Travel  

22 Tempat Wisata di Madura Terbaru & Paling Hits

22 Tempat Wisata di Madura Terbaru & Paling Hits

tribunwarta.com – Madura merupakan salah satu pulau di Jawa Timur yang menyimpan beragam tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata kekinian pun dapat ditemukan disana. Daerah ini sangat populer dengan kuliner khas ‘sate Madura’ yang banyak dijual di berbagai daerah di Indonesia.

Walaupun destinasi wisata disini tidak sepopuler kuliner khasnya, namun cukup worth it untuk menghilangkan penat dari aktivitas sehari-hari. Bahkan, tidak hanya satu atau dua tempat menarik untuk dikunjungi, namun ada puluhan tempat menarik. Beberapa tempat wisata disana bahkan termasuk tempat yang instagramable

Berkat kepopulerannya di sosial media, Madura kini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah, bahkan dari luar negeri. Tidak sedikit foto-foto para wisatawan saat berlibur di Madura bersliweran di sosial media. Keindahan tempat wisatanya tidak kalah menariknya dibandingkan Surabaya, Lombok, maupun Bali.

1. Gili Labak

Madura memiliki destinasi bahari yang populer di kalangan para wisatawan. Pulau kecil yang terletak di Kota Sumenep sebelah tenggara, Gili Labak, hanya bisa dikunjungi dengan menggunakan transportasi air. Perjalanan menuju ke Gili Labak memang cukup lama dengan total waktu tempuh perjalanan kurang lebih 2 jam.

Ada 4 rute yang harus dilalui oleh para wisatawan saat akan berkunjung ke tempat ini, yakni Desa Lobuk, Desa Kombang, Pelabuhan Kalianget, dan Tanjung Saronggi. Rasa lelah di perjalanan akan terbayarkan ketika para wisatawan sampai di lokasi. Anda akan disambut hangat oleh pasir pantai yang putih bersih, air laut yang jernih, serta ombak yang tenang.

2. Boekit Tinggi Daramista

Objek wisata yang berada di Kabupaten Sumenep, tepatnya di Desa Daramista ini termasuk tempat wisata kekinian yang menyajikan beragam spot foto menarik dengan pemandangan alam yang indah. Lokasinya ada di atas perbukitan dengan suasana romantis, tenang, dan udaranya begitu sejuk sehingga kerap disebut sebagai Bukit Romantis.

Beragam spot foto kekinian yang ada di Boekit Tinggi Damarista sangat instagramable dan variatif sehingga cocok untuk Anda yang hobi selfie.

Bahkan, setiap spot fotonya diberi nama yang unik seperti Zona Warriror yang di dalamnya ada berbagai permainan menarik. Beberapa permainan yang bisa Anda nikmati disini yakni flying bike dan flying fox, Sweet Town, Hometrees, Bird’s Nest, Home Love, Zona Kece dan Hits, hingga Happy Swing.

3. Bukit Jaddih

Nama Bukit Jaddih sudah sangat populer di telinga para wisatawan. Objek wisata ini dulunya merupakan bekas peninggalan dari Belanda berupa bunker. Dinamakan Bukit Jaddih karena berwujud bukit kapur dengan goa-goa kecil, tangga dari kapur, dan danau buatan di tengah bukit.

Disana Anda juga bisa berenang di kolam berukuran besar dengan gunung batu yang mengelilinginya. Menariknya lagi, Anda pun juga dapat berlayar menggunakan rakit di danau buatan. Danau tersebut dinamakan Danau Biru. Lokasi Bukit Jaddih terletak di Kabupaten Bangkalan, tepatnya di Jakan, Socah, Parseh.

4. Bukit Kapur Arosbaya

Madura mempunyai bukit kapur lain selain Bukit Jaddih, yakni Bukit Kapur Arosbaya. Dulunya tempat ini merupakan tambang biasa dari bukit kapur dengan beberapa sisa pahatan. Yang menarik dari bukit kapur ini adalah bentuk sisa pahatannya sangat unik. Bukit Kapur Arosbaya juga dikenal dengan sebutan Bukit Pelalangan.

