Travel  

Asyiknya Bermain di Curug Lawang

Asyiknya Bermain di Curug Lawang

tribunwarta.com – Lokasi: Karangsalam, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151Map: Klik DisiniHTM: Rp.5.000Buka Tutup: 08.00 – 16.00Telepon: –

Siapa sangka jika Kabupaten Purwokerto menyimpan banyak destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Purwokerto merupakan pusat kota dari Kabupaten Banyumas. Kabupaten Banyumas yang berada pada Provinsi Jawa Tengah berbatasan langsung dengan Kabupaten Tegal.

Banyumas juga bersebelahan dengan Kabupaten Pemalang disebelah utara, Kabupaten Cilacap disebelah selatan, Kabupaten Cilacap dan Brebes disebelah Barat, dan Kabupaten Purbalingga, Kebumen, dan Banjarnegara disebelah timur.

Banyak yang menyebutkan bahwa Banyumas adalah kota seribu curug, karena Banyumas terletak di kaki Gunung Slamet yang mempunyai banyak sumber air atau air terjun. Selain Curug Telu dan Curug Pelangi, ada curug lain yang tak kalah menarik yaitu Curug Lawang.

Sejarah Asal Usul

Tidak ada sejarah yang pasti yang menunjukkan asal usul terbentuknya Curug Lawang, tetapi perlu diketahui bahwa tempat ini juga disebut dengan Sendang Bidadari.

Tidak terlalu jelas alasan mengapa disebut Sendang Bidadari, tetapi menurut warga sekitar Curug Lawang disebut Sendang Bidadari karena letaknya sangat tersembunyi di balik batu-batu cadas, seolah tempat bidadari turun dari khayangan untuk mandi.

Keistimewaan

Daya tarik dari tempat wisata Purwokerto ini yaitu berada di dalam gua, sehingga jika Anda kesana terlihat seperti memasuki sebuah pintu atau lawang. Ketinggiannya juga cukup tinggi yaitu sekitar 25 meter.

Lokasinya berada persis diatas Sendang Bidadari. Sendang merupakan kolam yang berada di pegunungan. Air yang berada pada air tejun ini berasal dari Curug Telu. Sendang Bidadari juga sering dijadikan sebagai tempat ritual meditasi, karena warga sekitar Sendang Bidadari memang tidak bisa dilepaskan dengan kepercayaan animisme dan dinamisme.

Suasana air terjun yang nyaman dan tenang membuat tempat ini sangat cocok menjadi destinasi untuk melepaskan penat. Selain berendam dan menikmati segarnya pancuran air terjun, Anda juga bisa berfoto ria bersama keluarga dan sahabat karena pemadangan air terjunnya dijamin indah dipandang mata.

Lokasi Dimana

Curug Bidadari ini terletak di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Dari pusat kota Purwokerto, sekitar 14 km atau bisa ditembuh kurang lebih 30 menit perjalanan.

Akses Jalan

Jika Anda datang dari Purwokerto, Anda melalui rute menuju arah Baturraden kemudian belok kanan setelah Anda menemui Gerbang Mandala Wisata.

Setelah itu, Anda akan menjumpai pertigaan SMP 2 Baturraden lalu berbeloklah ke kanan ke arah Desa Karangsalam. Sekitar 1 km dari pertigaan tersebut terdapat tulisan Selamat Datang di Desa Karangsalam.

Tidak jauh dari gapura tersebut, Anda bisa parkir kendaraan Anda dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Menyusuri jalan setapak menghabiskan waktu kurang lebih 30 menit. 20 menit pertama dihabiskan dengan berjalan melewati pematang sawah. Di sawah tersebut, Anda akan menemui gazebo, dan disebelah kiri gazebo terdapat jalan menuju Curug Lawang.

Perjalanan dilanjutkan melalui jalan tersebut sampai Anda menemukan trek yang cukup terjal dan curam. Anda harus melewatinya dengan berhati-hati karena disebelah kanan jalan terdapat jurang terjal yang kedalamannya sampai 15 meter.

Namun jangan khawatir, kondisi jalannya masih tergolong aman untuk dilalui. Setelah melewati jalur yang cukup eksrim tersebut, sampailah Anda di surga dunia dari Purwokerto ini.

Transportasi

Anda bisa menaiki kendaraan pribadi, roda dua maupun roda empat untuk sampai ke loaksi tempat indah ini. Selain dengan kendaraan pribadi, Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum yaitu bus atau angkutan umum.

