Travel  

12 Rekomendasi Makanan Khas Daerah Riau Yang Kenikmatannya Bikin Jatuh Cinta, Wajib Untuk Dicoba

12 Rekomendasi Makanan Khas Daerah Riau Yang Kenikmatannya Bikin Jatuh Cinta, Wajib Untuk Dicoba

tribunwarta.com – Menikmati makanan khas dari suatu daerah tentu akan menjadi pengalaman paling mengasyikkan, apalagi jika kita langsung menyantapnya di kota asalnya.

Seperti kita ketahui, bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan aneka macam kuliner enak yang tentunya mampu menghipnotis dan memanjakan lidah siapa saja, termasuk Sahabat JejakPiknik.

Nah, selain Jakarta dan Bandung, makanan khas provinsi Riau juga sangat wajib buat dicoba. Konon katanya kuliner di daerah ini citarasanya tak kalah enak dari kota-kota lainnya.

Bagi Sahabat JejakPiknik yang sedang mencari info tentang makanan khas Riau, pada artikel kali ini kami telah mengulas daftar kulinernya lengkap beserta penjelasannya, resepnya, sejarahnya , cara pembuatannya, hingga asal-usul penganan itu sendiri.

1. Gulai Ikan Patin

Nama makanan khas Riau pertama yang terkenal dan harus dicoba oleh Sahabat JejakPiknik adalah gulai ikan patin, salah satu jenis masakan tradisional dengan ciri kuah berwarna kuning pekat.

Selain bercitarasa gurih dan nikmat, daging ikan patin tersebut juga dapat membantu mengurangi kolestrol. Aromanya yang begitu menggugah selera mengajak kita ingin segera menyantapnya.

Kuliner berbahan hewani ini sering disajikan bersama nasi putih serta aneka sayur lainnya sebagai menu pendamping oleh masyarakat Riau. Dan tak lupa ditemani minuman segar seperti es air mata pengantin.

Dan Pondok Patin HM Yunus di jalan Kaharuddin Nasution No.01, Pekanbaru adalah tempat makan paling pas buat menyantapnya. Dengan merogoh kocek Rp.40.000 saja kita sudah bisa menikmati seporsi gulai patinnya.

2. Asam Pedas Ikan Baung

Kuliner khas daerah Siak dan Kampar bernama asam pedas ikan baung ini adalah penganan legendaris suku Melayu di Sumatera yang rasanya tak kalah nikmat dibanding dengan gulai patin.

Menurut penjelasan resep, cara membuat menu kuliner ini sangat mudah karena bahan-bahannya hanya terbuat dari ikan laut dan bumbu rempah-rempah tradisional.

Nah, buat yang ingin menikmatinya, langsung saja datang ke Pondok Ayam Goreng&Asam Pedas Baung Pak Abbas di jalan Jenderal Sudirman, Marpoyan Damai,Pekanbaru, Riau.

Warung makan Pak Abbas ini biasanya buka mulai pukul 09.00-22.00 dan seporsi asam pedas baung disini dibanderol dengan harga cukup terjangkau yakni Rp.23.000 saja.

3. Mie Sagu

Kalau di Papua sagu dijadikan sebagai bahan makanan pokok, di Riau justru dibentuk menjadi kuliner berwujud mie. Sahabat JejakPiknik sudah pernah coba?

Kuliner ini adalah makanan asli daerah Selat Panjang Kep.Meranti , salah satu wilayah penghasil sagu terbesar di Indonesia. Bagi Sahabat JejakPiknik yang sedang melakukan proses diet atau penderita diabetes, mie tersebut sangat recommended buat disantap.

Ikon kuliner Kepulauan Meranti ini sangat mudah ditemui di pusat-pusat kuliner di Riau saat pagi hari dan merupakan sarapan favorit orang kota Bertuah. Dan soal harga, biasanya dibanderol sekitar Rp.10.000/porsinya.

4. Ikan Asap

Kaya akan hasil laut menjadi satu kebanggaan bagi penduduk kota Bertuah, tak heran jika sejajaran makanan tradisionalnya identik dengan ikan.

Seperti contoh adalah ikan asap, salah satu jenis penganan berbahan utama ikan selais yang diolah dengan cara diasapin selama kurang lebih 8 jam agar awet dan tahan lama.

Selain disajikan di rumah makan, ikan asap juga dikemas untuk dijadikan oleh-oleh. Kuliner tersebut banyak dijual di pasar Bawah kota Pekanbaru dan harganya dibanderol sekitar Rp.150.000/kg.

5. Gulai Belacan

Nah, gulai belacan ini adalah sejenis makanan nikmat yang menurut keterangannya terbuat dari perpaduan udang dan campuran bumbu rempah seperti asam jawa, kemiri, santan dan lada.

Bila dilihat dari foto ataupun gambarnya, kuliner khas Riau satu ini tak jauh beda dari gulai biasanya, hanya saja untuk menu tersebut penggunaan udang disesuaikan dengan permintaan pelanggan.