Warna kapur di tempat wisata ini adalah merah merona sehingga terlihat sangat indah. Waktu terbaik untuk mengunjungi Bukit Kapur Arosbaya adalah ketika pagi hari karena bentuk bukit begitu mempesona ketika tersorot sinar matahari. Lokasi Bukit Kapur Arosbaya berada di Kabupaten Bangkalan, tepatnya di Desa Berbeluk.

5. Air Terjun Toroan

Madura hanya mempunyai satu wisata air terjun saja, yakni Air Terjun Toroan. Meskipun satu-satunya, namun air terjun ini mempunyai beragam keistimewaan yang tak kalah menariknya dengan air terjun yang berada di daerah lainnya.

Lokasi Air Tejun Toroan ada di Desa Ketapang Daya dekat dengan Pantai Nepa dengan warna airnya kuning keemasan. Keindahan wisata ini sangat cocok untuk para wisatawan yang suka berfoto ria.

6. Pantai Nepa

Pantai cantik ini letaknya tersembunyi karena berada di daerah terpencil. Meskipun jarak tempuh menuju ke lokasi terbilang cukup jauh, namun sesampai disana Anda akan disambut oleh air laut yang biru dengan pepohonan rindang di sekelilingnya. Mitosnya, ada Kerajaan Kubu Selatan dan Kubu Utara yang ada di kawasan pantai ini yang hidup tentram dan damai.

7. Mercusuar Bangkalan

Tempat bersejarah berupa bangunan peninggalan Belanda yang sudah berusia sekitar 1 abad. Walaupun usia bangunan sudah sangat tua, namun mercusuar masih bisa berfungsi normal. Di malam hari, mercusuar terlihat indah karena tersorot lampu yang jarak tembaknya hingga 20 mil. Anda dapat menyaksikan Selat Madura dari atas mercusuar.

8. Goa Blaban

Goa Blaban yang baru saja ditemukan di tahun 2014 yang lalu dan dikenal dengan sebutan goa bintang atau goa mas ini termasuk goa yang unik. Pintu masuknya tidak seperti goa lainnya karena berupa sumur dengan kedalaman kurang lebih 4 meter. Untuk menjelajahi goa ini, Anda bisa menuruni tangga besi yang melingkar di pintu masuk dan diberi waktu sekitar 15 menit.

9. Bukit Geger

Destinasi wisata yang menyajikan pesona alam berupa goa ini terletak di Kabupaten Bangkalan, tepatnya di Laok Kunong. Luas bukitnya mencapai sekitar 44 hektar dengan pepohonan kayu mahoni yang mengelilinginya.

Daya tarik Bukit Geger antara lain goa pelanangan, panjat tebing, situs pelanggiran, cekungan pangalean, goa potre, goa petapan, dan lain sebagainya.

10. Taman Paseban

Dulunya, Taman Paseban merupakan tempat yang digunakan untuk para pedagang kaki lima berjualan. Namun, kini taman ini berubah fungsi menjadi taman wisata yang menarik bagi para wisatawan lokal.

Taman Paseban tidak hanya dipadati pengunjung saat siang hari saja, namun juga malam hari karena lokasinya sangat strategis, dekat Masjid Agung Bangkalan.

11. Masjid Agung Bangkalan

Masjid ini termasuk wisata religi yang hits di kalangan para wisatawan maupun masyarakat setempat. Bangunan masjid ini didirikan di lahan dengan luas sekitar 11.527 meter persegi di masa penjajahan Belanda.

Lokasinya ada di Kabupaten Bangkalan dan sudah mengalami renovasi sebanyak dua kali dengan mempertahankan seni arsitektur bangunan aslinya.

12. Pulau Kangean

Madura mempunyai Pulau Kangean yang di dalamnya terdapat gugusan pulau berjumlah lebih dari 60 pulau dengan luas mencapai 487 km persegi. Lokasinya tersembunyi karena berada di wilayah pelosok.

Pulau yang terletak di kawasan Sumenep ini memiliki air yang jernih sehingga kerap dijadikan sebagai tepat snorkeling bagi para wisatawan mancanegara.

