Travel  

15 Tempat Wisata di Pinrang Terbaru & Paling Hits

15 Tempat Wisata di Pinrang Terbaru & Paling Hits

tribunwarta.com – Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki bentang alam yang sangat luas. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki ragam budaya yang memperkaya khasanah kehidupan masyarakatnya. Seperti halnya Sulawesi, pulau yang masuk dalam kategori Sunda Besar, juga memiliki ragam budaya dan pariwisata yang beraneka ragam. Kota Makassar yang berada di Sulawesi Selatan menjadi pintu gerbang utama para wisatawan yang ingin menjelajah keindahan alam dan mengenal lebih dekat budaya masyarakat setempat.

Salah satu daerah yang memiliki potensi wisata yang sangat besar adalah Pinrang, sebuah kabupaten yang berbatasan langsung dengan Sulawesi Barat dan berada di ujung pesisir barat provinsi Sulsel. Objek wisata di kabupaten ini menjadi tujuan liburan yang seru bersama keluarga, pasangan, atau bahkan ketika melancong sendirian.

Pinrang sendiri berasal dari bahasa suku Bugis yang memiliki padanan kata Benrang, yang berarti air genangan. Dulu kala, kabupaten ini memang daerah yang digenangi air dan penuh rawa sehingga masyarakat setempat menyebutnya dengan Benrang yang berevolusi menjadi Pinrang. Saat berkunjung ke daerah ini, ada setidaknya beberapa tempat wisata hits di Pinrang yang harus Anda kunjungi dan harus ada dalam list liburan Anda!

1. Monumen Lansirang

Mari kita mulai dengan mengenal Pinrang lewat kacamata sejarah. Seperti halnya beberapa tempat di Indonesia yang bergejolak di masa perang Kemerdekaan, daerah ini juga sempat menjadi medan perang dalam merebut kekuasaan penjajah.

Kita bisa mengenal sejarah yang terjadi di masa lalu sembari melihat patung-patung pahlawan yang berasal dari Sulawesi Selatan. Monumen Lansirang adalah tempat yang tepat untuk belajar lebih jauh tentang sejarah yang terjadi di kota ini.

2. Waterboom Pinrang

Waterboom Pinrang adalah tempat wisata keluarga yang akan memastikan si kecil bahagia diajak liburan ke Sulawesi Selatan. Dengan luas lokawisata yang mencapai 2,4 hektar, kita bisa mencoba beraneka jenis kolam renang dengan tingkat kedalaman yang berbeda. Setiap klam renang juga memiliki perosotan yang akan menambah kegembiraan.

Ciri khas unik dari Waterboom ini adalah warna-warni pelangi yang mewarnai setiap sudut tempat ini, membuat hati dan suasana semakin gembira kala melihatnya, termasuk saat menikmati wahana permainan yang ditawarkan.

3. Pemandian Air Panas Sulili

Selain Waterboom yang berada di pusat kota, kita juga bisa mengunjungi Pemandian Air Panas Sulili yang berada di Mamminasae. Hanya berjarak 20 menit dari pusat kota Pinrang, kita bisa menikmati kehangatan berendam di air panas yang sangat nyaman dan menenangkan. Sumber air hangat tersebut berasal dari Gunung Paleteang.

Menariknya, tempat wisata ini juga telah mengalami renovasi dan terdapat beberapa kolam-kolam waterboom yang modern. Jika Anda lelah setelah menempuh perjalanan jauh ke kota Pinrang, Pemandian Air Panas Sulili akan memastikan Anda merasa lebih rileks dan segar kembali.

4. Taman Lansirang

Satu lagi objek wisata yang berada tidak jauh dari pusat kota. Tidak masalah jika Anda hanya memiliki waktu yang singkat, Anda masih bisa merasakan atmosfir kehangatan kota Pinrang di Taman Lansirang. Ini adalah taman kebanggaan masyarakat lokal yang sekaligus menjadi pusat kegiatan.

Anda bisa menikmati wisata kuliner yang dijajakan pedagang di pinggir Taman Lansirang. Di malam hari, suasana semakin semarak ketika banyak warga yang berkumpul dan bercengkerama sembari menikmati suasana kota.

5. Masjid Raya Pinrang

Jangan lupa untuk mampir ke Masjid Raya Pinrang yang juga menjadi ikon wisata religi bagi umat Muslim. Masjid Raya ini merupakan masjid terbesar dan menjadi pusat aktivitas ibadah. Warna hijau toska membuat tampilan luar masjid terasa lebih teduh. Selain bisa dijadikan tempat untuk berhenti sejenak, Anda bisa beribadah dengan khusyu’ di Masjid Raya Pinrang.

6. Air Terjun Sarambu

Menjelajahi keindahan alam bisa dimulai dari Air Terjun Sarambu yang berada dekat kabupaten Pinrang, yaitu Tana Toraja. Penjelajahan dimulai ketika Anda harus berkendara menuju ke utara dari pusat kota Pinrang. Perjalanan yang cukup jauh akan membuka mata Anda tentang kehidupan masyarakat lokal dan suasana kota-kota yang dilewati.

Sesampainya di kawasan wisata, Anda juga harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri hutan yang masih asri. Puncaknya, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang sangat indah dan gemercik air yang menenangkan pikiran. Tidak heran jika Air Terjun Sarambu pun dipadati wisatawan di akhir pekan.

