Travel  

15 Curug di Majalengka yang Paling Indah & Hits

15 Curug di Majalengka yang Paling Indah & Hits

tribunwarta.com – Jika membahas objek wisata di Jawa Barat, rasanya tidak ada habisnya. Ada banyak daerah indah yang cocok untuk dijadikan tujuan wisata. Majalengka misalnya yang memiliki banyak destinasi wisata alam yang menawan. Seperti deretan curug hits di Majalengka berikut yang akan memberikan kesan yang tak terlupakan dan menyenangkan. Selengkapnya simak ulasannya berikut.

1. Curug Muara Jaya

Jika ingin menjelajah curug cantik di kabupaten ini, anda bisa menjadikan curug Muara Jaya sebagai tujuan. Curug satu ini juga dikenal dengan Curug Apuy dan merupakan aliran dari sungai Muara Jaya yang berada di lereng Ciremai. Merupakan curug bertingkat, anda akan disuguhkan air dengan ketinggian sekitar 73 meter secara keseluruhan.

Dimana terdiri dari dua tingkatan yang ketinggiannya sekitar 60 meter dan kedua sekitar 13 meter. Curug ini begitu indah dan menyejukkan mata dengan air dingin yang begitu jernih. Pemandangan sekitarnya juga masih asri dan dikelilingi perbukitan. Ratusan anak tangga harus anda taklukkan untuk sampai lokasi. Fasilitas yang dihadirkan juga sudah terbilang memadai juga lengkap.

2. Curug Sempong

Wisata alam curug memang selalu menarik untuk dijadikan tujuan penjelajahan. Di Majalengka anda bisa menemukan Curug Sempong yang termasuk curug indah dan sayang untuk dilewatkan. Walaupun memiliki ketinggian kurang dari 10 meter, tetapi pesonanya tak kalah dengan curug lainnya. Dengan debit air yang deras, Curug Sempong jatuh dengan sangat cantik.

Daya tariknya hadir dinding batu padas yang semakin membuatnya eksotis. Hanya saja untuk singgah di curug ini butuh perjuangan yang tidak mudah. Pengunjung harus trekking terlebih dahulu melewati perkampungan hingga persawahan. Suasana asri dan pemandangan indah dijamin akan langsung membayar lunas rasa lelah anda.

3. Curug Cilutung

Curug berikutnya yang tak kalah indah dan wajib dikunjungi adalah Curug Cilutung. Destinasi wisata ini menawarkan pemandangan indah serta suasana yang sejuk nan asri khas pegunungan. Air terjun yang melewati bebatuan ini memiliki tinggi sekitar 20 meter. Batu batu besar yang tercecer di sekitar air terjun menambah cantik wisata curug ini.

Air yang jatuh melewati tebing bebatuan ini memang sangat menawan. Anda bisa bersantai dan piknik di sekitar curug. Tidak ketinggalan, pengunjung juga bisa berburu foto foto cantik untuk diunggah di media sosial. Mengunjungi curug ini bersama teman ataupun keluarga akan memberikan pengalaman yang tak bisa dilupakan begitu saja.

4. Curug Tonjong

Nama Curug Tonjong juga begitu kondang dan sayang untuk diabaikan begitu saja. Sehingga jika anda sedang ada di Majalengka, jangan sampai melewatkan keindahannya. Pemandangan memanjakan mata akan bisa anda nikmati saat tiba nanti. Yang membuat curug ini berbeda dengan lainnya adalah hadirnya jembatan yang melintasi air terjun.

Ketinggian curugnya memang hanya sekitar 4 meter, tetapi alirannya terbilang deras. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan suasana sekitarnya yang begitu asri. Jembatan melintang yang dahulunya dibuat dari bambu kini sudah terbuat dari besi. Melintasi jembatan, pengunjung juga bisa sekalian mengabadikan setiap momen selama di curug ini.

5. Curug Ibun Pelangi

Curug terindah yang juga akan membuat anda berdecak kagum adalah Curug Ibu Pelangi. Air terjun satu ini sangat unik dan berbeda dengan curug pada umumnya. Bagaimana tidak, air yang jatuh diapit oleh dua dinding karang yang kokoh. Layaknya namanya, pengunjung juga bisa melihat sinar pelangi yang melintang di curug.

Pelangi ini terbentuk karena pantulan cahaya matahari yang menimpa air terjunnya. Alamnya masih terjaga sehingga mampu memberikan suasana yang tenang dan asri. Bebatuan cadas mengelilingi membuatnya sekilas mirip dengan Green Canyon. Anda yang suka berpetualang, wajib mengunjunginya karena medan untuk sampai curug sangat menantang.

6. Curug Campaga

Keindahan yang disuguhkan oleh Curug Campaga juga akan membuat anda terkesima. Dimana curug Campaga juga memiliki bebatuan cadas yang mengelilinginya. Tebing batuan unik yang terpahat secara alami dialiri air deras dengan ketinggian 8 meter. Bebatuan hitam di bawahnya juga menambah keunikan yang dimiliki oleh curug ini.

Termasuk destinasi wisata curug yang terkenal, pengunjung akan dimanjakan dengan alamnya yang asri. Tidak ketinggalan hadirnya beberapa fasilitas yang membuat pengunjung makin nyaman. Selain menikmati indahnya, pengunjung juga bisa bersantai sekaligus berburu foto kekinian. Dijamin anda tak akan menyesal mengunjungi Curug Campaga ini.

