Travel  

20 Tempat Wisata Alam di Jogja Terbaru & Paling Hits

20 Tempat Wisata Alam di Jogja Terbaru & Paling Hits

tribunwarta.com – Selain dikenal dengan kota pendidikan, Yogyakarta juga dikenal sebagai kota wisata. Destinasi yang menjadi tempat favorit adalah keraton peninggalan kerajaan Mataram yang masih dijaga dan dirawat hingga saat ini. Tidak hanya yang berkaitan dengan kebudayaan, Jogja juga memiliki beberapa objek wisata alam hits yang bisa Anda temui, diantaranya terdapat pantai, taman, bukit dan goa.

1. Pantai Watu Lumbung

Pantai Watu Lumbung sedikit berbeda dari pantai lainnya. Pantai ini memiliki tebing dan batu-batu yang berbentuk unik. Dimana salah satunya terdapat tebing tinggi yang berlubang besar sehingga berbentuk seperti gapura yang menyambut kedatangan anda. Pemandangan lain, anda juga dapat menemukan sepasang batu karang besar yang menjadi ikon utama wisata hits yang satu ini.

Pantai ini tidak memiliki pasir dan tidak bisa digunakan untuk berenang. Dasar dari pantai Watu Lumbung dipenuhi dengan karang-karang. Untuk sampai pada lokasi ini, anda perlu berjalan kaki terlebih dahulu. Perjalanan yang harus anda tempuh kurang lebih sekitar 30 menit. Perjalan tersebut tidak akan begitu terasa karena sepanjang perjalanan anda akan dimanjakan dengan hijaunya pemandangan sekitar.

2. Pantai Ngrawe

Tak kalah indah dari Pantai Watu Lumbung, Pantai Ngrawe patut anda jadikan salah satu referensi tempat tujuan anda. Pantai ini terbilang masih baru dibuka. Pantai ini dilengkapi dengan fasilitas taman dan bangku yang bersandingan dengan pohon palem yang menambah keindahan. Anda akan merasakan sensasi seperti sedang berlibur ke luar negeri.

Pantai Ngrawe mendapat julukan sebagai pantai Mesra. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh indahnya pemandangan pantai yang kerap kali dimanfaatkan sebagai lokasi prewedding. Pasir dipantai ini berwarna putih dan dipenuhi batu karang. Fasilitas yang bisa anda temukan di pantai ini diantaranya ada gazebo, tempat makan, mushola, dan kamar mandi.

3. Pantai Sinden dan Pulau Kalong

Pantai sinden merupakan pantai yang memiliki tebing tinggi dan terjal di tepi laut. Akses yang harus anda tempuh untuk sampai ke pantai Sinden ini cukup sulit. Anda perlu melewati medan yang terjal dan jembatan yang cukup ekstrim. Anda juga dapat menjelajahi Pulau Kalong yang lokasinya berdekatan dengan Pantai Sinden.

4. Pantai Timang

Pantai Timang memiliki pemandangan yang indah dengan gulungan ombak yang menghantam tebing dan batu karang. Pantai ini memiliki pasir yang putih. Anda juga dapat mengunjungi pulau Watu Panjang yang berada tidak jauh dari lokasi pantai. Lokasi wisata hits ini merupakan lokasi bagi nelayan untuk mencari udang atau lobster. Ciri khas yang bisa anda temukan pada wisata ini yaitu kereta gantung.

5. Lava Bantal

Tempat wisata yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri karena keunikan dari namanya Wisata ini terbentuk karena adanya fenomena alam Gunung Merapi. Bebatuan yang ada merupakan hasil batuan dari lava. Anda akan diajak mengarungi Sungai Opak. Lava Bantul memberikan fasilitas bermain yaitu wahana rafting. Anda bisa menikmati keseruan ini bersama teman dan keluarga.

6. Selopamioro Adventure Park

Selopamioro Adventure Park menyuguhkan pemandangan bentangan sungai luas. Meskipun terbilang baru dibuka, tempat ini sudah memiliki banyak sekali peminat. Anda bisa menikmati wahana yang disediakan diantaranya outbound, rafting menyusuri sungai dan menikmati pemandangan pohon jati yang terbentang luas.

