Travel  

15 Tempat Makan Roti Bakar di Bandung yang Enak Banget

15 Tempat Makan Roti Bakar di Bandung yang Enak Banget

tribunwarta.com – Ada yang suka kelaparan saat malam hari? Biasanya kalau balada perut bunyi di atas jam 8 malam, apa yang kamu cari? Bubur? Bakso? Nasi goreng? Kue balok? Martabak? Semua yang Keluyuran sebutkan tadi merupakan beberapa kudapan terfavorit yang biasa orang cari saat malam hari. Tapi, ada satu lagi primadonanya kudapan malam yang belum kami sebutkan, yaitu roti bakar.

Roti bakar memang bukan makanan utama orang Indonesia, mengingat hampir 100% orang Indonesia makan nasi. Tapi, tak dapat dipungkiri kalau roti bakar adalah salah satu makanan yang paling digemari orang Indonesia, khususnya untuk disantap pada malam hari. Apalagi roti bakar Bandung yang identik dengan rotinya yang pulen dan rasanya yang beragam.

Berbeda dengan roti sandwich atau french toast yang biasa dipakai sarapan, roti bakar Bandung biasanya dibuat dari roti yang tebal, baik itu yang bentuknya kotak, balok, dan whole sandwich bread. Biasanya para pembeli akan diberi pilihan, rotinya mau pakai yang mana, lalu isinya mau apa saja. Untuk isiannya ada aneka selai, meses, hingga yang asin seperti ham, telur, dan sosis.

Roti bakar Bandung yang hangat enak banget dimakan saat malam-malam, apalagi kalau sedang turun hujan, pas banget kalau didampingi dengan kopi/teh/susu hangat. Duh, jadi lapar, nih. Sekarang kita lihat, yuk, 15 tempat makan roti Bakar di Bandung yang enak, buat nanti malam kamu datangi!

1. Warung Kopi Purnama

    Alamat: Jl. Alkateri No.22, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung

    Nomor Telepon: (022) 4201841

    Jam Operasional: Setiap hari 06.30-20.00 WIB

    Kisaran Harga: Rp15.000-Rp37.000 per porsi

Warung Kopi Purnama merupakan salah satu kedai kopi jadul yang masih mempertahankan ke-oldschool-annya hingga kini. Warung ini hanya punya menu sederhana (bukan yang kekinian). Sambil minum kopi, kamu bisa memesan roti bakar telur sosis yang enak banget ini.

Warung kopi ini sudah ada sejak tahun 1930 dengan nama Chang Chong Se (Silahkan Mencoba!). Namun, pemiliknya merubah namanya jadi Purnama sejak tahun 1966 karena diperintahkan oleh pemerintah Indonesia kala itu. Selain roti telur sosis, ada menu yang jadi incaran orang-orang, yaitu Roti Selai Srikaya dan kopi giling yang benar-benar fresh baru digiling.

Selai Srikaya kedai ini dibuat sendiri dan menggunakan resep turun temurun. Selain itu, diproduksinya pun terbatas karena tidak menggunakan bahan pengawet. Kebayang, dong, gimana enaknya? Kalau kamu ingin membawa pulang selainya, bisa, kok. Karena di sini disediakan juga selai srikaya dalam kemasan toples kecil untuk dibawa pulang. Menu andalan lainnya adalah Roti Worst dan Roti Dadar Worst.

Kalau mau kesini, patokannya adalah Gedung Merdeka dan Gedung Pos Indonesia di Jalan Asia Afrika. Kamu jalan lurus sedikit (sebelum terowongan) dan belok kanan ke Jalan Alkateri No. 22, Braga, Sumur Bandung. Kedai roti bakar Bandung yang enak banget ini dibuka dari jam 6 pagi sampai jam 10 malam.

