Travel  

Air Terjun Benang Stokel

Air Terjun Benang Stokel

tribunwarta.com – Alamat: Aik Berik, Setiling, Batukliang Utara, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat 83552Map: KlikDisiniHTM: Domestik: Rp.3.000 per Orang, Mancanegara: Rp.10.000 per OrangBuka Tutup: 24 JamTelepon: 0812 – 4637 – 5758

Berlokasi di wilayah Kabupaten Lombok Tengah, obyek wisata ini sering dikunjungi oleh wisatawan baik dalam negeri maupun turis mancanegara.

Objek wisata ini memang memiliki sebuah nama yang unik dan terkadang menimbulkan pertanyaan di kalangan wisatawan.

Pemberian nama tersebut dikarenakan air yang jatuh atau terjun dari ketinggian sekitar 30 m ini, membentuk seperti “Segumpal Benang” (benang stokel).

Fenomena ini begitu cantik sehingga dapat menebarkan pesona keindahan kepada para wisatawan yang berkunjung.

Obyek wisatatersebut mempunyai 2 buah titik air yang mengalir pada ketinggian kurang lebih 30 meter. Namun, debit air di sebelah kanan lebih kecil dibandingkan dengan yang kiri.

Umumnya wisatawan sangat menyukai bermain air atau berendam di dalam kolam yang berada di bawah air terjun. Airnya jernih dan cukup dingin sehingga akan memberikan kesegaran kepada mereka.

Berdasarkan cerita yang beredar air tersebut dapat mempercantik kulit dan mengatasi masalah rambut rontok.

Akan tetapi, dibutuhkan sedikit perjuangan untuk menuju ke lokasi itu. Kendaraan tidak bisa berhenti tepat di depan air terjun.

Setelah membeli tiket masuk seharga Rp 3000/orang, wisatawan harus menuruni puluhan anak tangga untuk menuju ke tepi air terjun.

Bagi wisatawan mancanegara harga tiket masuk ke tempat wisata ini adalah Rp 10.000/orang. Jarak antara pintu masuk dengan lokasi air terjun kurang lebih 500 m.

Setelah berjalan sekitar 20 menit, wisatawan akan tiba di area wisata. Keindahannya dapat menghilangkan rasa lelahperjalanan. Di dekat lokasi tersebut telah berdiri 3 buah pendopo yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung.

Duduk santai di dalam pendopo sembari menikmati pesona alam serta merasakan kesegaran udaranya yang cukup dingin akan membuat perjalanan jauh dari Kota Mataram segera terbayarkan.

Selain berenang/berendam di dalam kolam, wisatawan juga bisa merasakan guyuran airnya akan memberikan sebuah sensasi terapi alam yang menyenangkan.

Ketika lapar dan haus mulai menghampiri, wisatawan tidak perlu khawatir karena telah tersedia beberapa warung sederhana yang menawarkan aneka makanan dan minuman.

Warung-warung tersebut dapat ditemukan di areal parkir kendaraan dan juga di dekat pintu masuk.

Legenda Mitos

Mitos yang berkembang di masyarakat selama ini menyatakan, Air Terjun Benang Stokel menjadi tempat membersihkan diri Dewi Anjani – makhluk gaib dipercaya sebagai penunggu Gunung Rinjani.

Pada waktu-waktu tertentu konon Dewi Anjani turun dari gunung kemudian mandi dan membersihkan rambutnya di Benang Stokel.

Oleh karena itu, banyak masyarakat percaya mereka yang mempunyai masalah dengan rambutnya, seperti rontok, ingin menghitamkan rambut, akan mandi di tempat ini.

Selain itu dari cerita unik di balik kecantikan Benang Stokel. Konon, jalur Benang Stokel – Gunung Rinjani sering digunakan oleh orang-orang sakti untuk mencari berkah atau keselamatan.

Mereka melakukan pendakian untuk bertapa ke Gunung Rinjani, yang hingga saat ini, kebiasaan tersebut masih sering dilakukan oleh warga setempat.

Jalur pendakian ini hanya memerlukan waktu tujuh jam saja sehingga memiliki jarak tempuh yang lebih pendek dibandingkan dengan lewat jalur kawasan Sembalun, Lombok Timur atau Senaru, Lombok Utara.

Menuju Ke Lokasi

Air Terjun Benang Stokel berada di Dsn. Pemotoh, Desa Aik Berik, Kec. Batu Keliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah.

Jika wisatawan berangkat dari Kota Mataram, perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan menempuh jarak kurang lebih 30 km.

