Travel  

Berapa Harga Penyeberangan Ke Pantai Pulau Panjang Dari Jepara dan Beberapa Potret Keindahannya

Berapa Harga Penyeberangan Ke Pantai Pulau Panjang Dari Jepara dan Beberapa Potret Keindahannya

tribunwarta.com – Alamat: Ujungbatu, Jepara, Jawa TengahPeta Map: Klik DisiniHTM: Kontribusi Wisata Rp.5.000, Penyeberangan Rp.10.000-Rp.20.000Jam Buka: Setiap Hari

Harga Penyeberangan

Bila kalian ingin menikmati pemandangan dan keindahan Pulau Panjang, harga tiket penyeberangan adalah sekitar Rp13.000 saja. Kapal penyeberangan ini bisa mengangkut kira-kira 10-15 orang dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 15 menit.

Bila kalian memutuskan untuk datang dengan menyeberang dari Pantai Bandengan, tarif yang harus dikeluarkan adalah Rp10.000.

Sementara itu, bila kalian datang dalam rombongan banyak orang, mungkin ada baiknya memilih untuk menyewa perahu nelayan dari Pantai Prawean dengan harga berkisar antara Rp10.000-Rp20.000.

Kawasan Jepara bukan hanya dikenal dengan kerajinan ukirnya. Jepara adalah salah satu dari sekian banyak kawasan di Provinsi Jawa Tengah yang kaya akan potensi wisata.

Jepara juga dikenal memiliki panorama alam indah. Tidak kalah dengan yang ada di Banten, Sumatera, Bali, Kei, Redang, Balik, Betong, Sempu, Rupat, serta Pinang.

Beberapa pulau di utara Jawa, juga termasuk di dalam wilayah administrasi Kabupaten Jepara. Pulau-pulau kecil ini kebanyakan masih perawan alias belum pernah dijamah manusia.

Lokasi Dimana

Salah satu pulau perawan di kawasan Kelurahan Ujung Batu, Kabupaten Jepara adalah Pulau Panjang. Ini adalah salah satu dari sekian deretan pulau kecil yang terletak dekat dengan Pantai Kartini.

Bila rekan-rekan melihat di peta, Pulau Panjang letaknya agak di sebelah Barat Laut dari Pantai Kartini, Jepara. Jarak tempuhnya hanya sekitar 15-30 menit perjalanan saja kawan.

Rupanya, di kawasan Pulau Panjang ini, terdapat suatu lokasi wisata. Tepatnya adalah di salah satu garis pantai pulau. Wisata ini biasa dikenal masyarakat umum dengan nama Pantai Pulau Panjang.

Letak destinasi kita, berada di pucuk sebelah tenggara dari Pulau Panjang. Rekan-rekan akan dengan mudah melihat lokasinya dari penyeberangan via dermaga Pantai Kartini.

Rute Perjalanan

Penyeberangan ke Pantai Pulau Panjang juga tidak terlalu lama kawan. Bila kalian ingin menikmati pemandangan di tempat ini, rekan-rekan bisa menyeberang dari kawasan Pantai Bandengan, Kartini atau Prawean.

Ketika sampai di dermaga penyeberangan, cukup katakan saja tujuan kalian karena terdapat perbedaan arah bila kalian menuju ke Karimunjawa serta Pulau Panjang. Masyarakat di Jepara sangatlah ramah, kawan.

Fasilitas penyeberangan ini biasanya dimulai dari pagi hingga sore hari, namun tidak sampai terlalu sore ya. Terkadang bila cuaca sedang buruk, hujan, ataupun ombak besar, beberapa kapal memilih untuk tidak diberangkatkan.

Kapal terakhir untuk menyeberang biasanya adalah pukul 17.00 WIB. Kalian bisa sekalian menikmati sunset di tengah laut loh.

Daya Tarik

Sebagai suatu daerah kecil, pemandangan lautan di kawasan Pulau Panjang rupanya sangatlah menarik dan eksotis. Seperti dijelaskan tadi, Pulau Panjang termasuk dalam wilayah yang masih sangat alami serta sepi.

Belum banyak masyarakat yang mengubah tata pulau sehingga masih seperti asalnya. Sekalipun wilayah pulau relatif kecil, namun jangan salah, di tempat ini kalian akan menikmati liburan pantai yang tak terlupakan kawan.

Pantai Pulau Panjang adalah sebuah daerah berpasir putih. Di sekelilingnya juga terdapat lautan yang dangkal.

Bagi kalian yang berlibur dengan membawa anak-anak ataupun kepada orang-orang yang tidak begitu fasih berenang, bermain di Pantai Pulau Panjang tentu sangat mengasyikkan serta cukup aman. Titik aman kalian dari bibir pantai akan relatif lebih jauh dibandingkan wilayah dengan laut dalam.

Berwisata di kawasan Pantai Pulau Panjang juga sebenarnya sekaligus menikmati keindahan terumbu karangnya, kawan. Kalian akan bisa menikmati jajaran panjang terumbu karang di Pantai Pulau Panjang dengan mata telanjang.

Agak lebih dalam dari pantai, yaitu di kawasan tengah pulau, kalian juga bisa menikmati hutan tropis dengan pepohonan yang cukup tinggi nan rindang. Ada juga semak, perdu serta beberapa pohon yang menjadi tempat bagi hewan/burung laut berkembang biak.

Nah, inilah salah satu yang menjadi daya tarik menikmati waktu liburan di Pantai Pulau Panjang, kawan. Di sini kalian bukan hanya bisa menikmati pemandangan pantai, lautan biru, pepohonan, biota laut, namun kalian juga akan bisa memperkenalkan beragam flora fauna pada anak-anak kalian.

Pepohonan yang tumbuh di kawasan ini, didominasi oleh pinus, randu, dadap, serta tumbuhan asam jawa. Bahkan di kawasan pantai juga tumbuh suatu Pohon Pinus yang usianya sudah ratusan tahun loh.

Kalian juga tidak perlu khawatir mengenai arus ombak. Pantai Pulau Panjang terkenal memiliki air laut yang jernih serta cukup tenang. Hal ini memungkinkan kalian untuk melakukan beberapa aktivitas lau seperti snorkeling, diving, atau sekedar bersantai menikmati alam.

Apabila sudah merasa kepanasan, kalian bisa berteduh di kawasan sekitar pantai. Tidak perlu jauh-jauh, kawan. Di pinggir Pantai Pulau Sepanjang juga terdapa5 hamparan pohon peneduh dengan akar yang tumbuh ke arah lautan.

Fasilitas Yang Ada

Sekalipun merupakan pulau perawan, rupanya Pemerintah Kabupaten Jepara juga memberikan fasilitas wisata loh kawan. Di kawasan pantai sudah terdapat pendopo, masjid atau mushola, toilet untuk bilas, juga sudah terdapat warung makan kecil.

Pihak pengelola wisata juga menyediakan fasilitas peminjaman sepeda. Hal ini bertujuan untuk mengakomodasi wisatawan yang ingin berkeliling Pulau Panjang. Terdapat juga lokasi persewaan alat renang seperti pelampung, kacamata snorkel, dan lain-lain.

Pengunjung bisa meminjamnya dari persewaan tanpa repot membawa sendiri. Termasuk juga bagi mereka yang ingin bermukim di pulau.

Sebagai saran berlibur, rekan-rekan baiknya datang ketika cuaca sedang baik, kira-kira di musim kemarau. Ketika musim penghujan datang, seringkali penyeberangan akan dibatalkan karena kondisi cuaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!