Travel  

6 Aktivitas Wisata di Pura Mangkunegaran, Tempat Resepsi Kaesang-Erina

6 Aktivitas Wisata di Pura Mangkunegaran, Tempat Resepsi Kaesang-Erina

tribunwarta.com – Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menjalani prosesi ngunduh mantu dan tasyakuran atau resepsi, pada hari ini Minggu (11/12/2022).

Prosesi ngunduh mantu ini dimulai dari Rumah Dinas Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Loji Gandrung pukul 07.15 WIB. Setelah prosesi ngunduh mantu selesai, dilangsungkan kirab dari Loji Gandrung di Jalan Slamet Riyadi, Solo hingga Pura Mangkunegaran .

Kedua mempelai menggelar tasyakuran pernikahan di Pura Mangkunegaran. Sejumlah tokoh penting dan pejabat turut hadir di lokasi ini.

Aktivitas wisata di Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran merupakan salah satu wisata sejarah dan budaya di Solo. Istana ini merupakan kediaman para raja atau adipati Mangkunegaran.

Pengunjung dapat menikmati kemegahan dan keindahan istana Mangkunegaran serta mengunjungi museum yang menyimpan berbagai koleksi benda bersejarah.

Berikut sejumlah aktivitas yang dapat dilakukan di Pura Mangkunegaran oleh para wisatawan, seperti dirangkum Kompas.com dari laman resmi Pura Mangkunegaran.

1. Latihan tari tradisional

Sebagai pusat kegiatan kesenian, Pura Mangkunegaran rutin menggelar latihan tari setiap Rabu dan latihan karawitan setiap Sabtu.

Wisatawan bisa mengikuti pelatihan tersebut dengan memesan paket wisata yang diikuti minimal 25 orang.

Paket wisata itu meliputi workshop (latihan) tari Gambyong Retno Kusumo (putri) atau tari Bondoyudo (putra) dan mengunjungi museum.

Wisatawan juga bisa mencicipi kuliner tradisional seperti apem, kolak, dan ketan.

2. Mengunjungi museum

Wisatawan bisa mengunjungi Museum Pura Mangkunegaran yang berada di dalam kompleks Istana Mangkunegaran, tepatnya di bangunan utama bernama Dalem Ageng.

Museum ini menyimpan koleksi benda-benda bersejarah milik Pura Mangkunegaran yang dikumpulkan sejak 1926. Museum Pura Mangkunegaran dibuka untuk umum pada 1968 dan dikelola oleh Pariwisata Mangkunegaran.

Sejumlah koleksi di Pura Mangkunegaran antara lain, perhiasan milik raja dan permaisuri berupa anting, cincin, kalung, subang, gelang tangan, gelang bahu, jam, rantai, badong, dan perlengkapan menari.

Selain itu, terdapat koleksi senjata seperti pedang, keris, tombak, dan perlengkapan berburu.

3. Melihat gamelan

Pura Mangkunegaran memiliki belasan koleksi gamelan yang di empat tempat yang berbeda. Salah satu gamelan yang bernama Kyai Seton telah berusia 100 tahun lebih.

Kyai Seton ditabuh pada hari Sabtu untuk mengiringi upacara- upacara adat. Gamelan lainnya juga masih berfungsi untuk mengiringi upacara adat dan tarian tradisional.

4. Mengunjungi perpustakaan

Pura Mangkunegaran memiliki perpustakaan, yaitu Perpustakaan Rekso Pustoko. Perpustakaan ini didirikan pada 11 Agustus 1867 pada masa pemerintahan KGPAA Mangkunegoro IV.

Nama rekso dalam bahasa Jawa berarti penjagaan, pengamanan, dan pemeliharaan.

Sedangkan pustoko berarti tulisan, surat-surat, dan buku. Perpustakaan ini terletak dilantai dua, di atas Kantor Dinas Urusan Istana atau di sebelah timur pamedan.

Sejak 1980, Rekso Pustoko dibuka untuk masyarakat umum. Koleksi perpustakaan antara lain buku, naskah kuno, foto, dan arsip. Saat ini, jumlah keseluruhan koleksi naskah dan buku kurang lebih 6000 judul.

5. Melihat arsitektur Pura Mangkunegaran

Saat berkunjung ke Pura Mangkunegara, wisatawan bisa menikmati keindahan arsitektur Jawa.

Pura Mangkunegaran memiliki bagian-bagian yang menyerupai keraton, yaitu pamedan, pendhopo, pringgitan, ndalem, dan keputren.

Adapun lokasi resepsi Kaesang-Erina berada di Pendopo Ageng. Bangunan Pendopo Ageng berbentuk joglo berukuran 3.500 meter persegi.

Ada tiang-tiang kayu berbentuk persegi yang menyangga atap joglo yang diambil dari pepohonan di hutan Donoloyo, Wonogiri. Uniknya, seluruh bangunan ini didirikan tanpa menggunakan paku.

6.Royal dinner

Pura Mangkunegaran menawarkan wisata makan malam yang dikenal dengan Pura Mangkunegaran Royal Dinner. Acara ini bertempat di ruang Pracimoyoso.

Paket acara Pura Mangkunegaran Royal Dinner mengedepankan nuansa klasik acara jamuan malam ala kerajaan Jawa.

Paket itu meliputi menyaksikan pertunjukan dua tarian khas Pura Mangkunegaran, mengunjungi museum, potong tumpeng dan penyerahan cinderamata dari Pura Mangkunegaran, dan makan malam prasmanan.

Mangkunegaran Royal Dinner digemari baik wisatawan nasional maupun mancanegara. Untuk bisa menikmati penglaman ini, wisatawan harus melakukan reservasi lebih dulu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!