Travel  

13 Tempat Wisata di Sawahlunto Terbaru & Paling Hits

13 Tempat Wisata di Sawahlunto Terbaru & Paling Hits

tribunwarta.com – Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah List Tempat Wisata Populer di Sawahlunto, Sumatera Barat. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian, Terindah dan Paling Hits yang Menarik Dikunjungi untuk Liburan yang Menyenangkan.

Sempat menjadi kota mati, Sawahlunto telah didirikan sejak tahun 1888. Kota yang sarat akan nilai sejarah ini telah ditetapkan menjadi situs warisan budaya oleh UNESCO. Dikenal sebagai kota tambang batu bara saat pemerintahan Hindia Belanda, Sawahlunto telah menjadi kota dengan destinasi wisata yang beragam.

Terdapat banyak bangunan bangunan tua peninggalan belanda, membuatnya menjadi salah satu kota tua terbaik di Indonesia. Layak sebagai tujuan wisata, berikut rekomendasi tempat wisata hits di Sawahlunto yang bisa Anda pilih.

1. Lubang Mbah Soero

Mungkin tempat wisata ini tidak akan terpikirkan oleh Anda. Memiliki panjang sejauh 1,5 km, membuat Lubang Mbah Soero menjadi salah satu pilihan tepat bagi Anda pecinta teka teki dengan bumbu bumbu suasana yang mendebarkan. Lubang Mbah Soero merupakan objek wisata yang dahulunya adalah tambang batu bara.

Meskipun bagian dari pertambangan, terowongan ini telah dikelola oleh pemerintah sehingga menjadi tempat layak dikunjungi dengan kemudahan mencapai area sekitarnya. Selain itu, pemerintah juga membangun anak anak tangga dan memastikan segi keamanan telah terjamin. Bagian dinding dan atapnya terbuat dari bongkahan batu bara.

Selain terowongannya, Anda juga dapat mengunjungi museum dengan latar belakang nama yang sama. Telah mengalami tahap renovasi, museum ini dulunya adalah tempat penumpukan hasil dari pertambangan. Memiliki banyak fungsi, museum ini juga digunakan sebagai rumah karyawan yang bekerja di wisata Lubang Mbah Soero dan gedung pertemuan antara karyawan serta buruh.

2. Puncak Batu Runcing Dan Microwave

Puncak batu runcing dan microwave merupakan sama sama puncak bukit batu dengan pesona alam yang berbeda beda. Kedua tempat ini tidak terletak di lokasi yang sama. kedua puncak batu ini juga memiliki lokasi yang berbeda, yaitu Silungkang dan Baringin.Saat sampai di titik puncaknya Anda tidak akan berhenti berdecak kagum.

Bagaimana tidak, pesona hamparan hijau pemandangan alam disekitarnya akan menyejukkan setiap pasang mata yang melihatnya. Meskipun tidak banyak diketahui, kedua puncak batu ini tetap memiliki pesona di hati masyarakat. Menyukai tempat wisata alam dengan suasana menenangkan, maka pilihan tepat jatuh kepadanya.

3. Danau Biru

Jika Anda berfikir tempat yang mengalami kerusakan parah tidak dapat menjadi tempat wisata, maka pendapat Anda akan diruntuhkan dengan pesona yang dimiliki oleh Danau Biru ini. Dengan sisa kerusakan lingkungan yang parah sehingga jalanan menjadi terjal, menjadikan rute perjalanan menuju danau ini begitu menantang. Sangat cocok untuk Anda yang gemar berpetualang.

Danau yang satu ini memang tercipta akibat bekas galian tambang yang telah ditinggalkan oleh sang pengelola. Saat berada disana Anda akan terpesona dengan suasana surga alam yang ditawarkan. Hamparan pepohonan hijau mampu melengkapi keberadaan air danau berwarna biru jernih bak seperti kaca.

Keanehan yang dimilikinya adalah asal muasal air yang mengisi cekungan tersebut. Karena masyarakat sekitar pun tidak mengetahui dari mana air sejernih itu bisa menciptakan Danau Biru. Tebing tebing batu cadas yang mengitarinya menambahkan kesan sempurna atas pesona danau tersebut.

4. Air Terjun Bikan

Masih dengan pesona alamnya, Anda wajib untuk mengetahui tentang Air Terjun Bikan. Tersedia pula area bumi perkemahan membuat Anda tak perlu cemas saat berlibur kemari. Letaknya yang berada di tengah tengah hutan akan menyelimuti waktu Anda dengan kesunyian. Hal ini dapat Anda jadikan sebagai cara melepaskan penat dari berbagai aktivitas padat.

Selain dapat menikmati pesona alam dengan gemericik air, Anda juga dapat berenang dan bersantai di lekukan batu yang menyerupai goa. Menjadi salah satu daya tariknya, air terjun Bikan memiliki aliran air yang jernih dan tentunya menyegarkan. Tak perlu khawatir jika Anda berlibur bersama keluarga karena disana telah tersedia gazebo sebagai tempat istirahat.

5. Museum Goedang Ransoem

Menjadi salah satu museum yang paling terkenal di Sawahlunto, tak heran jika bangunannya menjadi daya pikat tersendiri. Dengan nuansa gaya vintage di area sekitarnya, membuat Anda dapat memanfaatkannya untuk melengkapi koleksi foto instagramable. Tetap berdiri kokoh, museum ini juga menyimpan banyak sejarah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan.

6. Tawan Satwa Kandih

Taman Satwa Kandi menjadi pilihan yang sangat cocok untuk liburan Anda di akhir pekan bersama keluarga. Meskipun merupakan salah satu area bekas penambangan, taman yang satu ini selalu ramai pengunjung. Berada disana, maka Anda dapat melakukan banyak aktivitas menyenangkan, antara lain yaitu paintball, flying fox dan permainan wahana air.

