Travel  

25 Curug di Bogor yang Paling Indah & Hits

25 Curug di Bogor yang Paling Indah & Hits

tribunwarta.com – Menghabiskan liburan di tempat yang indah, menjadi hal yang banyak diidamkan. Sebenarnya tidak sulit melakukannya, mengingat Indonesia dikelilingi oleh banyak tempat tempat cantik. Anda bisa menjadikan Bogor sebagai tujuan liburan, karena kota ini memiliki banyak curug indah. Sebagai pilihan, berikut beberapa curug hits di Bogor untuk jadi tujuan liburan Anda.

1. Curug Bidadari

Untuk memulai perjalanan menjelajah curug di Kota Hujan, Anda bisa menjadikan Curug Bidadari sebagai pilihan. Curug ini termasuk curug yang populer dan sayang untuk dilewatkan. Apalagi curug ini memang hadir dengan fasilitas memadai yang menjadi nilai plus tersendiri. Selain itu juga menjadi curug dengan akses yangs angat mudah.

Panorama yang ditawarkan adalah air terjun yang dibingkai dengan alam pegunungan juga perbukitan. Ketinggian curug yang sebelumnya bernama Curug Bojong ini sekitar 40 hingga 75 meter. Airnya yang segar dan jernih mengalir deras dan membentuk kolam alami di bawahnya. Hal ini dikareakan airnya berasal dari hutan lindung.

2. Curug Leuwi Hejo

Destinasi wisata alam yang hits di Bogor belakangan adalah Curug Leuwi Hejo. Pemandangan yang ditawarkan tidak akan membuat Anda kecewa dan menyesal telah mengunjunginya. Selain dikenal dengan Curug Leuwi Hejo, curug ini juga dikenal dengan Curug Bengkok. Airnya begitu jernih bahkan terlihat hijau kebiruan yang sangat cantik.

Di sekeliling air terjun terdapat bebatuan yang membuatnya makin eksotis. Kolam alami yang menampung airnya cukup luas, sehingga Anda bebas berenang di kolam ini. Untuk menuju air terjun, kamu memang harus treking terlebih dahulu. Tetapi panorama yang ditawarkan akan membuat Anda terpesona. Udara yang sejuk dan pemandangan alami akan Anda nikmati.

3. Curug Cibaliung

Perjalanan Anda menjelajah wisata curug masih sangat panjang, karena kota hujan memang memiliki banyak sekali curug cantik. Salah satunya adalah Curug Cibaliung yang termasuk air terjun paling dalam di Bogor. Destinasi ini masih terbilang serpi dan belum banyak dikunjungi. Sehingga sudah bisa dipastikan jika curug ini masih sangat alami.

Sangat cocok untuk Anda yang ingin menghabiskan liburan dalam ketenangan. Yang membuatnya semakin menarik dikunjungi, curug ini memiliki air yang sangat jernih dan segar. pemandangan sekitarnya juga sangat menyejukkan mata. yang jelas Curug Cibaliung akan membuat Anda tidak ingin segera pulang.

4. Curug Ciputri

Berada di kaki Gunung Salak, Curug Ciputri juga tidak kalah indah dengan wisata alam lainnya. Surga yang tersembunyi ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan panorama yang begitu memukau. Anda akan dimanjakan dengan panorama hutan pinus lengkap dengan udara sejuk khas pegunungan. Suasana yang asri memang sangat kental di curug ini.

Airnya yang jernih tersebut memang tidak terlalu deras ketika jatuh. Membentuk sebuah kolam alami yang sangat cocok untuk berenang atau sekedar bermain air. Pengunjung juga bisa mendirikan tenda jika ingin menikmati keindahan curug ini lebih lama. Pastikan Anda tidak terlewat untuk mengambil beberapa potret di curug Ciputri ini.

5. Curug Cikuluwung

Melanjutkan perjalanan menjelajah curug terindah, Anda tidak bisa melewatkan Curug Cikuluwung. Walaupun tergolong curug yang masih baru, kehadirannya sudah menyita banyak perhatian. Bahkan curug ini langsung hits, terutama ketika potretnya tersebar di media sosial. Membuat banyak orang yang penasaran akan keindahannya secara langsung.

