Travel  

15 Referensi Makanan Khas Surabaya Yang Enak dan Wajib di Coba, Membuat Air Liurmu Menetes

15 Referensi Makanan Khas Surabaya Yang Enak dan Wajib di Coba, Membuat Air Liurmu Menetes

tribunwarta.com – Selain dikenal sebagai kota terbesar di Indonesia, Surabaya yang terletak di provinsi Jawa Timur ini juga merupakan terkenal sebagai surganya pecinta kuliner.

Beraneka macam masakan dengan rasa variatif bisa ditemukan di setiap sudut kota ini. Maka dari itu, berwisata kuliner di daerah tersebut tidak cukup rasanya jika hanya dijajal dalam satu hari saja.

Setidaknya, butuh waktu hingga satu minggu lebih untuk Sahabat JejakPiknik bisa mencicipi semua makanan khas dari kota Arek-Arek Surabaya tersebut.

Namun jika Sahabat JejakPiknik tak punya banyak waktu, pada artikel berikut kami telah sajikan 15 daftar kuliner khas Surabaya yang paling enak buat dicobain lengkap beserta penjelasannya, cara pembuatannya, resepnya, sejarahnya dan juga keunikannya.

1. Lontong Kupang

Makanan pertama yang paling wajib buat dicicipi saat beranjak ke Surabaya ialah lontong kupang, yakni salah satu kuliner dengan citarasa sangat nikmat.

Untuk bahan utama pembuatannya dibutuhkan kupang putih yakni hewan sejenis kerang yang kemudian dimasak dengan cara direbus lalu disajikan bersama lontong, petis dan juga perasan jeruk nipis.

Lontong kupang unik tersebut biasanya paling nikmat jika dikombinasikan dengan sate kerang dan minuman dingin seperti es kelapa muda.

Bila Sahabat JejakPiknik ingin mencicipinya, Warung Lontong Kupang Bu Siti yang alamatnya berada di Jln.Darmo Indah No.7 adalah tempat paling pas buat dikunjungi. Disini seporsi menu tersebut harganya dibanderol kisaran Rp.10.000-Rp.15.000 saja.

2. Pecel Semanggi

Meskipun pada namanya melekat kata semanggi namun jangan Sahabat JejakPiknik pikir kalau menu satu ini berasal dari Jakarta ya.

Pecel ini adalah salah satu masakan tradisional khas Surabaya yang sangat sehat karena bahannya terbuat dari aneka macam sayuran seperti daun pepaya, kangkung, bayam dan tentunya semanggi.

Sama seperti pecel pada umumnya, kuliner nabati khas Surabaya ini juga diberi siraman bumbu kacang yang diracik dengan resep khusus agar citarasanya semakin menggugah.

Penasaran seperti apa rasanya? Nah, silahkan saja datang ke Taman Bungkul di Darmo, Wonokromo, kota Surabaya. Disini ada banyak penjaja pecel semanggi yang enak dan harganya pun murah hanya berkisar Rp.10.000/porsinya.

3. Lontong Balap

Selain lontong kupang, kuliner berikutnya ini juga menjadi salah satu makanan pembuka favorit di pagi hari bagi orang-orang di kota Pahlawan.

Untuk ciri khas dan cara membuatnya tidak jauh beda dari biasanya, namun begitu tak ada salahnya buat Sahabat JejakPiknik mencoba kuliner khas Surabaya ini.

Buat yang berniat mencobanya, Lontong Balap Garuda Pak Gendut di Jln.Prof.Dr.Moestopo No.11, adalah tempatnya. Warung ini sudah terkenal sejak tempo dulu, karena selain citarasanya enak, harga seporsinya juga sangat terjangkau hanya berkisar Rp.10.000 saja.

4. Rawon

Tidak hanya memiliki nama unik, kuliner ini juga memiliki citarasa sangat istimewa karena seporsi penganan tersebut tidak hanya terdiri dari nasi putih saja namun juga ada irisan daging sapi serta taburan bumbu rawon.

