Travel  

Bukit Campuhan Gianyar, Wisata Murah Meriah Anti Mainstream

Bukit Campuhan Gianyar, Wisata Murah Meriah Anti Mainstream

tribunwarta.com – Lokasi: Jalan Bangkiang Sidem, Kelusa, Payangan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, IndonesiaMap: KlikDisiniHTM: FreeBuka/Tutup: 24 JamTelepon: –

Anda sedang berada di Bali dan mencari tempat wisata hits namun murah meriah, keep reading!

Pulau Dewata memiliki tujuan wisata menarik tak terhitung. Wisata bahari dan budaya adalah paling populer hingga ke luar negeri. Lokasi wisata pantai terkenal di Bali antara lain Kuta, Jimbaran serta Tanjung Benoa.

Untuk yang ingin menikmati tempat wisata tidak biasa dengan pemandangan hamparang ilalang, lembah dan perbukitan, Bukit Campuhan Ubud is the best choice.

Letaknya ada di Ubud yang populer dnegan museum and gallery art, monkey forest, dll. Tidak banyakyang kenal dengan destinasi wisata berikut ini.

Untuk mengetahui apa saja yang bisa dilakukan di sini, bagaimana daya tariknya, dan bagaimana akses jalan kesana, berikut informasinya.

Ini adalah sebuah kawasan wisata di Bali yang menawarkan sensasi liburan yang anti mainstream bagi anda yang tertarik menjajalnya.

Tempat Wisata di Ubud Bali ini menawarkan pesona hamparan pemandangan bukit dengan lembahnya yang berhias hamparan padang ilalang yang sangat indah.

Para pemburu spot foto instagenic kerap memadati tempat ini. Untuk para pengguna media sosial tentu tak asing karena banyak yang mengapload foto ketika berada di Sunset Hills. Selain foto, viedo tentang keindahan bukit cinta juga banyak di youtube.

Ingin tahu lebih lanjut tentang pesona alam dan daya tariknya, berikut informasi yang telah dirangkum.

Pesona Bukit Campuhan

Ubud menjadi tujuan wisata para wisatawan yang datan ke Bali. Namun kali ini bukan pantai atau wisata bahari namun menjelajahi pemandangan eksotisme salah satu bukit di kabupaten Gianyar ini.

Pemandangan alam yang dihadirkan bukit dengan julukan Bukit Cinta Campuhan karena populer dengan suasana romantis ini sungguh indah.

Banyak pohon tropis tumbuh memadati area perbukitan, panorama sawah dan juga lembah. Para wisatawan asing menyebut tempat ini dnegan Campuhan Ridge Walk.

Selain itu, tempat wisata alam ini masih berada dalam area suci Pura Gunung Lebah sehingga nuansa religius cukup terasa. Kawasan disini dijaga selalu kebersihannya.

Karena dalam kawasan pura, jadi cukup sakral layaknya sejarah pada Pura Tanah Lot. Penduduk sekitar sini menganut ajaran Hindu.

Jadi, bagi para pengunjung yang ingin datang kesini diharapkan menjaga kebersihan dan kesakralan area.

Aktivitas Apa Saja Yang Dapat Dilalukan Di Bukit Campuhan

Berbagai pesona alam disini masih belum banyak diketahui banyak orang. Hal ini mungkin karena letaknya berada di belakang Hotel Campuhan Ubud sehingga agak bersembunyi. Namun ketika mengetahui daya tarik yang ditawarkannya tentu betah berlama-lama disini.

Bersantai diatas bukit sembari mengamati keindahan panorama alam disekelilingnya membuat rasanyaman dan damai tersendiri. Pikiran menjadi fresh dan penat seakan hilang turut terbawa hembusan angin.

Selain itu, berada disini akan jauh dari hiruk pikuk suara kendaraan, polusi udara dan kebisingan kota.

Selain duduk santai, aktivitas yang dapat dilakukan adalah jogging atau trekking. Mengendarai sepeda dan menyisir keindahan bukit memberikan sensasi berbeda. Trekking disini sangat cocok untuk para pecinta tantangan dan adventure.

Track jogging disini tidak hanya dengan sepeda namun juga berjalan kaki biasa. Lebar lintasan sekitar 1,5 meter dengan panjang mencapai 2 kilometer berada diatas bukit.

