Travel  

4 Aktivitas Seru di Karimunjawa, Snorkeling hingga Santap Ikan

4 Aktivitas Seru di Karimunjawa, Snorkeling hingga Santap Ikan

tribunwarta.com – Kepulauan Karimunjawa di Jepara, Jawa Tengah menawarkan sederet aktivitas wisata dan panorama alam yang mengagumkan, mulai dari biota bawah lautnya, perairan nan indah hingga menyusuri hutan mangrove seluas 10,5 hektar.

“Trekking bisa, ada hutan bakau, menyelam, snorkeling, memancing, nanti tinggal tanya ke warga setempat, langsung diarahkan,” kata Kepala Desa karimunjawa Arip Setiawan saat dihubungi Kompas.com, Kamis (29/12/2022).

Nah, jika berencana liburan ke Karimunjawa, berikut sejumlah rekomendasi hal menarik yang wajib kamu coba!

1. Wisata pantai di Karimunjawa

Sebagai daerah pesisir, gugusan kepulauan Karimunjawa punya pantai-pantai indah berpasir putih yang halus. Seperti Pantai Tanjung Gelam di ujung utara pulau utama Karimunjawa, sebagai salah satu lokasi andalan untuk menikmati keindahan matahari terbenam.

Lalu ada Pantai Bobi, yang terletak di ujung selatan pulau utama Karimunjawa, serta Pantai Anora yang pas sekali jadi spot menikmati matahari terbit, dikutip , Kamis (8/9/2022).

2. Snorkeling dan diving

Snorkeling tentunya jadi salah satu aktivitas yang wajib dilakukan saat berkunjung ke Karimunjawa.

Sebab kawasan wisata ini dikenal memiliki banyak spot indah alam bawah lautnya yang bisa dijelajah.

Lokasi snorkeling favorit di Karimunjawa, antara lain Spot Nemo yang wisatawan bisa foto bareng dengan ikan badut atau ikan Nemo.

Selanjutnya ada Pulau Menjangan Kecil dengan aneka terumbu karang warna-warni. Selain snorkeling, wisatawan juga bisa melakukan penyelaman atau diving di sini.

Menariknya, mengutip , Minggu (18/9/2022), Pulau Menjangan Kecil juga punya kolam penangkaran hiu. Wisatawan boleh masuk dan berfoto bersama anak hiu.

3. Mancing dan menyantap olahan laut

Sebagai kawasan yang dikelilingi laut, ada banyak spot memancing atau mencari ikan di Karimunjawa.

Bila ingin ikut memancing, saat tiba di pelabuhan, kamu bisa bertanya langsung pada warga setempat dan akan diarahkan nantinya.

4. Trekking di hutan mangrove

Tak hanya bermain air, wisatawan juga bisa ikut menjajal aktivitas trekking di kawasan hutan mangrove atau bakau.

Saat trekking, wisatawan akan menyusuri hutan mangrove seluas 10,5 hektar dengan jalur trekking sepanjang 2 kilometer.

Sembari berjalan kaki menyusuri hutan bakau, pengunjung bisa menikmati pemandangan dan bersantai di rumah kayu di ujung jalur. Maka itu, wisatawan disarankan agar datang saat pagi dan siang hari.

Lokasi hutan bakau ini berada di sebelah timur Pulau Karimunjawa, dekat dengan Bandara Dewandaru Karimunjawa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!