2. Roti Gempol

    Alamat: Jl. Gempol Wetan No.14, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung

    Nomor Telepon: (022) 4239469

    Jam Operasional: Setiap hari 07.00-19.00 WIB

    Kisaran Harga: Mulai dari Rp12.000 per porsi

Kalau kamu tidak mau makan roti bakar yang tidak jelas asal usul rotinya dari mana, datang saja ke Roti Gempol, karena di sini rotinya dibikin sendiri! Roti Gempol merupakan salah satu tempat makan roti yang legendaris di Bandung. Nama tempat ini sudah sangat terkenal dipenjuru kota Bandung, bahkan hingga orang luar kota pun banyak yang rela datang jauh-jauh untuk mencicipi Roti Gempol

Kenapa namanya Roti Gempol, karena alamat tempat makan ini ada di Jalan Gempol Wetan. Tapi, sekarang mereka sudah berkembang dan memiliki cabang (bekerja sama) di Kopi Anjis. Jenis roti di sini berbentuk kotak yang super gendut! Kamu bisa memilih, mau roti polos putih atau roti gandum. Kalau untuk pilihan rasanya hanya tersedia dua jenis, yaitu asin dan manis. Tapi, pilihan varian asin dan manis itu ada banyak banget, loh!

Misalnya untuk yang manis, kamu bisa memilih hingga 3 topping, seperti stroberi, cokelat dan kacang. Kalau keju masuknya ke yang asin, ya. Kedai roti yang sudah berdiri sejak 1958 ini letaknya agak tersembunyi, karena gangnya berada di perkampungan penduduk yang padat. Untuk mudahnya, kamu masuk ke jalan ini dari Jalan Trunojoyo lalu lanjut ke Jalan Tirtayasa.

Kamu tidak perlu menunggu hingga malam hari kalau mau mencicipi Roti Gempol, karena tempat makan ini sudah buka dari jam 7 pagi. Sayangnya, kedai ini ukurannya cukup kecil, mungkin hanya muat 20 orang. Makanya, kalau lagi penuh, jangan kaget kalau melihat antrian dan tak jarang orang lebih memilih untuk dibungkus daripada makan di tempat.

3. Bolu Bakar Tunggal

    Alamat: Jalan Jend. Sudirman No. 570-574, Kota Bandung

    Nomor Telepon: (022) 6013712

    Jam Operasional: Senin-Jumat 07.00-18.00 WIB, Sabtu 07.00-17.00 WIB, Minggu 09.00-21.00 WIB

    Kisaran Harga: Rp38.000-Rp59.000 per kotak

Iya, ini bolu. Tapi, bagaimana kalau rasanya seperti roti bakar? Ya, bolu bakar ini bisa jadi pengganti roti bakar, loh. Kamu mungkin tahu merk biskuit Tunggal, nah, kedai bolu bakar ini merupakan anak dari brand tersebut.

Ketika kamu melewati kedai ini, kamu pasti akan mencium aroma roti dan mentega yang dibakar khas kue bolu. Kamu mau mencoba makan roti bakar ala-ala ini?

4. Roti Bumbu Bakar Cari Rasa

    Alamat: Pasar Kosambi, Jl. Jendral Ahmad Yani No.149, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung

    Nomor Telepon: (022) 4239740

    Jam Operasional: Setiap hari 06.00-00.00 WIB

    Kisaran Harga: Rp7.000-Rp60.000 per porsi

Roti Bumbu Bakar Cari Rasa terletak di bilangan Pasar Kosambi, Jalan Ahmad Yani. Toko roti ini sudah ada dari tahun 1960, loh! Menurut orang yang pernah mencicipi roti ini, katanya tidak bisa melupakan bagaimana enaknya roti bakar dari Cari Rasa walau sudah berpuluh-puluh tahun kemudian.

Kalau kamu datang ke Cari Rasa, siap-siap mengantri, karena kedai ini tidak pernah sepi baik itu di pagi hingga malam hari. Di sini ada tiga pilihan ukuran roti, yaitu yang kecil, sedang dan besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!