Travel  

7 Alasan Mengapa Kamu Perlu Jalan-jalan #DiIndonesiaAja untuk Liburan Akhir Tahun Ini

7 Alasan Mengapa Kamu Perlu Jalan-jalan #DiIndonesiaAja untuk Liburan Akhir Tahun Ini

tribunwarta.com – – Tak terasa sebentar lagi tahun 2022 akan segera berakhir dan tandanya akan segera datang. Sebagian dari kita mungkin sudah merencanakan untuk menghabiskan momen pergantian tahun dengan berlibur ke suatu tempat bersama keluarga.

Apalagi sejak pandemi Covid-19, hampir waktu dihabiskan hanya berada di dalam rumah. Maka dari itu, liburan akhir tahun bisa menjadi salah satu cara untuk melepaskan penat akibat rutinitas selama satu tahun ke belakang.

Liburan tidak harus mahal ataupun pergi ke yang jauh. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankan dan seru dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Berikut tujuh alasan kenapa kamu harus berlibur #DiIndonesiaAja bersama keluarga pada akhir tahun nanti yang telah dirangkum oleh Kompas.com.

1. Banyak destinasi wisata , kuliner, hingga atraksi bisa ditemukan di Indonesia

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia adalah negeri yang kaya akan kebudayaan, keindahan, serta sumber daya alam (SDA) yang melimpah ruah. Tak heran bila banyak turis datang ke Indonesia untuk belajar mengenai kebudayaan asli atau sekadar jalan-jalan melepas penat.

Di Indonesia, terdapat banyak tempat yang bisa dijelajahi, mulai dari wisata alam , seperti Danau Toba , pantai di Pulau Bali dan Lombok, Gunung Merapi di Jawa Tengah (Jateng), dan masih banyak lagi. Selain itu, Indonesia juga terkenal dengan wisata sejarah dan edukasinya, mulai dari .

Selain menikmati keindahan alamnya dengan duduk bersantai di pinggir pantai, kamu juga bisa menikmatinya sambil bermain di beberapa atraksi yang sudah disediakan, mulai dari arung jeram, panjat tebing, naik gunung, dan tentunya masih banyak lagi.

Setelah puas melihat pemandangan, rasanya tak lengkap apabila tidak menikmati wisata kulinernya. Seperti yang sudah diketahui, Indonesia juga terkenal dengan wisata kuliner yang patut dicoba karena rasanya yang begitu menggoyang lidah.

Pasalnya, #DiIndonesiaAja memiliki banyak ragam makanan khas yang patut dicoba, mulai dari gudeg, rendang, bubur manado, kerak telor, ketoprak dan jajanan kekinian yang tengah populer di kalangan masyarakat.

2. Bantu pulihkan perekonomian lokal

Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi besar terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Sebagai dampak dari pandemi Covid-19, pertumbuhan sektor pariwisata mengalami penurunan dan stagnasi.

Maka dari itu, dengan mulai melakukan perjalanan wisata #DiIndonesiaAja, kamu sekaligus membantu dalam memulihkan perekonomian lokal dan tentunya membantu melumasi roda perekonomian nasional.

Dengan demikian, beragam subsektor, mulai dari perhotelan, transportasi, dan industri usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dapat kembali tumbuh dan bergeliat.

3. Liburan tanpa perlu keluar biaya banyak

Selain mempersiapkan destinasi liburan dan transportasi, mempersiapkan biaya juga menjadi salah satu tujuan yang paling penting sebelum pergi berlibur.

Banyak tempat wisata di Indonesia yang menyediakan berbagai spot wisata murah meriah, sehingga tidak membuat kantongmu kering. Terdapat berbagai pilihan tempat menginap dengan berbagai harga yang bisa disesuaikan dengan budget liburanmu.

Selain itu, #DiIndonesiaAja juga terdapat banyak destinasi wisata yang tak kalah dengan wisata di luar negeri yang tentunya dengan biaya yang lebih murah.

Terlebih lagi, pemerintah selalu terus berbenah untuk mengembangkan destinasi wisata Indonesia menjadi destinasi wisata yang unggul di dunia.