7. HeHa Sky View

Tempat ini sangat cocok bagi anda yang suka melihat pemandangan alam dari ketinggian. HeHa Sky View ini merupakan tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan perbukitan yang indah. Waktu yang tepat untuk mengunjungi lokasi ini adalah di sore hari. Anda akan dimanjakan dengan gemerlap lampu kota dan kilau sunset yang menenangkan

HeHa Sky View memberikan fasilitas yang sangat modern. Terdapat taman dan juga restoran yang bisa digunakan sebagai tempat berbincang dan bercanda. Anda bisa mengajak teman, sahabat, pacar, ataupun keluarga untuk mengunjungi tempat ini. Tempat ini juga menyediakan titik-titik spot foto yang bisa anda gunakan untuk mengabadikan momen dan membagikannya ke sosial media.

8. Dolan Ndeso Boro

Dolan Ndeso Boro ini cocok dijadikan pilihan tempat berlibur bersama keluarga. Tempat ini menyajikan pemandangan alam pedesaan asri yang berada diantara bentangan sawah luas. Anda akan menemukan wahana rafting, tubing, dan bersepeda. Lokasi ini dapat anda jadikan sebagai tempat outbound bersama teman atau keluarga.

9. Romantic Garden Bantul

Romantic Garden Bantul merupakan destinasi yang bisa dikunjungi untuk memanjakan feed instagram anda. Lokasi ini sangat bagus dijadikan spot foto. Indahnya warna warni tanaman akan memberikan suasana menyegarkan dan memberikan kesan ketenangan. Terdapat banyak jenis bunga yang bisa anda temukan, seperti bunga matahari, bunga kertas, dan bunga lainnya.

10. Bukit Panguk Kediwung

Sama halnya dengan Heha Sky View, Bukit Panguk Kediwang ini juga menyuguhkan pemandangan alam dari atas ketinggian. Di tempat ini, anda akan menemukan tempat spot foto yang sangat kekinian. Salah Satu spot yang disediakan berupa patung kereta kuda kerajaan. Anda akan merasakan sensasi menaiki kereta kuda di atas awan.

Di Bukit Panguk Kediwung ini anda dapat menemukan warung makan. Sehingga tidak perlu kebingungan jika anda merasa lapar. Untuk kedepannya, wisata hits ini akan dibangunkembali dengan fasilitas-fasilitas yang lebih memadai. Apabila anda datang di musim hujan, anda akan menemukan spot-spot foto yang dipenuhi dengan kabut tebal. Fenomena ini sangat jarang sekali ditemukan.

11. Curug Pulosari

Penggemar air terjun tidak boleh melewatkan tempat ini. Curug Pulosari menyuguhkan keindahan alam yang sangat menyegarkan. Tempat ini berada di dasar tebing. Sehingga anda perlu sedikit berjalan menelusuri hutan dan menyeberangi sungai untuk sampai pada lokasi. Hijaunya hutan dan jernihnya air akan memberikan ketenangan dan memanjakan mata anda.

12. Air Terjun Kedung Pedut

Anda akan menemukan hal yang menarik di air terjun Kedung Pedut. Air terjun ini dikenal dengan air terjun dua warna. Tempat ini memberikan fasilitas spot foto, wahana flying fox dan sepeda angkasa. Anda akan dapat melihat indahnya air terjun dari atas ketinggian. Karena anda akan bermain air, pastikan anda menyiapkan baju ganti untuk dibawa.

13. Puncak Sosok

Bagi anda yang suka mendengarkan musik sambil menikmati indahnya pemandangan, Puncak Sosok ini bisa menjadi pilihan. Ditempat ini, Anda bisa menggelar tikar sambil melihat pertunjukan musik. Puncak Sosok cocok dikunjungi pada waktu sore hari. Jika tidak berkabut, anda bisa melihat megahnya gunung Merbabu.

14. Taman Tempurang Cikal

Taman Tempurang Cikal mendapat julukan sebagai sungai amazon-nya Jogja. Ketika berkunjung di tempat ini, anda akan merasakan sensasi berlibur ke Sungai Amazon yang ada di Amerika. Keindahan alam sekitar akan sangat memukau dan memanjakan mata anda. Ditempat ini, anda bisa menikmati suasana alam yang alami sambil mengarungi luasnya sungai menggunakan speedboat.