Begitu menginjakkan kaki di curug ini, Anda akan disuguhkan air kolam yang begitu jernih dan berwarna biru. Dikelilingi tebing tebing menjulang dari bebatuan alami yang membuatnya semakin eksotis. Belum lagi, pepohonan hijau yang menambah asri panoramanya. Anda juga bisa berenang di kolam alami yang terbentuk di bawahnya.

6. Curug Leuwi Lieuk

Curug yang belakangan populer selanjutnya adalah Curug Leuwi Lieuk. Curug ini mengharuskan para pengunjung untuk mendaki terlebih dahulu. Dan semua rasa lelah akan langsung menguap ketika sudah sampai di air terjun ini. Curug ini juga memiliki air hijau kebiruan dengan tebing yang mengelilinginya. Membuatnya mirip dengan Green Canyon yang indah.

7. Curug Ciherang

Wisata air terjun di Bogor bisa Anda lanjutkan dengan mengunjungi Curug Ciherang. Curug ini tidak hanya kondang karena pemandangannya saja, tetapi juga menawarkan fasilitas yang lengkap. Dengan ketinggian sekitar 30 meter dan memiliki aliran yang deras Anda akan dibuat terpesona. Karena berada di Hutan lindung, tentu saja alam sekitarnya masih sangat asri.

8. Curug Cigamea

Tenang saja, deretan curug cantik di daerah ini masih sangat banyak. Dan salah satunya yang wajib Anda kunjungi adalah Curug Cigamea. Menariknya, curug ini memiliki dua air terjun sekaligus yang dijuluki dengan curug kembar. Walaupun sebenarnya kedua curug ini berbeda, dan memiliki keunikan tersendiri.

Curug yang pertama memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan mengalir dari celah tebing. Dimana Anda akan melihat aliran yang seakan membelah batu. Sementara yang kedua jatuh di antara tebing curam yang membentuk dinding. Curug yang kedua memiliki kolam yang lebih pendek jika dibandingkan yang pertama. Tapi keduanya sama sama cantik dan membuat betah.

9. Curug Hordeng

Curug Hordeng jika dalam bahasa Indonesia memiliki arti gorden atau tirai. Hal ini karena memang curug ini memiliki bentuk yang mirip dengan tirai. Airnya yang jernih membuatnya seperti tirai putih yang indah. Di bawahnya bebatuan berserakan dan terdapat kolam alami yang digunakan untuk bermain air. Membuat Curug Hordeng cukup populer di kalangan masyarakat.

10. Curug Cibulao

Destinasi wisata di Bogor yang tak kalah menarik dikunjungi adalah Curug Cibulao. Air terjun juga dikenal dengan Curug Hulu karena keberadaan curug ini memang menjadi sumber air bersih bagi warga. Airnya terlihat biru kehijauan seperti namanya. Anda yang mengunjunginya bisa berenang di dua kolamnya, yang masing masing berkedalaman 8 meter dan 5 meter.

11. Curug Cikaracak

Masih belum puas menjelajah air terjun? Kini saatnya Anda mengunjungi Curug Cikaracak yang begitu menawan. Air terjun ini begitu eksotis karena berada di tengah tengah tebing curam. Airnya yang jatuh memiliki debit yang cukup deras dan sangat jernih. Selain itu curug Cikaracak juga menawarkan panorama perkebunan dan sawah yang asri.

Untuk menuju curug ini, pengunjung harus mengeluarkan tenaga lebih dahulu. Perjalanan trekking yang ditempuh sekitar 2,5 km. Namun sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah. Dan begitu sampai di area air terjunnya Anda masih akan dimanjakan dengan alam yang begitu mengagumkan.

12. Curug Putri Kencana

Jika Anda ingin mengunjungi curug yang masih dekat dengan pemukiman penduduk, maka Curug Putri Kencana menjadi pilihan yang tepat. Curug ini begitu kondang dengan mitos Noni Belanda yang kerap muncul. Inilah alasan mengapa curug ini juga dikenal sebagai curug yang membuat bulu kuduk berdiri. Tapi soal keindahan yang ditawarkan bukanlah mitos belakang.

