Travel  

20 Tempat Wisata di Nganjuk Terbaru & Paling Hits

20 Tempat Wisata di Nganjuk Terbaru & Paling Hits

tribunwarta.com – Butuh Liburan yang Berkesan? Inilah List Tempat Wisata Populer di Nganjuk, Jawa Timur. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Terindah, Kekinian dan Paling Hits yang Layak Anda Jelajahi Saat Liburan.

Nganjuk merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang berada diantara dataran rendah dan pegunungan. Wilayah Nganjuk ini banyak menghadirkan pesona wisata alam yang ciamik. Keindahan tersebut bahkan belum banyak tereksplor sehingga masih menyajikan wisata alami.

Terdapat berbagai objek wisata alam seperti danau, bukit hingga air terjun dan situs budaya yang menarik untuk Anda kunjungi setibanya di kabupaten ini. Berikut rekomendasi tempat wisata hits di Kabupaten Nganjuk yang bisa Anda jadikan referensi tujuan terbaik.

1. Goa Margo Tresno

Pecinta liburan yang menantang dan menyenangkan wajib mengunjungi objek wisata ini. Gua Margo Tresno terkenal dengan sejarah unik dan suasana yang magis sehingga banyak menarik perhatian. Lokasi goa yang berada di tengah belantara hutan hati Pegunungan Kendeng ini bahkan banyak dihuni oleh kelelawar pada bagian atap gua bagian dalam.

Sejarah kental yang menyelimuti wilayah ini adalah kejadian perang pajang di wilayah Margo Tresno. Tempat ini bahkan sempat menjadi persinggahan sekaligus persembunyian untuk menolak segenap ancaman. Goa Margo Tresno bahkan dilengkapi dengan area kolam yang bisa dimanfaatkan untuk berenang dan bermain air untuk membuat tubuh menjadi rileks.

2. Candi Ngetos

Anda juga bisa mengunjungi Candi Ngetos yang berada di Jl. Ngetos-Berbek, Kecamatan Ngetos. Candi yang merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit ini diduga telah didirikan sejak tahun 1500an Masehi. Bangunan ini bahkan memiliki fungsi yang berbeda sebagai area pemakaman Raja Hayam Wuruk. Tentunya, berbagai sejarah menarik dapat diulik di tempat wisata ini.

3. Candi Lor

Candi Lor menyimpan sejarah unik yang bisa Anda nikmati ketika penasaran terhadap Kota Nganjuk. Candi yang sudah ada sejak 937 Masehi ini termasuk salah satu simbol pendirian Kota Nganjuk. Sayangnya, umur yang sudah tua menyebabkan bangunan ini mulai tidak terlihat layaknya candi. Salah satu sisi tempat ini bahkan ditumbuhi pohon besar yang sering dijadikan tempat foto bagi pengunjung.

4. Air Terjun Roro Kuning

Beralih ke wisata alam, Anda akan mendapati Air Terjun Roro Kuning yang terletak di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret. Air terjun dengan ketinggian 10 meter ini banyak menyimpan panorama yang ciamik untuk dikunjungi. Anda bahkan bisa bermain air di tempat wisata ini tanpa khawatir terjatuh karena memiliki debit aliran air yang tergolong tidak terlalu deras.

Menariknya, tempat ini tidak hanya menyimpan panorama air terjun saja. Anda bahkan bisa menikmati kegiatan penangkaran rusa di tempat ini. Air Terjun Roro Kuning ini bahkan bisa dijadikan sebagai tempat wisata keluarga karena menyediakan fasilitas pendukung seperti kolam renang dan tempat makan. Anda bahkan hanya menempuh perjalanan <30 km dari Kota Nganjuk untuk ke tempat ini.

5. Jurang Gatuk

Penamaan jurang pada dasarnya digunakan untuk mendeskripsikan air terjun yang sangat tinggi dan mengagumkan. Anda bahkan bisa menikmati berbagai panorama pegunungan dan persawahan masyarakat ketika mengunjungi tempat ini. Udara sejuk yang dihadirkan oleh area tempat ini juga dapat menghadirkan ketenangan untuk mengistirahatkan penak di akhir pekan.

Jurang Gatuk juga menyajikan air yang sangat bersih dan sejuk. Tempat wisata ini bahkan juga menyajikan kolam alami yang jernih untuk dinikmati bersama teman dan keluarga. Terdapat fasilitas pendukung seperti area berkemah, tempat makan, gazebo, lahan parkir dan toilet umum. Sayangnya, Anda harus melewati jalan yang tidak mudah untuk menjangkau area ini.

