Travel  

7 Daftar Pilihan Gunung di Kamboja, Yang Bikin Kalian Betah dan Wajib Kamu Eksplor Keindahannya

7 Daftar Pilihan Gunung di Kamboja, Yang Bikin Kalian Betah dan Wajib Kamu Eksplor Keindahannya

tribunwarta.com – Kamboja adalah salah satu negara berbentuk monarki konstitusional yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Negara tersebut dikenal dengan julukan Hell On Earth atau Neraka Dunia karena satu tragedi pembantaian yang pernah terjadi di masa lampau.

Kamboja sendiri memiliki luas wilayah sebesar 181.035 kilometer persegi. Secara astronomis, negeri yang disebut juga dengan Kampuchea ini berada di antara 10 °LU-15 °LU dan 102°BT-108°BT.

Letak negara tropis tersebut juga sangat strategis, berbatasan dengan beberapa negara lainnya yakni Thailand, Vietnam, Laos, Filipina dan Brunei Darussalam.

Jika diperhatikan secara umum, Kamboja mempunyai banyak bentang alam, diantaranya mencakup gunung, lembah, dataran rendah, pantai, laut hingga sungai.

Nah, berikut adalah beberapa daftar gunung di negara Kamboja yang menarik untuk kamu eksplor supaya liburanmu kesana tidak sia-sia.

1. Phnom Aural

Menurut brainly, Phnom Aural adalah puncak tertinggi yang masuk dalam deretan jajaran pegunungan Cardamom, yakni suatu areal pegunungan yang terletak diantara bagian barat Kamboja dan timur Thailand.

Selain memiliki pemandangan cantik, Phnom Aural tersebut juga menyajikan sensasi petualangan yang bakal bikin liburan kamu makin berkesan dan tak terlupakan.

Mengeksplor gunung api Phnom Aural, kamu dituntut punya fisik yang prima.Karena untuk mencapai campingground, pengunjung harus berjalan kaki selama 3 jam, dan 2 jam lagi jika ingin lanjut ke puncaknya.

Phnom Aural ini berada di Aoral, provinsi Kampong Speu. Areal tersebut merupakan wilayah yang sangat terlindungi kekayaan alamnya. Mengingat Kamboja adalah salah satu negara di kawasan Asean yang terkenal atas keanekaragaman flora serta fauna melimpah.

Jadi, bertandang ke gunung berapi ini, kamu tidak cuma dapat pemandangan indah, tapi bisa juga melihat secara langsung berbagai spesies hewan ataupun tumbuhan yang ada disana.

2. Gunung Cardamom

Tempat pendakian berikutnya yang harus kamu kunjungi jika berkunjung ke negara Kamboja adalah Cardamom Mountain. Gunung satu ini terletak di bagian barat daya dan perbatasan Thailand.

Jika kamu ingin menjelajah alam negeri Kamboja maka tempat ini menjadi salah satunya yang paling wajib didatangi. Cadamom sendiri merupakan gunung yang terletak di pusat hutan tropis negara tersebut.

Gunung yang terletak di salah satu hutan hujan terluas di kawasan Asia Tenggara tersebut memiliki daya tarik serta keunikan yang tak biasa, dimana merupakan tempat berbagai flora dan fauna cantik nan unik yang terancam punah.

Penasaran? Yuk kunjungi Gunung Cardamom!

3. Dangrek Mountains

Dalam bahasa Khmer, Dangrek artinya adalah pegunungan yang membentuk perbatasan alami antara negara Kamboja dan Thailand. Tidak seperti Phnom Aural, gunung ini relatif rendah, namun bukan terendah ya! Ketinggian puncaknya yg dikenal dengan nama Phu Khi Suk hanya 753 meter diatas permukaan laut.

Konon katanya, Dangrek Mountains ini adalah bagian dari Kerajaan Khmer kuno. Tak hanya menawarkan spot pendakian, di gunung tersebut kamu juga akan menemukan beberapa peninggalan arkeolog.

Dan ada juga sisa-sisa tempat suci yang dibangun sebagai rumah bagi roh yg disebut phitonnam di berbagai tempat di sepanjang perbatasan barisan pegunungan Dângrêk.

4. Phnom Samkos

Seperti yang banyak situs sebutkan, Phnom Samkos adalah puncak tertinggi kedua di negara Kamboja yg terletak di bagian barat Pegunungan Cardamom dan memiliki ketinggian 1.717 meter di atas permukaan laut.

Terletak di dalam Suaka Margasatwa Phnom Samkos, gunung ini mengambil nama yg sama. Ketinggian serta cekungan hutan sekitarnya mendukungnya menjadi habitat berbagai macam flora dan fauna langka.

5. Gunung Damrei

Gunung Damrei atau biasa juga disebut dengan nama Pegunungan Gajah ini memiliki ketinggian tertinggi sekitar 1.081 meter atau setara 3.547 kaki di atas permukaan laut. Letaknya sendiri berada di dekat pantai Teluk Siam.

Berdasarkan catatan Wikipedia, Damrei di sebutkan sebagai pusat utama industri penanaman lada Kamboja sampai tahun 1975. Gunung yang masuk dalam kawasan Pegunungan Cardamom ini wilayahnya merupakan bagian dari Taman Nasional Phnom Bokor.

Di Taman Nasional ini terdapat berbagai macam spesies tanaman, termasuk langka anggrek. Bukan hanya itu, ada juga beberapa air terjun yang spektakuler selama musim hujan bisa kamu temui disini.

Bahkan disini, terdapat juga beberapa situs bersejarah dan budaya. Stasiun Bokor Hill atau Stationd’altitudede Bokor adalah salah satunya, yakni pemukiman Prancis yang terbengkalai di atas Phnom Bokor. Selain itu, ada pula gereja dan istana. Semua situs tersebut kini telah menjadi tempat wisata.

6. Gunung Bokor

Terletak sejauh 10 Km dari jantung-nya provinsi Kampot, sebelah Barat Daya, Kamboja, gunung berapi yg masih aktif ini kini sudah berubah menjadi destinasi yang ideal bagi wisatawan dari semua penjuru dunia.

Lokasinya tepat berada di tengah Taman Bunga Nasional, dengan ketinggian 1080 meter di atas permukaan air laut. Kalau dilihat dari kejauhan bentuknya seperti sapi berpunuk. Oleh karena itulah, mengapa warga Kamboja memberikan nama Bokor (artinya punuk sapi) pada daerah ini.

Pemandangan alamnya sungguh luar biasa indahnya. Awan dan embun menutupi puncak gunung seperti di Surga. Indah sekali! Tak heran banyak pembuat film meliriknya sebagai tempat syuting.

7. Phnom Tumpor

Phnom Tumpor adalah salah satu gunung di Provinsi Pursat di Kamboja barat dan merupakan bagian dari Pegunungan Kapulaga. Untuk ketinggiannya yakni mencapai 1.551 meter (5.089 kaki) diatas permukaan laut.

Menurut pengalaman para pendaki yang sudah pernah mendaki kesana, gunung yang dilestarikan secara alami ini memiliki pemandangan lanskap yg cukup menakjubkan.

Nah, itulah dia beberapa daftar gunung yang ada di negara Kamboja. Dari ke tujuh pilihan diatas, kamu tertarik ingin mengeksplor yang mana dulu nih?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!