7. Curug Cipeuteuy

Curug yang masuk kawasan Taman Nasional gunung Ciremai satu ini juga sayang untuk dilewatkan. Sehingga sudah pasti anda akan menikmati udara sejuk khas pegunungan. Air terjun ini memang tidak terlalu tinggi, tetapi keindahannya akan membuat anda terpesona. Bentuknya lebar seperti tirai dengan kolam alami yang terbentuk di bawahnya.

Airnya yang jernih akan membuat anda ingin basah basahan dan bermain air. Untuk menuju Curug Cipeuteuy, anda sebaiknya menggunakan sepeda motor agar lebih mudah. Mengingat medan untuk menuju lokasi terbilang menantang. Mengunjungi wisata ini akan membuat segala penat anda menghilang. Pengunjung juga bisa bersantai sekalian berburu foto foto kekinian.

8. Curug Awul

Panorama yang asri juga sejuk bisa anda dapatkan dengan mengunjungi Curug Awul. Curug satu ini memang sayang jika tidak masuk dalam daftar liburan anda. Ketinggian sekitar 5 meter, dengan tebing kokoh di belakangnya membuatnya begitu megah. Alam sekitarnya juga masih sangat asri dan banyak tumbuhan rindang.

Dengan begitu pengunjung bisa merasakan udara segar dan suara air turun yang membuat anda mendapatkan ketenangan. Menikmati suasana yang ada di air terjun ini, akan membuat anda ingin berlama lama. Di bawahnya juga mengalir sungai lengkap dengan bebatuan. Yang jelas Curug Awul akan membuat liburan anda makin berwarna.

9. Curug Sawer

Masih puas belum menjelajah keindahan air terjun di Majalengka? Jika belum anda bisa menjadikan Curug Sawer sebagai tujuan. Curug ini terletak di ketinggian sekitar 900 hingga 1300 mdp dan termasuk tersembunyi. Membuat destinasi ini cocok untuk anda yang ingin berpetualang sekaligus menemukan surga tersembunyi yang indah.

Akses menuju lokasi juga membutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Terdapat sekitar 5 curug unik yang siap untuk anda jelajahi. Dimana untuk curug satu dan kedua dianggap keramat. Di Curug ketiga anda akan menemukan area camping ground dengan pepohonan rindang. Yang jelas masing masing curug akan memiliki keindahan dan ciri khas yang berbeda.

10. Curug Cicangkrung

Curug yang tak kalah cantik berikutnya adalah Curug Cicangkrung yang masih di kawasan Gunung Ciremai. Air yang mengalir begitu sejuk karena memang berasal dari mata air langsung. Airnya memang tak terlalu tinggi, tetapi keindahannya akan membuat anda ingin berlama lama. Bersantai di curug Cicangkrung pasti akan membuat liburan anda makin lengkap.

11. Curug Tapak Kuda

Curug Tapak Kuda juga bisa anda kunjungi ketika anda sedang ada di Majalengka. Memiliki air yang cukup tinggi, curug ini juga memiliki empat tingkatan. Membuat air terjun berbeda dengan air terjun lainnya. Di sisinya diapit tebing kokoh yang ditumbuhi oleh tumbuhan hijau. Airnya yang jernih juga udara yang sejuk membuat siapapun ingin berlama lama.

12. Curug Cipeureus

Ketinggiannya mencapai sekitar 12 meter, curug Cipeureus juga masuk dalam jajaran curug paling indah di daerah ini. Wisata air terjun ini memang memiliki pemandangan memukau yang membuat jatuh cinta. Areanya tersembunyi, sehingga termasuk air terjun yang masih sepi. Sehingga dibutuhkan usaha keras untuk menaklukkan medannya yang menantang.

13. Curug Ciwanda

Curug selanjutnya yang tak kalah menarik dikunjungi adalah Curug Ciwanda. Butuh sekitar 1 jam untuk sampai lokasi dari pusat kota. Aliran deras dan suara gemericiknya akan menyambut anda ketika tiba di lokasi. Udaranya yang segar dan pemandangan indah akan membuat anda ingin berlama lama. anda juga bisa mengambil foto kekinian di air terjun ini.

14. Curug Situhiang

Keindahan yang dimiliki air terjun berikut ini juga tak kalah indah dengan curug lainnya Suasana yang indah dan damai akan menghempas semua penat anda. dibutuhkan kehati hatian ekstra untuk sampai di lokasi karena aksesnya menantang. Namun semua perjuangan anda akan terbayar lunas dengan keindahan yang disuguhkan curug Situhiang ini.

15. Curug Puntang

Agar liburan menjelajah curug anda semakin lengkap, kini saatnya bagi anda untuk mengunjungi Curug Puntang. Ketinggian air terjun ini sekitar 15 meter dengan alam asri dan indah. Dijamin anda akan terkagum kagum dengan keindahan yang disuguhkan. Udaranya yang sejuk cocok untuk bersantai sekaligus berburu foto foto yang menawan.

Air terjun memang menjadi tempat yang cocok untuk menghabiskan liburan. Deretan curug paling indah di Majalengka yang disebutkan bisa dijadikan referensi anda ketika liburan. Tenang saja masing masing curug akan menawarkan keindahan yang berbeda dan siap membuat anda jatuh hati. Jadi sudah tahu curug mana yang akan masuk dalam list anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!