Travel  

8 Tempat Wisata Dekat Taman Bunga Celosia Semarang

8 Tempat Wisata Dekat Taman Bunga Celosia Semarang

tribunwarta.com – – Taman Bunga Celosia merupakan destinasi wisata yang berada di lereng kaki Gunung Ungaran, tepatnya di Bandungan Kabupaten Semarang.

Mengutip situs resminya, obyek wisata ini menyajikan ratusan bunga hias warna-warni yang menyegarkan mata sehingga cocok untuk rekreasi.

Selain taman bunga, ada spot foto instagramable seperti Little Italia, Little Korea, dermaga putih, taman bunga, White Marine Park, dan masih banyak lainnya.

Pengunjung juga bisa bersantai di kafe dengan latar belakang gunung, yakni Cafe Garden Celosia.

Obyek wisata ini buka mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. Harga tiket masuk Taman Bunga Celosia yakni Rp 20.000 per orang pada weekday, dan Rp 25.000 per orang saat weekend.

Setelah puas menikmati aneka bunga di Taman Bunga Celosia, wisatawan bisa berkunjung ke sejumlah tempat wisata lainnya.

Wisata dekat Taman Bunga Celosia Semarang

Kompas.com telah merangkum sejumlah tempat wisata dekat Taman Bunga Celosia yang bisa dikunjungi wisatawan.

1. Candi Gedong Songo

Lokasi Candi Gedong Songo berdekatan dengan Taman Bunga Celosia, hanya sekitar 1,9 kilometer (km) dengan waktu tempuh 6 menit berkendara.

Candi Gedong Songo merupakan kompleks candi bercorak Hindu yang berada di ketinggian. Ada sembilan bangunan candi sesuai dengan namanya, yaitu gedong berarti bangunan dan songo berarti sembilan.

Mengutip Kompas.com (28/12/2021), daya tarik Candi Gedong Songo adalah panorama yang indah karena berada di ketinggian 1.200-1.300 mdpl.

Candi Gedong Songo mampu menghadirkan nuansa sakral sekaligus eksotis sehingga menjadi incaran para fotografer. Pengunjung bisa melihat bangunan candi yang sakral, gugusan awan, dengan latar belakang gunung-gunung di Jawa Tengah.

2. Sunrise Hill Gedong Songo

Obyek wisata ini masih berada di dalam kawasan Candi Gedong Songo. Jarak dari Taman Bunga Celosia sekitar 1,6 km dengan waktu tempuh hanya 4 menit berkendara.

Mengutip Tribun Travel (20/3/2022), Sunrise Hill Gedong Songo merupakan obyek wisata dengan fasilitas lengkap. Mulai dari area bermain (playground), kampung tematik, dan kolam renang.

Wisatawan yang ingin bermalam bisa menginap di penginapan maupun glamping yang tersedia.

Ada banyak spot foto instagramable di Sunrise Hill Gedong Songo. Sebut saja, kampung salju, kampung Jepang, dan kampung halloween. Sementara, traveler yang suka petualangan bisa mencoba labirin di Rumah Sesat Labirin Sunrise Hill Gedong Songo.

3. Ayanaz Gedongsongo

Ayanaz Gedongsongo adalah taman hiburan outdoor yang menawarkan tempat santai dan spot foto dengan latar belakang gunung. Lokasinya masih berada di sekitar kompleks Candi Gedong Songo.

Obyek wisata Instagramable ini berjarak sekitar 2 km dari Taman Bunga Celosia, dengan waktu tempuh 5 menit berkendara.

Mengutip dari Kompas.com (30/5/2022), tempat wisata ini sempat viral karena spot foto yang instagramable dan unik.

Pengunjung bisa berfoto di balon udara berwarna-warni, ayunan di atas kolam, kursi di tengah kolam, replika perahu, tenda, serta spot foto kekinian lainnya.

Obyek wisata ini juga dilengkapi dengan kafe sehingga pengunjung bisa bersantai sambil menikmati cemilan.

4. Legok Madu

Legok Madu memiliki konsep wisata serupa dengan Taman Bunga Celosia, yakni taman bunga dan spot foto instagramable.

