Travel  

Buka Apa Tutup Wisata Pantai Sine Tulungagung Jawa Timur dan Berapa Harga Tiket Masuknya?

Buka Apa Tutup Wisata Pantai Sine Tulungagung Jawa Timur dan Berapa Harga Tiket Masuknya?

tribunwarta.com – Lokasi: Kalibatur, Kalidawir, Kab. Tulungagung, Jawa Timur 66281Map: Klik DisiniHTM: Rp.10.000 per OrangBuka Tutup: 24 JamTelepon: 0355 5237600

Jawa menjadi salah satu daerah di Indonesia yang menyajikan ribuan pesona unggulan, mulai dari budaya, seni hingga kekayaan alam yang siap memajukan nama Bumi Pertiwi.

Dari ujung barat hingga timur pulau Jawa yaitu Jatim terdapat keindahan alam yang bluar biasa dan siap memanjakan para wisatawan ketika menginjakkan kaki ke bumi Indonesia.

Salah satunya yang menjadi incaran adalah beach atau pantai dengan segala pesona keindahannya.

Di Tulung Agung terdapat berbagai macam pantai yang siap memanjakan para wisatawan, ulai dari Molang, hingga kawasan wisata Brumbun bisa menjadi daya tarik di kota ini.

Dan salah satu kawasan wisata yang siap memanjakan para wisatawan di Jawa Timur khususnya Tulungagung adalah pantai Sine.

Mengenal Pantai Sine

Pantai Sine ini berada di desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Jaraknya sendiri sekitar 35 km dari arah selatan kota Tulungagung. Dan sekarang ini bahari tersebut sudah banyak dikunjungi oleh para turis yang ingin melihat keindahan alam Jawa Timur.

Bukan hanya wisatawan lokal dari berbagai luar daerah namun juga para turis-turis mancanegara senang mengunjunginya.

Melihat antusiasme dari para wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Sine ini memang cukup wajar.

Pasalnya, pantai ini menyajikan keindahan alam yang masih asri dan juga sangat mempesona.

Pemandangannya yang sangat memikat sehingga membuat pemerintah setempat tertarik mengelola pantai Sine menjadi lebih menarik untuk dikunjungi.

Hal ini terlihat dengan adanya perhatian dari pemerintah dalam menyediakan beraneka macam perbaikan fasilitas yang memudahkan para wisatawan untuk mengunjungi pantai ini.

Salah satunya adalah perbaikan serta pelebaran akses jalan sehingga mudah untuk digunakan oleh para wisatawan yang ingin menuju ke pantai tersebut.

Selain itu terdapat pemasangan beberapa penerangan atau lampu jalan serta sederet fasilitas yang bisa memberikan kenyamanan kepada para pengunjung.

Mulai dari toilet hingga area tempat pelelangan ikan yang bisa memberikan keunikan tersendiri, semua disediakan di sini.

Karakteristik

Karakteristik dari Pantai Sine ini adalah pantai teluk. Hal ini bisa dilihat di bagian utaranya yang memiliki tebing.

Di tebing ini terdapat aliran mata air alami yang cukup segar serta jernih dan di sekitarnya juga dihiasi pohon-pohon lebat akan hutan lindungnya.

Aktivitas Menarik

Berkunjung ke Pantai Sine ini tidak mungkin jika hanya berdiam diri saja. Ada banyak aktifitas menarik bisa dilakukan saat menginjakkan kaki ke bahari yang cukup terkenal di Tulungagung tersebut.

Dengan keindahannya, tak heran jika banyak orang menyebutnya sebagai Pulau Bali-nya kota Tulungagung.

Keindahan area bibir Pantai Sine ini tentu saja menjadi salah satu tempat yang pas bagi para penggemar dunia fotograti.

Pasalnya hamparan pasir pantai berwarna putih ini bisa menjadi latar belakang foto yang cukup mempesona.

Ditambah lagi, jernihnya air laut dan hebatnya suara deburan ombak memberikan kesan tersendiri bagi para pengunjungnya.

Kegiatan lain yang bisa dilakukan di Pantai Sine Tulungagung ini adalah menikmati aneka kuliner laut.

Bagi para wisatawan asal luar kota, tentu saja menginginkan mencicipi aneka kuliner khas daerah Tulungagung terutama makanan khas laut. Agenda ini menjadi sesuatu yang tidak boleh dilupakan.

Berkunjung ke Pantai Sine ini, akan ada banyak jejeran warung-warung yang menjual beraneka makanan dan minuman.

Ditambah lagi, areanya cukup dekat dengan tempat pelelangan ikan, kamu bisa mengunjunginya untuk memilih sendiri menu yang ingin disantap.

Pantai Sine tidak lepas dari unsur budaya. Letaknya yang berada di Pulau Jawa dan di gugusan selatan, membuat spot ini kerap digunakan untuk menggelar aneka upacara kebudayaan seperti pertunjukkan wayang kulit yang digelar setiap 1 suro.

Selain menyajikan keindahan alam mempesona, Pantai Sine ini mampu memberikan keaneka ragaman budaya lokal masyarakat sekitar.

Selain pertunjukkan wayang kulit, upacara adat dan budaya yang kerap digelar di pantai Sine ini adalah Upacara Larung Sesaji.

Upacara ini merupakan upacara adat setempat yang dimaksudkan untuk mengusir nasib-nasib buruk. Tentu saja membuat perpaduan keindahan alam dan budaya menjadi satu kesatuan yang pas.