7. Air Terjun Karawa

Air Terjun Karawa atau yang masyarakat setempat panggil dengan nama Batu Korang bisa menjadi tujuan selanjutnya. Air Terjun Karawa memiliki kontur yang sangat unik karena sumber air yang berasal dari tebing ‘karang’ yang sangat tinggi. Kita bisa melihat guratan pada tebing yang menyerupai setengah lingkaran yang dihiasi dengan gemercik air yang mengalir deras tepat di ujungnya.

Selain air terjun yang menjadi pusat perhatian dari destinasi alam ini, suasana di sekitar air terjun yang masih asri juga menjadi nilai plus tersendiri. Kita bisa merasakan kesegaran udara di sekitar tempat wisata.

8. Air Terjun Kalijodoh

Air terjun dengan nama yang unik di kabupaten Pinrang ini memiliki mitos yang diceritakan turun temurun dari generasi ke generasi. Konon, siapa saja yang mengunjungi Air Terjun Kalijodoh maka tidak lama lagi akan bertemu dengan pujaan hatinya. Itulah asal muasal disebut sebagai Air Terjun Kalijodoh.

Tidak heran jika Air Terjun Kalijodoh dipenuhi oleh muda-mudi setiap akhir pekan. Namun terlepas dari cerita yang bereda, Air Terjun Kalijodoh memiliki daya pikatnya tersendiri. Anda akan melihat keindahan alam dan nuansa asri yang menenangkan hati.

9. Puncak Karomba

Selain memiliki wisata air terjun eksotis, tempat wisata di Pinrang juga memiliki bukit yang sangat indah. Dari Puncak Karomba, Anda bisa melihat panorama alam yang membentang dari gugusan perbukitan yang melintang. Puncak Karomba juga memiliki julukannya tersendiri, Negeri di Atas Awan, begitu mereka menyebutnya.

Puncak Karomba merupakan sebuah bukit yang berada di ketinggian 1.200 mdpl yang telah disulap menjadi tempat wisata yang memiliki fasilitas lengkap. Bahkan terdapat jembatan gantung yang menjadi penyambung dua bukit yang bersebelahan. Jembatan Gantung ini akan memompa adrenalin karena Anda akan melintasi dasar bukit yang sangat tinggi.

10. Gunung Tirasa

Destinasi alam selanjutnya adalah Gunung Tirasa yang berada di Tapporang. Banyak yang bilang bahwa Kota Tapporang adalah salah satu wilayah yang harus Anda kunjungi ketika singgah di Pinrang. Daerah ini dikenal dengan keindahan alamnya dengan Gunung Tirasa yang sangat indah.

Sepanjang mata memandang, Anda akan melihat pemandangan nan hijau yang menenangkan. Selain itu, terdapat embung alami yang membuat pemandangan terlihat lengkap. Anda bisa menikmati sepaket keindahan tersebut dari atas bukit yang juga menjadi jalur petualangan bagi pecinta alam.

11. Pantai Lowita

Pinrang memiliki garis pantai yang cukup luas, membuat kita bisa menikmati keindahan alam di pesisir barat. Salah satu pantai terkenal dan menjadi destinasi wisata bahari yang paling ikonik adalah Pantai Lowita. Pantai dengan gugusan pohon kelapa yang rindang dan padang rumput hijau di bibir pantai membuat pemandangan terlihat eksotis. Anda bisa menikmati Pantai Lowita dari gazebo yang tersedia.

12. Pantai Ujung Tape

Dikenal memiliki spot sunset terbaik, Pantai Ujung Tape menjadi tempat favorit muda-mudi kota Pinrang yang mencari tempat romantis. Garis pantai yang berbatasan langsung dengan bukit membuat pantai indah ini memiliki ciri khasnya tersendiri. Anda hanya perlu menempuh 40 menit perjalanan dari pusat kota Pinrang untuk menikmati keindahan Pantai Ujung Tape.

13. Pantai Dewata Wakka

Tidak jauh dari pusat kota, Pantai Dewata Wakka bisa menjadi destinasi wisata selanjutnya. Selain panorama yang indah, Pantai Dewata Wakka juga menjadi pusat bahan boga laut bagi penduduk setempat. Anda bisa berburu beraneka jenis ikan, udang, dan kepiting yang merupakan hasil tangkapan nelayan lokal.

14. Pantai Harapan Ammani

Lokasi yang letaknya dipisahkan oleh sebuah muara di sebelah Pantai Dewata Wakka, Pantai Harapan Ammani disukai wisatawan karena ramah untuk anak kecil. Banyak keluarga yang membawa anak kesayangan mereka untuk menikmati keindahan Pantai Harapan Ammani. Fasilitas yang lengkap, ombak yang tenang, dan wahana permainan yang melimpah membuat anak kecil menyukai Pantai Harapan Ammani.

15. Rumah Adat Saoraja

Untuk menutup petualangan mengunjungi tempat menarik di Pinrang, kita bisa singgah di Rumah Adat Saoraja. Sebagai rumah adat yang masih terjaga dan lestari hingga kini, Rumah Adat Saoraja menjadi media untuk belajar tentang kebudayaan masyarakat Pinrang.

Rumah Adat Saoraja terbuat dari kayu asli dengan lebih dari 100 tiang yang kokoh. Konon berat Rumah Adat Saoraja lebih dari 2 ton dan lokasinya yang berada di tepi sawah membuat Rumah Adat Saoraja seperti portal untuk melihat masa lampau.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata populer di Kabupaten Pinrang yang patut Anda kunjungi. Anda bisa memilih tempat menarik sesuai dengan selera, mulai dari wisata keluarga, wisata alam, hingga wisata kuliner yang akan memberikan pengalaman yang sulit untuk dilupakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!