Travel  

18 Jajanan Khas Bandung yang Lagi Hits di Tahun 2022

18 Jajanan Khas Bandung yang Lagi Hits di Tahun 2022

tribunwarta.com – Kota Bandung memang surganya kuliner. Dari pagi sampai pagi lagi tersedia berbagai macam makanan yang bisa memanjakan lidah dan perut kamu. Ada 1001 jenis makanan enak di Bandung yang bisa kamu coba, mulai dari jajanan yang ringan hingga makanan yang berat.

Nah, pada kesempatan kali ini Keluyuran telah merangkum 18 jajanan khas Bandung yang sedang hits saat ini. Kesepuluh jenis jajanan ini wajib banget kamu cicipi kalau sedang berkunjung ke Bandung. Kira-kira apa sajakah jajanannya? Simak ulasannya berikut ini:

1. Cibay

Sebagai destinasi wisata kuliner, Bandung tidak pernah kehabisan inovasi-inovasi jajanan yang unik. Salah satu jajanan khas Bandung yang tentu kamu coba adalah aci ngambay (aci meleleh), atau lebih dikenal Cibay.

Sesuai namanya, jajanan ini berbahan dasar aci yang diisi dengan ayam, sosis atau bahan lainnya dan disajikan seperti lumpia goreng. Keunikan dari jajanan ini, aci yang sebelumnya diolah dan dimasukan ke dalam kulit lumpia membuat makanan ini terasa renyah di luar namun lumer di dalam, bahkan jika kamu tarik bagian dalamnya akan terlihat seperti mozzarella.

Kalau kamu penasaran mencobanya, kamu bisa membeli jajanan ini di warung-warung dekat sekolah atau biasanya ada di pedagang seblak sebagai menu tambahan. Atau, kamu juga bisa memesan jajanan ini melalui aplikasi online di handphone kamu.

2. Cimin

Cimin adalah salah satu jajanan khas Bandung yang masih menggunakan aci sebagai bahan dasar untuk mengolahnya. Cimin sendiri bisa diartikan aci mini atau aci micin, karena proses pembuatannya memakai dua unsur tersebut.

Jajanan ini berupa aci yang sudah diolah dan dibentuk kecil-keci, lalu dimasak di sebuah cetakan dengan tambahan telur, dan disajikan dengan bumbu-bumbu yang kamu sukai, misalnya keju, barbeque dan lain-lain.

Tekstur kenyal dari aci yang dipadukan dengan telur dan bumbu micin tentu membuat makanan ini unik dan berbeda dari jajanan khas Bandung lainnya.

3. Cilung

Kalau kamu pernah makan cilor, jajanan khas Bandung ini juga menggunakan aci dan telur sebagai bahan dasarnya. Ya, jajanan ini adalah cilung. Berbeda dengan cilor di mana proses pembuatannya mirip dengan telur gulung, cilung dibuat dengan cara memasak adonan aci yang cair di dalam wajan, lalu setelah matang digulung menggunakan sumpit atau stik kayu.

Jajanan khas ini biasa disajikan dengan bumbu micin baik saat proses pembuatannya atau setelah pembuatannya. Di beberapa kota lainnya, cilung juga dikenal dengan nama papeda karena teksturnya yang kenyal dan lengket. Karena jajanan khas Bandung ini sangat disukai oleh anak-anak, kamu bisa menemukan jajanan ini di sekitar sekolahan.

4. Lumpia Basah BPI

Berburu jajanan khas Bandung tidak lengkap rasanya kalau kamu belum mencoba lumpia basah Bandung. Seperti yang juga dikatakan oleh Chef Bahtiar di channelnya Masak Darurat, lumpia basah Bandung jarang sekali ditemukan di beberapa kota lainnya, khususnya di luar Jawa Barat.

Jika lumpia Semarang biasanya menggunakan rebung sebagai bahan dasarnya, lumpia basah Bandung mengganti rebung dengan bengkuang. Selain itu, ada juga tambahan lainnya misalnya telur dan taoge.

Keluyuran akan memberikan salah satu rekomendasi jajanan khas Bandung ini untuk kamu coba, yaitu Lumpia Basah BPI. Lumpia basah ini memiliki kelebihan karena adanyan tambahan kulit tahu dalam masakannya, kamu juga bisa menambahkan topping tambahan juga, misalnya potongan daging ayam dan ati ampela. Untuk rasanya, Lumpia Basah BPI memiliki cita rasa yang gurih.

Kalau kamu tertarik mencobanya, lokasi Lumpia Basah BPI berada di Jalan Burangrang tepat di sebrang Gedung Sekolah BPI.

5. Tahu & Basreng Tiara ITB

Jajanan khas Bandung identik dengan rasanya yang unik dan lezat serta harganya yang terjangkau, contohnya Tahu & Basreng Tiara. Jajanan ini tentu nggak asing khususnya bagi kamu yang merupakan mahasiswa-mahasiswi ITB dan juga warga di daerah Tamansari dan sekitarnya,

Walaupun, Jajanan yang bererlokasi di Jalan Tamansari hanya menawarkan tahu dan baso goreng, namun dengan bumbu racikan yang berisikan bubuk cabe, daun jeruk, dan ditambah penyedap rasa lainnya seperti balado, barbeque, keju dan jagung manis, jajanan ini menjadi unik karena memiliki rasa yang khas dan membuat semua pelanggannya tetap setia untuk membelinya.

6. Cakue dan Odading Nusa Sari

Kamu pasti hafalkan dengan kalimat yang diucapkan oleh Ade Londok di videonya yang viral. Ya, kamu bisa mendapatkan jajanan khas Bandung ini di Cakue dan Odading Nusa Sari di Jalan Baranangsiang di samping Pasar Kosambi. Saking viralnya jajanan ini, pengunjung dan pembeli harus antri untuk mendapatkannya.

Soal rasa, odading mempunyai ciri khas rasa yang manis, dan cakue memiliki rasa yang asin. Kedua makanan ini sangat cocok untuk disantap sebagai sajian cemilan kapan pun dan dimana pun. Selain itu, harga yang dijual untuk satuannya tergolong terjangkau untuk isi dompet kamu.

7. Cipak Koceak

Ketika kamu mendengar cipak koceak, rasanya namanya begitu unik untuk suatu jajanan khas Bandung. Tapi, keunikan namanya sebanding dengan rasa yang kamu dapatkan dari jajanan ini. Jajanan hits yang berasal dari Garut ini sebetulnya hanya berisikan cimol dengan isian potongan ayam yang dilumuri bumbu pedas yang bisa membuat kamu koceak alias teriak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!