Sepanjang perjalanan menuju curug, Anda akan dihibur dengan indahnya Taman Gunung Pancar. Begitu tiba, Anda akan melihat air terjun yang begitu cantik. Airnya biru tosca dan membentuk kolam dengan bebatuan besar di sekelilingnya. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan, mulai dari bermain air, berenang, kemah hingga body rafting yang sangat seru.

13. Curug Pangeran

Daftar Curug berikutnya yang keindahannya juga membuat menganga adalah Curug Pangeran. Curug ini memang tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 6 meter. Tetapi panoramanya sungguh sangat cantik. Pengunjung bisa berendam atau bermain air di kolam alami dengan air yang biru kehijauan. Alam sekitarnya juga masih sangat terjaga kealamiannya dengan udara yang sejuk.

14. Curug Barong

Air terjun cantik di kota Hujan yang bisa jadi alternatif selanjutnya adalah Curug Barong. Curug ini lokasinya dekat dengan Curug Leuwi Lieuk, sehingga Anda bisa sekalian mampir. Dan airnya yang mengalir masih sama dengan Curug Leuwi Hejo, yakni dari Sungai Cirangrang. Curug ini lebih kondang di kalangan para pendaki yang gemar menjelajah hutan.

Jalur untuk menuju curug ini terbilang menantang, sehingga Anda harus menyiapkan kondisi tubuh yang fit. Posisi curugnya sendiri di tengah hutan, dan membutuhkan trekking sekitar 20 menit. Semua lelah Anda akan terbayar lunas dengan keindahannya. Airnya yang jernih dan udaranya yang sejuk sangat cocok untuk melepas penat dari segala aktivitas.

15. Curug Ciburial

Beberapa curug yang ada di Bogor memang saling berdekatan. Sama seperti dengan Curug Ciburial yang dekat dengan Curug Cibaliung. Namun tetap saja, masing masing curug akan memiliki keindahan tersendiri. Curug Ciburial memiliki pesona dua aliran yang lokasinya berdekatan. Dimana salah satu alirannya mirip dengan perosotan dan alirannya cukup deras.

Sementara untuk curug satunya memiliki aliran yang lebih kecil. Namun keduanya sama sama memberikan keindahan tersendiri untuk curug ini. Curug Ciburial juga dikelilingi alam yang masih sangat terjaga. Pastikan Anda tidak lupa mengabadikan momen Anda saat ada di curug ini. Karena curug satu ini sangat cocok untuk berburu foto foto kekinian sepuasnya.

16. Curug Daun

Menjelajah curug memang seperti tidak ada habisnya. Dan Curug Daun juga tak kalah cantik untuk Anda jadikan tujuan. Dan curug ini termasuk curug yang ramai dikunjungi oleh para pelancong. Anda bisa menikmati indahnya air yang jatuh dari ketinggian. Dengan alam sekitar yang masih sangat terjaga dan cocok untuk dinikmati bersama keluarga atau sahabat.

17. Curug Panjang

Masih di kawasan Bogor, Anda akan menemukan curug cantik yang menjadi primadona selanjutnya. Curug yang berada di kawasan Megamendung ini dikenal dengan Curug Panjang. Curug yang mengalir deras seperti seluncuran ini memang sangat indah. Di mana airnya begitu jernih, saking jernihnya terlihat kebiruan dan membuat tak sabar untuk bermain.

Bebatuan besar yang mengelilingi curug menambah panorama ini semakin eksotis. Apalagi udara khas pegunungan di Curug Panjang juga membuat siapapun betah. Bagi Anda yang ingin berenang disarankan menggunakan pelampung. Hal ini dikarenakan arusnya yang deras dan kolam yang cukup dalam, terutama yang dekat dengan air terjunnya.

