Travel  

15 Tempat Wisata di Berastagi Karo Terbaru & Paling Hits

15 Tempat Wisata di Berastagi Karo Terbaru & Paling Hits

tribunwarta.com – Berastagi merupakan salah satu daerah di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, yang terkenal memiliki iklim terdingin di Indonesia. Hal ini dikarenakan Berastagi berada pada ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut. Terletak di dataran tinggi, tidak heran jika selama berada di sini anda akan ditemani dengan udara yang sejuk bahkan nyaris dingin.

Selain iklimnya yang terasa sejuk, daerah ini juga dikenal memiliki deretan destinasi wisata dengan view cantik. Hal tersebut membuat banyak wisatawan dari luar rela datang jauh jauh ke kota ini untuk dapat secara langsung menikmati keindahan objek wisatanya. Berikut rekomendasi tempat wisata hits di Berastagi Karo yang bisa anda kunjungi.

1. Pemandian Air Panas Lau Sidebuk Debuk

Iklim di Berastagi yang sejuk bahkan terkadang cenderung dingin, membuat Pemandian Air Panas Lau Sidebuk Debuk menjadi wisata yang sangat digemari, baik oleh warga lokal maupun wisatawan dari luar daerah. Hawa di sekitar pemandian pun sangat sejuk dan rindang karena berada di dataran tinggi.

Bahkan sepanjang perjalanan menuju ke pemandian, wisatawan akan disuguhi oleh pemandangan hijau nan asri yang memanjakan mata. Sesampainya di lokasi, anda pasti sudah tidak sabar ingin segera menghangat diri dengan berendam di dalam air panas. Terlebih menurut penuturan penduduk sekitar, air panas di sini mampu menyembuhkan segala jenis penyakit kulit.

2. Museum Pusaka Berastagi

Bagi anda yang menyukai wisata sejarah, Museum Pusaka Berastagi bisa menjadi tujuan destinasi selama berkunjung ke Karo. Museum ini digunakan secara khusus untuk menyimpan berbagai macam benda pusaka milik suku Karo. Ketika masuk ke dalam museum, anda akan menjumpai mayoritas benda pusaka yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

Memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi, tentu anda tidak boleh terlewat untuk berkunjung ke museum yang ada di kawasan Gundaling tersebut selama berlibur di Kabupaten Karo. Dimana anda bisa berkunjung ke museum pada hari Senin hingga Minggu, sebab museum buka setiap hari sejak pagi sampai sore hari.

3. Bukit Gundaling

Bukit Gundaling merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan Berastagi dari ketinggian. Dengan latar belakang pemandangan Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung, anda bisa melihat dengan jelas bagaimana panorama alam terbentang indah mengelilingi Berastagi dari arah bukit ini.

Tidak hanya itu saja, Bukit Gundaling juga menjadi salah satu wisata yang sedang hits di kalangan anak muda lokal lantaran areanya yang menyimpan banyak spot foto cantik. Terlebih suasana di sini juga sangat sejuk dan menyegarkan, sehingga banyak orang yang datang ke sini untuk refreshing dan menghilangkan penat.

4. Bukit Kubu

Satu lagi bukit di Berastagi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, yakni Bukit Kubu yang terletak di kawasan Gundaling II. Bukit Kubu sendiri sebenarnya masuk ke dalam kawasan Hotel Bukit Kubu. Namun para wisatawan tetap bisa mengunjungi area wisatanya tanpa harus menginap di hotel.

Dengan membayar sekian rupiah saja untuk masuk ke objek wisata Bukit Kubu, anda sudah bisa menikmati pemandangan alam terbuka yang tersaji di sana. Hamparan rumput hijau di area wisata tersebut bahkan sangat cocok dijadikan sebagai tempat piknik keluarga. Tidak heran jika banyak orang tua dengan putra putri mereka yang berkunjung ke sini.

5. Danau Lau Kawar

Objek wisata di Berastagi berikutnya yang tidak kalah menawan yaitu Danau Lau Kawar. Berada tepat di kaki Gunung Sinabung, danau ini menawarkan pemandangan alam yang begitu eksotis. Dimana anda bisa melihat dengan jelas pemandangan Gunung Sinabung dari arah area danau.