Harga Tiket Masuk

Tidak perlu merogoh kocek yang mahal untuk masuk ke kawasan wisata cantik ini, cukup membayar Rp. 5000 sudah termasuk Rp. 3000 untuk tiket masuk dan Rp. 2000 untuk biaya parkir. Anda bisa mengunujungi destinasi wisata hitz purwokerto ini setiap hari mulai dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore.

Fasilitas

Tidak sedikit pengunjung khawatir karena tempat wisata ini cukup terpencil sehingga menjadikannya kurang ketersediaan fasilitas. Namun tidak, fasilitas di tempat wisata ini cukup terpenuhi, yaitu adanya area parkir kendaraan, musholla, kamar mandi, dan berbagai penginapan disekitar area wisata ini.

Tidak Hanya Satu

Tak banyak yang tahu, Curug Lawang tidak hanya ada di Kabupaten Banyumas, tetapi ada 3 curug lain yang tersebar di Kabupaten lain dan bukan Lawang Sewu. Diantaranya yaitu:

    Curug Lawang di Serang Banten

Tidak hanya terkenal dengan Pantai Anyernya, di Banten juga terdapat Curug Lawang. Curug Lawang tepatnya berada di Kampung Cisirih, Desa Cikoleat, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Propinsi Banten.

Dari pusat Kota Serang, perlu menempuh kurang lebih 44 kilometer atau sekitar 1,5 jam. Seperti air terjun pada umumnya, untuk sampai ke air terjun akan melalui jalan setapak. Dan untuk sampai ke Curug Lawang ini, perlu menempuh kurang lebih 10 kilometer dari permukiman penduduk. Air terjun ini juga dapat ditempuh dari Cilegon.

    Curug Lawang Kori di Magelang

Curug Lawang Kori berada di Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang. Rute menuju Curug Lawang Kori bisa ditembuh dengan 2 jalur, yaitu Rute pertama dari arah Magetan menuju Arah Semarang.

Anda lurus terus mengikuti jalan sampai Anda menemukan rambu lalu lintas, lalu berbeloklah ke kiri sampai Pasar Windusari. Dari Pasar Windusari, lurus sedikit kemudian belok ke kanan sampai menemukan gapura. Kemudian lurus terus mengikuti jalan sampai tiba di objek wisata Curug Lawang. Rute ini bisa ditembuh selama 25 menit atau sekitar 15 kilometer dari kota Pemalang.

Jika rute pertama dari arah Magetan menuju Semarang, pada rute kedua ini kebalikannya yaitu dari Semarang menuju Magetan. Pada jalan utama Magetan-Semarang lurus terus sampai menemukan rambu lalu lintas kemudian berbelok ke kanan. Perjalanan kemudian dilanjutkan sama dengan rute pertama.

Curug Lawang Kori mempunyai ketinggian yang cukup tinggi yaitu 30 meter. Di lereng air terjun terdapat batu besar yang sangat kokoh dan indah. Terdapat keistimewaan lain di Curug Lawang yaitu pintu yang terbuat dari batu tersebut bisa terbuka sendiri di hari-hari tertentu oleh juru kuncinya.

    Curug Lawang di Pemalang

Tepatnya berada di Desa Mendelem, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang. Air terjun ini setinggi kurang lebih 12 meter, memang tidak setinggi air terjun lainnya tapi Curug Lawang mempunyai keistimewaan lain yaitu diapit oleh 2 bukit, sangat mnearik jika dibakai background untuk berfoto.

Untuk sampai di Curug ini, Anda perlu melewati jalan setapak kurang lebih 10 km. Jika Anda berangkat dari pusat Kota Pemalang, Anda harus menempuh kurang lebih 37 kilometer atau sekitar 1 jam.

Sebenarnya masih ada lainnya yaitu berada di Probolinggo dengan nama Air Terjung Watu Lawang. Di Bogor juga ada, namun namanya berbeda yaitu Curug Leuwi Hejo Bogor.

Tips Saran

    Sebaiknya jangan berkunjung ke air terjun pada saat musim hujan. Selain akan berkabut, air di curug dan sendangnya juga akan lebih keruh dari biasanya.

    Pilih sandal atau sepatu yang tidak licin, karena tracknya yang bebatuan dan akan tergelincir jika salah memilih alas kaki.

    Bawa baju ganti dan handuk jika anda berencana untuk bermain air disekitar air terjun.

Sekian ulasan tentang Curug Lawang, semoga bisa bermanfaat bagi Anda eta sahabat dan keluarga yang sedang mencari destinasi wisata air terjun terutama di Pulau Jawa.

Karena untuk menikmati wisata air terjun, tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak, tapi sangat bisa merefresh pikiran dari hiruk pikuknya perkotaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!