Untuk menikmatinya, Rawon Sedap Malam di Taman Bungkul di Jln.Raya Darmo, Wonokromo, Surabaya, Jatim adalah lokasinya. Di tempat yang buka hingga malam hari ini harga menu tersebut hanya dibanderol sekitar Rp.20.000/porsi.

5. Almond Crispy

Tak hanya patata, kuliner yang terbuat dari adonan tepung terigu, telur, susu bubuk, keju, serta almond ini juga menjadi salah satu pilihan tepat buat dijadikan sebagai oleh-oleh.

Makanan ringan ini dibuat dengan berbagai varian rasa ada cheese, coklat dan lainnya. Selain cocok jadi oleh-oleh, juga mantap buat disajikan sebagai camilan menemani secangkir kopi hangat.

Dan almond crispy satu ini tak hanya dijual di pusat oleh-oleh namun juga dipasarkan secara online. Mengenai harga , biasanya dibanderol mulai dari Rp.35.000 saja.

6. Sate Karak

Bila dilihat dari gambar ataupun foto, kuliner ini mirip dengan penganan pada umumnya. Namun, pada nyatanya penganan sate tersebut bahannya tidaklah terbuat dari daging melainkan usus.

Dan keunikannya juga terletak pada kombinasinya dimana sate ini tidak disajikan bersama lontong atau ketupat melainkan nasi ketan hitam atau karak kemudian taburan parutan kelapa.

Untuk menikmati kuliner yang hampir punah ini, Warung Ellis Romlah di gg.Ampel Lonceng No.60, Surabaya adalah tempat paling pas buat dikunjungi. Di kedai sederhana tersebut, kita hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp.12.000 saja untuk bisa menikmati seporsi satenya.

7. Sambal Bawang

Mendengar nama kuliner satu ini mungkin Sahabat JejakPiknik sedikit kaget. Bagaimana tidak heran, pasalnya sambal saja masuk dalam deretan makanan khas di Surabaya.

Meskipun tergolong sederhana, tapi sambal bawang yang kerap dibeli untuk dijadikan buah tangan ini rasanya sangat nikmat apalagi jika dikombinasi dengan menu tradisional lainnya.

Dan salah satu restoran yang menyajikan menu sambal bawang ini di Surabaya adalah Depot Bu Rudy di Jln.Dharmahusada No.140, Gubeng. Disini, selain disajikan bersama kuliner lainnya, bumbu tersebut juga dijual dalam bentuk kemasan dengan harga mulai Rp.35.000/botol.

8. Rujak Cingur

Nah, makanan selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Surabaya adalah rujak cingur. Mendengar nama penganan ini tentu sudah tak asing lagi bukan buat Sahabat JejakPiknik?

Merujuk pada Wikipedia, rujak tersebut adalah salah satu olahan masakan tradisional Surabaya yang namanya diambil dari bahasa Jawa yakni cingur berarti ‘mulut’.

Mulut disini merujuk pada irisan moncong atau mulut sapi yang direbus dan kemudian dicampurkan kedalam hidangan lontong, tahu serta tauge.

Untuk menikmatinya, Rujak Cingur Ahmad Jais di Peneleh, Genteng, kota Surabaya adalah tempat paling rekomendasi. Mengenai harga, hanya berkisar Rp.45.000/porsinya.

9. Nasi Empal

Sama seperti kota Bandung, Surabaya juga sangat terkenal dengan keragaman kulinernya, salah satu contohnya seperti nasi empal ini.

Kuliner tersebut merupakan nasi putih biasa yang kemudian disajikan bersama aneka macam lauk seperti lalapan, tempe kering, tumis kacang, sambal, daun kemangi serta empal suwir.

Dan salah satu tempat paling terkenal akan kuliner tersebut adalah Nasi Empal di Jln.Pengampon III di kota Surabaya. Soal harga, relatif terjangkau yakni hanya berkisar Rp.30.000/porsinya.

10. Bebek Goreng

Makanan selanjutnya ini meskipun termasuk kuliner sederhana tapi banyak diminati oleh warga kota Surabaya ataupun wisatawan.