Tentunya banyak kegiatan menarik lain yang bisa dicoba selama berada di area Danau Lau Kawar, selain menikmati panorama alam sekitar. Beberapa aktivitas yang dapat anda lakukan di sini antara lain memancing, bermain air, berburu foto ciamik, piknik, dan masih banyak lagi lainnya.

6. Taman Seribu Bunga

Bagi masyarakat urban, berburu foto untuk kebutuhan konten di sosial media merupakan salah satu hal yang penting selama berkunjung ke objek wisata. Apabila anda merupakan salah satu yang menyukai aktivitas tersebut, maka Taman Seribu Bunga di Berastagi Karo adalah destinasi yang tepat untuk dikunjungi.

Meski masih termasuk sebagai objek wisata baru, Taman Seribu Bunga tidak membutuhkan waktu lama untuk terkenal. Bahkan wisata ini sudah banyak dibicarakan oleh para pengguna media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya. Alasannya tidak lain karena banyaknya spot foto instagramable yang tersaji di sana, dengan latar belakang kebun bunga penuh warna.

7. Funland Mickey Holiday

Funland Mickey Holiday menjadi salah satu destinasi hits di Berastagi Karo yang bisa dikunjungi bersama keluarga maupun teman. Di sini, anda bisa menikmati kurang lebih 40 wahana permainan yang seru dan sangat menantang. Mulai dari wahana permainan torano, roller coaster, dan masih banyak lagi.

Tentu ada pula wahana permainan yang secara khusus ditujukan untuk anak anak, sehingga anda yang sudah berkeluarga bisa membawa buah hati untuk menikmati berbagai permainan di sini. Terletak di Desa Pecen, Funland Mickey Holiday tidak pernah sepi pengunjung baik pada hari biasa maupun di akhir pekan.

8. Gunung Sinabung

Semenjak terjadinya erupsi pada tahun 2010, Gunung Sinabung memang menjadi zona merah bagi para wisatawan. Namun anda tidak boleh melewatkan berkunjung ke sini apabila sedang berada di Karo. Pasalnya, Gunung Sinabung menjadi salah satu ikon dari Kabupaten Karo sendiri.

Meskipun menjadi zona merah bagi wisatawan, gunung yang puncaknya mencapai ketinggian 2.460 meter di atas permukaan laut ini tetap bisa dinikmati. Caranya yaitu dengan mengunjungi berbagai spot di zona aman yang telah ditetapkan. Dari arah zona aman tersebut, para wisatawan bisa menikmati kemegahan gunung api tersebut.

9. Gunung Sibayak

Meskipun tidak bisa mendaki di Gunung Sinabung, anda tidak perlu khawatir. Karena daerah Karo juga memiliki gunung lainnya yang bisa dikunjungi untuk didaki. Tidak seperti Gunung Sinabung, Gunung Sibayak dengan ketinggian 2.172 meter di atas permukaan laut ini masih aman untuk didaki oleh para wisatawan.

Jalur pendakian Gunung Sibayak sendiri memungkinkan para wisatawan untuk menjelajahi belantara tropis yang begitu eksotis. Jalurnya juga sangat menantang, sehingga begitu cocok bagi para petualang. Sesampainya di puncak, anda bahkan bisa melihat secara langsung kawah yang masih aktif. Anda pun bisa mendirikan tenda dan berkemah di puncaknya sembari menunggu sunrise.

10. Taman Alam Lumbini

Lumbini ini memang memiliki nama taman. Meskipun demikian, namun destinasi ini tidak berupa taman melainkan sebuah vihara besar yang megah. Selain dijadikan sebagai tempat ibadah untuk para pemeluk agama Buddha, vihara ini juga ramai dikunjungi oleh wisatawan lantaran tampilannya yang begitu indah dan menawan.

Jika dilihat secara sekilas, arsitektur bangunannya terlihat mirip dengan kuil yang ada di negara Thailand. Mulai dari bentuk dan warna catnya, sampai pagoda emas yang berada di atas vihara juga sangat mirip sekali. Keindahan itulah yang membuat banyak wisatawan ingin datang untuk berfoto di Taman Alam Lumbini tersebut.