6. Sendang Putri Wilis

Sebagaimana namanya, Sendang Putri Wilis menyajikan tempat wisata berupa sendang atau kubangan air. Tempat ini bahkan bisa digunakan untuk berendam, bermain air dan berenang. Sendang Putri Wilis yang berada di Desa Ngliman ini bahkan menyajikan air yang bersih dan sejuk dengan udara khas pegunungan yang menyenangkan.

7. Air Terjun Sedudo

Air Terjun Sedudo juga termasuk tempat wisata yang banyak diminati karena keindahan alamnya. Air terjun ini terletak di wilayah dataran tinggi sekitar 1400 mdpl dengan ketinggian air sekitar 105 meter. Menariknya, tempat ini dapat menyajikan pesona yang mempesona dengan debit aliran air yang tidak terlalu deras.

Anda bahkan dapat mengunjungi tempat ini untuk sekedar mengambil foto sekaligus bermain air dari aliran Air Terjun Sedudo. Tempat ini bahkan telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti tempat parkir, tempat duduk, warung makan, mushola dan toilet. Meski demikian, tempat wisata ini tergolong masih keramat sehingga perlu menjaga diri dengan baik.

8. Bukit Batu Songgong

Pemburu foto dan pecinta panorama alam wajib mengunjungi lokasi yang satu ini. Bukit Batu Songgong yang berada di Kecamatan Sahawan ini menyajikan jejeran batu berwarna kuning tua kecoklatan yang alami. Tempat wisata ini bahkan menyajikan pemandangan yang ciamik dengan memadukan hamparan batu dan deretan perbukitan yang ada di sekitarnya.

Menariknya, tempat wisata ini dibuka selama 24 jam setiap hari. Anda bahkan bisa memanfaatkan waktu pagi maupun sore untuk menikmati semburat cahaya sunset dan sunrise yang ciamik. Penduduk sekitar yang sangat ramah bahkan menjadi daya Tarik tambahan bagi para wisatawan lokal, domestik, hingga mancanegara.

9. Monumen Dr. Soetomo

Anda juga bisa mengunjungi wilayah ini untuk mengunjungi monumen Dr. Soetomo sebagai orang yang berjasa pada masa kemerdekaan. Pasalnya, salah satu tokoh terkenal, Dr. Soetomo ini adalah tokoh yang lahir di Kota Nganjuk. Tak ayal jika monument kemerdekaan ini didirikan di wilayah ini. Selain itu, Anda juga bisa mempelajari berbagai sejarah proklamasi di wilayah ini.

10. Museum Anjuk Ladang

Museum Anjuk Ladang juga menjadi tempat wisata budaya yang bisa Anda kunjungi. Pasalnya, tempat ini banyak menyimpan berbagai koleksi benda bersejarah mulai dari peninggalan Kerajaan Majapahit, peninggalan Hindu kuno hingga Doho. Anda bahkan bisa mengunjungi tempat ini untuk mempelajari sejarah maupun sekedar berfoto ria.

11. Pura Kerta Buana

Tempat wisata ini bahkan termasuk pura tertua yang ada di Pulau Jawa. Pura Kerja Buana yang terletak di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret ini menyajikan gaya arsitektur dengan khas Hindu Budha. Anda bahkan bisa mengamati hiasan arca dan patung yang sangat menawan berada di bagian dinding bangunan ini.

12. Taman Pandan Wilis

Taman Pandan Wilis termasuk salah satu objek wisata hits yang baru saja dibuka pada tahun 2015. Tempat ini bahkan menyajikan fasilitas lengkap untuk berolahraga seperti bersepeda dan jogging. Tempat wisata dengan ruang terbuka hijau ini bahkan bisa dimanfaatkan sebagai tempat nongkrong yang menyenangkan ketika sore dan malam hari.

13. Embung Estumulyo

Wisata alam dengan hiasan air juga dapat Anda temui di wilayah Nganjuk. Embung Estumulyo yang menyajikan panorama unik ini bahkan menyajikan panorama khas layaknya telaga yang berada di dataran tinggi. Anda bahkan bisa menikmati keindahan alam dengan udara yang sejuk untuk melepas penat ketika akhir pekan.

