Travel  

15 Air Terjun di Jogja yang Paling Indah & Hits

15 Air Terjun di Jogja yang Paling Indah & Hits

tribunwarta.com – Menyebut Jogja, budayanya yang kental dan menjadi tujuan wisata andalan pasti akan terlintas dalam benak anda. Potensi wisatanya memang begitu luar biasa, dari wisata budaya, sejarah sampai dengan wisata alam yang mampu menyihir wisatawan. Bagi anda yang ingin menjelajah wisata alamnya, deretan air terjun cantik di Jogja berikut bisa menjadi pilihan. Dijamin liburan anda akan semakin mengesankan dan seru.

1. Air Terjun Sri Gethuk

Nama Sri Gethuk memang cukup kondang dan menjadi objek wisata air terjun yang wajib untuk dikunjungi. Keindahan yang disuguhkan memang tidak main main, seakan akan anda sedang berada di Green Canyon. Hanya saja untuk menikmati pesonanya, anda harus menyebrangi sungai kehijauan dengan memanfaatkan transportasi rakit.

Tenang saja, transportasi ini memang sudah disediakan oleh pengelola. Setelah sampai di lokasi, anda akan dibuat jatuh hati dengan air yang jatuh dari ketinggian. Bukit yang rimbun berdiri megah dengan air terjun yang jatuh di tengah-tengahnya. Di bawahnya terbentuk kolam alami dengan warna tosca yang jernih. Selain bermain air dan berenang, pengunjung juga bisa berburu foto cantik.

2. Air Terjun Kembang Soka

Melanjutkan perjalanan, kini saatnya anda menjadikan Air Terjun Kembang Soka sebagai tujuan. Wisata air ini memiliki keunikan berbeda yang membuatnya lebih unik. Dimana anda akan menemukan air jernih yang bersanding dengan batuan air terjun yang warnanya kekuningan. Memberikan pesona tersendiri yang menyejukkan mata.

Anda bisa menemukan kolam alami yang ada di sepanjang aliran Kembang Soka. Warna airnya yang hijau tosca mengundang siapapun untuk bermain air atau berenang. Menariknya Air Terjun Kembang Soka memiliki beberapa tingkatan, dengan bagian atas yang terdiri dari dua mata air. Selain bermain air, pengunjung juga bisa mengabadikan setiap momen.

3. Air Terjun Jurang Pulosari

Pesona air terjun satu ini masih belum banyak terekspos, sehingga anda akan menemukan tempat yang masih asri dan terjaga. Bersembunyi di balik dua perbukitan menawarkan udara yang sejuk. Sangat direkomendasikan untuk anda yang ingin jauh dari keramaian kota. Ketinggiannya mencapai 5 sampai 7 meter saja dengan aliran yang lebar.

Walaupun demikian, airnya yang jernih dan pemandangan alam sekitar yang cantik menjadi daya tarik tersendiri. Ketika musim hujan, debit airnya akan lebih besar sehingga menjadi waktu yang paling tepat. Pengunjung bisa bersantai sampai dengan menikmati kesegaran airnya dengan berenang atau bermain air. Jangan lupakan untuk mengambil beberapa potret di sini.

4. Air Terjun Luweng Sampang

Gunung Kidul tidak hanya memiliki deretan pantai yang indah, tetapi juga beberapa air terjun yang tak kalah cantik. Seperti Luweng Sampang misalnya yang menawarkan pesona berbeda. Anda akan disambut dengan bebatuan cadas yang warnanya keputihan. Diantara bebatuan ini terdapat air terjun yang airnya jernih dan biru.

Perpaduan keduanya begitu kontras namun memberikan panorama yang luar biasa. Air Terjun Luweng Sampang sendiri diapit oleh dua bebatuan cadas. Pengunjung bisa menikmati pesonanya dan mengambil foto instagramable. Ada baiknya berkunjung ketika musim hujan, sebab ketika musim kemarau akan surut debit airnya.

5. Air Terjun Tlogo Muncar

Berlokasi di daerah Kaliurang, Air terjun Tlogo Muncar juga bisa jadi pilihan. Destinasi wisata alam satu ini sudah terkenal akan keindahannya. Bahkan sebelum anda sampai di tempat ini, anda sudah akan menikmati pemandangan yang mengagumkan. Nantinya anda harus menaiki tangga batu serta menembus hutan juga semak semak.

Setelahnya anda akan disambut dengan pepohonan asri karena menjadi bagian dari taman Nasional Gunung Merapi. Tidak jarang anda bisa bertemu dengan monyet ekor panjang yang merupakan satwa asli kawasan ini. Air terjun yang memiliki ketinggian 30 sampai 45 meter ini berada di ketinggian 878 mdpl. Sehingga udaranya sejuk dan pemandangannya luar biasa.

6. Grojogan Watu Purbo

Untuk anda yang ingin menjelajah air terjun di Jogja, anda jangan sampai melewatkan Grojokan Watu Purbo. Pesona yang ditawarkan terletak pada enam tingkatannya. Wisata ini sebenarnya bukanlah wisata baru dan sudah ada sejak tahun 1975. Namun baru dikelola di tahun 2017 dan sempat viral di media sosial.

Bersumber dari Sungai Krasak juga Sungai Bebeng, membuat airnya begitu jernih. Bebatuan besar turut menghiasi air terjun yang ada di Sleman ini. Bagi anda yang ingin menjelajah setiap tingkatan, harus berhati hati dan melalui bebatuan yang ada. Fasilitasnya sudah cukup memadai, anda bisa menemukan pendopo juga gazebo untuk bersantai.

