Travel  

Asyiknya Rafting di Sungai Citarik

Asyiknya Rafting di Sungai Citarik

tribunwarta.com – Lokasi: Jalan Raya Pelabuhan Ratu KM. 27, Cikiray, Cikidang, Sampora, Sukabumi, Jawa Barat 43367Map: Klik DisiniHTM: Rp. 210.000 – Rp. 870.000Buka Tutup: 08.00 – 18.00 WIBTelepon: (021) 29825963

Sejuk, nyaman dan terkenal dengan perempuan berparas rupawan adalah beberapa ciri khas yang dimiliki oleh provinsi Jawa Barat. Kemungkinan besar pernyataan di atas tidak dapat disangkal oleh siapapun.

Ciri khas tersebut seakan sudah melekat dan menjadi bagian dari wilayah tersebut. Tidak hanya itu saja makanan atau jajanan juga sangat beragam dan dapat ditemukan dengan mudah di provinsi ini.

Namun kali ini kita tidak akan membahas mengenai kedua hal di atas, melainkan tentang destinasi wisata ekstrem yang berada di salah satu daerahnya yaitu di kabupaten Sukabumi.

Salah satu wilayah bagian dari provinsi Jawa Barat ini memang terkenal dengan keindahan alamnya, namun ternyata juga memiliki alam yang ganas.

Melakukan kegiatan wisata tidak harus melihat pemandangan saja, melainkan kita juga bisa memacu adrenalin.

Kebetulan di Sukabumi terdapat beberapa objek wisata yang dapat memainkan adrenaline tersebut. Objek wisata ini adalah arung jeram atau bahasa kerennya rafting.

Ketika kata arung jeram atau rafting diungkapkan, maka seketika pikiran kita akan mengarah ke arus air yang cukup kuat dengan turunan, bebatuan, menyisiri jalur body sungai dan tentunya cipratan air.

Kegiatan wisata ini merupakan aktivatas yang menegangkan tetapi sekaligus menyenangkan. Walaupun demikian dalam menjalaninya haruslah menggunakan peralatan-peralatan ataupun perlengkapan keamanan.

Tips trip rafting juga harus diketahui dan tentunya wajib dipandu operator yang handal ketika melakukan kegiatan ini.

Hal ini dikarenakan risiko yang cukup besar terhadap keselamatan adalah hal yang harus dan wajib untuk dipertimbangkan.

Tidak jarang, olahraga yang terbilang ekstrem ini hingga menyebabkan korban luka karena bisa saja jatuh kemudian terkena batu, hanyut dan paling menegangkan adalah meninggal.

Kembali ke pembahasan wisata rafting Sukabumi. Salah satu wisata menegangkan ini yang cukup terkenal dan memiliki banyak review positif adalah rafting Citarik.

Silakan cari di Google, maka tempat arum jeram tersebut akan banyak bermunculan, ketika menggunakan kata kunci arung jeram Sukabumi.

Tetapi apakah yang menjadikan sungai Citarik menjadi sangat terkenal dalam dunia arung jeram. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita bedah lebih lanjut.

Sungai Citarik

Sungai ini memiliki panjang 44 km dan berakhir atau bermuara di Pelabuhan Ratu. Sungai yang berada di Sukabumi ini sudah sangat terkenal bagi para pecinta olahraga arung jeram.

Selain itu, potensi tersebut ternyata juga menjadi salah satu daya tarik wisata di daerah Sukabumi.

Potensi itu ternyata telah mengantongi standar arung jeram internasional. Penentuan standarisasi tersebut dilakukan oleh Federasi Arung Jeram Internasional atau International Rafting Federation (IRF).

Tingkat kesulitan arung jeram sungai Citarik sangat bervariasi, mulai dari Grade I hingga Grade VI, atau mudah hingga ekstrem.

Bisa Untuk Pemula

Tingkat arung jeram atau rafting Citarik white water yang bervariasi membuatnya sangat cocok bagi yang baru pertama kali mencoba kegiatan wisata menegangkan ini, hingga yang telah berpengalaman.

Banyak sekali agen-agen wisata Bandung yang menawarkan paket murah arus liar Citarik. Adapun beberapa agen ini seperti Caldera Indonesia, Niagara, Kaki Langit, Bravo Adventure, Selaras.

Lokasi Kejuaraan Dunia

Kejuaraan dunia rafting atau World Rafting Championship adalah ajang lomba terkenal yang diadakan oleh IRF atau International Rafting Federation.

Ajang bergengsi pada tahun 2015 tersebut ternyata bertempat di sunga Citarik. Tentu ini adalah hal yang membanggakan.

Cara Menuju Lokasi

Lokasi atau alamat dari tempat mengalirnya air menuju ke muara ini adalah Jalan Raya Pelabuhan Ratu KM. 27, Cikiray, Cikidang, Sampora, Sukabumi, Jawa Barat. Untuk menuju ke lokasi tersebut terbilang mudah.