Jaraknya dari Taman Bunga Celosia sekitar 1,2 km dengan waktu tempuh 3 menit berkendara. Obyek wisata ini masih berada di kawasan Bandungan, Semarang sehingga memiliki udara segar.

Pengunjung bisa berfoto di berbagai spot instagramable yang dikelilingi taman bunga. Salah satu ikon Legok Madu adalah patung angsa yang dihiasi dengan beragam bunga.

5. Florawisata Banyukuning

Florawisata Banyukuning merupakan obyek wisata baru di Bandungan. Wisata yang mengusung konsep alam ini baru akan dibuka untuk umum pada Minggu (22/7/2022), mengutip Kompas.com (9/7/2022).

Jaraknya dari Taman Bunga Celosia sekitar 1,7 km, dengan waktu tempuh 4 menit berkendara.

Obyek wisata bertema alam ini menawarkan sejumlah fasilitas kepada wisatawan. Mulai dari playground, camping ground, mini zoo, pusat kuliner, pagelaran seni budaya, kolam renang, green house, wedding venue, dan ruang pertemuan.

Florawisata Banyukuning berada di atas lahan seluas 7,5 hektar. Saat ini, baru seluas 2,5 hektar yang efektif digunakan sebagai tempat wisata.

6. Vanaprastha Gedong Songo Park

Vanaprastha Gedong Songo Park berada di Kawasan Candi Gedong Songo. Jaraknya dari Taman Bunga Celosia sekitar 2,5 km dengan waktu tempuh 7 menit berkendara.

Mengutip Tribun Travel (10/7/2019), obyek wisata ini berupa hutan pinus yang masih asri. Bahkan, warga sekitar menyebut suasana Vanaprastha Gedong Songo Park seperti hutan pada film Twilight.

Berada di ketinggian 1.200 mdpl, Vanaprastha Gedong Songo Park memiliki udara yang sejuk sehingga cocok untuk relaksasi.

Pengunjung juga bisa menikmati wisata sejarah. Sebab, ada tiga rumah rumah kayu yang berusia lebih dari satu abad dulunya digunakan sebagai kantor resmi kehutanan pada zaman kolonial Belanda.

7. Wisata Perantunan

Tak jauh dari Taman Bunga Celosia, ada lokasi camping favorit para pecinta alam, yaitu Wisata Perantunan. Obyek wisata ini merupakan salah satu pintu gerbang pendakian Gunung Ungaran, berdasarkan informasi dari Kompas.com (26/12/2021).

Jaraknya dari Taman Bunga Celosia sekitar 5,7 km dengan waktu tempuh 16 menit berkendara.

Wisata Perantunan menyajikan udara segar serta keindahan panorama alam. Hutan dengan pepohonan hijau yang teduh berpadu sempurna dengan panorama Rawa Pening di sisi selatan.

Saat cuaca cerah, Gunung Merbabu di ujung selatan juga terlihat indah sekali. Dari lokasi ini, pendaki membutuhkan waktu perjalanan tiga sampai lima jam mencapai puncak tertinggi Gunung Ungaran, yakni Puncak Botak.

Namun, bagi wisatawan yang tidak mendaki gunung, bisa berkemah di Wisata Perantunan.

8. Susan Spa and Resort

Susan Spa and Resort merupakan penginapan dan spa dengan desain bangunan ikonik. Mengutip Kompas.com (11/10/2020), arsitektur resort ini bergaya elegan.

Salah satu ikon Susan Spa and Resort adalah bangunan La Kana yang menjadi lokasi favorit untuk pernikahan.

Berada di ketinggian 1.100 mdpl lereng Gunung Ungaran, menjadikan Susan Spa and Resort memiliki panorama menawan.

Fasilitas lainnya adalah Panorama Balcony, Sky Garden Cafe, ruang pertemuan, pusat kebugaran, kolam renang, dan jacuzzi.

Lokasinya berada di Dusun Piyoto, Kecamatan Bandungan, Kota Semarang. Jaraknya dari Taman Bunga Celosia sekitar 4,3 km dengan waktu tempuh 11 menit berkendara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!