7. Air Terjun Kedung Pedut

Objek wisata alam yang tak kalah cantik berikutnya Air Terjun Kedung Pedut. Panorama yang disuguhkan mempesona, anda bisa menikmati air terjun dan kolam yang warnanya biru kehijauan. Kolam alami ini dikenal dengan nama kedung, dan anda tidak hanya bisa menemukan kedung saja. Beberapa kedung hadir dengan kedalaman yang berbeda.

Mulai dari satu meter hingga yang kedalamannya mencapai empat meter. Pemandangan makin cantik ketika anda menikmatinya dari gardu pandang yang disediakan. Pengunjung bisa menemukan pancuran dari bambu juga jembatan yang melintang di atas kedung. Bermain air kemudian melompat dari jembatan juga bukan ide yang buruk.

8. Air Terjun Setawing

Berada di Pegunungan Menoreh anda bisa mampir di Air Terjun Setawing. Anda harus berkunjung ketika musim penghujan karena Setawing sedang cantik cantiknya. Debit airnya lumayan tinggi, dan saat musim kemarau justru akan hilang. Tidak ada satu tetes airpun yang menetes di air yang jatuh dari ketinggian sekitar 45 meter ini.

Aliran airnya melebar, dimana semakin kebawah maka akan semakin lebar. Tebing yang yang berada di balik airnya begitu unik dan mempercantik. Alam sekitarnya ditumbuhi pepohonan yang memberikan kesan asri. Pengunjung akan mudah menjangkau air terjun dengan menaiki anak tangga yang ada. Bersantai atau berfoto foto menjadi aktivitas yang bisa dilakukan.

9. Air Terjun Indah Gedangsari

Di Gunung Kidul anda juga akan menemukan Air Terjun Indah Gedangsari yang bisa jadi alternatif liburan menyenangkan. Sebenarnya nama curug satu ini sangat banyak, mulai dari Curug Bayat ada juga yang menyebutnya Curug Gedangsari. Karena lokasinya dekat daerah Bayar dan berada di area Gedangsari. Wisata alam indah ini termasuk air terjun bertingkat yang megah.

Mungkin melihat kemolekannya, mengingatkan anda dengan Air Terjun Tujuh Bidadari Semarang. Namun jarak cekungan di sini cukup berjauhan, dan di masing masing cekungan bisa untuk berenang atau main air. Pengunjung diharapkan untuk berhati hati, mengingat masing masing cekungan kedalamannya berbeda. Pastikan anda juga membawa kamera kesayangan anda.

10. Air Terjun Lepo

Lokasinya yang ada di kaki bukit, membuat Air Terjun Lepo memiliki suasana yang sejuk juga asri. Udaranya yang sejuk sangat pas disandingkan dengan panorama alamnya. Air terjunnya memang tidak tinggi, dan yang menjadi daya tarik utamanya adalah kolam alaminya. Ketika berenang di kolam pertama anda harus menggunakan ban, sementara di kolam kedua lebih dangkal dan aman untuk anak anak.

11. Air terjun Pantai Jogan

Ketika singgah di Pantai Jogan, anda bisa menikmati panorama pantai sekaligus air terjunnya. Air Terjun Pantai Jogan lokasinya memang cukup jauh dari area parkir. Pengunjung juga harus menuruni anak tangga untuk sampai di bawah. Airnya bersih perpaduan air laut dan air tawar. Pastikan datang ketika air sedang pasang agar bisa turun ke air terjun.

12. Air Terjun Goa Selarong

Goa Selarong juga memiliki air terjun yang tak kalah indah untuk dikunjungi. Dimana wisata alam ini juga menjadi wisata religi yang kondang di kalangan masyarakat. Ada baiknya anda datang ketika musim penghujan, karena debitnya akan lebih besar. Suasananya yang asri sangat cocok untuk melepas penat.

13. Air Terjun Grojogan Sewu

Pesonanya yang sampai ke mancanegara menjadikan Air Terjun Grojogan Sewu termasuk air terjun terindah di Jogja. dengan tinggi sekitar 7 meter, dan suasana pedesaan yang khas pasti akan membuat anda betah. Anda boleh berenang ataupun merasakan langsung sensasi airnya yang jernih.

14. Air Terjun Kedung Kandang

Wisata air terjun andalan di Jogja berikutnya adalah Kedung Kandang. Lokasinya tak jauh dari pendakian Gunung Api Purba. Sembari menyusuri jalan setapak, anda sudah akan disuguhkan pesona yang persawahan dan perbukitan asri. Air terjun bertingkat ini akan melepas semua lelah perjalanan anda.

15. Air Terjun Randusari

Memiliki ketinggian sekitar 12 sampai 15 meter, Air terjun Randusari tidak kalah megah dan eksotis. Anda bisa mengunjungi tempat ini saat sedang liburan di Bantul. Apalagi anda sangat mudah untuk menjangkaunya. Areanya yang asri dengan pemandangan yang indah, akan siap membuat liburan makin seru.

Siapa yang berencana untuk liburan ke Jogja? Anda bisa menjadikan beberapa air terjun yang disebutkan sebagai tujuan liburan anda. Masing-masing tempat memiliki keunikan tersendiri. Selain itu, anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan selama berada di air terjun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!