Travel  

Beberapa Potret Perubahan Jakarta Tempo Dulu Hingga Sekarang Dari Pagi Sampai Malam Hari

Beberapa Potret Perubahan Jakarta Tempo Dulu Hingga Sekarang Dari Pagi Sampai Malam Hari

tribunwarta.com – Jakarta adalah sebuah kota metropolitan yang menjadi ibukota dari Indonesia. Tahun 2022 ini, wilayah tersebut akan merayakan ulang tahun (ultah) yang ke-493.

Setiap HUT DKI Jakarta, Pemprov selalu menyiapkan berbagai rangkaian acara menarik seperti contoh pembuatan animasi kartun, ilustrasi pemandangan, lomba desain logo baru, menggambar karikatur, lukisan hingga mewarnai untuk anak SD, dll.

Mencapai umur yang ke-493 tentu bukanlah hal mudah. Perjalanan panjang telah dilalui kota metropolitan hingga bisa menjadi seperti sekarang ini.

Selain menjadi pusat perekonomian Indonesia, Jakarta juga memiliki banyak keunikan dibalik sejarah yang dilaluinya pada tempo dulu, dari mulai kebudayaan hingga berbagai tempat wisata baik alam maupun buatan.

Bukan hanya itu saja, sebagai kota metropolitan, Jakarta juga menyimpan segudang cerita tentang pengalaman hidup masyarakat. Berbagai permasalahan seperti banjir, kemacetan, keramaian dan kriminalitas sangat identik dengan ibukota Indonesia ini.

Sejarah Tempo Dulu

Pernahkah kamu membayangkan bagaimana keadaan Jakarta pada jaman tempo dulu? Dimana saat belum ada gedung-gedung pencakar langit, mall mewah, rumah sakit modern, kereta api, MRT dan jalan-jalan yang dipenuhi dengan kendaraan?

Ternyata, sebelum semuanya itu ada keadaan Jakarta saat masih foto hitam putih sangat jauh berbeda dengan yang sekarang ini. Kamu pasti penasaran kan tentang masa lampaunya?

Jadi, hari ulang tahun (ultah) yang jatuh pada tanggal 22 Juni ditetapkan pada saat pemerintahan walikota Sudiro yg menjabat pada periode 1953-1958. Penetapan tersebut merujuk pada sejarah perebutan Sunda Kelapa oleh kerajaan Demak, yakni Fatahillah pada tahun 1527.

Sebelum dikenal dengan nama Jakarta, kota tersebut sudah mengalami pergantian nama sebanyak 10 kali. Awalnya Sunda Kelapa, lalu Sta Batavia, Gemeente Batavia, Stad Gemente Batavia.

Dan saat diduduki Jepang, namanya berganti menjadi Betshu Shi serta Jakarta Toko. Setelah meraih kemerdekaan kemudian diganti nama lagi jadi Djakarta, Kota Praja Jakarta, Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya, hingga akhirnya bernama Jakarta.

Perkembangan Saat Ini

Berbeda jauh dengan keadaan pada tahun 70 an, kini DKI Jakarta sudah mengalami perkembangan pesat. Semua hal bisa ditemukan di setiap sudut kotanya dari barat, utara, selatan, timur hingga ke pusat.

Entah itu lingkungan perumahan biasa atau mewah, pusat perbelanjaan, balai, tama, hotel, rumah sakit, restoran, café kekinian hingga sederet objek wisata dengan keindahan yang ditawarkannya.

Memiliki tata kota yang bagus dan merupakan pusat pergerakan perekonomian negara, membuat banyak penduduk dari luar daerah datang untuk mengais rezeki disini. Bahkan tak sedikit yang membuat rencana untuk pindah menetap di DKI Jakarta.

View Dari Atas

Memiliki banyak hal menarik bukanlah hal baru bagi Jakarta. Bahkan untuk melihat keindahannya pun bisa dilihat dari setiap sudutnya, termasuk dari atas.

Seperti yang bisa dilihat dari gambar, penampakan view DKI Jakarta jika ditengok dari atas dengan menggunakan penginderaan jauh begitu mempesona, layaknya lautan gedung-gedung pencakar langit.

Untuk menikmati keindahannya, kamu pun bisa mengunjungi beberapa gedung tertinggi di sana seperti Gama Tower, Wisma 46, Sahid Sudirman Centre, The Pakuwon, Sinarmas MSG Tower dan lainnya.

Liburan ke Jakarta, rasanya kurang afdol kalau kamu tidak mengunjungi salah satu gedung pencakar langit disana untuk melihat keindahan ibukota dari atas ketinggian.

