Travel  

15 Tempat Wisata di Solok Terbaru & Paling Hits

15 Tempat Wisata di Solok Terbaru & Paling Hits

tribunwarta.com – Solok merupakan sebuah Kabupaten yang berlokasi di Provinsi Sumatera Barat dengan keindahan alam yang tidak kalah dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia. Terdapat beberapa tempat populer yang berlokasi di Kabupaten Solok sehingga membuat para remaja sekitar sering terlihat berlibur ke Solok.

Tempat-tempat wisata tersebut tidak hanya menarik minat warga sekitar saja, tetapi beberapa wisatawan mancanegara juga sering terlihat di beberapa destinasi wisata di kota tersebut. Kebanyakan tempat menarik yang bisa anda temukan di sini adalah wisata alam karena memang alam menjadi daya tarik utama.

Kali ini kita akan membahas beberapa rekomendasi tempat wisata yang hits di Solok baik itu wisata buatan atau wisata alam. Tanpa banyak basa-basi lagi berikut adalah listnya.

1. Taman Wisata Pulau Belibis

Destinasi hits yang pertama adalah Taman Wisata Pulau Belibis yang berada di Kampung Jawa, Solok. Taman rekreasi yang dibangun diatas tanah dengan luas mencapai 4 hektar dan dikelola oleh pemerintah daerah ini menyediakan banyak sekali fasilitas hits bagi para remaja.

Salah satu fasilitas yang cukup populer dikalangan para wisatawan adalah balon udara berwarna-warni dengan tulisan Taman Wisata Pulau Belibis Kota Solok. Taman ini sempat hampir mati, namun berkat penanganan yang tepat kini taman rekreasi ini menjadi kembali hidup lagi.

2. Puncak Bukit Cambai

Puncak Bukit Cambai merupakan salah satu objek wisata yang sangat cocok bagi anda yang hobi mendaki. Untuk sampai di puncaknya para wisatawan harus berjalan kaki sejauh 500 meter, namun bagi anda yang tidak mau berjalan bisa menggunakan ojek yang akan menawarkan jasa untuk mengantar anda.

Ketika anda sudah berada di puncak bukit anda akan melihat pemandangan yang sangat menakjubkan mulai dari 4 danau yang mengelilinginya hingga bukit cantik di sekitarnya. Lokasi dari Puncak Bukit Cambai berada di perbatasan antara Kecamatan Danau Kembar dan Kecamatan Lembah Gumanti.

3. Air Terjun Sarasah Batimpo

Air Terjun Sarasah Batimpo merupakan sebuah air terjun yang berada di Desa Laing, Kabupaten Solok. Destinasi alam ini memiliki lokasi yang cukup strategis dan juga memiliki pemandangan yang sangat cantik, selain pemandangan udara di sekitar area wisata ini sangat segar dan cocok bagi anda yang ingin melepaskan kepenatan.

Air terjun cantik ini tidak hanya terkenal karena keindahannya saja, tetapi aliran airnya juga sangat jernih dan segar. Para wisatawan yang datang ke area wisata ini bisa langsung membasuh tubuh atau bermain air dan melepaskan kepenatan mereka.

4. Pemandian Air Panas Bukik Gadang

Berlokasi di Kecamatan Lembah Jaya, Pemandian Air Panas Bukik Gadang merupakan tempat wisata yang cocok bagi anda yang sedang merasa kecapean. Bahkan menurut beberapa sumber, dengan mandi di pemandian air panas ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Hal tersebut membuat banyak wisatawan yang berbondong-bondong untuk mandi di Pemandian Air Panas Bukik Gadang. Karena banyak wisatawan yang datang akhirnya pihak pengelola merenovasi kolam di pemandian ini menjadi lebih besar.

5. Nagari Seribu Rumah Gadang

Selanjutnya kita akan membahas tentang Nagari Seribu Rumah Gadang yang merupakan destinasi wisata budaya populer di kabupaten ini. Berlokasi di Kecamatan Sungai Pagu, Kota Baru, Kabupaten Solok. Tempat ini lebih seperti pemukiman warga dengan rata-rata rumah yang dibangun berbentuk seperti Rumah Gadang.

Perkampungan dengan ribuan Rumah Gadang ini memiliki adat Minangkabau yang sangat kental. Meskipun kental dengan adat namun rata-rata penduduk perkampungan Nagari Seribu Rumah Gadang ini sangat ramah kepada para wisatawan yang datang.

6. Laing Park

Laing Park merupakan sebuah tempat wisata alam yang masih tergolong baru di Solok, walaupun baru namun wisata alam ini sudah berhasil menarik banyak sekali wisatawan. Kepopuleran Laing Park dikarenakan beberapa spot foto menarik yang bisa ditemui seperti Jembatan Gantung dari Kayu dan Rumah Pohon yang memiliki tinggi 10 meter.

Berfoto di spot-spot tersebut akan sangat menarik, apalagi di Rumah Kayu anda bisa berfoto dengan background bangunan kayu yang sangat indah. Untuk sampai di lokasi wisata cantik ini anda memerlukan perjuangan yang cukup berat apalagi disaat hujan karena jalan akan becek dan berlumpur.