Disana Anda akan melihat tampilan aneka satwa yang menggemaskan dan terawat. Tempat wisata perdana ini didapuk sebagai salah satu kandidat program penghijauan yang dilakukan oleh pemerintah setempat. Memiliki koleksi satwa mencapai 108 ekor membuatnya dapat menjadi tempat wisata sekaligus tempat belajar yang tepat.

7. Bukit Teletubbies

Nama tempat wisata yang satu ini memang terasa familiar. Diberi nama teletubbies karena perbukitannya saling sambung menyambung seperti objek yang ada di serial anak anak tersebut. Pemandangan alam yang indah tanpa hentinya akan menemani waktu Anda saat berada di Bukit Teletubbies.

Salah satu tempat wisata di Sawahlunto ini dapat menjadi pilihan liburan Anda bersama dengan orang tersayang. Perjalanan yang harus Anda tempuh pun tidak terlalu jauh sehingga tak perlu lelah untuk sekedar mengunjunginya. Dengannya Anda dapat belajar melatih diri untuk melewati rintangan dan saling tolong menolong.

8. Lubang Kalam

Lubang Kalam merupakan terowongan yang dibangun oleh pihak Belanda. Keberadaannya mampu menarik minat banyak wisatawan terkait masa kejayaan pertambangan di masa itu. Pernah menjadi satu satunya akses transportasi mengangkut hasil batu bara, terowongan yang satu ini memiliki peninggalan infrastruktur yang dapat menjadi nilai sejarah.

9. Gedung Pusat Kebudayaan

Gedung pusat kebudayaan menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang menginginkan liburan dengan ilmu pengetahuan. Hal ini tentu bukan tanpa sebab, gedung ini dahulu adalah tempat berpesta bagi para pejabat Hindia Belanda. Dengan tampilan bangunan yang sangat menarik, Anda dapat berfoto dengan spot foto yang sayang sekali untuk dilewatkan.

Kental akan ciri khas Belanda, Gedung Pusat Kebudayaan tersebut pernah dialihfungsikan menjadi gedung pertemuan warga dan sebuah bank. Dengan informasi sejarah didalamnya, Anda dapat menambah wawasan sekaligus berlibur. Hal ini dapat diartikan sebagai sambil menyelam minum air.

10. Puncak Cemara

Puncak Cemara merupakan tempat wisata di Sawahlunto yang memiliki lokasi dekat dengan pusat kota. Dikelilingi area perbukitan, tempat wisata yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin melepaskan stress dengan suasana tenang nan sunyi. Posisinya terletak di ketinggian sehingga membuat pemandangan kota tampak dengan jelas.

Telah dikelola dengan baik, puncak ini menyediakan gazebo sebagai tempat beristirahat dan dilengkapi pula area playground dengan berbagai macam permainan. Hamparan pepohonan hijau semakin terasa sempurna dengan birunya langit yang akan menemani Anda menghabiskan waktu disini.

11. Padang Savana

Tak hanya di Sumbawa, Anda juga dapat mengunjungi Padang Savana ala Sawahlunto yang tentunya tak kalah menarik. Terletak di area perbatasan Sulit Air dan Talawi tak menyurutkan semangat wisatawan untuk berkunjung. Hamparan tumbuhan warna hijau dan semak semaknya mampu membuat Anda merasa seperti berada di Savana Afrika.

Sembari menikmati pesona alamnya, Anda juga dapat mengabadikan momen liburan tersebut dengan latar foto tumbuhan ilalang yang memberikan kesan foto aesthetic. Berbeda dengan sebagian besar savana yang terasa panas, Padang Savana di Sawahlunto ini akan membuat Anda selalu merasa sejuk.

12. Taman Silo

Menjadi idola bagi banyak orang merupakan sebutan yang layak disematkan kepada taman yang satu ini. Taman Silo merupakan salah satu pilihan tempat wisata di Sawahlunto yang dulunya menjadi tempat penyimpanan batubara. bangunan bekas penyimpanan yang tidak terpakai lagi dimanfaatkan kembali oleh pemerintah.

Pemanfaatan tersebut dilakukan dengan memberikan lampu warna warni. Bangunan bekas aktivitas tambang menjadi terlihat semakin menakjubkan saat malam hari tiba. Untuk melengkapinya, terdapat taman disekitar yang dapat digunakan untuk bercengkrama dan menikmati suasana kota yang damai.

13. Danau Kandih

Danau Kandih adalah danau dengan aliran air yang bersumber dari Sungai Batanghari. Dengan fasilitas lengkap sebagai penunjang keberadaannya, danau ini memiliki air yang tenang sehingga cocok untuk Anda yang menyukai tempat wisata dengan suasana tenang. Fasilitas lengkap yang dimaksud adalah area outbond, banana boat, dan sepeda air.

Danau ini dulunya adalah rawa rawa yang kemudian menjadi lubang besar karena aktivitas tambang. Kemudian tanggul Sungai Ombilin rusak hingga airnya memenuhi rawa tersebut. Karena panorama pemandangannya yang cantik tak mengherankan jika pada akhirnya Danau Kandih menjadi salah satu tempat wisata dengan jumlah pengunjung yang tinggi.

Berdasarkan ulasan tersebut maka Anda tak perlu bingung mencari tempat wisata untuk dikunjungi saat berada di Kota Sawahlunto. Dengan panorama dan daya tarik yang ditawarkan masing masing tempat wisata, pastikan Anda telah menyiapkan keperluan dan perlengkapan agar hal hal yang tidak diinginkan dapat dihindari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!