4. Tak perlu mengurus paspor dan visa

Selain perlu mengumpulkan uang tak sedikit, pergi liburan ke luar negeri juga mengharuskan kamu untuk mengurus beberapa syarat penting untuk administratif, yakni paspor dan visa.

Jika memilih untuk melakukan liburan #DiIndonesiaAja, kamu tidak perlu memerlukan persyaratan-persyaratan tersebut. Selain itu, kamu juga tidak perlu repot menukarkan mata uang sesuai dengan negara destinasi liburan.

5. Ajak keluarga besar untuk liburan bersama

Liburan bersama keluarga menjadi momentum yang paling didambakan oleh banyak orang. Dengan berlibur bersama, kamu tidak hanya dapat menghilangkan stres dan penat, tetapi juga dapat memperkuat keakraban dan kehangatan bersama dengan keluarga.

Namun, memilih berlibur ke luar negeri bersama dengan keluarga terkadang sulit untuk direalisasikan, karena jumlah orang dan biaya yang perlu dipersiapkan pun tak sedikit.

Nah, dengan berlibur #DiIndonesiaAja, kamu dapat mengajak orang tua, saudara, kakek, nenek, hingga keponakan untuk berlibur bersama. Pasti liburan akhir tahun akan terasa semakin seru dan menyenangkan.

6. Banyak spot foto yang Instagramable

Bagi generasi milenial atau generasi z (gen-z), mengunggah beberapa foto selama liburan di akun media sosial (medsos) menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan. Tak heran, banyak anak muda yang memilih beberapa destinasi liburan yang memiliki banyak spot foto Instagramable.

Tak perlu jauh-jauh untuk pergi liburan ke luar negeri. Sebab, Indonesia juga memiliki banyak destinasi wisata yang menampilkan pesona alamnya yang begitu cantik. Sebut saja, Pura Luhur Lempuyang, Diamond Beach, Gili Trawangan, Tanah Lot, Gunung Bromo, dan destinasi wisata lainnya di Indonesia.

7. Liburan sekaligus menjadi pahlawan untuk Indonesia

Seperti diketahui bersama, di tengah situasi pandemi yang tak menentu, sektor pariwisata dan perekonomian seluruh negara di dunia sedang mengalami penurunan, tak terkecuali Indonesia.

Dengan melakukan liburan #DiIndonesiaAja, kamu turut berkontribusi bagi bangsa dan menjadi pahlawan bagi Indonesia.

Sebab, semakin meningkatnya mobilitas wisatawan di Indonesia, aktivitas ekonomi akan kembali berjalan. Hal ini akan mempercepat sektor pariwisata untuk pulih kembali.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo bantu Indonesia untuk dapat bangkit kembali pada sektor pariwisata dan mempercepat pemulihan ekonomi.

Bangga berwisata di Indonesia

Setelah mengetahui mengapa harus memilih liburan akhir tahun #DiIndonesiaAja, tentunya kamu dihadapkan dengan banyaknya pilihan destinasi wisata menarik yang ada dari Sabang hingga Merauke.

Tak perlu khawatir, kamu hanya perlu menentukan destinasi mana yang hendak dipilih bersama keluarga untuk menikmati pergantian tahun nanti.

Pilihan wisata di Indonesia pun beragam, mulai dari wisata alam indah di Danau Toba hingga wisata edukasi menyenangkan di Candi Borobudur .

Berikut beberapa destinasi #DiIndonesiaAja yang bisa menjadi referensi kamu dalam memilih tempat liburan akhir tahun nanti.

1. Eksotika Danau Toba yang mendunia

Mendengar nama Danau Toba, tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia. Danau Toba yang terletak di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ini selain dikelilingi oleh pemandangan alam yang asri dan udara yang sejuk, juga menawarkan berbagai pengalaman yang menarik.

Wisatawan yang datang berkunjung dapat mengunjungi Desa Tuk Tuk yang memiliki rumah adat Batak Toba. Selain itu, kamu juga bisa ikut belajar tarian Tor-Tor, membuat boneka Sigale-gale yang menjadi ciri khas Desa Tuk Tuk, dan menjelajahi wisata air terjun Efrata, Bukit Holbung, dan Gunung Pusuk Buhit.