Selama di perjalanan wisatawan akan berjumpa dengan berbagai pemandangan alam yang indah seperti persawahan, perkebunan coklat dan perkebunan kopi.

Jalan yang akan dilewati telah diaspal namun tidak terlalu lebar. Begitu mendekati lokasi air terjun, jalan tersebut sedikit bergelombang.

Wisatawan yang mencoba untuk membawa kendaraan sendiri dari Kota Mataram akan melalui wilayah Narmada menuju ke Sedau hingga tiba di simpang tiga Desa Pancor Dao.

Dari pertigaan ini, lalu ke arah timur laut menuju ke Pasar Teratak. Kemudian dari pertigaan Pasar Teratak belok ke arah kiri melewati jalan pedesaan hingga sampai di lokasi parkir kendaraan Air Terjun “Segumpal Benang” Benang Stokel.

Harga sewa motor di Lombok kurang lebih Rp.50.000/hari. Sedangkan harga sewa mobil termasuk sopir dan bahan bakar sekitar Rp.600.000/10 jam.

Dengan menyewa mobil tersebut wisatawan tidak perlu bersusah payah mencari jalan menuju ke lokasi.

Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu adalah air terjun yang paling terkenal di Pulau Lombok. Wisata alam air terjun ini berada di kaki Gunung Agung, tepat di tengah-tengah Pulau Lombok.

Objek wisata ini terletak sekitar 32 Kilometer dari Kota Mataram, atau sekitar 1 jam perjalanan.

Kalian bisa menempuh jalur Mataram-Narmada-Sedau-Pancor Dau-Teratak-Desa Aik Berik. Disarankan agar kalian bertanya pada penduduk setempat mengenai lokasi air terjun ini.

Karena hanya ada satu tanda jalan menuju Air Terjun Benang Kelambu. Atau kalian juga bisa menanyakan pada petugas hotel atau agen tur.

Di pintu masuk air terjun ini, kalian hanya perlu membayar Rp. 5.000,- untuk masuk ke lokasi tersebut. Setelah kalian melewati gerbang masuk, lalu akan disambut dengan pepohonan rindang serta suasana yang damai dan sejuk.

Jalan menuju ke lokasi air terjun sudah dibangun sedemikian rupa, sehingga kalian bisa menuju ke air terjun dengan nyaman.

Di sepanjang sisi jalan kalian bisa menemui warung-warung yang menjual makanan ringan dan minuman. Kalian juga bisa mencicipi Nasi Kaput, sejenis nasi campur yang dengan bungkus kertas.

Fasilitas Yang Ada

Saat ini telah tersedia beberapa fasilitas umum di lokasi wisata. Pemerintah setempat bekerjasama dengan masyarakat desa terus berusaha untuk membangun aneka fasilitas umum sehingga dapat memberikan kepuasan kepada para wisatawan.

Beberapa fasilitas tersebut antara lain :

    Terdapat pendopo di dekat Air Terjun.

    Tersedia toilet dan tempat untuk berganti pakaian.

    Areal untuk parkir kendaraan.

    Fasilitas umum lainnya seperti warung makan sederhana, dan lain-lain.

Penginapan Terdekat

Sebagian besar wisatawan beristirahat di Kota Praya berjarak sekitar 25 km dari tempat wisata ini. Selain itu, ada juga yang menyukai untuk menginap di Kota Mataram.

Beberapa penginapan tersebut diantaranya :

    Hotel Santika Mataram

    Giri Hotel Mataram

    Grandroyal Bandara Internasional Lombok (BIL) Hotel

    Aerotel Mandalika Praya Lombok

    Lombok Plaza Hotel and Convention

    The Jayakarta Lombok Beach Resort

Tips Saran

Jangan lupa untuk membawa payung atau jas hujan.

Wisatawan diperbolehkan untuk membawa makanan dan minuman dari luar. Namun, jangan membuang sampah sembarangan.

Bagi wisatawan yang ingin bermain air atau berendam, jangan lupa untuk membawa handuk dan pakaian ganti.

Tersedia jasa pemandu lokal yang bisa wisatawan gunakan untuk menemani selama berada di kawasan wisata ini.

Di kawasan wisata Air Terjun Benang Stokel juga terdapat air terjun lainnya yang juga tak kalah menawan namanya Air Terjun Benang Kelambu.

Lokasi air terjun ini dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit dengan jarak sekitar 1 km. Perjalanan tersebut akan melewati jalan setapak dengan kondisi jalan yang naik turun dan berkelok-kelok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!