Anda akan disuguhi panorama hamparan ilalang tingi menjulang yang hampir menyelimuti permukaan bukit selama trekking.

Letak bukit ada diantara 2 sungai sehingga menciptakan pemandangan lembah yang indah. Di lembah-lebah ini banyak terdapat pohon nyiur dan juga pemandangan areal sawah.

Dari atas sini, Anda juga dapat menikmati pemandangan sejumlah penginapan, villa serta hotel yang berada di tebing bukit.

Selain aktivitas olah raga, hal seru adalah hunting spot foto. Banyak pengunjung menggunakan bukit ini sebagai backgroun untuk menghasilkan gambar terbaik

Selain itu, tak sedikit pasangan yang menggunakannya sebagai lokasi pengambilan foto atau shoot video prewed.

Berapa harga tiket masuknya? Untuk memasuki area wisata bukit Campuhan tidak dikenakan biaya sepeserpun atau gratis.

Sejarah, Mitos?

Keberadaan Pura disini memiliki sejarah panjang dan merupakan asal mula adanya Desa Ubud.

Pura Gunung Lebah masuk dalan ke dalam daftar Pura Kahyangan Jagat dan merupakan cikal bakal keberadaan Desa Ubud.

Gunung Lebah memiliki arti ‘sebuah bukit kecil terletak di lembah’. Bukit Suci Campuhan juga menjadi lokasi penghubung antara Sungai Oos dan Sungai Cerik Ubud.

Dalam keterangannya untuk jam kunjungan ke bukita dalah 24 jam namun ternyata dibatasi sampai pukul 18.30 Wita.

Meskipun memiliki nama Bukit Cinta, ada peraturan keta yang tidak boleh dilanggar yaitu tetap menjaga kesuciannya. Tidak diperkenankan melakukan kegiatan negatif karena akan mendapatkan sanksi.

Untuk pasangan yang pacaran sampai larut malam dapat 3 sanksi yaitu sanksi upacara, denda dan juga sanksi jiwa. Bahkan mereka akan dibawa ke Balai Banjar untuk dilaksanakan upacara pernikahan. Namun bisa juga dikenai sanksi lain.

Untuk pengunjung yang membuang sampah sembarangan akan dikenai denda sebesar Rp.500 ribu.

Peraturan-peraturan sepertiini seharusnya juga diterapkan di banyak tempat wisata di Indonesia agar mereka sadar dan selalu menjaga kebersihan dan berperilaku baik di tempat umum.

Alamat dan Rute Jalan

Letak Bukit Campuhan ada di Jalan Bangkiang Sidem, Kelusa, Payangan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

Untuk pengunjung yang berasal dari arah Kuta membutuhkan sekitar 60 menit perjalanan dengan kendaraan roda empat. Pilih saja jalan yang menuju Ubud atau klik Ubud di google maps, maka Anda tinggal ikuti saja peta directions apakah llurus atau belok.

Sesampainya di pusat kota Ubud, hanya sekitar 5 menit saja untuk sampai di lokasi. Cari sebuah jalan utama ke arah barat dan letak Hotel Ibah di sisi kanan jalan atau tepat sebelum jembatan.

Dari sini belok ke kiri mengarak ke jalan agak menurun menuju ke tempat parkir sebuah sekolah. Anda dapat memarkirkan kendaraan di halaman sekolah kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki.

Tepat disebelah kanan pura terdapat sebuah jalan untuk menuju ke bukit. Jika ingin mengayuh sepeda tapi tidak bawa, jangan khawatir karena telah disediakan sewa sepeda sebesar Rp. 20 ribu.

Ketika kesini, bawalah bekal makanan dan minuman ringan jaga-jaga jika merasa kelaparan atau kehausan. Hal ini karena tidak ada penjual makanan di area bukit.

Waktu jogging atau bersepeda yang tepat tentunya saat pagi dan sore hari ketika matahari bersinar tidak seterik siang hari. Selain itu sembari menikmati sunset diatas puncak.

Banyak sekali destinasi wisata alam di Pulau Dewata selalin disini seperti trekking danmnedaki Gunung Ahung, rafting di Telaga Waja atau Ayung, menikmati liburan di day cruise ataupun berada dalam kapal selam Odyssey Submarine.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!