13. Pantai Slopeng

Pantai Slopeng yang membentang sepanjang 6 km ini tidak pernah sepi akan pengunjung baik ketika weekday atau weekend. Meskipun termasuk tempat wisata baru, namun pantai ini menyajikan beragam fasilitas memadai. Lokasinya berada di daerah Kabupaten Sumenep, tepatnya di daerah Dasuk, Semaan.

14. Pantai Lombang

Pantai yang sudah populer di tahun 2000 an ini memiliki daya tarik berupa hamparan pasir putih seluas 12 kilometer. Selain itu, pepohonan cemara udang mengelilingi Pantai Lombang dengan tinggi sekitar 4 meter. Pepohonan itulah yang membuat suasana di pantai ini begitu sejuk dan membuat para wisatawan betah untuk berlama-lama disana.

15. Pantai Talang Siring

Pantai Talang Siring merupakan destinasi wisata pantai terbaru yang ada di Madura sehingga tidak heran jika masih sepi pengunjung. Pemandangan yang disuguhkan oleh pantai tersebut adalah eksotisme berupa hamparan hutan mangrove yang berada di sebelah selatan pantai. Ombak laut dan pasir pantainya begitu lembut sehingga aman untuk bermain air.

16. Pantai Rongkang

Pantai Rongkang berada di Kabupaten Bangkalan, tepatnya di daerah Kejawan. Pantainya masih alami dan udaranya sangat sejuk. Meskipun baru populer satu tahun belakangan ini, namun keindahan Pantai Rongkang pun tak kalah menariknya dengan berbagai pantai lain yang ada di Jawa.

17. Pantai Siring Kemuning

Walaupun pernah menjadi pantai primadona ketika era 90 an, namun pesona Pantai Siring Kemuning tidak pernah surut hingga saat ini. Lokasinya ada di Bangkalan Regency, tepatnya di daerah Macajah. Menariknya, pantai ini dulu pernah dianggap sebagai pantai paling indah dan mirip Pantai Kuta sehingga dijuluki Kuta in Madura.

18. Pantai Jumiang

Pantai Jumiang mempunyai spot wisata menarik yang berada di atas tebing. Dari ketinggian, Anda bisa menyaksikan pemandangan yang sangat cantik. Pepohonan di kawasan pantai menambah sejuk suasana disana. Pantai Jumiang termasuk destinasi wisata kekinian karena ada banyak spot selfie yang bisa dimanfaatkan.

19. Taman Rekreasi Kota Bangkalan

Taman rekreasi ini termasuk destinasi wisata untuk keluarga. Disana Anda akan menemukan beragam wahana seperti area memancing dengan desain khusus agar wisatawan tertarik, kolam renang, dan lain sebagainya. Lokasinya berada di Kabupaten Bangkalan, tepatnya di daerah Mlajah.

20. Alun-Alun Bangkalan

Sama seperti daerah lainnya, dimana alun-alun menjadi salah satu pusat keramaian. Tidak berbeda dengan daerah yang lain, alun-alun Bangkalan pun selalu ramai dipadati pengunjung bahkan saat weekday sekalipun. Menariknya, di malam hari alun-alun ini menjadi pusat kuliner yang menjajakan kuliner khas Madura.

21. Gili Iyang

Selain Gili Labak, Madura memiliki Gili Iyang yang merupakan gugusan pulau di bagian timur Madura. Menariknya, pulau ini dikenal dengan kadar oksigennya yang paling tinggi. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di pantai berpasir putih ini seperti menikmati sunrise, sunset, snorkeling, hingga berenang.

22. Gili Pandan

Gili Pandan merupakan pulau yang tak berpenghuni sehingga seolah menjadi pulau pribadi bagi wisatawan yang berkunjung kesana. Air lautnya begitu tenang dilengkapi dengan pasir pantai putih bersih menambah keindahan Gili Pandan. Nuansa yang ditawarkan pun sangat alami dan menawan.

Itulah beberapa tempat wisata menarik yang ada di Madura dan sangat recommended untuk dimasukkan ke dalam daftar destinasi wisata Anda. Meskipun tidak sepopuler daerah lainnya, namun beberapa tempat wisata tersebut sangat menarik untuk dikunjungi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!