Travel  

5 Referensi Wisata Danau Daerah Semeru Yang Istimewa dan Mempesona, Wajib Untuk Dikunjungi!

5 Referensi Wisata Danau Daerah Semeru Yang Istimewa dan Mempesona, Wajib Untuk Dikunjungi!

tribunwarta.com – Mendengar kata Semeru, mengingatkan kita kepada film 5 Cm, yang berisi cerita tentang lima sahabat mendaki gunung Semeru. Disamping film tersebut, Semeru sendiri memang sudah terkenal sebagai salah satu pendakian gunung favorit di Indonesia.

Semeru sendiri memang pantas menjadi gunung favorit bagi para pendaki. Rute pendakian memacu adrenalin setiap para pendaki, Semeru juga menjadi istimewa dengan adanya beberapa danau atau lebih sering dikenal dengan istilah “ranu”.

Seberapa mempesonakah danau tersebut? Berikut adalah danau indah dan mempesona di Semeru.

1. Ranu Pane

Alamat: Desa Ranu Panupane, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa TimurHTM: FreeJam Buka: 24 jamMap: Klik Disini

Danau tersebut berada di Desa Panupane ini merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang menjadi bagian dari kaki atau lereng Gunung Semeru.

Bagi para pendaki, Ranu Pane merupakan gerbang awal yang menyajikan pemandangan indah sebelum pendakian.

Keramahan masyarakat Tengger menjadi kesan tersendiri untuk para pendaki dan tak jarang masyarakat setempat sering menjadi guide untuk para pendaki.

2. Ranu Regulo

Alamat: Desa Ranu Panupane, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa TimurHTM: FreeJam Buka: 24 jamMap: Klik Disini

Ranu regulo terletak di Desa Panupane ini merupakan danau yang tidak kalah mempesonanya dari Pane.

Lokasi tersebut berada kaki Gunung Semeru ini menjadikan kesan tersendiri dengan suasana alam tenang karena dikelilingi oleh perbukitan penuh dengan warna hijau.

Pemandangan indah serta suasana tenang cocok bagi wisatawan maupun pendaki Gunung Semeru untuk beristirahat.

3. Ranu Kumbolo

Alamat: Desa Tulungrejo, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Jawa TimurHTM: Rp25.000Jam Buka: 24 jamMap: Klik Disini

Ranu Kumbolo ini masih termasuk kedalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Dari beberapa ranu di Semeru, Kumbolo merupakan yang paling mempesona serta menjadi tempat favorit bagi para penaki untuk bermalam.

Bagaimana tidak selain pemandangannya indah, danau ini juga menyediakan air bersih dan jernih serta menyegarkan.

Dengan keindahan alam yang tersaji, sangat cocok tentunya untuk diisi dengan cara mengabadikan momen-moment indah dengan teman maupun pasangan sambil mengumpulkan kembali tenaga sebelum melanjutkan pendakian.

Hal menarik di danau ini adalah adanya mitos kepercayaan bahwa saat anda menaiki tanjakan yang dinamakan tanjakan cinta.

Selama menaiki tajakan tidak menoleh kebelakang, maka Anda akan menemukan cinta sejati Anda dan akan mempunyai kisah cinta abadi.

4. Ranu Tompe

Alamat: Desa Tulungrejo, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Jawa TimurHTM: FreeJam Buka: 24 jamMap: Klik Disini

Ranu Tompe merupakan salah satu danau yang mempunyai ciri khas tersendiri. Danau ini tidak seluas dan seindah danau sebelumnya, tetapi mempunyai nuansa alamiah alami.

Bahkan karena masih sangat alami dan natural jika Anda datang sendirian atau berjalan sendirian di sekitar danau ini, bukan tidak mungkin Anda akan merasa hawa sejuk dan membuat bulukuduk Anda berdiri.

5. Ranu Darungan

Alamat: Desa Mulyoarjo, Kecamatan Pronjiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa TimurHTM: FreeJam Buka: 24 jamMap: Klik Disini

Danau satu ini merupakan danau yang menyajikan pemandangan sedikit berbeda. Selain pemandangannya yang begitu alami dan membuat nyaman para pengunjungnya dengan suasana yang menyejukan, Darungan ini juga menyimpan nilai historis zaman kolonial.

Sebenarnya danau ini lebih kepada danau buatan yang dahulunya merupakan peninggalan zaman colonial Belanda. Di sana banyak ditemukan pilar-pilang penyangga yang ada disekitar danau tersebut.

Suasana yang alamiah sangat tersasa juga di Ranu Darungan ini, bahkan ranu ini sering disebut juga Ranu Rekisi karena dikelilingi pohon Rekisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!