15. Tebing Watu Mabur

Tebing Watu Mabur merupakan lokasi yang cocok untuk dijadikan tempat berkemah. Anda akan melihat keindahan alam bebatuan yang membentuk tebing tebing besar. Tempat ini memiliki konsep perpaduan antara wisata alam dengan wisata kekinian. Fasilitas yang diberikan berupa spot foto dengan desain yang luar biasa indahnya.

16. Taman Nasional Kalibiru

Taman Nasional Kalibaru merupakan objek wisata yang menyediakan wahana flying fox. Anda dapat melihat pemandangan laut selatan dari ketinggian ketika menaiki wahana flying fox. Akses jalan untuk menuju ke lokasi sudah dilengkapi dengan lampu jalan, sehingga anda tidak perlu khawatir apabila melintas ditempat ini ketika sore hari.

Taman Nasional Kalibiru memiliki lahan parkir yang sangat luas. Anda juga tidak akan kesulitan menemukan warung makan di lokasi ini. Tempat wisata ini bisa anda jadikan sebagai sarana berkumpul bersama keluarga, teman, dan sahabat. Selain itu, apabila anda merasa lelah dan tidak bisa melanjutkan perjalanan pulang, anda bisa menuju ke tempat penginapan yang telah disediakan.

17. Kalinampu Pundong

Bagi anda para pecinta tanaman dan senang bermain di tengah keindahan bunga-bunga, Kalinampu Pundong menjadi tempat yang pas. Anda akan menemukan indahnya tanaman eceng gondong yang mekar di siang hari dan akan menguncup di malam hari. Tempat ini juga memberikan fasilitas penyewaan kimono untuk melengkapi liburan anda dengan bernuansa Jepang.

18. Taman Bunga Matahari

Sama halnya dengan taman-taman pada umumnya. Anda akan menemukan kumpulan bunga matahari di lokasi ini. Taman bunga matahari menyediakan berbagai fasilitas seperti penyewaan kostum kimono, panggung-panggung kecil yang bisa dijadikan sebagai spot foto. Ada bisa berfoto disetiap sudut taman atau di lorong-lorong tanaman.

Waktu yang tepat bagi anda untuk mengunjungi lokasi Taman bunga matahari ini yaitu di pagi hari. Karena ketika di pagi hari, kondisi bunga matahari akan terlihat lebih segar setelah disiram. Pada saat pagi hari juga belum padat pengunjung. Sehingga anda bisa lebih leluasa dan lebih puas untuk menghabiskan waktu disana. Terdapat beberapa aturan yang harus anda baca dan patuhi ketika berkunjung ke sana.

19. Goa Pindul

Bagi anda yang suka wisata adrenalin, anda bisa mengunjungi tempat yang satu ini. Goa Pindul merupakan goa bawah tanah dengan aliran sungai yang mengalir deras. Anda bisa melompat dari ketinggian ke sebuah laguna. Untuk mencapai lokasi ini, anda perlu melewati Taman Hutan Rakyat. Wahana yang bisa anda coba disini yaitu Rafting.

Ketika melakukan rafting, anda akan ditemani oleh seorang pemandu profesional. Fasilitas lain yang bisa anda temukan di Goa Pindul diantaranya tempat parik, rumah makan dengan berbagai menu, snack pada umumnya dan Anda juga dapat menemukan banyak penginapan dengan fasilitas yang memadai di tempat ini. Jadi anda tidak perlu khawatir.

20. Goa Jomblang

Anda akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan juga menegangkan. Untuk menikmati tempat wisata Goa Jomblang, anda perlu melakukan perjalanan turun sejauh 80 meter dari mulut goa dengan tingkat pencahayaan yang minim. Bagi anda yang ingin berwisata ke tempat ini, diperlukan keahlian dalam bidang teknik tali tunggal.

Bagi anda yang belum terbiasa melakukan wisata-wisata ekstrim, tempat ini sangat tidak direkomendasikan. Karena wisatawan yang hendak menelusuri Goa Jomblang ini harus menggunakan peralatan khusus dan didampingi oleh tenaga profesional.

Sudah siapkah anda untuk menentukan tempat liburan akhir tahun? Anda dapat menentukan tempat mana yang akan dituju untuk menikmati waktu berlibur. Beberapa tempat wisata alam hits di Jogja tadi dapat menjadi bahan referensi anda untuk menentukan pilihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!