Sama seperti kuliner pada umumnya, bebek ini juga diolah dengan cara digoreng namun dengan resep bumbu khusus.

Untuk menikmatinya, kawasan Tugu Pahlawan di Surabaya adalah tempat paling pas dikunjungi. Di sekitar area tersebut ada banyak warung penjual bebek goreng yang enak dan harganya pun murah mulai Rp.17.000-Rp.22.000/porsinya.

11. Bebek Goreng Sinjai

Meskipun diolah dengan cara digoreng, tapi bebek goreng satu ini memiliki citarasa pedas, manis, gurih serta asam apalagi jika ditambah dengan lalapan mangga muda.

Tertarik mencicipinya? Nah, kedai Bebek Goreng Sinjai yang berlokasi di Jln.Raya Ketengan No.45, Tunjung, Burneh, Bangkalan adalah tempatnya. Soal harga, tempat ini hanya membandrol sekitar Rp.25.000 saja seporsinya.

12. Tahu Tek

Nah,berbicara tentang makanan khas Surabaya, maka tahu tek adalah salah satu penganan yang tak boleh dilewatkan begitu saja ketika berkunjung ke kota Pahlawan ini.

Kuliner ini merupakan makanan legendaris yang terdiri dari campuran lontong, kecambah serta tahu setengah matang lalu disiram dengan bumbu petis.

Buat mencicipi kuliner minimalis rasa ekslusif ini maka berkunjung ke Tahu Telor Pak Jayen di jalan Dharmahusada No.112, Mojo, Gubeng adalah jawabannya. Disini, harga seporsi tahu teknya yang super enak hanya dibanderol sekitar Rp.11.000-Rp.13.000 saja.

13. Bakso Beranak

Nah, bagi Sahabat JejakPiknik yang gemar menyantap bakso, kuliner khas Surabaya satu ini bisa jadi menu paling pas buat dicoba.

Diberi nama demikian karena di dalam baksonya terdapat lagi bakso. Untuk menikmatinya, kedai di Jln.Raya Dukuh Kupang Barat No.81, adalah tempat paling pas buat dikunjungi. Selain terkenal enak, harganya juga murah hanya sekitar Rp.15.000-Rp.25.000/porsinya.

14. Nasi Cumi

Selain dikenal sebagai kota industri, Surabaya juga terkenal akan kekayaan hasil laut, sehingga tak heran jika di daerah ini terdapat makanan berbau hasil tangkapan para nelayan.

Salah satu contoh adalah nasi cumi, yakni sejenis kuliner yang dilengkapi dengan serundeng kelapa, mie kuning, sambal pecit dan tak lupa cumi tintanya.

Rasanya yang lezat berpadu dengan gurihnya taburan serundeng kelapa menjadikan menu tersebut menjadi salah satu sajian istimewa di kota Pahlawan.

Tertarik? Nah, untuk menikmatinya silahkan saja datang ke resto sederhana di jln. Waspada, Pabean Cantian dekat Pasar Atom Surabaya. Disini, harga nasi cumi biasanya dibanderol kisaran Rp.25.000-Rp.35.000 seporsinya.

15. Pentol

Nah, sebagai makanan penutup ada pentol, yakni sejenis jajanan kaki lima yang terbuat dari tepung kanji dengan bentuk menyerupai bakso namun dengan kandungan daging lebih sedikit.

Makanan yang kerap ditemui di area sekolah, kampus ataupun pasar ini tak hanya ada di Surabaya namun juga mudah ditemukan di berbagai daerah mulai dari Sumatera Selatan hingga ke Jogja.

Dan untuk menikmati citarasa terenak, Pentol Pedas Sidoarjo di jln.Pondok Jati adalah salah satu tempat terdekat ke Surabaya yang bagus buat dikunjungi. Soal harga, sangat murah hanya Rp.500 per bijinya.

Nah, selain makanan khas Surabaya diatas sebenarnya di kota tersebut juga terdapat aneka kuliner enak lainnya yang berasal dari berbagai daerah seperti Jogja, Lombok, Medan, Solo, Semarang atau bahkan luar negeri sekalipun baik itu India, Jepang dan Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!