Setelah itu, kamu dapat menikmati wisata kuliner yang menggoda, mulai dari camilan ombus-ombus, ikan mas arsik, mi gomak, dan manuk napinadar. Kurang lengkap apabila belum membawa pulang kain ulos, kopi lintong, dan ukiran kayu sebagai buah tangan untuk keluarga yang ada di rumah.

2. Pantai pasir putih di Likupang

Masih terdengar asing di telinga wisatawan, Likupang rupanya menyimpan sejuta pesona yang tak terkalahkan dengan daerah lainnya di Indonesia. Likupang merupakan salah satu destinasi super prioritas yang berada di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Bagi kamu pencinta pantai, tak ada salahnya untuk menjadi Pantai Paal dan Pantai Pulisan di Likupang menjadi salah satu destinasi liburan saat akhir tahun.

Sebab, pantai yang memiliki hamparan pasir putih dengan laut birunya tersebut cocok untuk pengunjung yang hobi bermain olahraga air, seperti snorkeling, diving, atau sekadar bermain air dan berjemur di pinggir pantai.

Tak hanya itu, wisata kuliner di Likupang juga tidak kalah menarik perhatian untuk dicicipi, mulai dari segarnya olahan ikan dalam bubur manado, cakalang fufu, milu siran, pisang goroho goreng sambal roa, lalampa, dan panada.

3. Indahnya kekayaan budaya di Candi Borobudur

Masuk ke dalam salah satu tujuh keajaiban dunia, Candi Borobudur rupanya juga menyimpan keindahan lainnya yang patut diketahui.

Terletak di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) juga masuk ke dalam deretan destinasi super prioritas.

Selain berwisata sejarah, kamu juga bisa menikmati serunya bermain arung jeram di sungai elo ataupun nikmatnya wisata kuliner di sekitar Candi Borobudur, mulai dari sup senerek, sego godhog, atau nasi lesah.

4. Destinasi super prioritas di Mandalika

Setelah sukses dan terkenal menjadi tuan rumah dari perhelatan akbar lomba balapan motor MotoGP 2021, Mandalika rupanya menyimpan sejuta pesona lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

Sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK), Mandalika dikelilingi oleh deretan pantai yang memesona, mulai dari Pantai Serenting, Pantai Tanjung Aan, Pantai Mawi, Pantai Ubrug, dan Pantai Seger.

Tak hanya pantainya yang bikin terpana, Mandalika juga berada di dekat dua desa yang kental dengan wisata budayanya, yakni Desa Sade dan Desa Ende. Di dua desa ini, pengunjung bisa melihat langsung pembuatan kain tenun songket yang mendunia sekaligus menyaksikan kehidupan masyarakat Suku Sasak.

Tak ketinggalan wisata kuliner yang harus dikunjungi, yaitu ayam taliwang, sate rembiga, dan sate tanjong yang begitu menggugah selera.

5. Indahnya bukit yang berbaris di Labuan Bajo

Labuan Bajo terletak di ujung barat Pulau Flores, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Daerah ini dikelilingi oleh barisan pulau-pulau yang memukau mata.

Salah satu pulau yang terkenal di Labuan Bajo adalah Pulau Komodo, rumah bagi spesies kadal terbesar di dunia.

Selain itu, destinasi memikat lainnya terletak di Pulau Padar dengan gundukan bukit yang berbaris rapi dan dikelilingi oleh lautan berwarna biru. Pengunjung bisa melihat pemandangan matahari terbit yang indah di Pulau Padar.

Salah satu aktivitas yang tak boleh dilewatkan saat menginjakkan kaki di Labuan Bajo adalah menginap di kapal pinisi sambil menikmati pemandangan laut Indonesia yang mempesona.

Nah, itulah deretan destinasi di Indonesia yang tak kalah indahnya dan terbukti begitu mempesona dengan pemandangan alamnya. Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajak keluarga dan teman-temanmu untuk berlibur #DiIndonesiaAja, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!