Travel  

Beberapa Potret Indahnya Pemandangan Kota Balikpapan, Inilah Kota Minyaknya Indonesia

Beberapa Potret Indahnya Pemandangan Kota Balikpapan, Inilah Kota Minyaknya Indonesia

tribunwarta.com – Balikpapan adalah salah sagu gerbang menuju pulau Kalimantan dengan hadirnya bandara Sepinggan dan pelabuhan Semanyang.

Balikpapan yang memiliki tagline Kota Beriman ini juga dijuluki sebagai Kota Minyak atau Banua Patra. Suku asli disini adalah Suku Balik, namun selain itu ada juga Bakudapati (Banjar, Kutai, Dayak, Paser dan Tidung).

Namun seiring berjalannya waktu, semakin banyak pendatang dari berbagai daerah di Indonesia, membuat suku di kota Balikpapan semakin beragam.

Kota yang memiliki penduduk sebanyak 700 ribu jiwa ini luas wilayahnya sekitar 503,3 kilometer persegi dengan kontur berbukit-bukit. Balikpapan sendiri disebut sebagai kota terbesar kedua di Kalimantan Timur setelah Samarinda.

Balikpapan memiliki lambang dengan gambar logo yang cukup unik, bentuknya yakni berupa perisai, dengan kata-kata Kota Balikpapan dan Manuntung, kemudian ada 5 anak tangga berwarna putih, pintu gerbang, layar perahu, padi, kapas, roda serta telabang.

Selain hal diatas, Balikpapan masih punya banyak lagi serba-serbi yang menarik untuk dikupas, dari mulai sejarah tempo dulu, perubahan masa sekarang sampai sederet objek wisatanya.

Nah, biar kamu makin kenal dekat dengan Balikpapan yang punya maskot Beruang Madu tersebut, simak aja yuk ulasan dibawah ini!

Sejarah Kota

Sejarah kota Balikpapan ini tidak bisa dipisahkan dengan minyak, lebih tepatnya sumur minyak Mathilda, yakni tempat pengeboran perdana di kaki Gunung Komendur pada tanggal 10 Februari 1897 silam.

Penamaan sumur ini berasal dari nama anak JH. Menten sebagai pemenang hak konsesi pengeboran yang ditunjuk pemerintah Hindia Belanda yang telah berhasil mengontrak wilayah Balikpapan dari Kesultanan Kutai.

Di awal tahun 90-an, dengan bertambah banyaknya penemuan serta pengeboran, membuat jumlah pendatang semakin besar, dan hampir sebagian besar adalah orang Cina serta India.

Dan mereka itulah yang menjadi cikal bakal penghuni desa Jumpi (Kampung Baru) serta Tukung (Klandasan). Selain itu, keberadaan minyak mengundang para pedagang tertarik datang ke kota ini.

Seiring dengan berjalannya waktu, Balikpapan berubah menjadi Kota Minyak dengan produksi terbesar mencapai 86 juta barrel per tahun.

Perkembangan tersebutlah yang membuat Balikpapan menjadi kota Industri. Namun kini bukan lagi berorientasi pada pengeboran melainkan pengolahan minyak mentah dari daerah di sekitarnya ataupun yg diimpor dari negara lain.

Asal-Usul Nama

Menilik dari susunannya, kata ‘Balikpapan’ bisa diambil dari bahasa Melayu. Merujuk pada buku karya F.valenijn Tahun 1724 menyebut bahwa ada sebuah daerah di hulu sungai yg berada di Teluk. Nama desa itu adalah Bilipapan.

Namun, selain itu, masih ada banyak lagi versi lainnya yang membahas tentang asal usul nama Kota Balikpapan.

Versi pertama. Berdasarkan legenda, asal usul nama Balikpapan adalah karena sebuah kejadian pada tahun 1739. Waktu itu, pemerintahan Sultan Muhammad Idris dari Kerajaan Kutai meminta kepada warga di Teluk Balikpapan membantu menyumbang bahan untuk pembangunan istana baru.

Sumbangan tersebut berupa 1000 lembar papan. Dan ternyata selama pengiriman ada 10 lembar yang terhanyut kemudian timbul di suatu tempat bernama “Jenebora”.

Dan peristiwa itulah yg menjadi awal diberi nama Balikpapan, dalam bahasa Kutai artinya ‘baliklah papan itu’.

Versi Kedua, menurut legenda Suku Pasir Balik mengatakan bahwa nenek moyang mereka bernama Kayun Kuleng dan Papan Ayun. Oleh mereka, kata Kuleng – Papan artinya adalah Balik – Papan.

Masa Sekarang

Sebagai kota penghasil minyak terbesar di Indonesia, kini Balikpapan menjadi jujukan banyak orang dari berbagai daerah di Nusantara.

Kota yang dijuluki Banua Patra ini sekarang menjadi rumah bagi beragam budaya. Di tengah pesatnya perkembangan, kini Balikpapan makin dilengkapi dengan berbagai fasilitas publik.

Tak hanya bandara dan pelabuhan, masih ada banyak lagi fasilitas publik yang disediakan untuk memberi kenyamanan bagi masyarakatnya, seperti hotel jaringan nasional, pusat perbelanjaan, dll.