Eksotisme Sunrise

Ternyata bukan hanya budaya dan seni saja yang mampu membius para wisatawan. Di pantai Sine ini para wisatawan juga bisa menikmati keindahan panorama dan keeksotisan sunrise.

Para turis bisa melihat bagaimana keindahan matahari ketika terbit di pantai terbaik Sine. Hal ini tentu menjadi sebuah peristiwa yang memanjakan para penggemar dunia fotografi.

Jika ingin mendapatkan foto terbaik, para turis harus menemukan posisi yang pas dan jauh dari perahu para nelayan.

Jika sudah menemukan posisi yang pas, tentu bisa menyaksikan matahari mulai muncul dari peraduannya.

Rute dan Akses

Letak Pantai Sine yang cukup jauh dari pusat kota tidak membuat jalur dan juga akses menuju ke sana menjadi sulit.

Para wisatawan bisa berangkat dari pusat kota Tulungagung dengan menggunakan kendaraan pribadi. Dan jalan menuju ke pantai Sine ini pun sudah baik karena telah diperbaiki oleh pemerintah pusat.

Hal ini disebabkan pantai Sine menjadi salah satu kampung nelayan yang memberikan keuntungan tersendiri. Praktis jalan utama menuju ke sana harus sudah mulus.

Jika berangkat dari terminal Tulungagung, berjalan menuju ke arah timur atau menuju ke Sumbergempol yang mengarah ke arah Blitar.

Selanjutnya bertemu dengan perempatan lampu merah yang ke empat. Titik ini namanya perempatan Gragalan, letaknya berdekatan dengan STKIP PGRI dan STAIN Tulungagung Timur, persis sebelum perlintasan kereta api.

Jika sulit untuk menemukannya, cukup menggunakan Google Map. Aplikasi ini siap memberikan letak peta atau lokasi dari pantai Sine.

Dari perempatan tersebut, perjalanan dilanjutkan ke arah kanan dan terus saja mengikuti jalan hingga masuk ke kecamatan Kalidawir.

Bertemu dengan pasar Kalidawir, dilanjutkan belok kanan. Di sini sudah terdapat papan petunjuk menuju ke pantai ini.

Jika berangkat dari kota Malang atau Lumajang, Bangil dan juga Pasuruan hingga Jember, bisa mengarah ke Kepanjen. Setelah itu melewati Karang Kates guna menuju ke Blitar.

Dari Karang Kates, pilih jalur ke Wlingi dan Kanigoro, jalur ini adalah lintasan tercepat. Ketika sampai Blitar, cari arah ke Tulungagung melalui Ngunut.

Ketika memasuki Tulungagung, tidak perlu ke pusat kota langsung cari ke arah perempatan Gragalan.

Sementara jika berangkat dari Surabaya, para wisatawan bisa naik bus Surabaya – Tulungagung yang akan melewati beberapa kota seperti Krian, Mojokerto, Mojoagung, dan juga Jombang.

Perjalanan kemudian akan melewati Kertosono dan Kediri yang akhirnya akan berhenti di Tulungagung.

Fasilitas

Seperti yang sudah disebutkan di awal bahwa pemerintah setempat sudah memberikan fasilitas yang cukup komplit untuk pantai Sine.

Di sini para wisatawan bisa melihat berbagai macam fasilitas seperti tempat pelelangan ikan yang bisa digunakan para nelayan untuk menjual hasil tangkapan mereka.

Para wisatawan bisa memilih aneka hasil tangkapan laut yang masih segar, dapat dikelola sendiri ataupun dijadikan oleh-oleh.

Sementara untuk menikmati hasil laut tersebut, para wisatawan bisa memilih aneka warung makan yang siap untuk mengolah hasil laut tersebut sesuai selera.

Apalagi di sini para pengunjung bisa menemukan warung makan yang cukup banyak dan harganya pun relatif terjangkau.

Selain itu fasilitas toilet dan mushola juga sudah bisa ditemukan di sini. Kemudian ada juga area parkir yang cukup luas untuk memudahkan para wisatawan memarkirkan kendaraannya.

Berkemah Camping

Salah satu hal yang diincar oleh para wisatawan adalah sunrise. Untuk bisa menyaksikannya, salah satu solusinya yakni dengan berkemah di sekitar pantai.

Meskipun masih memiliki suasana angker yang disebabkan area pantai masih berada di gugusan Selatan, tetap saja banyak para wisatawan tertarik untuk berkemah di sini.

Biasanya di dekat tempat pelelangan ikan menjadi spot yang digunakan para wisatawan guna mendirikan tenda. Namun jika ingin camping, jangan lupa bawa perlengkapan sendiri ya!

Di samping tempat pelelangan ikan ini masih memiliki lahan yang cukup luas dan tentu saja memiliki view langsung ke arah sinar matahari ketika pagi.

Area di sebelah TPI ini memang cukup strategis. Pasalnya, jika terjadi hujan para wisatawan bisa berteduh ke tempat pelelangan ikan.

Waktu yang sangat tepat untuk mengunjungi pantai Sine ini adalah pagi hari sebelum matahari terbit.

Keindahan kala menikmati pemandangan sunrise di Sine tentu saja tidak akan terlupakan. Sementara harga tiket masuk ke pantai ini masih gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!