18. Curug Cilember

Tak salah jika Bogor dikenal sebagai kota seribu Curug, mengingat curug yang ada di kota ini memang sangat banyak. Apalagi setiap curug memiliki keunikan tersendiri, sama dengan Curug Cilember. Curug ini memiliki tujuh curug yang masih mengalir di sungai utama. Membuat panorama yang bisa Anda nikmati sangat indah dan membuat Anda terkagum kagum.

Dari ketujuh curug yang ada, curug nomor tujuh menjadi curug yang paling mudah untuk dijangkau. Semakin kecil angkanya, maka semakin menantang rute yang harus Anda lewati. Namun pemandangan yang ditawarkan juga akan semakin unik dan indah. Alam sekitarnya juga sangat asri, membuat Anda tidak akan menyesal sudah berkunjung ke curug ini.

19. Curug Seribu

Destinasi wisata curug selanjutnya adalah Curug Seribu, dimana curug ini berada di area Gunung Bunder. Memiliki ketinggian sekitar 100 meter, panorama yang ditawarkan sungguh luar biasa. Pepohonan sekitarnya masih sangat rimbun, yang membuat suasananya begitu asri. Alirannya begitu deras, membuat pengunjung harus selalu hati hati saat bermain air.

20. Curug Love

Curug ini dinamakan dengan Curug Love karena bentuknya yang memang berbentuk hati. Dimana bebatuan pada bagian tengahnya yang terbelah. Sekilas keindahan curug ini mirip dengan Green Canyon, karena alam sekitarnya. Membuat para pengunjung tidak melewatkan mengabadikan setiap momen. Maka dari itu siapkan kamera terbaik Anda saat di Curug Love.

21. Curug Rahong

Curug Rahong termasuk dalam jajaran curug yang masih perawan dan belum banyak dikunjungi. Membuat Anda bisa merasakan sensasi seperti di curug pribadi. Karena masih perawan, untuk tiba di curug ini dibutuhkan perjuangan yang lumayan. Curug yang cocok untuk Anda yang gemar melakukan petualangan. Karena setelahnya keindahannya akan membuat lelah Anda menguap.

22. Curug Balong Endah

Air terjun paling indah di Bogor yang juga bisa Anda kunjungi adalah Curug Balong Endah. Mengunjungi curug ini dijamin Anda akan merasakan sensasi liburan yang tak terlupakannya. Air terjunnya memang tak terlalu tinggi, tapi jatuh layaknya tirai. Alam sekitarnya juga masih sangat terjaga, menjadikan curug ini harus masuk di bucket list Anda.

23. Curug Cipamingkis

Dikelola oleh BUMN, curug ini tentu memiliki fasilitas dan pengelolaan yang baik. Keindahan alam yang disuguhkan sangat luar biasa, menjadikan Curug ini sebagai tujuan liburan keluarga yang favorit. Pepohonan rindang yang mengelilingi curug membuat suasananya begitu asri. Belum lagi hadirnya spot spot tambahan juga membuatnya makin kekinian.

24. Curug Ngumpet

Memiliki ketinggian sekitar 40 meter, Curug Ngumpet juga sayang untuk dilewatkan. Seperti namanya, curug ini memang berada di lokasi yang tersembunyi di antara tebing tebing gagah. Airnya yang jernih dengan suasana yang masih asri membuat siapapun betah. Perjuangan untuk sampai ke curug memang tidak mudah, tetapi akan dibayar lunas dengan pesonanya.

25. Curug Naga

Perjalanan Anda menjelajah curug akan semakin lengkap dengan singgah di Curug Naga. Memiliki 3 air terjun sekaligus, Anda akan diajak untuk bersenang senang. Karena body rafting di curug ini sangat terkenal. Masing masing curug akan memberikan sensasi yang berbeda. Pemandangan yang disuguhkan juga tidak akan membuat Anda kecewa.

Itulah beberapa air terjun atau curug terindah di Bogor yang harus masuk dalam daftar liburan Anda. Deretan curug ini tak hanya cocok untuk melepas penat, tetapi juga berpetualang. Mengingat setiap curug memiliki karakter tersendiri. Pastikan Anda ikut menjaga alam sekitar, dengan tidak membuang sampah sembarangan ketika liburan di curug tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!