Travel  

Beberapa Potret Indahnya Pacitan, Kota 1001 Goa Dengan Segudang Pantai Cantiknya

Beberapa Potret Indahnya Pacitan, Kota 1001 Goa Dengan Segudang Pantai Cantiknya

tribunwarta.com – Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar kata Pacitan? Nah, Pacitan adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang dikenal sebagai tempat lahirnya Presiden Republik Indonesia ke-6 yaitu Susilo Bambang Yudhoyono.

Memiliki luas sekitar 1.389.8716 km dan terletak di sebelah selatan barat daya Jawa Timur, 85 persen wilayah Pacitan di dominasi dengan area perbukitan, dengan 300 buah gunung kecil yang menyebar di seluruh areanya, sedangkan sisanya berupa dataran rendah.

Secara geografis, Pacitan terletak di Pantai Selatan Pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah serta Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain dikenal sebagai tanah kelahiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Pacitan juga cukup populer karena menjadi lokasi industri pabrik rokok ternama rintisan PT. Sampoerna.

Sebagai salah satu wilayah yang menjadi bagian dari provinsi Jawa Timur, Pacitan menawarkan banyak keunikan yang patut diketahui banyak orang, seperti sejarahnya sampai potret kotanya di jaman sekarang.

Satu lagi yang tak kalah menarik ialah potensi wisatanya yg juga cukup menjanjikan. Nah, kamu ingin lebih mengenal tentang kota Pacitan? Simak pemaparan singkat JejakPiknik dibawah ini!

Sejarah Singkat

Cerita tentang asal mula kabupaten di Jawa Timur ini terdapat dalam buku legenda rakyat dan babad tanah yang mengatakan bahwa Pacitan berasal dari Pacewetan.

Kata Pace sendiri merupakan nama salah satu buah yang memberi kekuatan dengan bentuk menyerupai mengkudu. Sementara Wetan artinya adalah timur.

Pacitan awalnya merupakan sebuah kota yang berada di Karesidenan Madiun. Pada abad XV, disini telah berkembang Budha dan Hindu yang berkiblat pada kerajaan Majapahit yg dipimpin oleh Ki Ageng Buwono Keling.

Sedangkan untuk agama Islam, dibawa masuk oleh Ki Ageng Petung bersama Syeh Mulana Magribi dan Kyai Ampok Boyo dengan dibantu Kyai Menaksopal dari Trenggalek.

Singkat cerita, pertempuran perebutan wilayah Wengker Kidul pun terjadi antara Ki Ageng Buwono Keling dan Ki Ageng Petung.

Dan kemenangan pun berpihak kepada Ki Ageng Petung. Dia menandakan kemenangannya dengan menancapkan sebuah bambu di tengah Wengker Kidul dan sebagai tanda tonggak awal baru peradaban lebih mulia di lereng perbukitan Gunung Sewu.

Perkembangan sejarah Wengker disertai dengan masuknya kolonial Belanda dan hal ini menjadi awal baru bagi Pacitan. DimanaVOC mulai menjajah dan berperang melawan Pangeran Mangkubumi.

Dalam peperangan tersebut, Pangeran Mangkubumi kalah dan mundur melarikan diri ke hutan dengan tubuh yg lemah. Kemudian Setraketipa, abdinya memberinya Pace atau buah mengkudu kepada pangeran, sehingga beliau pun pulih kembali.

Kemudian daerah tempat pangeran disembuhkan diingat dengan nama Pace Sapengetan dan dalam bahasa sehari-hari, sering disingkat Pace-tan, sampai akhirnya menjadi Pacitan.

Asal Usul Nama

Merujuk pada berbagai sumber yang ada tentang sejarah Pacitan, disampaikan bahwa nama kabupaten ini berasal dari bahasa Jawa, yakni Pacewetan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Namun di referensi lain, ada juga yang mengatakan bahwa nama daerah tersebut diambil dari kata Pacitan yang artinya camilan ringan yg tidak sampai mengenyangkan perut.

Fakta ini cukup logis, mengingat Pacitan adalah daerah minus sehingga untuk memenuhi kebutuhan pangan warganya tidak sampai mengenyangkan alias pas-pasan.

Meski dinamakan demikian, namun sebenarnya fakta itu tidak sepenuhnya benar, justru Pacitan adalah salah satu kota yang memiliki potensi alam prospektif.

Pacitan Sekarang

Sekarang Pacitan menjadi salah satu anugerah bagi warga sekitar. Mengapa demikian? Karena kota ini memiliki banyak hal yang bisa dibanggakan.

Selain kotanya yg ditata dengan rapi, Pacitan juga menjadi salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan Jawa Timur.