Ditambah lagi dengan kehadiran sejumlah industri, membuat kota ini semakin dipenuhi dengan perusahaan, pabrik dan lain sebagainya.

Saat Siang Hari

Saat siang hari, Balikpapan juga layaknya kota-kota besar di Indonesia lainnya, dipenuhi dengan beragam aktifitas. Jalanan pun akan ramai dengan lalu lalang kendaraan.

Tak hanya perkantoran atau pusat perbelanjaan yang dipenuhi dengan kesibukan, sejumlah tempat populer pun ramai dikunjungi orang-orang yang ingin menghabiskan waktu luangnya.

Saat Malam Hari

Menjelang malam, Balikpapan pun seakan tidak pernah tidur. Tak hanya lampu jalanan, bangunan-bangunan mewah juga turut menyajikan pemandangan spektakuler dengan kilauan cahaya lampunya.

Aktivitas pun tak berhenti saat malam, banyak tempat-tempat populer yang ramai dikunjungi dari mulai taman, kafe-kafe hingga restoran.

Wisata malam di kota Balikpapan menjadi agenda yang tak boleh kamu lewatkan saat bertandang ke daerah dengan tagline Kota Beriman ini.

Dari Atas Ketinggian

Memiliki 85 persen wilayah berbukit-bukit dan 12 persennya lagi berupa dataran rendah dengan sungai serta pesisir pantai, membuat Balikpapan menawarkan panorama cantik jika dilihat dari atas ketinggian.

Petakan-petakan perumahan dan gedung-gedung perkantoran pun menyajikan pemandangan bagaikan sebuah lukisan miniatur perkotaan. Sangat cantik!

Nah, untuk melihat pemandangan indah kota Balikpapan dari ketinggian, Mercusuar Tukong Hill menjadi lokasi paling pas didatangi. Menara ini letaknya tak jauh dari Pelabuhan Semayang.

Selain view kota, dari Mercusuar Tukong Hill kamu juga dapat menyaksikan langsung keindahan pantai dan kapal-kapal yang bersandar di Pelabuhan Semayang. Namun untuk kesini, dibutuhkan perjuangan ekstra, mengingat jalan menuju lokasi masih sulit.

Destinasi Wisata

Walaupun dikenal sebagai sumber minyak, namun sebenarnya Balikpapan menyimpan banyak kekayaan alam yang cocok untuk dijadikan destinasi wisata.

Selain kekayaan alamnya, Balikpapan juga punya wisata budaya, sejarah, religi dan objek buatan yang menarik untuk dieksplor. Berikut adalah beberapa daftarnya:

Taman Tiga Generasi Ring Road

Setiap akhir pekan dan liburan, banyak sekali pengunjung yang datang kesini bersama keluarga, pasangan ataupun teman-teman terdekat mereka. Apalagi kalau sore hari, tak sedikit yang melakukan aktivitas olahraga disini.

Di setiap sudut taman, terdapat beberapa hiasan yang membuat taman semakin cantik dan lebih hidup. Selain untuk sekedar bersantai atau melepas penat, spot ini juga cocok dikunjungi oleh mereka yg hobi foto-foto.

Taman Bekapai

Kurang lengkap rasanya kalau bertandang ke Balikpapan tapi tidak mampir ke Taman Bekapai. Objek satu ini terletak di pusat kota, jadi selalu ramai dikunjungi banyak orang, terutama anak-anak muda.

Taman yg menjadi ikon Balikpapan ini merupakan tempat nongkrong favorit para anak muda. Saat malam hari tiba, spot tersebut akan semakin ramai.

Lampu led warna-warni yang dipasang di sekitarannya seakan menambah kesan cantik dan sedap dipandang.

Pantai Melawai

Destinasi Pantai Melawai ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Suasana sejuk, asri dan tenang membuat banyak wisatawan senang datang kesini.

Menariknya lagi, di Pantai Melawai ini pengunjung akan disuguhi keindahan sunset. Walaupun letaknya berdekatan dengan pantai lainnya, tapi objek tersebut tak pernah sepi loh!

Tugu Australia

Buat kamu yang ingin mengetahui kisah sejarah perang Dunia ke-2, mampirlah ke Tugu Australia. Tidak sulit menemukannya karena letaknya sangat strategis, di pusat kota Balikpapan.

Seperti namanya, tugu ini dibangun untuk memperingati Divisi VII yang telah gugur melawan Jepang pada saat Perang Dunia II.

Danau Cermin Lamaru

Salah satu objek wisata yang paling terkenal di kota Balikpapan adalah Danau Cermin Lamaru. Dinamakan demikian karena ketika tiba disini kamu akan disuguhi air yg sangat jernih.

Dasar lautnya pun sangat indah dan eksotis. Selain naik perahu, kamu juga bisa berfoto-foto karena banyak spot instagramble yang bisa dimanfaatkan sebagai latar.

Itu dia penjelasan seputar gambar Balikpapan. Untuk kamu yg mau mengenal lebih dalam tentang Kota Beriman ini, jangan sungkan-sungkan mengunjunginya ya!

Langsung aja yuk agendakan liburan tahun baru 2022 kamu ke Kota Balikpapan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!