Potret Siang Hari

Sebagai kota metropolitan, kehidupan warga Jakarta pasti akan sangat disibukkan dari pagi mulai bangun hingga siang hari. Tak heran bila keramaian selalu bisa ditemukan di setiap sudutnya.

Penampakan siang hari yang penuh dengan kemacetan, kebisingan dan keramaian sudah bukan hal tabu lagi bagi masyarakat ibukota. Tak hanya perusahaan, tapi pasar, tempat nongkrong hingga mall pun penuh dengan lautan manusia.

Demikian pula dengan tempat wisata. Hampir setiap spot rekreasi disana selalu diburu wisatawan maupun masyarakat yang ingin sekedar melepas penat.

View Citylight Kota Metropolitan

Berstatus sebagai metropolitan, Jakarta disebut-sebut kota yang tidak pernah tidur. Bila siang disibukkan dengan aktivitas pekerjaan, maka malam harinya dipenuhi akan berbagai hiburan menarik.

Tak hanya itu, keindahan view di malam hari pun tak kalah bagus. Dimana lautan gedung-gedung akan dipenuhi dengan sinar dari lampu-lampu yg membuat pemandangan semakin begitu indah.

Keindahan view citylight kota dengan lambang berbentuk perisai bersegi lima ini pun akan semakin romantis bila dinikmati bersama pasangan dari atas gedung-gedung tinggi.

Objek Wisata

Kota yang terkenal dengan maskot Salak Condet dan Elang Bondol ini ternyata bukan hanya dipenuhi kemacetan tapi juga memiliki sejumlah objek wisata yg menarik untuk ditelusuri.

Berikut beberapa referensi tempat wisata terbaik di sekitar Jakarta yang sangat terkenal dan wajib untuk kamu kunjungi kala berlibur kesana.

    Monas

Monas

Monas atau Monumen Nasional adalah salah satu ikon ibukota yang wajib kamu kunjungi di DKI Jakarta. Pertama kali dibangun pada era era presiden pertama Indonesia yakni, pada puncaknya terdapat emas.

Di puncak tersebut kamu bisa lihat keindahan Jakarta dari atas ketinggian. Ini menjadi momen paling tepat untuk berburu foto atau gambar bagus.

Keindahan spot ini juga sudah banyak loh bertebaran di internet baik dengan jenis JPG atau PNG berkualitas HD. Kamu bisa download sepuasnya.

    Kota Tua

Kota Tua

Selamat datang di Kota Tua! Rasanya spot satu ini sudah tidak asing lagi bagi siapapun yang pernah berkunjung ke ibukota Indonesia. Ya, objek tersebut memang sangat terkenal di kalangan wisatawan.

Cara menuju spot tersebut terbilang sangat mudah karena sebagai salah satu ikon ibukota, letaknya berada di area yang strategis sehingga tidak sulit untuk dijangkau.

Berbagai aktivitas menarik pun bisa kamu lakukan disini, dari mulai berburu foto keren, naik sepeda ontel, berwisata kuliner hingga sekedar nongkrong santai bareng teman di Café Batavia.

    Pantai Ancol

Pantai Ancol

Jika kamu ingin menikmati suasana pantai ketika berlibur ke ibukota, maka cobalah untuk mengunjungi Ancol. Pemandangan disini sangatlah indah, apalagi saat momen matahari tenggelam.

Berfoto dengan latar siluet pantai di kala matahari terbenam akan menjadi waktu paling tepat untuk mendapatkan hasil jepretan yang bagus. Cara menuju lokasi pantai ini sendiri sangatlah mudah, karena letaknya cukup strategis.

    Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

TMII merupakan salah satu destinasi wisata ibukota yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Tempat tersebut sudah ada sejak era pemerintahan presiden kedua dan telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yg bisa bebas kamu nikmati.

Taman Mini Indonesia Indah ini cocok sekali dikunjungi bersama keluarga maupun orang-orang terdekat. Selain wahana hiburan, disini juga terdapat tempat untuk berburu berbagai macam kuliner.

Menurut orang banyak, ke Jakarta kurang afdol kalau tidak menyempatkan diri berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah ini.

Selain beberapa tempat diatas, masih ada puluhan, bahkan ratusan objek wisata menarik lainnya yang bisa kamu kunjungi dan tentunya pesonanya tak kalah bagus.

Nah, itulah sedikit gambar tentang kota Jakarta. Warna-warni penuh ibukota tidak bisa dirangkum secara penuh pada artikel diatas. Untuk mengeksplorasinya lebih lanjut, kamu boleh mengunjunginya.

Jadi, langsung aja yuk agendakan waktumu untuk liburan ke Jakarta and happy enjoy it!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!