7. Danau Talang

Danau Talang mungkin terdengar sedikit asing di telinga warga Solok, hal ini karena memang danau cantik ini masih cukup sepi akan wisatawan. Namun untuk keindahannya sudah tidak bisa diragukan lagi, dimana anda bisa melihat keindahan bukit nan cantik dari kejauhan beserta hijaunya pepohonan di sekitar dengan sangat jelas.

Karena tergolong sepi membuat berwisata ke danau cantik ini akan membuat anda merasa seperti sedang berada di danau pribadi. Lokasi dari Danau Talang sendiri berada di Kecamatan Danau Kembar, Kampung Batu Dalam, Kabupaten Solok.

8. Kebun Teh Mitra Kerinci

Kebun Teh Mitra Kerinci merupakan tempat wisata selanjutnya yang bisa anda kunjungi bersama keluarga atau teman. Wisata alam yang satu ini menawarkan pemandangan perkebunan teh yang sangat indah dengan bukit-bukit sekitar yang menjadikan keindahannya semakin terlihat.

Kebun Teh Mitra Kerinci memiliki 2 pabrik produksi yang juga terbuka untuk para wisatawan mencicipi hasil teh dari pabrik tersebut. Selain mencicipi para wisatawan juga bisa melihat bagaimana proses pembuatan teh.

9. Puncak Gobah

Puncak Gobah merupakan sebuah tempat wisata dengan spot foto yang menarik dan bunga-bunga yang sangat cantik. Destinasi cantik ini masih termasuk baru namun sangat populer dikalangan para remaja terkhusus mereka yang memiliki hobi berfo-foto.

Beberapa spot menarik seperti jembatan kayu berwarna-warni atau gambar sayap yang bisa anda gunakan sebagai spot foto ini membuat banyak remaja senang datang ke wisata alam nan cantik ini. Selain kedua spot foto menarik tersebut anda juga bisa bersantai di rumah pohon yang berada tidak jauh dari jembatan kayu tadi.

10. Puncak Gagoan

Puncak Gagoan merupakan sebuah objek wisata alam selanjutnya yang sangat cocok bagi anda pecinta wisata ekstrim. Untuk sampai ke lokasi wisata alam ini saja anda harus berjalan kaki cukup jauh dengan medan yang lumayan menantang. Selama perjalanan anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah jadi semua lelah akan terbayar.

Ketika anda sampai di Puncak Gagoan anda akan melihat keindahan alam yang sangat luar biasa indah. Silahkan keluarkan kamera anda dan ambil gambar sebanyak mungkin sebelum anda turun dari tempat wisata cantik satu ini. Lokasi dari Puncak Gagoan sendiri berada di Kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok.

11. Kebun Teh Alahan Panjang

Selain Kebun Teh Mitra Kerinci di Kecamatan Gumanti, Kabupaten Solok anda juga bisa menemukan satu lagi kebun teh yang menjadi objek wisata yaitu Kebun Teh Alahan Panjang. Berada di ketinggian 1400 sampai 1600 meter dari permukaan laut udara sekitar kebun teh ini sangat segar dan membuat para pengunjungnya bisa lebih rileks.

Udara yang segar tersebut ditambahkan dengan pemandangan hijau yang sangat indah membuat tempat ini jarang sepi akan wisatawan. Selain menikmati wisata alam, para wisatawan juga bisa sekaligus melakukan wisata kuliner karena di tempat wisata ini terdapat banyak warung yang menjajakan makanan khas daerah sekitar.

12. Danau Diateh Danau Dibawah

Danau Diateh Danau Dibawah merupakan dua buah danau yang dipisahkan dengan jarak hanya 300 meter saja. Tempat ini sangat asri dan cocok sekali bagi anda yang mencari wisata dengan alam yang dominan. Bagaimana tidak di wisata alam ini anda akan menemukan 2 buah danau dengan air yang tenang dan jernih.

Selain itu anda juga bisa melihat pepohonan hijau sekitar danau ditambah pegunungan dari kejauhan yang membuat keindahan tempat ini semakin terasa. Lokasi dari Danau Diateh Danau Dibawah berada di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok.

13. Bukit Chinangkiek

Bukit Chinangkiek merupakan salah satu objek wisata hits yang berlokasi di Kecamatan Koto Singkarak, Kabupaten Solok. Tempat ini tidak hanya memberikan keindahan alam saja tetapi ada beberapa fasilitas penunjang lain yang membuat para wisatawan betah seperti kolam renang, area bermain anak, restoran, cafe hingga penginapan.

14. Taman Kota Arosuka

Berlokasi di Kecamatan Gunung Talang, Kota Solok Taman Kota Arosuka merupakan sebuah tujuan wisata santai yang bisa anda kunjungi bersama teman atau keluarga. Taman ini tidak terlalu menonjolkan keindahannya namun dengan bersantai di taman refreshing ini bisa membuat anda lebih rileks.

15. Puncak Happy

Pencak Happy atau sering dikenal dengan nama Puncak Guguak Sarai merupakan sebuah destinasi alam yang dapat memberikan pemandangan yang luar biasa bagi para wisatawannya. Namun untuk sampai ke tempat wisata di Guguak Sarai ini membutuhkan perjuangan dengan berjalan kaki selama 15 menit menuju puncak.

Demikian rekomendasi tempat wisata yang menarik dan hits di Solok. Semua tempat tersebut memiliki daya tariknya masing-masing jadi tentukan tujuan wisata anda dengan cermat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!