Travel  

12 Makanan Khas Jepang Yang Mendunia, Nomor 10 Dari Kotoran Manusia

12 Makanan Khas Jepang Yang Mendunia, Nomor 10 Dari Kotoran Manusia

tribunwarta.com – Selain terkenal akan keindahan bunga sakura, Jepang yang kental akan kebudayaan ini juga memiliki banyak sekali aneka macam sajian kuliner enak nan menggugah selera.

Bahkan sederet makanan tradisional Jepang ini sudah sangat mendunia dan menjamur hingga ke berbagai negara, termasuk di kota-kota besar di Indonesia baik di Jakarta, Jogja, Pekanbaru ataupun Surabaya seperti contoh tempura, sashimi, oden, natto dan gyoza.

Lalu, apa saja makanan khas Jepang yang terkenal? Nah, pada artikel berikut kami telah ulas tentang kumpulan daftar kulinernya lengkap beserta dengan keterangannya, asalnya, resepnya hingga cara pembuatannya.

1. Takoyaki

Mendengar namanya, siapa sih tak kenal dengan takoyaki, salah satu makanan tradisional berasal dari daerah Osaka yang sering dijumpai pada saat even-even festival.

Makanan halal berbentuk seperti bola kecil dan bertekstur renyah ini bahan-bahannya terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan potongan gurita kemudian diberi saus mayonise.

Jajanan kaki lima ini adalah salah satu contoh makanan cepat saji khas Jepang yang terpopuler di berbagai belahan dunia, tak terkecuali dengan Inggris dan Indonesia.

Penjual takoyaki banyak ditemui di sepanjang jalanan kota Osaka dan salah satu spot paling terkenal ialah Kougaryu di Nishishinsaibashi Chuo-ku. Untuk harganya, tempat tersebut membandrol takoyaki mulai dari Rp.42.000-Rp.73.000 saja.

2. Okonomiyaki

List makanan khas Jepang selanjutnya yang tak kalah populer adalah okonomiyaki, salah satu jenis kuliner bercitarasa gurih terdiri dari sayuran, daging cincang, seafood serta bumbu dengan resep khusus.

Disamping nikmat, penganan ini sangat mudah dibuat dimana semua bahan dimasak lalu setelah matang disajikan diatas piring kemudian diberi mayonise, nori ataupun kepiting diatasnya.

Nah, okonomiyaki ini banyak dijual di toko-toko kecil di Jepang dan salah satu tempat paling top adalah Madoi di 3 1F Shinbashi, Minato-ku, kota Tokyo. Mengenai harga, biasanya dibanderol mulai Rp.131.000-Rp.197.000/porsinya.

3. Teriyaki

Penganan terenak yang menjadi ciri khas Jepang berikutnya adalah teriyaki. Nama kuliner ini diambil dari bahasa setempat dengan arti yaitu bersinar.

Dinamakan demikian, karena bumbu pelengkap ini diberi gula dan memiliki warna bersinar. Pada umumnya teriyaki sendiri digunakan untuk membumbui aneka ikan yang dibakar atau digoreng agar rasanya lebih nikmat.

Saus teriyaki ini banyak dijual di supermarket ataupun toko-toko online dan soal harga, bisa dibilang sangat terjangkau.

4. Dorayaki

Mendengar nama kuliner unik ini, pasti pikiran Sahabat JejakPiknik langsung ingat Doraemon kan? Pasalnya, di film kartun Jepang tersebut Dorayaki menjadi makanan favorit si boneka kucing.

Nah, dorayaki ini adalah sejenis kue tradisional yang bentuknya bundar dan di bagian tengah diberi selai kacang merah. Untuk teksturnya penganan ini sangat lembut karena diberi madu.

Dan salah satu tempat paling tepat untuk menikmati cemilan ringan, sederhana nan lucu ini, kedai Suzumeya di Tokyo, Toshima-ku, Minami Ikebukoro 2-18-5 adalah jawabannya.

Untuk menikmati seporsi dorayaki di restoran sederhana ini kita hanya perlu menyiapkan uang sekitar 18 ribuan saja. Nah, sangat murah bukan?

5. Onigiri

Berikutnya ada onigiri, sejenis makanan lucu yang terdiri dari nasi hangat padat. Penganan ini paling nikmat bila disajikan saat panas-panas.

Cara membuat onigiri sangatlah gampang, dimana nasi hangat dibentuk segitiga lalu setelah itu dibungkus dengan menggunakan rumput laut. Soal rasa, penganan tersebut sangatlah lembut, pas untuk membantu saat kelaparan melanda.

Onigiri banyak dijual di toko, kios, bento, bar atau convenience store dan harganya dibanderol hanya berkisar Rp.13.000-Rp.26.000 saja.

6. Nabe

Dalam bahasa Jepang, nabe artinya adalah panci. Jadi sesuai pengertiannya, kita pasti bisa tebak kenapa kuliner satu ini diberi nama demikian.