Dari daerah manapun, entah dari Bogor, Jakarta, Semarang dan lain sebagainya, cukup aktifkan koneksi internet dan GPS, lalu buka aplikasi Maps di ponsel dan ketik “rafting citarik”, maka Anda akan dipandu menuju ke tempat wisata seru Sukabumi tersebut.

Tarif rafting sungai Citarik sangat beraneka ragam, karena setiap agen wisata memiliki biaya termurahnya masing-masing.

Namun setelah melakukan penelusuran harga paket tour dan travel rafting Citarik dari beberapa agen wisata akhirnya didapatkan kesimpulan. Berikut adalah kesimpulan yang berhasil disusun.

Harga Paket 1 Hari

Paket rafting Citarik berdasarkan jaraknya terbagi menjadi empat, yaitu 5 km, 9 km, 12 km dan 17 km.

Harga paket 5 km adalah Rp. 210.000, paket 9 km Rp. 250.000, paket 12 km Rp. 360.000 dan paket 17 km Rp. 520.000.

Fasilitas yang didapatkan antara lain mobil untuk menuju ke lokasi, instruktur, rescue team, satu kali makan, jajanan, kelapa muda, kamar bilas, asuransi, full rafting gear dan sertifikat.

Paket 2 Hari 1 Malam

Harga paket 5 km Rp. 435.000, paket 9 km Rp. 500.000, paket 12 km Rp. 570.000 dan paket 17 km Rp. 670.000.

Harga di atas sudah termasuk akomodasi 2 hari 1 malam, perlengkapan rafting, minuman, 3 kali makan, 2 kali jajan dan kelapa muda, instruktur, guide, asuransi dan sertifikat.

Promo Rafting dan Paintball

Paket ini hanya bisa diperoleh apabila mengajak rombongan dengan jumlah minimal 20 orang.

Harga paket promo rafting Citarik untuk jarak 5 km Rp. 310.000, jarak 9 km Rp. 350.000, jarak 12 km Rp. 460.000 dan jarak 17 km Rp. 620.000.

Harga paket tersebut sudah termasuk fasilitas seperti paket 1 hari, tetapi ditambah dengan permainan paintball.

Paket Murah Group

Syarat untuk paket ini adalah harus berupa grup atau rombongan dengan jumlah minimal 40 orang.

Fasilitas yang didapatkan adalah peninapan selama 2 hari 1 malam, dokumentasi kegiatan, 2 kali makan dan 2 kali jajan, perlengkapan rafting, outbound, pemandu acara, eo, asuransi dan transportasi.

Harga yang ditawarkan untuk jarak rafting 5 km adalah Rp. 500.000. Harga jarak 9 km adalah Rp. 550.000, jarak 12 km Rp. 650.000, jarak 17 km Rp. 810.000.

Paket Gathering

Jika ingin kumpul atau reuni bersama teman sekelas, baik SD, SMP ataupun SMA, maka paket ini sangat cocok.

Harga yang ditawarkan jauh lebih murah daripada paket grup. Fasilitasnya pun semuanya hampir sama. Tetapi ada tambahan berupa karaoke layar projector dan sound portable, serta tidak ada outbound.

Harga dari paket ini dengan jarak 5 km adalah Rp. 480.000. Jarak 9 km Rp. 530.000. jarak 12 km Rp. 630.000. Jarak 17 km Rp. 790.000.

Semua paket yang disebutkan tadi bisa jadi ada yang lebih murah. Ini karena terkadang memberikan voucher yang disebar melalui forum seperti kaskus, ataupun berupa video di youtube, gambar maupun foto dan media promosi lainnya.

Lama Waktu Sesuai Jarak

Informasi ini sangat penting untuk diketahui, karena melakukan kegiatan wisata seru dan ekstrem tersebut harus memiliki kondisi kesehatan yang prima dan tentunya membutuhkan stamina yang kuat.

Rafting river Citarik itinerary jarak 5 km dapat diselesaikan selama kurang lebih 1 jam. Jarak 9 km dapat selesai kurang lebih selama 2 jam.

Jarak 12 km kurang lebih dapat selesai dalam 3 jam. Jarak 17 km dapat selesai kurang lebih selama 5 jam. Pastikan bisa mengukur stamina tubuh agar kegiatan wisata arung jeram berlangsung dengan aman.

Lokasi Lain

Jika sudah mencoba sensasi arung jeram di sungai Citarik, tidak ada salahnya mencoba di tetangganya, yaitu sungai Citatih.

Tingkat rafting dari sungai ini memang lebih rendah dari Citarik, yaitu I hingga IV. Walaupun demikian, keseruannya tidak boleh diragukan.

Sungai ini juga memiliki arus yang terbilang kuat dan deras. Apalagi ketika musim penghujan tiba, terutama pada saat bulan Desember.

Jika ingin mencoba keganasan Citatih, maka langsung cari agen wisata yang menawarkan paket rafting Cicatih, salah satu yang paling terpercaya adalh Cherokee Rafting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!