14. Agrowisata Nganjuk

Sebagai tempat yang terkenal dengan produksi bawang merah terbesar, Kota Nganjuk juga menyajikan agrowisata bawang merah. Tempat wisata ini bahkan bisa menghadirkan budidaya bawang merah secara langsung. Anda bahkan bisa mendapatkan pengetahuan terkait proses penanaman, pengolahan, pemupukan dan masa panen dengan praktik langsung Bersama para petani.

15. The Legend Waterpark Nganjuk

Wilayah Nganjuk juga menyajikan wisata keluarga yang menyenangkan. Tempat wisata yang terkenal dengan nama The Legend Waterpark Nganjuk ini terletak di Desa Nglawak, Kecamatan Kertosono. Tempat ini bahkan menyajikan area permainan yang menyenangkan sekaligus belajar bersama dengan si kecil. Tempat ini juga menghadirkan area yang luas dengan berbagai fasilitas.

Terdapat wahana air popular yang bisa dimainkan bersama seperti seluncuran, ember tumpah dan lainnya. Anda bahkan bisa menikmati fasilitas objek wisata lain seperti bioskop 4D, rumah hantu, 3D Dino Art, Lazy River dan kolam ombak. The Legend Waterpark Nganjuk bahkan termasuk salah satu objek wisata waterpark yang berstandar internasional.

16. Agrowisata Perkebunan Mawar

Anda juga bisa mengunjungi Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan untuk menikmati agrowisata perkebunan mawar. Tempat wisata ini bahkan menyajikan berbagai jenis bunga mawar untuk dibudidayakan. Menariknya, Anda dapat belajar langsung membudidayakan tanaman ini mulai dari proses penanaman hingga masa panen. Tempat ini bahkan menyediakan oleh-oleh berupa olahan bunga mawar.

17. Klenteng Hok Yoe Kiong

Mengunjungi Klenteng Hok Yoe Kiong juga bisa Anda lakukan untuk mempelajari kebudayaan yang ada di wilayah ini. Klenteng yang berdiri di Kecamatan Sukomoro ini bahkan termasuk klenteng aktif yang sering digunakan sebagai tempat ibadah. Menariknya, klenteng ini dihadirkan dengan warna merah hati. Tempat ini bahkan menyimpan sarang semut yang diduga telah berusia tahunan.

18. Makam Kanjeng Jimat

Wilayah Nganjuk juga menyimpan tempat wisata religi yang bisa Anda kunjungi. Pasalnya, tempat ini adalah makam orang terpanjang sebagai tokoh yang berjasa dalam proses pembentukan Kabupaten Nganjuk. Raden Toemenggoeng Sosrokoesoemo yang biasa dikenal dengan Kanjeng Jimat ini dibuatkan makan khusus yang diletakkan di sebelah Masjid Yoni Al-Mubarok.

19. Monumen Gerilya Jenderal Sudirman

Jendral Sudirman merupakan salah satu tokoh pahlawan yang kuat dalam melawan penjajahan Belanda dan Jepang. Tokoh TNI dengan jerih payah yang sangat Tangguh ini bahkan mampu mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Untuk itu, monument ini dihadirkan sebagai objek wisata sejarah untuk mengajarkan kepada anak tentang pentingnya menghargai jasa pahlawan yang sudah berjuang di masanya.

20. Bukit Goa Dali

Anda juga bisa menikmati wisata alam yang menakjubkan dengan mengunjungi Bukit Goa Dali. Tempat wisata yang biasa dikenal dengan sebutan Alas Patuk ini terletak di Desa Macanan, Kecamatan Loceret. Terdapat berbagai pemandangan berupa hamparan bukit hijau dan sungai yang mengalir di tempat ini. Tentunya, Anda juga bisa menikmati udara sejuk dan berfoto ria setiba di Bukit Goa Dali.

Sayangnya, aksesibilitas yang harus dijangkau untuk tiba di tempat wisata ini cukup sulit. Anda bahkan harus melewati berbagai jalan tanjakan dan belokan. Selain itu, jalan yang masih makadam juga harus dilewati jika hendak mencapai di puncak tempat ini. Meski demikian, keindahan yang ditawarkan sangat sebanding dengan perjalanan yang harus ditempuh.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata populer yang ada di Nganjuk. Terdapat berbagai jenis objek wisata alam, buatan dan sejarah yang bisa Anda nikmati sekaligus dipelajari ilmunya. Beberapa rekomendasi tempat di atas bahkan banyak menyajikan panorama apik untuk digunakan sebagai background atau latar belakang foto yang sangat menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!