Travel  

2,8 Juta Wisatawan Kunjungi Padang pada 2022, Naik 100 Persen

2,8 Juta Wisatawan Kunjungi Padang pada 2022, Naik 100 Persen

tribunwarta.com – Lebih dari 2,8 juta atau 2.855.135 wisatawan mengunjungi Kota Padang, Sumatera Barat, sepanjang tahun 2022.

Jumlah ini menunjukkan peningkatan sebesar 100 persen bila dibandingkan dengan tahun 2021, yang sebesar 1 juta atau 1.002.270 wisatawan. Peningkatan ini dikarenakan adanya pelonggaran kegiatan masyarakat.

“Pelonggaran ini berdampak positif terhadap kunjungan wisata Kota Padang,” tutur Fungsional Muda Dinas Pariwisata Kota Padang, Siti Gloria, dikutip dari Antara, Jumat (6/1/2023).

Ia berpendapat, kunjungan wisatawan bergantung terhadap acara yang tengah digelar di kota tersebut.

Pada Agustus 2022, kota ini menjadi lokasi Rapat Kerja Nasional Apeksi yang dihadiri seluruh wali kota se-Indonesia. Mereka pun datang bersama rombongan dengan jumlah rata-rata 30 orang.

Targetkan 3 juta kunjungan wisatawan pada 2023

Pada tahun 2023, Dinas Pariwisata Kota Padang menargetkan hingga tiga juta kunjungan wisatawan.

“Pemkot (Pemerintah Kota) Padang telah menyiapkan sejumlah kegiatan pariwisata dalam Kalender Wisata Kota Padang 2023,” katanya.

Ia menambahkan bahwa kalender tersebut akan diluncurkan pada pertengahan Januari 2023.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Minggu (11/9/2022), Kota Padang memiliki banyak tempat wisata yang menawarkan baik pemandangan alam maupun sejarah.

Wisatawan bisa mengunjungi Pantai Air Manis yang menjadi lokasi patung Malin Kundang yang terkenal, atau melihat pemandangan matahari terbenam di Pantai Nirwana.

Ada pula Museum Adityawarman yang bisa didatangi guna mengetahui sistem kekerabatan Minangkabau yakni matrilineal.

Adapun Pemerintah Kota Padang juga menyiapkan empat tempat wisata baru yang bisa dikunjungi yaitu Lubuk Tempurung, Goa Kelelawar, pulau-pulau kecil, dan kampung adat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!