Travel  

7 Info Penting Mengenai Jam Gadang Bukittinggi yang Membuat Kita Tanpa Pikir Panjang Langsung Pergi ke Tempat ini

7 Info Penting Mengenai Jam Gadang Bukittinggi yang Membuat Kita Tanpa Pikir Panjang Langsung Pergi ke Tempat ini

tribunwarta.com

Indonesia memiliki pesona yang tidak kalah dengan luar negeri. Dimana, kalau di Inggris mempunyai Big ben, sementara kalau di Sumatera barat hadir dengan Jam Gadang yang tidak kalah mengesankannya.

Penasaran dengan pesona yang ada di balik jam gadang ini? Mari, kita simak hasil penelusuran dan beberapa fakta menarik serta info penting mengenai ikon dari kota bukit tinggi ini.

1. Jam Big Bennya Indonesia

Seperti yang sudah diutarakan di atas bila Jam Gadang ini merupakan Big Bennya London. Jam raksasa yang berbentuk menara ini memiliki luas kurang lebih 13 x 4 meter. Dengan tingginya yang mencapai 26 meter.

Di buat dengan beberapa tingkat dimana yang paling atas mempunyai sebuah bandul. Menariknya lagi pada tahun 2007 saat bukit tinggi di landa gempa, bandul ini rusak dan harus diganti dengan yang baru.

2. Hadiah Dari Ratu Belanda

Ada 4 jam besar dengan diameternya yang mencapai 80 meter. konon katanya, jam ini pun didatangkan langsung dari Rotterdam. Di bawa dengan menggunakan kapal layar melalui pelabuhan teluk bayur.

Nah, bila di tengok ke belakang ternyata, jam ini pun merupakan hadiah dari ratu belanda untuk Rook Maker yang pada waktu itu memiliki jabatan sebagai controleur Sekretaris Bukit tinggi saat pemerintahan belanda.

3. Penulisannya yang Unik

Ada lagi hal yang unik yang bisa kita nikmati yaitu penulisannya. Bila kita cermati lebih dalam lagi adalah tulisan penunjukan jam yang memang terlihat ganjil dimana tulisannya pun menggunakan angka romawi.

Bukannya “IV” tetapi “IIII” arsitektur dari jam yang mempesona ini adalah Yazid Sutan Gigi Ameh. Terinspirasi dari rumah adat minangkabau yang bisa kita lihat dari atap jam gadangnya yang berbentuk gonjong.

4. Berbagai Macam Menu Kuliner

Tidak jauh dari sini kita akan di sambut dengan pesona lain yang tidak boleh dilewatkan yaitu hadirnya berbagai macam menu kuliner yang sangat menyenangkan. Kita akan disuguhkan dengan berbagi macam makanan yang nikmatnya benar-benar menggoda.

Cobalah nasi kapau dan juga beberapa makanan khas padang yang harganya pun cukup bersahabat di kantong. Tidak hanya makanan tetapi, ada juga makanan ringan dan jajanan yang sayang untuk tidak di beli.

Jangan lupa pula untuk membeli beberapa oleh-oleh dan juga souvenir yang sudah tersedia di pasar bawah dan pasar atas.

5. Malam yang Semakin Mempesona

Tidak hanya waktu siangnya saja tetapi, waktu malamnya pun objek wisata ini akan terasa sangat mengesankan dengan hadirnya lampu-lampu warna-warni. Kerlap-kerlipnya seperti bintang-bintang yang bersinar di atas langit.

6. Tidak Ada Besi Dan Semen

Perlu diketahui bahwa jam gadang ini tidak menggunakan besi dan juga semen lho. Lalu? Putih telur, kapur, dan pasir putih adalah bahan yang digunakan masih tak percaya? Kita bisa tanya langsung kepada sejarawan yang mengerti.

7. Banyak Renovasi

Perlu di ketahui pula bila atap dari jam gadang ini pernah di renovasi sebanyak 3 kali. Pertama berbentuk bulat dengan ayam jantan yang menghadap kearah timur. Kemudian, pada zaman penjajahan jepang atapnya di ubah kembali menjadi pagoda.

Jam Gadang adalah arsitek sempurna dari sebuah karya anak bangsa. Jangan lupa mengunjungi objek wisata ini. Karena, belum ke bukit tinggi jika kita tidak mengambil foto dan gambarnya. Jadi, kapan kita bisa trip bareng menuju ke tempat ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!