberikan keamanan dan kenyamanan. Berbagai fasilitas tersebut yaitu toilet umum, kamar bilas, Musholla, area parkir, gazebo, warung makan, tempat penjualan souvenir dan yang lainnya.

Banyak air terjun yang ada di Indonesia, namun jika anda dan keluarga ingin berlibur ke sini, siapkan logistik dan perlengkapan lain untuk piknik. Karena destinasi wisata alam ini sangat cocok untuk bercengkrama bersama keluarga. Beragam daya tarik dan banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Curug Cibeureum. Selain itu, fasilitas yang tersedia juga lengkap, aman dan nyaman serta mendukung dan memudahkan wisatawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!