Gulai belacan sendiri sangat mudah ditemui di rumah-rumah makan di sekitar Riau dan untuk harga biasanya dibanderol hanya berkisar Rp.35.000/porsinya.

6. Mie Lendir

Nah, berbicara tentang makanan khas Riau, belum lengkap rasanya bila kita tidak mencicipi langsung kuliner enak satu ini. Meski namanya sedikit jorok, tapi citarasa menu tersebut tidak bisa dianggap remeh.

Sepintas dari gambar, sajian kuliner khas Tanjungpinang tersebut hampir sama dengan mie pada umumnya, bedanya adalah kuahnya sangat kental seperti lendir.

Dan salah satu tempat paling tepat buat menikmatinya adalah Mie Tanjungpinang Pekanbaru di jln. Ahmad Yani No.117, Tanah Datar, Riau. Di warung yang buka mulai pukul 08.00-22.00 ini seporsi mie lendirnya dibanderol hanya Rp.15.000 saja.

7. Sup Ikan Batam

Makanan khas Riau berbahan dasar ikan tenggiri ini adalah salah satu penganan tradisional yang citarasanya sangat menggoda selera.

Untuk membuatnya cukup simple, dimana ikan dimasak seperti memasak sop kemudian ditambah perasan jeruk nipis, kecap asin serta cabai rawit. Menu ini paling nikmat bila ditemani minuman segar khas Riau seperti es laksamana mengamuk.

Penasaran seperti apa rasanya? Nah, Sahabat JejakPiknik silahkan datang ke Ukoffie di jalan Dahlian No.50B, Pekanbaru. Tak hanya enak, kita juga hanya perlu merogoh kocek 25 ribu saja untuk bisa menikmati seporsi sup ikan batam ini.

8. Asidah

Menurut latar belakang sejarah, kue tradisional ini sebenarnya terinspirasi dari kudapan orang Arab yang kini sudah dimodifikasi sesuai lidah masyarakat Melayu di Riau khususnya di Indragiri Hulu.

Asidah sendiri memiliki citarasa gurih dan juga manis, hal ini dikarenakan bahan dasarnya terbuat dari campuran kayu manis, cengkeh serta daun pandan sebagai penambah aroma harum.

Yang membuat unik adalah kue tersebut dibuat dengan bentuk menyerupai bunga mawar atau daun jambu. Namun sayang, kudapan ini sudah sangat langka jadi sulit untuk menemukannya.

9. Lempok Durian

Nah, penganan khas Bengkalis satu ini memiliki tekstur seperti dodol. Cemilan ringan tersebut bahan dasarnya dibuat dari durian siantan sehingga tak heran jika citarasanya sangat nikmat.

Cara membuat lempok atau lempuk ini pun masih menggunakan tehnik tradisional, tak heran jika rasanya pun begitu khas.

Jajanan tradisional tersebut bisa dengan mudah didapatkan di toko oleh-oleh yang ada di sekitar kota Riau dan harganya dibanderol hanya Rp.30.000-Rp.40.000 saja.

10. Roti Jala Kari Ayam

Nah, kuliner yang pernah disajikan sebagai menu hidangan pada pernikahan putra pertama Presiden SBY ini adalah salah satu penganan istimewa dari kota Bertuah.

Roti yang kerap disajikan pada saat upacara adat tertentu ini bahan utamanya terbuat dari tepung terigu dan telur. Kudapan tersebut paling sering dimakan bersama seporsi gulai daging.

Penganan ini bisa ditemui di rumah makan khas Melayu di Riau dan untuk seporsinya biasanya dibanderol kisaran Rp.5.000/bijinya.

11. Cincalok

Cincalok adalah sejenis makanan tradisional berbahan dasar udang-udang yang sudah difermentasi dan memiliki aroma serta rasa cukup khas.

Namun sayangnya kuliner tersebut cukup sulit ditemukan karena udang geragau hanya ditemukan pada musim tertentu saja.

12. Nasi Lemak

Menurut Wikipedia, nasi lemak adalah jenis makanan suku Melayu yang lazim ditemukan di Malaysia dan Singapura serta Brunei bahkan Indonesia.

Hidangan yang kerap disajikan bersama aneka lauk pauk atau berbagai nabati tersebut adalah menu sarapan favorit suku Melayu.

Dan di Pekanbaru Riau, menu ini bisa ditemui dengan mudah di setiap rumah makan disana. Untuk harganya, dibanderol hanya Rp.5.000-Rp.10.000/porsinya.

Nah, selain daftar diatas masih ada banyak lagi makanan khas Riau yang belum disebutkan namun wajib buat dicicipi Sahabat JejakPiknik seperti:

    Roti canai

    Bolu kemojo

    Otak-otak merah

    Anyang Pakis

    Lendot Kangkung

    Mie terampa basah/goreng

    Kacang pukul khas Rokan Hilir

    Laksa khas Tembilahan Inhil

    Bolu berondam khas Rengat

    Gulai Ombut Rotan khas Pelalawan

    Gulai Kulim khas suku Sakai dan

    Pekasam khas Ujung Batu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!