Travel  

15 Tempat Wisata di Gunung Kidul yang Sangat Menarik

15 Tempat Wisata di Gunung Kidul yang Sangat Menarik

tribunwarta.com – Pesona yang dimiliki oleh Daerah Istimewa Yogyakarta tidak hanya terletak di Malioboro dan jajanan kulinernya saja. Ada sebuah kabupaten bernama Gunungkidul di Yogyakarta yang menawarkan banyak tempat wisata yang menarik dan layak untuk dikunjungi.

Ya, Gunung Kidul memang sangat terkenal dengan berbagai objek wisata pantainya yang sangat indah. Selain itu, terdapat juga gua dan air terjun yang sangat cantik. Penasaran apa saja tempat wisata di Gunung Kidul tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Gua Pindul

Gua Pindul adalah sebuah gua yang bisa dikelilingi dengan cara yang unik. Wisatawan akan duduk di atas ban pelampung yang besar, lalu ban tersebut akan mengantar wisatawan mengelilingi Gua Pindul hingga puas.

Anda tidak dapat menyusuri gua ini dengan berjalan kaki, karena di dalam gua ini terdapat sungai yang tenang. Jadi, satu-satunya cara untuk menjelajahi bagian dalam Gua Pindul adalah dengan menumpangi ban pelampung tersebut.

Gua yang berada di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul ini dahulu hanya dipandang sebelah mata oleh para wisatawan. Namun, kini Gua Pindul menjadi salah satu objek wisata alam yang patut dikunjungi saat berada di Gunung Kidul.

2. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti bukan satu-satunya pantai yang ada di Gunung Kidul. Namun, ini adalah pantai yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Hamparan pasir putih yang bersih serta air laut yang jernih menjadi daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Indrayanti.

Pantai ini sering diklaim sebagai objek wisata yang romantis. Pantai yang indah ini juga memiliki nama Pantai Pulang Syawal, tetapi masyarakat sekitar dan para wisatawan lebih mengenalnya dengan nama Pantai Indrayanti.

3. Pantai Baron

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Gunung Kidul tidak hanya memiliki satu pantai saja. Pantai Baron adalah salah satu pesona alam yang dimiliki oleh Kabupaten Gunung Kidul. Panorama di pantai ini tak kalah dengan Pantai Indrayanti. Pemandangan bukit hijau di sekitar pantai membuat mata terasa sejuk.

Di samping itu, Pantai Baron juga terkenal dengan wisata kulinernya yang lezat. Di pantai ini, Anda bisa menyantap hasil tangkapan laut segar, seperti lobster, ikan kakap, dan ikan tongkol. Maklum saja, Pantai Baron ini merupakan dermaga bagi para nelayan setempat.

Bila ingin membawa buah tangan berupa ikan laut segar, Anda pun bisa mengunjungi tempat pelelangan ikan yang berada di sekitar Pantai Baron. Ikan-ikan yang dijual tersebut masih segar karena langsung ditangkap oleh para nelayan.

4. Pantai Siung

* sumber: www.travelerindonesia.net

Di Pantai Siung, Anda tidak hanya bisa bersantai di tepi pantai yang indah saja, tetapi Anda juga bisa menguji adrenalin dengan menjajal aktivitas panjat tebing. Ya, di Pantai Siung tersedia 250 jalur pemanjatan dengan masing-masing tingkat kesulitan yang berbeda. Di sekitar pantai terdapat tebing-tebing berukuran besar yang merupakan arena panjat tebing.

Banyak masyarakat dan komunitas tertentu melakukan aktivitas panjat tebing di Pantai Siung ini. Bahkan, kompetisi panjat tebing bertaraf internasional pun pernah diselenggarakan di sini. Akan tetapi, bila Anda tidak memiliki hobi panjat tebing, Anda tetap bisa bersantai di tepi Pantai Siung yang memiliki panorama alam yang sangat luar biasa ini.

5. Pantai Pok Tunggal

* sumber: lookjogja.blogspot.co.id

Menakjubkan. Itulah satu kata yang dapat menggambarkan keindahan Pantai Pok Tunggal di Gunung Kidul ini. Pantai yang juga dikelilingi dengan perbukitan ini memiliki pasir putih yang bersih. Selain itu, ombak laut yang cukup tenang dan bersahabat membuat Anda bisa berenang di tepi pantai.

Akses untuk menuju pantai ini sedikit sulit. Akan tetapi, masih banyak wisatawan yang penasaran dengan keindahan pantai ini dan berniat untuk melalui medan yang sulit untuk sampai di Pantai Pok Tunggal. Jika berada di pantai ini, rasanya tak afdol jika kita tidak menunggu sore untuk menyaksikan sunset yang indah.

6. Air Terjun Sri Gethuk

Banyak yang bilang bahwa air terjun yang satu ini merupakan fenomena alam yang indah dan tidak bisa Anda temukan di air terjun lainnya. Air terjun Sri Gethuk merupakan air yang mengalir dari satu tebing. Uniknya, air yang jatuh dari atas itu terbagi menjadi empat.

Air terjun yang berada di tepi Sungai Oya ini selalu dipadati oleh wisatawan pada saat akhir pekan. Ada sebuah mitos yang beredar di masyarakat sekitar bahwa air terjun ini menjadi tempat bersemayamnya para jin dan pimpinan jin bernama Anggo Menduro. Meskipun mitos seram ini beredar luas, toh Air Terjun Sri Gethuk tetap menjadi objek wisata favorit masyarakat.

7. Pantai Sundak

Masih ingat dengan pemandangan di Tanah Lot – Bali? Nah, saat berada di Pantai Sundak, Anda akan merasa seperti berada di Tanah Lot. Di sini, Anda juga dapat menjumpai tebing yang menjorok ke laut yang mirip seperti di tanah Lot.

Di balik nama Pantai Sundak tersimpan sebuah cerita. Dikisahkan bahwa ada seekor anjing yang berniat untuk memangsa seekor landak. Namun, si landak memberikan perlawanan terhadap si anjing dan kedua hewan tersebut berkelahi. Sampai saat ini pantai tersebut dinamai Sundak dari bahasa jawa aSU (Anjing) dan laNDAK.

8. Pantai Lambor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!