11. Air Terjun Sikulikap

Air Terjun Sikulikap yang ada di kawasan Martelu bisa menjadi destinasi pilihan apabila anda mendambakan wisata dengan pemandangan yang alami. Karena begitu tiba di lokasi, pemandangan beragam tumbuhan hijau akan langsung menyapa indera penglihatan anda. Terlebih jika sudah sampai ke bagian air terjunnya.

Air jernih yang yang mengalir dari ketinggian beberapa meter ini terlihat sangat menyegarkan, berpadu dengan pemandangan hijau di sekitarnya. Belum lagi adanya monyet gibbon yang sesekali muncul membuat suasana menjadi jauh lebih meriah. Menariknya lagi, sederet fasilitas lengkap yang dihadirkan di sini dijamin membuat anda betah berlama lama.

12. Air Terjun Dua Warna

Ada satu lagi wisata air terjun yang tidak kalah cantik di Kabupaten Karo, yaitu Air Terjun Dua Warna. Dengan ketinggian sekitar 75 meter, air terjun yang mengalir di sini memiliki aliran yang cukup deras dengan debit air yang tinggi. Pemandangan yang benar benar menyejukkan dan menyegarkan mata.

Terlebih pemandangan di sekitarnya juga sangat menarik, dengan dikelilingi oleh tebing tinggi yang ditumbuhi oleh lumut serta pohon pohon berwarna hijau. Nuansa hijau di lokasi, membuat kawasan tersebut terasa dua kali lipat lebih segar hingga mampu menjernihkan pikiran. Air Terjun Dua Warna ini bisa anda temukan di daerah Bandar Baru.

13. Gundaling Farm

Gundaling Farm merupakan sebuah agrowisata yang sangat cocok apabila dikunjungi bersama dengan keluarga. Anda yang ingin berkunjung bersama teman juga bisa merasakan berbagai keseruan selama berada di lokasi wisata ini. Dimana para pengunjung di Gundaling Farm akan menikmati sajian wisata berupa peternakan sapi.

Tidak sembarang peternakan sapi, Gundaling Farm dikelola dengan sistem semi modern sehingga bisa menjadi tempat pembelajaran yang interaktif. Tidak hanya melihat pengelolaan peternakan, para pengunjung juga dapat menikmati susu sapi segar hingga beberapa olahan makan yang terbuat dari susu sapi.

14. Kebun Raya Tongkoh

Di Kebun Raya Tongkoh, anda bisa mendapatkan pengalaman memetik buah langsung dari pohonnya. Pengalaman seperti ini mungkin tidak sering dirasakan oleh mereka yang tinggal di perkotaan, sehingga tentunya dapat menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Tidak heran jika Kebun Raya Tongkoh begitu ramai akan wisatawan dari luar daerah.

Secara keseluruhan, Kebun Raya Tongkoh sendiri memiliki tiga komoditas buah unggulan yang dapat dipetik dan dinikmati oleh pengunjung yaitu buah stroberi, buah markisa, dan buah jeruk madu. Anda bisa memetiknya kemudian dimakan di lokasi, atau boleh juga dibawa pulang sebagai oleh oleh.

15. Desa Peceren

Desa Peceren adalah sebuah desa di Kabupaten Karo yang masih memegang teguh tradisi serta budaya suku Karo. Jadi apabila anda ingin menikmati wisata budaya, maka Desa Peceren ini adalah jawabannya. Di sana, pengunjung akan disuguhi oleh berbagai macam wisata budaya Karo. Mulai dari rumah adat sampai budaya kehidupan masyarakat setempat.

Itulah beberapa tempat wisata populer di Berastagi, Kabupaten Karo yang bisa dikunjungi untuk liburan. Sederet destinasi hits tersebut tidak hanya terkenal bagi masyarakat sekitar saja, namun banyak juga wisatawan dari luar daerah yang sengaja jauh jauh datang ke Sumatera Utara untuk menikmati keindahan dan keseruan yang ada di sana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!