Berbagai fasilitas umum pun telah disediakan untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi penduduk maupun wisatawan, dari mulai stasiun, penginapan, ruang terbuka hijau atau taman kota serta lain sebagainya.

Saat Siang Hari

Pada saat siang hari, kota Pacitan tampak sangat eksotis. Terletak di ujung selatan Provinsi Jawa Timur membuatnya ibarat sebuah mutiara tersembunyi dengan potensi luar biasa baik dari alamnya maupun keindahan pantainya.

Namun agak sedikit berbeda dari kota-kota besar, Pacitan ini menawarkan suasana yang cukup tenang, jauh dari lautan gedung-gedung tinggi ataupun kemacetan lalu lintas kendaraan.

Disini kamu akan menemukan ketenangan hakiki yang mungkin tidak akan ditemui di perkotaan. Udara di sekitarnya pun cenderung sejuk, jauh dari populasi asap kendaraan.

Saat Malam Hari

Di malam hari, pemandangan kota Pacitan tak kalah indah. Sangat sayang kalau sampai kamu melewatkan begitu saja suasana malam di daerah kelahiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini.

Alun-alun menjadi salah satu spot yang wajib kamu datangi di malam hari ketika bertandang ke Pacitan. Sebab, tak hanya menyuguhkan pemandangan elok, namun juga menyajikan beragam hal menarik.

View Dari Ketinggian

Terdiri dari pantai-pantai cantik dengan alamnya yang masih asri membuat panorama Pacitan dari atas terlihat sangat eksotis.

Untuk menikmati keindahan Pacitan dari ketinggian, Sentono Gentong adalah spot yang bisa kamu kunjungi. Jaraknya dari pusat kota hanya sekitar 13 kilometer saja dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 1 jam.

Begitu tiba di Sentono Gentong ini kamu akan disuguhi pemandangan terbuka kota Pacitan dari atas ketinggian. Selain itu, Pantai Teleng Ria dan Pantai Pancer Dor pun tampak cantik bagaikan bulan sabit.

Keindahannya kian berpadu dengan barisan perbukitan yang mengelilingi kota Pacitan seperti dinding raksasa. Awan tipis yg sesekali melayang di atasnya semakin menambah syahdu panoramanya.

Tempat Wisata

Pacitan juga bisa menjadi salah satu tujuan kamu jika ingin berlibur. Karena kabupaten di Jawa Timur ini punya banyak objek wisata alam dan bahari yg tak kalah cantik dari tempat wisata di kota lain.

Selain itu, kebanyakan tempat wisata di Pacitan juga tidak dikenakan biaya alias gratis. Dan berikut adalah beberapa objek yang menarik buat dikunjungi disana:

a. Pantai Klayar

Pantai Klayar adalah salah satu objek wisata yang terbilang cukup populer di Pacitan. Sangat disayangkan kalau liburan ke sana tapi tidak mampir ke bahari cantik ini.

Pantai tersebut cukup ramai dikunjungi baik wisatawan lokal maupun asing. Sebab disini kamu akan temukan satu keunikan yang mungkin tidak akan ditemui di tempat lain, yakni seruling laut, sebuah batu karang besar yg memiliki celah.

b. Pantai Watu Karung

Masih dengan destinasi bahari. Kali ini Pacitan menawarkan Pantai Watu Karung, salah satu objek yg disebut-sebut surga bagi para surfer. Sebab memiliki ombak cukup besar.

Hamparan pasir putihnya yg membentang luas pun sangat indah. Dengan medan yang cukup sulit menuju lokasi tak heran kalau keindahannya masih terlihat sangat asri.

c. Pantai Teleng Ria

Wisata dengan keindahan bahari berikutnya adalah Pantai Teleng Ria. Nah, kalau objek satu ini memiliki pasir putih cantik dan ombak yang tenang, jadi kamu bisa berenang nyaman ataupun sekedar bermain air.

Berkunjung kesini, jangan sampai lupa bawa kamera ya, karena pemandangan pantai Teleng Ria ini sangat pas untuk dijadikan latar gambar foto-foto kece kamu.

d. Goa Gong

Selamat datang di kota 1001 Goa. Mungkin itulah kata-kata yang sering diucapkan saat tiba di daerah Pacitan, Jawa Timur. Ya, karena disini memang banyak sekali ditemukan goa.

Dan inilah objek wisata yang sudah populer sampai ke luar negeri. Namanya adalah Goa Gong, salah satu destinasi yg menawarkan keindahan artistik.

Objek ini bahkan dinobatkan sebagai goa terindah se-Asia Tenggara. Kedalamannya sekitar 700-800 meter dan terdapat ruang-ruang besar yang menawarkan keunikan masing-masing.

Nah, cukup sampai disini dulu info seputar gambar kota Pacitan. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!