Travel  

15 Tempat Makan Lesehan di Bandung yang Enak dan Nyaman

15 Tempat Makan Lesehan di Bandung yang Enak dan Nyaman

tribunwarta.com – Masakan Sunda akan terasa lebih nikmat kalau dimakan pakai tangan dan tempatnya lesehan. Bagi Anda yang belum tahu, lesehan adalah tata cara makan dengan duduk di tikar atau di lantai. Suasana kekeluargaan yang ditawarkan tempat makan lesehan tidak bisa dikalahkan oleh konsep restoran ala luar negeri, deh!

Karena biasanya meja untuk makan di restoran lesehan ukurannya besar, lebar, dan panjang, makan bersama keluarga memang paling cocok. Berikut Keluyuran telah mengumpulkan sepuluh tempat makan lesehan di Bandung yang terbaik dan patut Anda coba. Siap-siap ngiler, ya!

1. Nasi Bancakan

Rekomendasi tempat makan lesehan di Bandung yang pertama adalah Nasi Bancakan. Apakah Anda pernah mendengar istilah tersebut? Bancakan adalah tradisi dari Jawa Barat, di mana orang-orang menikmati aneka lauk, nasi dan sambal dalam satu wadah. Untuk contohnya, bisa Anda lihat pada gambar Rumah Makan Manjabal.

Sayangnya di Nasi Bancakan Anda tidak akan menggunakan daun pisang sebagai alas. Anda akan diberi piring, lalu pilih lauk yang dijajarkan di satu meja panjang. Yang membuat unik adalah, mulai dari tempat lauk, gelas, hingga piring yang Anda gunakan terbuat dari kaleng. Itu loh, piring-piring yang biasa ditemukan pada zaman dulu. Jadi, sambil botram Anda bisa sekaligus nostalgiaan.

Nasi Bancakan terkenal akan kelezatan masakan khas Sundanya. Di sana ada nasi liwet, nasi timbel, paru, pindang, abon, bandeng, aneka sayur dan tumis, hingga yang tidak boleh dilewatkan adalah ikan asinnya.

Makanan di Nasi Bancakan terasa beda karena proses memasaknya menggunakan tungku besar dan kayu bakar. Jadi, ada aroma bakar yang unik pada setiap masakannya, so pasti rasanya lebih lezat daripada yang dimasak di kompor.

Minumannya pun bermacam-macam, Anda bisa pesan yang standar seperti es teh hingga dessert seperti es goyobod. Kalau Anda mau cemal-cemil, di sana ada jajanan pinggir jalan seperti kue balok dan cucur.

Jadi, kalau Anda mau kulineran masakan Sunda dengan suasana tempo doeloe, langsung saja datang ke Nasi Bancakan di Jalan Trunojoyo No. 62. Kalau tidak mau mengantri lama, jangan datang di jam makan siang, ya.

    Alamat: Jl. Trunojoyo No.62, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung

    Nomor Telepon: (022) 4203650

    Jam Operasional: Setiap hari, 10.00-22.00 WIB

    Kisaran Harga: Rp. 2000,- s/d Rp. 80.000,- per porsi

2. RM Alas Daun

Rumah Makan Alas Daun merupakan tempat makan lesehan di Bandung yang recommended. Rumah makan ini punya cara unik untuk makan, yaitu mereka tidak menawarkan piring sebagai alas makannya, tapi menggunakan daun pisang.

Menunya sendiri macam-macam, ada orak-arik bunga pepaya, sambal goreng kentang, sate maranggi, hingga aneka sambal seperti sambal dadak, sambal halilintar, dan sambal goreng. Yum!

    Alamat: Jl. Citarum No.34, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung

    Nomor Telepon: (022) 7231101

    Jam Operasional: Setiap hari, 10.00-22.00 WIB

3. Dapoer Pandan Wangi

Tempat makan lesehan di Bandung yang pertama ada Dapoer Pandan Wangi. Restoran ini memiliki suasana Sunda yang asri, di mana semua meja dan kursinya dibuat dari kayu. Ingin lesehan? Ada, tuh, di bagian belakang restoran. Walaupun lokasinya ada di tengah kota, suasana di dalam restoran seperti di pedesaan, sejuk dan enak di pandang.

Mau datang jam berapa pun, apakah itu terlalu pagi, siang di kala jam sibuk, atau malam hari sekalipun, para pelayan di Dapoer Pandan Wangi akan melayani pesanan Anda dengan cekatan. Makanan pun tak perlu waktu berpuluh-puluh menit untuk dihidangkan, jadi kalau Anda sedang kelaparan tidak sampai kesal karena menunggu.

Di sini ada menu Ayam Ungkep (mirip ayam pop rumah makan Padang), Ayam Goreng (sudah plus sambal terasi), Terong Raos (super recommended), aneka tumisan dan pepes juga ada. Dapoer Pandan Wangi punya dua lokasi di Bandung, yaitu di Jalan Patuha no. 38, Lingkar Selatan, Lengkong. Satu lagi ada di Jalan Terusan Pasir Koja no. 380, Pasir Koja.

    Alamat: Jl. Patuha No.38, Lkr. Sel., Kec. Lengkong, Kota Bandung

    Nomor Telepon: (022) 7309718

    Jam Operasional: Setiap hari, 10.00-22.00 WIB

    Kisaran Harga: Sekitar Rp. 50.000,- s/d Rp. 100.000,- untuk dua orang

4. Raja Rasa

Jika bertanya pada orang Bandung, di mana rumah makan Sunda yang enak, pasti mereka akan merekomendasikan Raja Rasa. Anda tahu Bakso Malang Karapitan (BMK) dan Raa Cha? Dua restoran tersebut sangat terkenal dengan kelezatan makanannya dan harganya yang lumrah. Mereka merupakan bagian dari Champ Group, dan termasuk juga Raja Rasa. Jadi, bisa ditebak kalau rasa makanan di Raja Rasa pun enak-enak.

Raja Rasa berada di Jalan Setra Ria No. 1, daerah Surya Sumantri depan komplek pertokoan Setra Sari. Raja Rasa merupakan tempat makan lesehan di Bandung yang khusus menyediakan masakan Sunda dan juga seafood. Saking terkenalnya Raja Rasa, tak jarang Anda harus mengantri untuk mendapatkan giliran alias waiting list.

Menu-menu di Raja Rasa diantaranya ada nasi ulam, nasi goreng, ayam bakar, ikan bakar, udang Jimbaran, cumi goreng, ayam ma’keke, dan masih banyak lagi.

Restoran ini sangat luas dan terbagi menjadi dua lantai, di mana lantai pertama adalah tempat berkursi dan lantai kedua adalah tempat lesehan. Bagian lesehannya cukup unik karena berkonsep seperti tatami ala Jepang namun ornamennya Sunda banget dengan menggunakan kayu dan bambu.

    Alamat: Jl. Setraria No.1, Sukarasa, Kec. Sukasari, Kota Bandung

    Nomor Telepon: (022) 2005070

    Jam Operasional: Setiap hari, 10.00-22.00 WIB

    Kisaran Harga: Sekitar Rp. 200.000,- untuk dua orang

5. Sindang Reret

Sindang Reret adalah tempat wisata alam sekaligus kuliner yang sangat populer di Bandung. Ciri khas restoran ini adalah ada tempat makan lesehan di atas danaunya. Suasana asri, pemandangan indah, makanan nikmat merupakan hal-hal yang bisa Anda dapatkan di Sindang Reret. Selain di Jalan Surapati, Sindang Reret juga punya dua cabang lain yang ada di kawasan Lembang dan Ciwidey.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!