Jadi, menurut Wikipedia, nabe itu adalah sejenis masakan tradisional orang Jepang yang dimasak dan dihidangkan dalam panci lalu diletakkan diatas kompor kecil atau plat pemanas.

Disamping rasanya sangat lezat, cara membuatnya juga cukup simple dan bahan-bahan utama yang dibutuhkan untuk masakan berkuah ini pun mudah didapatkan yakni hanya sayur atau boga bahari.

Dan Ariduki Motsunabe di Shibuya-ku, Tokyo, Sarugakucho 22-8 adalah tempat paling tepat untuk menikmatinya. Di restoran ini kita hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp.528.000-Rp.660.000.

Nah, buat Sahabat JejakPiknik pecinta kuliner bernuansa vegetarian, nabe adalah pilihan makanan paling tepat buat disantap.

7. Sushi

Mendengar nama atau melihat sekilas foto maupun gambarnya, Sahabat JejakPiknik pasti kenal kan dengan makanan ini? Yup, Sushi memang salah satu penganan yang sudah sangat terkenal di dunia, terutama di Korea.

Sushi ini adalah sajian nasi yang digulung dengan daging, ikan serta sayuran mentah dan biasanya dipadukan bersama kecap asin, jahe atau wasabi agar citarasanya sedikit pedas.

Dan di negeri Sakura sendiri ada banyak tempat makan yang menyajikan sushi sebagai menu utama, contohnya kedai Kurashusi di kota Osaka, Kita-ku 3-9-1,Toyosahki. Mengenai harga, biasanya hanya dibanderol sekitar Rp.26.000/bijinya.

8. Ramen

Sahabat JejakPiknik sering nonton drama korea atau Naruto? Nah, pasti sangat akrab dong dengan kuliner bernama ramen ini.

Ramen adalah sejenis makanan cepat saji berwujud mie kuah yang hampir disukai setiap manusia di muka bumi. Selain cara membuatnya simple, kuliner ini juga bisa disantap kapan saja baik saat cuaca dingin, musim gugur ataupun semi.

Namun buat Sahabat JejakPiknik yang ingin mencicipi ramen khas Jepang, kedai Mutekiya di daerah Ikebukoro, Tokyo adalah tempatnya. Soal harga, restoran ini membandrol harga sekitar 145 ribuan seporsinya.

9. Sukiyaki

Sekilas terlihat dari gambar, sukiyaki ini mirip dengan shabu-shabu dimana irisan daging ayam dan aneka sayuran, jamur serta tahu disajikan dalam sebuah panci kemudian diletakkan diatas meja untuk dimasak.

Setelah dagingnya matang, kemudian dicelupkan ke dalam kocokan telur ayam yang telah disajikan di mangkuk kecil terpisah. Bagi penggemar kuliner hewani, sukiyaki jangan sampai dilewatkan ya.

Nah, jika ada yang bingung mencari dimana tempat sukiyaki yang enak, bisa datang ke kedai Iseju di daerah Nihonbashi, Tokyo. Untuk harganya, biasanya dibanderol sekitar 396-660 ribuan sepanci.

10. Daging Tinja

Nah, buat pecinta kuliner ekstrim, daging tinja adalah penganan aneh yang wajib buat dicoba. Sesuai namanya, makanan tersebut memang terbuat dari kotoran manusia.

Tapi sayangnya, karena belum diproduksi secara massal, tidak ada satupun usaha atau restoran yang menyajikan penganan satu ini.

11. Sup Miso

Sup miso adalah sejenis kuliner berkuah yang bumbunya sendiri terbuat dari kacang kedelai hasil fermentasi dan biasanya disajikan bersama dashi serta tahu.

Sup ini kerap disajikan sebagai hidangan pembuka dan menjadi menu sarapan wajib di rumah-rumah orang Jepang. Jadi jika ingin mencicipinya, silahkan aja mampir ke rumah penduduk negeri Sakura ya.

12. Mochi

Nah, kuliner penutup ini adalah sejenis kue yang terbuat dari beras ketan halus kemudian dibentuk lonjong dan kaya akan warna.

Selain kerap disajikan saat perayaan pesta budaya mochitsuki, kue ini juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Karena kudapan tersebut termasuk makanan awet dan tahan lama.

Mochi sendiri sangat mudah ditemui di setiap toko oleh-oleh di sekitar negeri Sakura dan umumnya, harganya dibanderol sekitar Rp.100.000/kotaknya.

Selain daftar diatas, berikut juga masih ada beberapa makanan khas Jepang lainnya yang juga akan bikin air liur Sahabat JejakPiknik meleleh seperti:

    Banana cake

    Udon dari Nagoya

    Nagasaki champon

    Okinawa soba

    Sup Kari khas Hokaido

    Yudofu dari Kyoto

    Kintsuba khas Kobe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!